Selasa, 17 September 2013

Materi Kuliah Administrasi Perkantoran 1. B.


Materi Kuliah Administrasi Perkantoran 1.B.


Segala puji bagi Alloh Tuhan Semesta Alam.                            
  
      Alhamdu (segala puji). memuji orang adalah karena perbuatannya yang baik yang dikerjakannya dengan kemauan sendiri. Maka memuji Allah berrati: menyanjung-Nya karena perbuatannya yang baik. lain halnya dengan syukur yang berarti: mengakui keutamaan seseorang terhadap nikmat yang diberikannya. kita menghadapkan segala puji bagi Allah ialah karena Allah sumber dari segala kebaikan yang patut dipuji.

      Rabb (tuhan) berarti: Tuhan yang ditaati yang Memiliki, mendidik dan Memelihara. Lafal Rabb tidak dapat dipakai selain untuk Tuhan, kecuali kalau ada sambungannya, seperti rabbul bait (tuan rumah). 'Alamiin (semesta alam): semua yang diciptakan Tuhan yang terdiri dari berbagai jenis dan macam, seperti: alam manusia, alam hewan, alam tumbuh-tumbuhan, benda-benda mati dan sebagainya. Allah Pencipta semua alam-alam. 

      Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a., dari Nabi Saw., beliau bersabda: “Iman itu bercabang menjadi enam puluh lebih, dan rasa malu (untuk berbuat maksiat) adalah satu cabang iman”. [Hadis ini diriwayatkan oleh Al-Bukhari, nomor hadis 9].


Hari Senin, 23 September 2013



Definisi Ilmu Administrasi Perkantoran

Sebagian besar literatur menggunakan istilah administrasi perkantoran dan manajemen perkantoran dengan pengertian yang sama.

Hal ini dipertegas oleh pernyataan PBB (1969), bahwa keduanya sama, walaupun istilah administrasi lebih banyak digunakan untuk hal-hal yang berhubungan dengan Negara, sedangkan manajemen lebih banyak berhubungan dengan perusahaan.

Sedangkan manajemen perkantoran (Gie, 2000) menurut beberapa ahli antara lain:
1.       WH Evans (1963): fungsi yang menyangkut manajemen dan pengarahan semua tahap operasi perusahaan mengenai pengolahan bahan keterangan, komunikasi, dan ingatam organisasi;
2.       Arthur Grager (1958): fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat dari suatu organisasi;
3.       William Leffingwell dan Edwin Robinson (1950): cabang ilmu manajemen yang berkenaan dengan pelaksananaan pekerjaan perkantoran secara efisien, kapan, dan di mana pekerjaan itu harus dilakukan;
4.       George Terry (1966): perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta pergerakan mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Adapun Institute of Administrative Management (Anonymous, 2002) pada pertengahan tahun 1990-an mendefinisikan administrasi perkantoran sebagai salah satu cabang ilmu managemen yang memfokuskan pada layanan untuk mendapatkan, mencatat, dan menganalisis informasi, baik itu merencanakan maupun mengkomunikasikannya guna mengamankan asset organisasi serta mempromosikan layanan administrasi itu sendiri untuk mencapai tujuan organisasi.

Sumber bacaan: Badri Munir Sukoco, 2006, Manajemen Administrasi Perkantoran Modern, Penerbit Erlangga, Jakarta, hlm. 3-4.

TUGAS/PRAKTIKUM 1. (Untuk mahasiswa peserta Administrasi Perkantoran, tahun 2013):
1.       Susun Kesimpulan apa Administrasi Perkantoran ? ! melalui proses term-paper !
2.       Apa hakekat Administrasi Perkantoran itu ?
3.       Bagaimana peran admistrator publik dalam mengimplementasikan kompetensi administrasi negara / publik ?
4.       Bagaimana peran leader, follower dan dalam situasi bagaimana kompetensi administrasi perkantoran dapat berkembang serta mampu berkontribusi menyelesaikan masalah manusia ?
5.       Susun dalam bagan atau design / chart / model, sehingga memudahkan untuk berinterpretasi ?

Keterangan:
1.       Bahan kuliah 1.A-B. Adminsitrasi Perkantoran, tanggal 23 September 2013;
2.       Tugas dikumpulkan pada ketua kelompok masing-masing, tanggal 30 September 2013;
3.       Tampil presentasi kelompok 1 (satu) tanggal 30 September 2013, Ketua Kelas, Jam 11.00 Wib.
4.       Hasil tugas ini setelah mendapatkan penilaian, dokumen menjadi milik Lab. IAN dan OTODA;
5.       NILAI A ?

0 komentar:

Posting Komentar