Jumat, 25 September 2015

FUNGSI STARTIFIKASI SOSIAL



FUNGSI STARTIFIKASI SOSIAL

Menurut Kingsley Davis dan Wilb Moore, fungsi-fungsi dari stratifikasi social ialah sbb:

      1.       Stratifikasi social menjelaskan kepada seseorang “tempat”nya dalam masyarakat sesuai dengan pekerjaan, menjelaskan kepadanya bagaimana ia harus menjalankannya dan bagaimana efek serta sumbangannya kepada masyarakatnya;
 
      2.       Karena peranan dari setiap tigas dalam setiap masyarakat berbeda-beda dengan seringkali adanya tugas yang kurang dianggap penting oleh masyarakat (karena beberapa pekerjaan meminta pendidikan dan keahlian terlebih dahulu) maka berdasarkan perbedaan persyaratan dan tuntutan atau prestasi kerja, masyarakat biasanya member imbalan kepada yang melakukan tugas dengan baik dan sebaliknya “menghukum” yang tidak atau kurang baik. Dengan sendirinya terjadilah distribusi penghargaan, hal mana menghasilkan dengan sendirinya pembentukan stratifikasi social;

      3.       Penghargaan yang diberikan biasanya bersifat ekonomik, berupa pemberian status social atau fasilitas-fasilitas yang karena distribusinya berbeda (sesuai dengan pemenuhan persyaratan dan penilaian terhadap pelaksanaan tugas) membentuk struktur social.

Sumber:
Astrid S. Susanto, 1983, Pengantar Sosiologi dan Perubahan Sosial, Bina Cipta.

1 komentar:

  1. If you're looking to lose kilograms then you certainly need to start following this brand new personalized keto diet.

    To create this service, licenced nutritionists, fitness couches, and cooks have united to develop keto meal plans that are effective, suitable, price-efficient, and delightful.

    Since their launch in early 2019, thousands of individuals have already transformed their body and well-being with the benefits a great keto diet can offer.

    Speaking of benefits: in this link, you'll discover 8 scientifically-confirmed ones provided by the keto diet.

    BalasHapus