Rabu, 24 Agustus 2011

Seminar Hasil Hendra 24 Agustus 2011


Hasil Evaluasi  dan Revisi serta Advokasi  Seminar Hasil Penelitian

Hari/Tanggal                             Rabu / 24 Agustus 2011
Tempat di                                     Laboratorium
Ilmu Administrasi Negara  dan Otonomi Daerah
Dosen Pemb.                                Dr. Totok Sasongko, MM
                                                        Drs. Sugeng Rusmiwari, M.Si
Hasil evaluasi                             Sangat baik

Hasil Revisi dan Advokasi (Ikuti / baca dan segera dibetulkan)
Telah mendapatkan Revisi dari Dosen Pembimbing untuk diperbaiki dan menjadi acuan sementara bagi mahasiswa yang akan seminar Proposal dan Seminar Hasil,  terhitung mulai tanggal seminar dilaksanakan (Hingga ada perbaikan lebih lanjut).

Judul Penelitian                         PELAYANAN PUBLIK UNTUK
                                                        MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE
(Suatu Studi Pada Pemerintahan Desa Girimoyo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang)

Nama Mahasiswa       Hendra
N i m                              2007 21 00 18
Konsentrasi                 PELAYANAN PUBLIK
Prodi                             ILMU ADMINISTRASI NEGARA
Fakultas                        ILMU SOSIAL  DAN ILMU POLITIK
Universitas                   TRIBHUWANA  TUNGGADEWI
MALANG
2011

A. PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang Masalah
Pemerintah mempunyai tiga fungsi utama yang harus dijalankan, yaitu, public service function (fungsi pelayanan masyarakat) development function (fungsi pembangunan), protection function (fungsi perlindungan). Dalam menjalankan fungsi tersebut maka dibentuklah birokrasi. Birokrasi merupakan suatu sistem yang dibangun oleh pemerintah agar fungsi-fungsinya yaitu pelayanan, pembangunan, dan perlindungan, dapat berlangsung dengan efektif dan efesien. Dampak dari kurang efektif pelayanan tersebut adalah timbulnya krisis multi dimensi yang dialami bangsa ini. Pemerintah dalam membangun suatu sistem birokrasi yang baik, ditandai dengan berbagai fenomena yang berkembang seperti, pungutan liar, korupsi, kolusi, red-tape, proseduralisme, patrimonial, empire building dan sebagainya. Seiring dengan maraknya kehidupan berdemokrasi kita, maka wacana tentang pelayanan publik (public service) telah menjadi isu strategis di negeri ini. Karena pelayanan Publik merupakan hak dan dasar setiap warga negara yang harus dipenuhi oleh Negara. Hal ini dilakukan karena pelayanan public merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kewajiban negara untuk mensejahtrakan rakyatnya.
Terselenggara good governance merupakan persyaratan utama untuk mewujudkan aspirasi masyarakat dalam mencapai tujuan cita-cita bangsa dan negara.Semangat repormasi telah mewarnai pendayagunaan aparat, aparatur negara dengan tutntunan untuk mewujudkan administrasi negara yang mampu mendukung kelancaran dan keterpaduan pelaksaan tugas dan fungsi penyelengaraan pemerintah negara dan pembangunan dengan mempraktekan prinsip-prinsip good governance, Dalam rangka tersebut diperlukan pengembangan dan penerapan sistem pertanggung jawaban yang tepat, jelas, dan nyata.
Penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan dapat berlangsung secara berdaya guna, bersih dan bertanggung jawab. Berdasarkan berbagai persoalan yang muncul dalam pelayanan publik sebagaimana diatas maka mendorong peneliti  dengan judul: PELAYANAN PUBLIK UNTUK MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE (Suatu Studi Pada Pemerintahan Desa Girimoyo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang)

2. Rumusan Masalah
1.       Bagaimanakah pelaksanaan pelayanan publik ?
2.       Bagaimanakah pelaksanaan good governance ?
3.       Bagaimanakah Peran Pelayanan Publik dalam Mewujudkan Good Governance di Desa Girimoyo, Kec. Karangploso, Kab. Malang ?

3. Tujuan Penelitian
1.       Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pelayanan publik ?
2.       Untuk mendeskripsikan pelaksanaan good governance ?
3.       Untuk melihat Peran Pelayanan Publik dalam Mewujudkan Good Governance di Desa Girimoyo, Kec. Karangploso, Kab. Malang ?

4. Manfaat Penelitian
1.       Teoritis
Sebagai upaya kontributif mahasiswa sebagai masyarakat ilmiah dalam mengembangkan Ilmu Administrasi Negara dengan Kompetensi Pelayanan Publik.
2.       Praktis
Sebagai masukan / data ilmiah dari Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara pada Desa Girimoyo, Kec. Karangploso, Kab. Malang, dalam pengembangan Pelayanan Publik menuju terwujudnya Good Governance.

B. TINJAUAN PUSTAKA
     1.   Tampilkan Penelitian Terdahulu ?
           ………………………………….
     2.   Pelayanan Publik
Menurut.
Sinambela, 2005  ..........Lengkapi teori !
Kurniawan, 2005............ idem
Effendi, 2001…………. idem
Daerah Propinsi Jawa Timur No.11 Tahun 2005
Atas uraian diatas disimpulkan Pelayanan publik adalah setiap kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah terhadap jumlah manusia yang memiliki setiap kegiatan yang menguntungkan dalam suatu kumpulan atau kesatuan dan menawarkan kepuasan, tepat waktu meskipun hasil pelayanan tidak terikat pada suatu produk secara fisik, melayani keperluan orang lain atau masyarakat yang mempunyai tanggung jawab untuk kepentingan pada organisasi serta merespon kebutuhan publik dalam penyelengara pelayanan publik.

          2. Good Governanace
Menurut Sedarmayanti, 2003………………… lengkapi teorinya !
UNDP mendefinisikan Good Governance……lengkapi teorinya !
Dwidjowito, 2003……………………………. Lengkapi teorinya !
Uraian diatas di ambi kesimpulkan bahawa good governance adalah good governance mengandung dua pengertian sebagai berikut. Pertama pemerintahan  yang baik menunjang tinggi keinginan atau kehendak rakyat, dan nilai yang dapat meningkatkan kemampuan rakyat dalam penncapain tujuan nasional, kemandirian pembangunan berkelanjutan dan berkeadilan sosial. Kedua aspek fungsional  efektif dan efisien dalam pelaksaan tugasnya untuk pencapain tujuan tersebut, menjalankan disiplan, bersih dari KKN, bertanggung jawab dan berwibawa, manajemen solid (management)  struktur, fungsi, manusia,aturan.

         C. METODE PENELITIAN

1.  Jenis Penelitian
Dalam melakukan penelitian diperlukan metode penelitian yang  disesuaikan dengan pokok permasalahan yang akan di teliti . Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini bersifat deskriptif yang mendalam (This Description) yang berupa melakukan eksplorasi dan verifikasi mengenai suatu fenomena atau kenyataan sosial, dengan jalan mendeskripsikan sejumlah variabel yang berkenaan dengan masalah atau unit yang diteliti (Faisal, 1992).

2. Lokasi Penelitian
                                Lokasi dari penelitian ini adalah di Kantor Desa Girimoyo, Kecamatan, Karangploso, Kabupaten Malang. Yaitu mengetahui Pelayanan Publik Untuk Mewujudkan Good Governance.
Alasan dari pemilihan lokasi ini adalah sebagai berikut:
a.       Karena dibidang pelayanan di Desa Girimoyo banyak mengalami perkembangan baik itu dalam pembangunan dan sistem pemerintahan Desa juga mengalami perkembangan.
b.       Berpotensi untuk diteliti karena permasalahan sesuai dengan tujuan penelitian.

          3. Sumber Data
1. Sumber data primer adalah sumber data yang langsung memberikan data kepada pengumpul data, dan sumber data sekunder merupakan sumber yang tidak langsung memberikan data kepada pengumpul data (Sugiyono, 2008). Data primer dalam penelitian ini berupa kuesioner atau daftar pertanyaan yang diberikan ke masyarakat dan aparatur pemerintah desa yang memberikan pelayanan publik.
    Meliputi apa saja………….. ?
2. Data sekunder adalah data yang bukan diusahakan sendiri pengumpulannya oleh peneliti. Data sekunder adalah data yang diperoleh dari sumber kedua atau sumber sekunder data yang kita butuhkan.
      Meliputi apa saja …………. ?

4. Populasi dan  Sampel
1. Populasi
    Kutip teorinya terlebih dahulu ?
Populasi adalah jumlah keseluruhan dari apa yang akan diteliti oleh sipeneliti. Pada penelitian ini populasi adalah seluruh pegawai yang bertugas di Desa Girimoyo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang.
2.                   Sampel
Kutip teorinya terlebih dahulu ?
Banyak sampel yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 16 orang, 7 meliputi dari pemerintahan/aparatur dan 9 orang dari masyarakat yang memerlukan pelayanan publik.
3. Teknik Sampling
Teknik sampling adalah merupakan teknik pengambilan sampel. Untuk menentukan sampel yang akan digunakan dalam penelitian, terdapat berbagai teknik sampling yang digunakan.
Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Stratifite Random Sampling” artinya penentuan sampel di ambil berdasarkan stratifikasi struktur organisasi yang ada (teorinya siapa ini..... ?) dan porpusive random sampling atau sampel bertujuan (teorinya bagaimana .........?).

4. Variabel dan Indikator Penelitian
    Adapun beberapa macam variabe dan indikatorl diantaranya adalah:
Variabel Bebas (independent variable)
Kutip teori variable dan indicator terlebih dahulu………………. ?
                                Yang merupakan variabel bebas dalam penelitian ini adalah Pelayanan Publik diambil dari kesimpulan yang  dikutip dari Tinjauan pustaka meliputi :
a.          Pelayanan Publik (indikator)
1.       Kegiatan
2.       Menguntungkan
3.       Tepat waktu
4.       Menawarkan kepuasan dalam layanan
5.       Pemberian pelayanan
6.       Bertanggung jawab
7.       Merespon kebutuhan masyarakat dalam pelayanan
8.       Penyelengara
9.       Untuk mewujudkan pelayanan publik yang baik
Variabel Terikat (dependent variable)
                Kutip teorinya terlebih dahulu ?
                                Variabel Terikat dalam penelitian ini adalah Good Good Governance (indikator)
1.       (Pemerintahan yang baik) menjunjung tinggi keinginan rakyat
2.       Menjunjung tinggi kehendak rakyat
3.       Pencapaian tujuan
4.       Pembangunan berkelanjutan
5.       Fungsional dan efektif
6.       Bertanggung jawab
7.       Menjalankan disiplin
8.       Manajemen yang solid
9.       Bersih dari KKN

5. Instrumen Penelitian/pengumpulan data
Instrumen dari penelitian ini adalah:suatu alat yang digunakan untuk mengukur fenomena sosial yang diamati.
Observasi (kutip teorinya dan apa alas an menggunakan ini ?
Kuesioner ( idem )

6.  Penyajian Data
a.       Data pada penelitian ini, disajikan dalam  4 macam yaitu :
b.       Tabulasi silang data monografi
c.        Tabulasi silang data primer dalam bentuk tabel
d.       Analisis dan intepretasi dalam bentuk kalimat
e.        Grafik,charat dan Diagram dll

7. Teknik Analisa Data
Analisa data menurut Nazir (2003) adalah mengelompokkan, membuat suatu urutan, memanipulasi serta menyingkatkan data sehingga mudah untuk dibaca.Analisis data model Miles & Huberman (1984) dalam buku Sugiyono (2008) yaitu:
a.                       Data Reduction ( Reduki Data)
                        Reduksi data yaitu proses pemilihan pemusatan perhatian dan penyederhanaan, pengabstrakan dan transformasi data kasar yang muncul dari catatan-catatan tertulis dilapangan. Reduksi data merupakan bentuk analisa yang menajamkan, menggolongkan, mengarahkan, membuang yang tidak perlu dan mengorganisasikan kata dengan sedemikian rupa.
                        Teorinya siapa ?
b.                       Data Display (Penyajian Data)
Dalam penelitian penelitian ini penyajian datanya dilakukan dalam bentuk tabel, grafik, phie chard, pictogram. Penyajian data ini terorganisasikan, tersusun dalam pola hubungan, sehingga semakin mudah difahami.
                                Teorinya siapa ?
c.        Skala Likert
Dengan Skala Likert variabel yang akan diukur dijabarkan menjadi indikator variabel. Indikator dijadikan sebagai titik tolak untuk menjadi item-item instrumen yang dapat berupa pernyataan atau pertanyaan. Skala Liktert mempunyai gradasi atau tingkatan nilai. Yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya:
a)       Sangat Baik                                  : SB        = 4
b)       Baik                                               : B           = 3
c)       Sedang                                           : SD        = 2
d)       Kurang                                           : K           = 1
               Sebutkan sumbernya : ……………………………!
d.       Conclusion Drawing / verification
Langkah selanjutnya adalah penarikan kesimpulan dan verifikasi, kesimpulan awal yang dikemukakan masih bersifat sementara, dan akan berubah bila tidak ditemukan bukti-bukti yang kuat yang mendukung pada tahap pengumpulan data berikutnya.
                                Sebutkan sumbernya………………………!

D.  HASIL PENELITIAN

1.  PENYAJIAN,  ANALISIS DAN INTEPRETASI DATA

     a.  Variabel Bebas (Dependent variable) Yaitu Pelayanan Publik
Rekapitulasi Data Variabel Bebas (Indevendent Variable) Yaitu Pelayanan Publik  dapat dilihat pada  di bawah ini:
Diketahui  intervalnya adalah:
a.       25,00 - 27,00  =1 = 6,7 %
b.       28,00 - 30,5   =2 = 12,3%
c.        31,7 – 33,00  =10 =63%
d.       34,3 – 35, 5   =3 =.19%
Dari hasil kelas interval yang ditentukan maka dapat diketahui persentasi yang ditentukan yakni, A =6,7%, B =21,3%, C =63%, D =19%. Sehingga dapat dikatakan bahwa pelayanan publik baik.
Rekapitulasi Data Variabel Terikat (indevendent Variable) Good Governance  dapat dilihat  dibawah ini:
Diketahui intervalnya adalah:
              a. 24 – 26,3 = 1=6,7%
              b. 27 – 29    = 4=25%
             c. 30,00 – 33= 8=50%
             d. 34 – 36,5 = 3=18,3%
Dari hasil kelas interval yang ditentukan maka dapat diketahui persentasi yang ditentukan yakni, A =6,7%, B =25%, C =50%, D =18,3%. Sehingga dapat dikatakan bahwa Good Governance dalam pemerintahan yang baik terlaksana.
Untuk mempermudah dalam pengambilan kesimpulan, maka data dari kedua variabel tersebut data berikut ini:
Variabel                 X             A=19%,    B=63%, C=12,3%, D=6,7%
                                Y             A= 18,3% B=50%, C=25%,    D=6,7%

Dari data pada tabel 4 diatas, dapat diketahui bahwa Pelayanan Publik memiliki kecenderungan baik sebesar 63%, sedangkan Good Governanc juga memiliki kecdenderungan baik sebesar 50%.

E. KESIMPULAN DAN SARAN

     1. Kesimpulan
1.     Bahwa pelayanan publik pada pemerintahan Desa Girimoyo sudah berjalan dengan baik / cenderung baik, hasil penelitian deskriptif sebesar  63%.
2.     Sedangkan Good Governance juga cenderung baik, yaitu sebesar 50%.
3.     Bahwa Pelayanan Publik yang baik pada pemerintahan di Desa Girimoyo berperan dengan baik dalam mewujudkan  Good Governance .
     2.  Saran
                        Berdasarkan kesimpulan yang telah dikemukakan diatas, selanjutnya peneliti menyampaikan beberapa saran antara lain.
Dari hasil Intepretasi ada sebesar 13% responden menyatakan bahwa pelayanan publik Kurang Puas dan Kurang Tepat Waktu, sedangkan upaya mewujudkan  Good Governance kurang disiplin, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pertimbangan lebih lanjut.

Daftar Pustaka
Harus dilengkapi ………….!
Keterangan: Mahasiswa yang akan maju seminar proposal maupun hasil ikuti standar tersebut di atas dan akan diperbaiki secara berkala ! Trims

Rekomendasi Sugeng Rusmiwari
sugengrusmiwari.blogspot.com
081 334 995 112
Malang 24 Agustus 2011

0 komentar:

Posting Komentar