Jumat, 12 Juni 2015

UTS MSDM

UTS  MSDM

KONSEP
1.       Manajemen sumber daya manusia adalah pengembangan dan pemanfaatan personil (pegawai) bagi pencapaian yang efektif mengenai sasaran dan tujuan-2 individu, organisasi, masyarakat, nasional, dan internasional (Faustino Cardoso Gomes, 2003).
2.       Dalam mempelajari MSDM ada tiga pendekatan yang dapat dilakukan, yaitu:
1.       Pendekatan mekanis;
2.       Pendekatan paternalis, dan
3.       Pendekatan system social (Malayu S.P. Hasibuan, 2008)

HASIL SURVEI
Hasil survei tersebut menyebutkan, 43,6 persen responden menilai kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia tidak kompetitif. Selain itu, 3,6 persen responden merasa SDM di Indonesia sangat tidak kompetitif. Sebaliknya, 30,8 persen responden merasa SDM asal Indonesia sudah kompetitif, 4,1 persen sangat kompetitif, dan 17,9 persen menjawab "netral" sebagai penilaian atas daya saing SDM di Indonesia (Sumber: Harian Kompas / Kompas TV, Kompas.Com, Jum’at 12 Juni 2015)

Pertanyaan:
Atas dasar konsep dan fenomena hasil survey tersebut di atas:
1.       Apa hakekat filosofis MSDM dalam pembangunan ini ?
2.       Perhatikan data SDM pada tidak kompetitif dan sangat tidak kompetitif, berikan analisis kritis dengan pendekatan situational leadership mengapa fenomena ini terjadi ?
3.       Berikan analisis kritis bila fenomena itu sampai pada titip stereotype dan stigma, apa rekomendasi Saudara?
4.       Pasca selesai dari mata kuliah MSDM, apa Target Saudara dalam menyelesaikan fenomena atau konflik tersebut di atas dalam kompetensi public administration atau management agribisnis ?
5.       Masih berkaitan dengan nomor 4, bagaimana bila fokus penyelesaian masalah korupsi, yang saat ini sudah sampai pada krisis - development syndrome berikan rekomendasi Saudara ?
  

1 komentar:

  1. As claimed by Stanford Medical, It is indeed the ONLY reason this country's women live 10 years more and weigh an average of 19 KG lighter than we do.

    (And realistically, it is not about genetics or some secret-exercise and really, EVERYTHING around "HOW" they are eating.)

    BTW, I said "HOW", and not "WHAT"...

    Tap on this link to determine if this quick test can help you release your true weight loss possibility

    BalasHapus