Selasa, 17 Desember 2013

Azas Sentralisasi Pekerjaan Kantor


 
AZAS SENTRALISASI (PEMUSATAN)

Adalah pelaksanaan kegiatan atau pelayanan dalam bidang tata usaha di suatu organisasi atau suatu kantor, dilakukan atau dipusatkan pada suatu satuan organisasi (unit) tersendiri yang khusus menangani pekerjaan kantor atau menangani informasi.

Misalnya bagian tata usaha/bagian secretariat, sehingga unit-unit pelaksana tugas pokok dalam organisasi itu dibebaskan dari pekerjaan kantor yang bersifat pelayanan yang meliputi misalnya:
-            Penggandaan
-            Pengelolaan arsip
-            Pengetikan surat, dan lain-lain.

Azas sentralisasi bagi pekerjaan kantor, berkaitan dengan spesialisasi atau pengkhususan dalam pelaksanaan kerja tertentu oleh seorang petugas secara terus-menerus.

Sumber:
Sedamaryanti, 2001, Dasar-Dasar Pengetahuan Tentang Manajemen Perkantoran, Penerbit Mandar Maju, Bandung, hlm. 30.

0 komentar:

Posting Komentar