Jumat, 20 Desember 2013

Buti-butir yang perlu diperhatikan dalah menulis naskah ilmiah - Bahan Kuliah


BUTIR-2 YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MENULIS NASKAH ILMIAH

Untuk mengevaluasi makna hasil penelitian / telaahan Anda, sebelum naskahnya ditulis cermati apakah butir-2 berikut telah diperhatikan:
1.       Terjangkaukah kemutakhiran peta state-of-the-art permasalahan yang ditanganinya ?
2.       Terjaminkah keorisinalan sudut pandang dan pendekatan yang sudah dilakukan dalam memecahkan masalahnya ?
3.       Unikah perumusan masalah sehingga kegiatan penelitiannya menghasilkan simpulan yang pasti diminati (para mitra bestari dan) ilmuwan lain yang terkait ?
4.       Cukup menukihkkah kedalaman pendekatan dan ketepatan metodologi yang sudah dipakai ?
5.       Terpenuhikah persyaratan minimum untuk mencapai ketepatan, kecanggihan, dan kemodernan yang dipakai?
6.       Sudah maksimumkah pengerahan sarana dan infrasarana pendukung penelitiannya sehingga ketuntasan penggarapannya sudah betul-betul optimum ?
7.       Terverifikasikah kesesuaian dan keterandalan informan, terterakah peralatan dan perlengakapan penelitian, terbenarkankah kuesioner penelitian yang dipergunakan, tersediakah informasi perkembangan pustaka terakhir sehingga kesahihan data yang sudah dihimpun tidak menimbulkan keraguan atau kontroversi ?
8.       Sudah dibaca dan terkuasaikah hasil dan simpulan dalam semua publikasi penelitian-2 lain yang berkaitan sehingga penyimpulan data maksimum untyuk menghasilkan perampatan melebar dan teori baru yang menyeluruh ?
9.       Jelaskah penambahan (delta) atau kebaharuan temuannya sehingga kontribusinya bermakna bagi kemajuan dunia ilmua ?

Sumber:
Mien A. Rifai, 2011, Evaluasi Diri Naskah, Strategi Pemilihan Naskah Berkala, dan Penguasaan Petunjuk Penulisan, Akademik Ilmu Pengetahuan Indonesia, Materi Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Nasional, Kemeterian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar