Jumat, 25 September 2015

Arti Siosiologi



ARTI SOSIOLOGI

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hidup bersama dalam masyarakat, dan menyelidiki ikatan-ikatan antar manusia yang menguasahi kehidupan itu.

Ia mencoba mengerti sifat dan maksud hidup bersama, cara terbentuk dan tumbuh serba berubahnya perserikatan-perserikatan hidup itu serta pula kepercayaan, keyakinan yang member sifat tersendiri kepada cara hidup bersama itu dalam tiap persekutuan hidup manusia.

Untuk menganalisa cara hidup bergaul manusia itu, maka perlu juga dipelajari sifat-sifat biologi manusia seperti perasaan lapar, sakit, takut, kebutuhan akan seks dengan perbedaan-perbedaannya daripada di dunia hewan, yang lenih banyak diatur oleh peradaban masyarakatnya.

Karena sosiologi ini mempelajari manusia sebagai anggota masyarakat maka dengan sendirinya ia meliputi atau sedikitnya rapat bertalian dengan ilmu-ilmu masyarakat lainnya seperti hokum, ekonomi, ilmu jiwa, antropologi, dan lainnya.

Singkatnya, sosiologi ini adalah ilmu masyarakat atau ilmu kemasyarakatan yang mempelajari manusia sebagai anggota golongan atau masyarakatnya (tidak sebagai individu yang terlepas dari golongan atau masyarakatnya), dengan ikatan-ikatan adat, kebiasaan, kepercayaan atau agamanya, tingkah laku serta keseniannya atau yang disebut kebudayaan yang meliputi segala kehidupannya.

Sumber:
Hasan Shadily, 1984, Sosiologi Untuk Masyarakat Indonesia, Bina Aksara, Jakarta, hlm. 1, 2.

1 komentar:

  1. If you're trying hard to lose weight then you certainly need to try this totally brand new custom keto meal plan diet.

    To create this keto diet service, certified nutritionists, fitness trainers, and professional chefs have united to produce keto meal plans that are useful, convenient, economically-efficient, and fun.

    From their grand opening in January 2019, 1000's of individuals have already transformed their figure and health with the benefits a great keto meal plan diet can give.

    Speaking of benefits: in this link, you'll discover 8 scientifically-tested ones given by the keto meal plan diet.

    BalasHapus