Madinah

.......................

Mekah

.....................

Bertaubatlah

Ajal tidaklah menunggu kita untuk bertaubat, tetapi kitalah yang menunggu ajal dengan bertaubat.

ADAB MENUNTUT ILMU

Akan aku jelajahi semua negeri untuk mencari ilmu, atau aku akan mati sebagai orang asing, jika diriku harus mati. Aku tidak menyesal karena ALLAH pasti merahmati aku, Tetapi jika selamat, Aku akan segera kembali.

Jumat, 15 November 2013

Perilaku Pemimpin Yang Berorientasi Pada Perubahan



PERILAKU YANG BERORIENTASI PERUBAHAN

1.       Menerjemahkan peristiwa untuk menjelaskan kebutuhan yang mendesak akan perubahan;
2.       Mempelajari competitor dan orang luar untuk mendapatkan ide-ide perbaikan;
3.       Memimpin kemingkinan baru yang menarik bagi organisasi;
4.       Mendorong orang untuk memandang masalah atau kesempatan dalam cara berbeda;
5.       Mengembangkan strategi baru yang inovatifyang berhubungan dengan kompetensi penting;
6.       Mendorong dan memudahkan inovasi dan kewirausahaan oleh orang lain;
7.       Mendorong dan memudahkan belajar oleh individu dan tim;
8.       Bereksperimen dengan pendekatan baru;
9.       Membangun koalisi orang-orang penting untuk mendapatkan persetujuan atau perubahan;
10.   Membentuk gugus tugas untuk memendu implementasi perubahan;
11.   Membuat perubahan simbolis yang konsisten dengan visi atau strategi baru;
12.   Memberikan wewenang kepada orang untuk menerapkan strategi baru;
13.   Mengumumkan dan merayakan kemajuan dalam menerapkan perubahan.

Sumber:
Gary Yukl, 2001, Kepemimpinan Dalam Organisasi, Edisi Kelima, Penerbit PT Indeks, hlm 80.
  

Perilaku Pemimpin Yang Berorientasi Pada Hubungan


PERILAKU YANG BERORIENTASI HUBUNGAN

1.       Memberikan dukungan dan dorongan;
2.       Memperlihatkan kepercayaan bahwa orang dapat mencapai tujuan yang menantang;
3.       Bersosialisasi dengan orang untuk membangun hubungan;
4.       Mengakui kontribusi dan keberhasilan;
5.       Memberikan latihan dan bantuan;
6.       Berkontribusi pada orang atas keputusan yang mempengaruhi mereka;
7.       Memberikan informasi kepada orang tentang tindakan yang mempengaruhi mereka;
8.       Membantu menyelesaikan konflik;
9.       Menggunakan simbul, upacara, ritual dan cerita untuk membangun identitas tim;
10.   Memberikan contoh dengan model perilaku yang patut dicontoh;

Sumber:
Gary Yukl, 2001, Kepemimpinan Dalam Organisasi, Edisi Kelima, Penerbit PT Indeks, hlm 80.

Perilaku Pemimpin Yang Berorientasi Tugas


PERILAKU YANG BERORIENTASI TUGAS

1.       Mengatur aktivitas kerja untuk meningkatkan efisiensi;
2.       Meningkatkan operasi jangka pendek;
3.       Menugaskan pekerjaan kepada kelompok atau perorangan;
4.       Menjelaskan harapan peran dan sasaran tugas;
5.       Menjelaskan peraturan, kebijakan dan standar prosedur operasi;
6.       Mengarahkan dan mengkoordinasikan aktivitas unit;
7.       Mengawasi operasi dan kinerja;
8.       Menyelesaikan masalah mendesak yang akan mengganggu pekerjaan;
9.       Menekankan pentingnya efisiensi, produktivitas dan kualitas;
10.   Menetapkan standar tinggi untuk kinerja unit.

Sumber:
Gary Yukl, 2001, Kepemimpinan Dalam Organisasi, Edisi Kelima, Penerbit PT Indeks, hlm 80.

Peningkatan Kulaitas Pelayanan Prima Siklus Deming


PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN SIKLUS DEMING

1.       Tahap Perencanaan (Plan);
2.       Tahap Pelaksanaan Bertahap (Do);
3.       Tahap Pemeriksaan (Check);
4.       Tahap Pelaksanaan (Action)

Sumber:
 Surjadi, 2009, Pengembagan Kinerja Pelayanan Publik, Penerbit Refika  Aditama, Bandung, hlm. 55.

Esensi Pelayanan Prima "CETAK"

ESENSI PELAYANAN PRIMA “CETAK”

1.       Cepat;
2.       Tepat;
3.       Akurat;
4.       Berkualitas.

Sumber:
 Surjadi, 2009, Pengembagan Kinerja Pelayanan Publik, Penerbit Refika  Aditama, Bandung, hlm. 46.