Selasa, 13 September 2011

Kajian Islam dan Silaturahim


SEKSI KEROHANIAN RT 4 RW 9
LANDUNGSARI DAU MALANG

Assalamu’alaikaum Wr.Wb.
Dengan ini disampaikan Konsep Rencana Kegiatan Seksi Kerohanian yang disusun berdasarkan Notulen Rapat tanggal 9 September 2011 dan masukan setelah Halal bi halal tanggal 11 September 2011, antara lain:

1.        SEKSI KEROHANIAN RT 4 RW 9, memiliki tugas antara lain:
a.      Menjembatani koordinasi dengan Bapak Kepala Kelurahan / Desa Landungsari, dan Bapak Kesra (Modin) dan Petugas Makam (Juru Kunci).
b.  Menjembatani koordinasi dengan Bapak Ketua RW 9 dan RT, terkait dengan Kerohanian, sarana dan prasarana yang dapat dimanfaatkan secara maksimal.
c.      Menjembatani koordinasi dengan Warga RT 4 terkait dengan, Pengajian Agama Islam (Karena Mayoritas Muslim), bilamana terjadi Musibah (Kematian), Buka Puasa, Silaturahim (Halal bi halal), Hari Besar Idhul Adha, dan hari-2 besar Islam.
2.   TAHAP PERTAMA, Seksi Kerohanian akan segera Melakukan Koordinasi dengan  melacak ulang terkait dengan Hak dan Kewajiban sebagai warga Desa Landungsari, berkaitan dengan masalah: Makam, Sarana dan Parasarana Kematian, Ambulan,  Kursi, Kain Kafan, Nisan, dll.
3.        TAHAP KEDUA: disepakati untuk melaksanakan pengajian (Kajian Agama Islam) secara rutin oleh Seksi Kerohanian Rt 4, RW 9, dan memberikan kesempatan pada Pengajian Ibu-2 tidak bercampur dengan Bapak-2 sebagaimana yang sudah lama direncanakan karena akan ada kajian terkait dengan masalah khusus kewanitaan.
4.        Kegiatan Pengajian, pengajian dilaksanakan 2 (dua) kali dalam 1 (satu) bulan dan lebih lanjut akan dievaluasi dengan menyesuaikan kekuatan dukungan dana yang tersedia.
5.      Hari Kegiatan, hari kegiatan pengajian sementara dilaksanakan hari Ahad I dan III, dan untuk kesempatan Pertama tanggal 18 September 2011 di rumah / halaman rumah Ketua Sie Kerohanian (Bapak Fatur, G-3), pengajian berikutnya akan dilaksanakan Ahad ke I tanggal 6 Nopember 2011, tempat di rumah / halaman rumah Keluarga Bapak Faisal atau Bapak Dian, Bapak Sugeng.
6.        Peserta pengajian, dengan sasaran untuk seluruh anggota keluarga atau umum (Bapak, Ibu dan Anak), dan untuk kepentingan silaturahim memberikan kesempatan kepada Warga di lingkungan RW 9 (Jama’ah Masjid Sunan Kalijogo), bahkan untuk yang non-muslim (barang kali yang ingin memahami Islam) dipersilahkan.
7.     Tempat pengajian, karena di lingkungan RT 4 belum memiliki tempat pertemuan yang representatif maka, dengan segala keterbatasan dilaksanakan dari rumah-ke-rumah, dan tahap pertama dimulai dari Seksi Kerohanian (alternatifnya di rumah – Keluarga Bapak: Fatur, Faisal, Dian, Sugeng) pengajian Seksi Kerohanian akan berkoordinasi dengan pemilik rumah yang hingga saat ini belum dimanfaatkan (rumah kosong).
8.        Waktu pengajian, mengingat belajar Ilmu Agama Islam ini untuk keluarga-umum  (Bapak, Ibu dan anak-anak) agar selesainya tidak terlalu malam, maka pengajian dimulai setelah Shalat ‘Isyak, untuk Bapak-2 dan Anak-2 yang waktunya longgar mari bersama-sama Shalat ‘Isyak berjama’ah terlebih dahulu di Masjid Sunan Kalijogo bersama Ustadz yang memberi materi, dan untuk Ibu-2 Shalat di rumah masing-2 lebih utama.
9.        Konsumsi Pengajian, untuk menjaga Kontinyuitas (Istiqomah) Pengajian dan agar tidak menjadi beban warga, disepakati tidak ada konsumsi (seksi kerohanian / tuan rumah cukup menyediakan minum), kecuali bagi keluarga yang bersamaan dengan Tasyakuran atau punya aktivitas lain.
10.    Anggaran Kegiatan, Seksi Kerohanian RT 04 memiliki Sumber Resmi dari Warga melalui Pengurus RT, dan Penggalian dana melalui Kotak Amal pada setiap hari Jum’at (Gerbu Sholeh) yaitu Gerakan Seribu Amal Sholeh, dan bilamana dirasa perlu akan diadakan penggalian dari partisipan warga yang longgar, dan akan dilaporkan secara rutin aktifitas anggaran (keluar masuk) sebelum pelaksanaan Pengajian.
11.      Materi Kajian, Materi Kajian Agama Islam ini langkah awal akan dilakukan secara Tematik sesuai kebutuhan dan permasalahan yang ada, namun untuk memudahkan tahapan-tahapan dimulai dari Pentingnya Ilmu, Aqidah dan Shalat Berjama’ah dan bilamana ditentukan lain, tergantung dari kesepatakan jama’ah atau arahan ustadz yang memberikan materi.  
12.      Faham Kajian, kajian Agama Islam dari Seksi Kerohanian ini, meletakkan sumber utama dengan pemahaman Menurut  Al-Qur’an dan As-Sunnah.
13. Pemberian Nama, untuk menyederhanakan birokrasi dan memperlancar kegiatan pengajian memungkinkan diberikan nama contoh As Salam (keselamatan), atau yang lain tergantung kesepakatan Warga Graha Sejahtera.
14.  Idul Adha, pada Bapak dan Ibu yang akan melaksanakan Kurban Ternak Sapi, yang insya’Alloh akan dilaksanakan tanggal 6 Nopember 2011, kami dapat menjembatani informasi untuk patungan sebanyak 7 (tujuh) orang, pengalaman pada tahun 2010, per orang dikenai biaya Rp 1.150.000,- termasuk biaya perawatan, sedangkan kali ini kurang lebih Rp 1.200.000,- s/d Rp 1.250.000,-
15.      TAHAP KETIGA, Seksi Kerohanian, akan segera melakukan Silaturahim atau Koordinasi  dengan Pengurus Pengajian Ibu-ibu (Ar-Rifahah) dan Warga RT 4, untuk mengakomodir dan mengadopsi serta mengadaptasi saran dan pendapat terkait dengan tugas-tugas Seksi Kerohanian, dengan awal dari notulen  ini.
16.   UNDANGAN, dengan ini pula kami mengharap kehadiran Bapak dan Ibu sekeluarga, pada Hari: AHAD 18 September 2011, Jam: 19.00 Wib (Selesai Shalat Isya’ berjamaah di Masjid Sunan Kalijogo), Tempat di Rumah / Halaman Rumah Keluarga Bapak Fatur Blok G-3, Pemateri Ustadz Azhar Reza, S.Ag. Pengajian berikutnya pada Ahad ke I (6 Nopember 2011).
 
Demikian untuk menjadikan periksa dan maklum, serta atas perkenannya diucapkan terimakasih dan mohon maaf bilamana ada kesalahan, serta notulen ini akan disempurnakan atas saran Bapak, Ibu sekalian.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.                                                                             Hormat kami
Seksi Kerohanian Fatur, Faisal, Dian, Sugeng









Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar