Materi Kuliah Administrasi Perkantoran 1.B.
Segala puji bagi Alloh Tuhan Semesta Alam.
Alhamdu (segala puji). memuji orang adalah karena perbuatannya
yang baik yang dikerjakannya dengan kemauan sendiri. Maka memuji Allah berrati:
menyanjung-Nya karena perbuatannya yang baik. lain halnya dengan syukur yang
berarti: mengakui keutamaan seseorang terhadap nikmat yang diberikannya. kita
menghadapkan segala puji bagi Allah ialah karena Allah sumber dari segala
kebaikan yang patut dipuji.
Rabb (tuhan) berarti: Tuhan yang ditaati yang
Memiliki, mendidik dan Memelihara. Lafal Rabb tidak dapat dipakai selain untuk
Tuhan, kecuali kalau ada sambungannya, seperti rabbul bait (tuan rumah).
'Alamiin (semesta alam): semua yang diciptakan Tuhan yang terdiri dari berbagai
jenis dan macam, seperti: alam manusia, alam hewan, alam tumbuh-tumbuhan,
benda-benda mati dan sebagainya. Allah Pencipta semua alam-alam.
Diriwayatkan dari
Abu Hurairah r.a., dari Nabi Saw., beliau bersabda: “Iman itu bercabang menjadi
enam puluh lebih, dan rasa malu (untuk berbuat maksiat) adalah satu cabang
iman”. [Hadis ini diriwayatkan oleh Al-Bukhari, nomor hadis 9].
Hari Senin, 23 September 2013
Definisi Ilmu Administrasi Perkantoran
Sebagian besar literatur menggunakan istilah administrasi
perkantoran dan manajemen perkantoran dengan pengertian yang sama.
Hal ini dipertegas oleh pernyataan PBB (1969), bahwa
keduanya sama, walaupun istilah administrasi lebih banyak digunakan untuk
hal-hal yang berhubungan dengan Negara, sedangkan manajemen lebih banyak
berhubungan dengan perusahaan.
Sedangkan manajemen perkantoran (Gie, 2000) menurut beberapa
ahli antara lain:
1.
WH Evans (1963): fungsi yang menyangkut
manajemen dan pengarahan semua tahap operasi perusahaan mengenai pengolahan
bahan keterangan, komunikasi, dan ingatam organisasi;
2.
Arthur Grager (1958): fungsi tata
penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat dari suatu organisasi;
3.
William Leffingwell dan Edwin Robinson (1950):
cabang ilmu manajemen yang berkenaan dengan pelaksananaan pekerjaan perkantoran
secara efisien, kapan, dan di mana pekerjaan itu harus dilakukan;
4.
George Terry (1966): perencanaan, pengendalian,
dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta pergerakan mereka yang
melaksanakannya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Adapun Institute of Administrative Management (Anonymous,
2002) pada pertengahan tahun 1990-an mendefinisikan administrasi perkantoran
sebagai salah satu cabang ilmu managemen yang memfokuskan pada layanan untuk
mendapatkan, mencatat, dan menganalisis informasi, baik itu merencanakan maupun
mengkomunikasikannya guna mengamankan asset organisasi serta mempromosikan
layanan administrasi itu sendiri untuk mencapai tujuan organisasi.
Sumber bacaan: Badri Munir Sukoco, 2006, Manajemen
Administrasi Perkantoran Modern, Penerbit Erlangga, Jakarta, hlm. 3-4.
TUGAS/PRAKTIKUM 1. (Untuk mahasiswa peserta Administrasi
Perkantoran, tahun 2013):
1.
Susun Kesimpulan apa Administrasi Perkantoran ?
! melalui proses term-paper !
2.
Apa hakekat Administrasi Perkantoran itu ?
3.
Bagaimana peran admistrator publik dalam
mengimplementasikan kompetensi administrasi negara / publik ?
4.
Bagaimana peran leader, follower dan dalam situasi
bagaimana kompetensi administrasi perkantoran dapat berkembang serta mampu
berkontribusi menyelesaikan masalah manusia ?
5.
Susun dalam bagan atau design / chart / model,
sehingga memudahkan untuk berinterpretasi ?
1.
Bahan kuliah 1.A-B. Adminsitrasi Perkantoran,
tanggal 23 September 2013;
2.
Tugas dikumpulkan pada ketua kelompok
masing-masing, tanggal 30 September 2013;
3.
Tampil presentasi kelompok 1 (satu) tanggal 30
September 2013, Ketua Kelas, Jam 11.00 Wib.
4.
Hasil tugas ini setelah mendapatkan penilaian,
dokumen menjadi milik Lab. IAN dan OTODA;
5.
NILAI A ?
0 komentar:
Posting Komentar