KOMPONEN DAN MANFAAT ANALISIS PEKERJAAN
Analisis pekerjaan adalah proses pengumpulan dan pemeriksaan
atas aktivitas-aktivitas kerja pokok di dalam sebuah posisi serta kualifikasi
yang diperlukan untuk melaksanakan aktivitas-aktivitas tersebut.
Analisis pekerjaan haruslah dilaksanakan sebagai langkah
awal dalam proses perekrutan.
Analisis pekerjaan mencakup tiga komponen, yaitu:
1.
Deskripsi pekerjaan;
2.
Spesifikasi pekerjaan, dan;
3.
Standar kinerja pekerjaan.
Analisis pekerjaan menyediakan suatu ringkasan kewajiban dan
tanggungjawab pekerjaan, hubungannya dengan pekerjaan-pekerjaabn yang lain,
pengetahuan dan keahlian yang dibutuhkan, dan kondisi kerja di bawahnya
pekerjaan tersebut di laksanakan.
Hasil analisis pekerjaan merupakan masukan terhadap
aktivitas sumber daya manusia.
Analisis pekerjaan yang disusun, dirancang, dan
diimplementasikan dengan baik berpotensi menyediakan basis informasi berfungsi
tidak hannya satu tujuan, tetapi beberapa tujuan.
Manfaat analisis pekerjaan adalah untuk:
1.
Desain organisasi;
2.
Telaah dan perencanaan kinerja pegawai;
3.
Suksesi manajemen;
4.
Pelatihan dan pengembangan;
5.
Jalur karier;
6.
Criteria seleksi;
7.
Dan evaluasi pekerjaan.
Sumber:
Henry Simamora, 1999, Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit
STIE YKPN, Yogyakarta, hlm. 169.
Assalamu Alaikum Waromatullohi Wabarokatuh…
BalasHapusSaya riyadi malaysia.
Di malaysia saya se'orang perantau, sudah 5tahun saya tidak pulang ke indonesia. di sini saya bekerja sebagai buru kasar di salah satu perusahaan pabrik pelstik di malaysia. impian saya ingin sekali punya usaha sendiri, pada suatu ketika saya tidak sengaja membuka situs (blog) Ki Sultan Agung, mendapatkan solusi cepat sukses melalui pesugihan dana hibah, ya... allhamdulillah saya tidak salah langkah, saya bisa dapat bantuan modal melalui ritual dana hibah bank gaib. terima kasih aki karna sudah siap membantu saya.
“Usaha maju pesat dalam 1 bulan!” kunjungi Webnya di www.rajauanggaib.com