Jumat, 19 September 2014

Objek Forma Filsafat Administrasi

OBJEK FORMA FILSAFAT ADMINISTRASI

Obyek forma filsafat administrasi adalah keteraturan, pengaturan, atau dalam lingkup yang luas yaitu administration (Inggris) atau beheren atau bestuur (Belanda) yang berarti “pemerintah, pemerintahan” yang kesemuanya sebagai hasil dari pendekatan yang digunakan.

Artinya, dengan pendekatan yang digunakan, akan memberi batas terhadap apa yang menjadi objek materia dari filsafat yang dikaji.

Pendekatan atau yang menjadi pembatas inilah yang menempatkan perbedaan suatu kajian filsafat tertentu.

Keteraturan, pengaturan, kepemerintahan sebagai obyek forma filsafat administrasi secara substansial atau secara esensial akan nampak pada hubungan pengatur dengan pihak yang diatur, baik itu dalam konteks internal kerjasama yang berlangsung maupun secara eksternalberlangsung antara individu sebagai manusia subyek administrasi dengan individu dalam kehidupan yang lebih luas, apakah dalam realitas kehidupan kelompok kecil hingga pada kehidupan masyarakat, bahkan negara sekalipun sebagai objek yang harus dilayani, diayomi dan diberdayakan oleh para subyek administrasi.

Dalam artian yang lebih luas dan mendalam, esensi keteraturan dalam administrasi akan Nampak pada hubungan pemerintahan yang berlangsung secara fungsional yang diciptakan oleh para subjek administrasi sebagai pemerintah dengan para subjek yang diatur sebagai pihak yang diperintah.

Bagaimana hubungan itu berlangsung melalui: filsafat administrasi, kita akan memahaminya lewat hubungan pengaturan, yaitu hubungan pemerintahan.

Dalam rangka pemahaman itulah maka akan banyak ditemukan berbagai hal yang berkaitan dengan jawaban-jawaban yang harus diberikan secara filosofis, mulai dari persoalan gejala (fenomena) administrasi, normative administrasi hingga pada probabilistic administrasi.

Sumber:
Faried Ali, 2004, Filsafat Administrasi, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

  

1 komentar:

  1. assalamu'alaikum.wr.wb
    saya ACHMAD.THORIQ dri prodi administrasi negara kelas A
    maaf sebelumnya pak saya mau nanyak di blog bapak yang file pdf/doc belum ada ta pak,soalx saya kesulitan kalo selalu copy/paste,saya mohon bantuanya pak,terimakasih
    wessalam..

    BalasHapus