Senin, 16 Desember 2013

Efisiensi Pekerjaan Kantor


EFISIENSI PEKERJAAN PERKANTORAN

Pengertian

Efisiensi adalah usaha pada produksi untuk memberantas segala pemborosan bahan dan tenaga kerja maupun gejala yang merugikan.

Efisiensi dalam pengertian diwujudkan dalam simbul E yang merupakan hasil perbandingan terbaik antara O (output) dan I (input).

Output adalah semua barang atau jasa yang dihasilkan, sedangkan input adalah semua biaya yang diperlukan untuk menghasilkan barang atau jasa tersebut.

Jadi dengan demikian pengertian efisiensi (efficiency) pada prinsipnya adalah perbandingan terbaik atau rasionalitas antara hasil yang diperoleh atau output dengan kegiatan yang dilakukan serta sumber-sumber dan waktu yang dipergunakan, atau input.

Output adalah semua barang atau  jasa yang dihasilkan, sedangkan input adalah semua biaya yang diperlukan untuk menghasilkan barang atau jasa tersebut.

Jadi dengan demikian pengertian efficiency (efisiensi) pada prinsipnya adalah perbandingan terbaik atau rasionalitas antara hasil yang diperoleh atau ouput dengan kegiatan yang dilakukan serta sumber-sumber dan waktu yang dipergunakan, atau input.

Selanjutnya pengertian efisiensi terus berkembang, meliputi hampir semua bidang ilmu pengetahuan.

Bekerja dengan efisien adalah bekerja dengan gerakan, usaha, waktu dan kelelahan yang sedikit mungkin.

Cara bekerja yang efisien dapat diterapkan oleh setiap pegawai untuk semua pekerjaan, baik kecil meupun yang besar.

Dengan menggunakan cara bekerja yang sederhana, penggunaan alat yang dapat membantu mempercepat penyelesaian tugas, serta menghemat gerak dan tenaga, maka seseorang dapat dikatakan bekerja dengan efisien, dan memperoleh hasil yang memuaskan.

Sumber:
Sedamaryanti, 2001, Dasar-Dasar Pengetahuan Tentang Manajemen Perkantoran, Penerbit Mandar Maju, Bandung, hlm. 112.

0 komentar:

Posting Komentar