EFISIENSI PEKERJAAN PERKANTORAN
Pengertian
Efisiensi adalah usaha pada produksi untuk memberantas
segala pemborosan bahan dan tenaga kerja maupun gejala yang merugikan.
Efisiensi dalam pengertian diwujudkan dalam simbul E yang
merupakan hasil perbandingan terbaik antara O (output) dan I (input).
Output adalah semua barang atau jasa yang dihasilkan,
sedangkan input adalah semua biaya yang diperlukan untuk menghasilkan barang
atau jasa tersebut.
Jadi dengan demikian pengertian efisiensi (efficiency) pada
prinsipnya adalah perbandingan terbaik atau rasionalitas antara hasil yang
diperoleh atau output dengan kegiatan yang dilakukan serta sumber-sumber dan
waktu yang dipergunakan, atau input.
Output adalah semua barang atau jasa yang dihasilkan, sedangkan input adalah
semua biaya yang diperlukan untuk menghasilkan barang atau jasa tersebut.
Jadi dengan demikian pengertian efficiency (efisiensi) pada
prinsipnya adalah perbandingan terbaik atau rasionalitas antara hasil yang
diperoleh atau ouput dengan kegiatan yang dilakukan serta sumber-sumber dan
waktu yang dipergunakan, atau input.
Selanjutnya pengertian efisiensi terus berkembang, meliputi hampir
semua bidang ilmu pengetahuan.
Bekerja dengan efisien adalah bekerja dengan gerakan, usaha,
waktu dan kelelahan yang sedikit mungkin.
Cara bekerja yang efisien dapat diterapkan oleh setiap
pegawai untuk semua pekerjaan, baik kecil meupun yang besar.
Dengan menggunakan cara bekerja yang sederhana, penggunaan
alat yang dapat membantu mempercepat penyelesaian tugas, serta menghemat gerak
dan tenaga, maka seseorang dapat dikatakan bekerja dengan efisien, dan
memperoleh hasil yang memuaskan.
Sumber:
Sedamaryanti, 2001, Dasar-Dasar Pengetahuan Tentang
Manajemen Perkantoran, Penerbit Mandar Maju, Bandung, hlm. 112.
0 komentar:
Posting Komentar