Jumat, 20 Desember 2013

Pola IMRD dalam Tulisan Ilmiah dalam Abstrak - Jurnal - Bahan Kuliah


POLA IMRD DALAM TULISAN ILMIAH

1.       INTRODUCTION
2.       METHODS
3.       RESULTS
4.       DISCUSSION
5.       REFERENCES

INTRODUCTION
Pendahuluan:
1.       Perkenalkan masalah (=tinjauan pustaka),
2.       Tunjukkan rumpang yang ada,
3.       Jelaskan tujuan yang melatarbelakangi (=landasan teori) dilakukannya kegiatan yang dilaporkan – idealnya panjangnya tidak melebihi 10% tulisan.

METHODS
Cara:
1.       Tatacara atau pendekatan (= kerangka pemikiran) serta macam bahan dan instrument yang dipakai, yang;
2.       Menjelaskan apa yang sudah dikerjakan dalam mendapatkan data/inforasi, dan;
3.       Bagaimana melakukan analisisnya, serta;
4.       Penalaran dalam menarik kesimpulan;
5.       Kapan dan dimana kegiatan dilakukan;
6.       Kira-kira menempati 15% panjang naskah.

RESULT
Hasil:
1.       Perincian data, dan;
2.       Informasi yang ditemukan atau dikumpulkan, berikut;
3.       Analisis dan sitesisnya, dengan disertai;
4.       Komentar dan penjelasan dalam kaitannya dengan tujuan penelitian, beserta;
5.       Pemikiran yang mungkin terkembangkan daripadanya;
6.       Sekitar 35% dari pada keseluruhan tulisannya.

DISCUSSION
Pembahasan:
1.       Untuk menjelaskan makna yang terungkap dari hasil;
2.       Bagaimana arti ilmiahnya dibandingkan dengan pendapat atau teori yang berlaku dikalangan sesame ilmuwan dan pandit, dan;
3.       Apa simpulan serta perampatannya sampai terlihat besar (delta) sumbangan ilmiah yang dihasilkan;
4.       Sekitar 35% karya.

REFERENCES
Acuan:
1.       Pustaka mutakhir yang dirujuk;
2.       Sekitar 5% ruang naskah.

Sumber:
Mien A. Rifai, 2011, Evaluasi Diri Naskah, Strategi Pemilihan Naskah Berkala, dan Penguasaan Petunjuk Penulisan, Akademik Ilmu Pengetahuan Indonesia, Materi Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Nasional, Kemeterian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

1 komentar:

  1. Abstrak: Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan e-KTP terhadap kepuasan masyarakat di Depok dan untuk menentukan sub variabel dari kualitas pelayanan yang paling berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat. Sampel yang diambil adalah 100 orang dari seluruh populasi ini 1.020.002 orang dengan rumus Slovin.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dalam kepuasan masyarakat 0758 dengan tingkat signifikan 95%. Itu berarti bahwa 75,8% kepuasan masyarakat yang menerima pelayanan perekaman data e-KTP di Depok dapat dipengaruhi oleh beberapa sub variabel seperti bukti fisik, reliabilitas, daya tanggap, jaminan, dan empati dan sisanya 24,2% adalah dipengaruhi oleh variabel independen lain yang belum ditunjukkan dalam penelitian ini, yang paling berpengaruh dalam memuaskan masyarakat yang menerima layanan perekaman data e-KTP adalah reliabilitas dengan koefisien regresi sebesar 0.867.

    Nama :Ewaldus chandra
    Nim :2012210025
    Alamat : Jln.telega warna blok F.No 99 A

    BalasHapus