Senin, 08 Juni 2015

Soal UAS Keputusan PTPK



SOAL UAS PTPK

Keputusan adalah “proses penelusuran masalah yang berawal dari latar belakang masalah, identifikasi masalah hingga terbentuknya kesimpulan atau rekomendasi” (Irham Fahmi, 2013). Selanjutnya masuk pada Sistem Pengambilan Keputusan yang “bersifat luwes dan dapat menyesuaikan dengan perubahan-perubahan yang terjadi” (Kadarsah Suryadi, Ali Ramadhani, 1998).

Pertanyaan:
1.       Apa dan bagaimana hakekat proses dan teknik pengambilan keputusan, dilihat/dihubungkan dari konsep tersebut di atas ?
2.       Berikan analisis kritis singkat, bahwa saudara sebagai calon “leader dan decision maker” tentang korelasi antara keputusan “rationality model” dengan “bounded rationality” dan “intuitive model” ?
3.       Dom Tapscott, membedakan kelompok antar generasi X.Y.Z.,
a.       Saudara masuk pada generasi apa?,
b.      Apa kelebihan dan kekurangannya?
c.       Bagaimana memanfaatkan kelebihan tersebut? dan
d.      Bagaimana mengatasi kekurangannya dalam pengambilan keputusan?    
4.       Pada era globalisasi saat ini, teknik pengambilan keputusan Model Delphi dapat berdampingan secara signifikan dengan Model Kausal (causal model), jelaskan singkat makna penryataan tersebut !

Keterangan:
1.       Semua jawaban ditulis tangan, dan diserahkan pada dosen pengampu paling lambat tanggal 17 Juni 2015 (tidak boleh terlambat);
2.       Khusus pertanyaan nomor 4 disusun ulang dengan bentuk abstrak (tidak lebih dari 150 kata) dan dimasukan pada komentar blogg ini;
3.       Mohon maaf, terimakasih Saudara pasti bisa.





86 komentar:

  1. NAMA: MARKURIUS TAMU AMA
    NIM: 2013210063
    MK: UAS PTPK
    KELAS: A



    4. Tekink Delphi umumnya digunakan untuk mengambil keputusan meramal masa depan yang diperhitungkan akan dihadapi organisasi. Teknik ini sangat sesuai untuk kelompok pengambil keputusan yang tidak berada di satu tempat.
    Model kausal mengasumsikan bahwa variabel yang diramalkan (variabel dependen) terkait dengan variabel lain (variabel independen) dalam model.
    Jadi, makna dari kedua model tersebut adalah model ini memberikan suatu keterangan tentang keputusan yang di ambil untuk masa depan dan bersifat ramalan dan model keduanya ini dalam hal pengambilan keputusan bukan saja berpusat pada satu titik artinya bukan satu organisasi melainkan berbagai organisasi dan bahkan setiap orang yang mengambil keputusan sehingga hubungan antara kedua model tersebut secara signifikan mencerminkan adanya suatu nuansa yang baik bagi masa depan organisasi atau lembaga lainnya yang diharapkan dari keputusan yang di ambil

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Nama : Roberdtus Harry Sudarnoto
    Nim : 2013210091
    Kls : A
    UAS : PTPK
    Abstrak
    4. Model Delphi Teknik Delphi dapat digunakan untuk membantu menghilangkan disfungsi kelompok dan membantu membuat keputusan yang lebih efektif, dan Teknik ini dikembangkan untuk prediksi jangka panjang. Dan teknik ini cocok untuk pengambilan suatu keputusan karena dalam mengambil sebuah keputusan perlu adanya pertimbangan, sehingga keputusan yang akan kita ambil dapat di terima dengan baik. Model kausal (causal model), model ini dikembangkan untuk merefleksikan hubungan setiap kejadian memperoleh kepastian dan keharusan serta kekhususan - kekhususan eksistensinya dari sesuatu atau berbagai hal lainnya yang mendahuluinya, merupakan hal-hal yang diterima tanpa ragu dan tidak memerlukan sanggahan. Keharusan dan keaslian sistem kausal merupakan bagian dari ilmu-ilmu manusia yang telah dikenal bersama dan tidak diliputi keraguan apapun. Dari kedua model tersebut dapat dikatakan bahwasannya setiap seorang individu pada saat dia mengambil suatu keputusan harus melihat sisi dari mana dia hendak mengambil suatu keputusan yang hendak di ambil, dan keputusan itu harus mencakup aspek keputusan yang ada dan keputusan itu terarah dan tidak menyimpang dari keputusan itu sendiri.

    Kata kunci : keputusan Model Delphi, Model Kausal, dan globalisasi.

    BalasHapus
  6. Nama : Susandra
    Nim : 2013210100
    Kelas : A
    M.K : Proses teknik pengambilan keputusan
    Dosen : Drs. Sugeng rusmiwari, M.Si.


    4. Proses Pendekatan teknik Delphi ini adalah mengumpulkan dan membandingkan berbagai pertimbangan melalui serangkaian pertanyaan yang disertai dengan menyimpulkan informasi dan melakukan umpan balik berdasarkan pendapat orang sebelumnya.
    Proses Delphi memanfaatkan keuntungan dari beberapa pertimbangan yang telah ada sambil menghilangkan pengaruh-pengaruh yang tidak seimbang saat interaksi berhadapan muka. Pendekatan dasar yang digunakan adalah dengan cara mengumpulkan pertimbangan dari orang lain melalui lembar pertanyaan yang dikirim lewat surat. Responden secara independen mengevaluasi jawaban mereka sebelumnya. Pengalaman menunjukkan bahwa etimasi konsensus akan menghasilkan keputusan yang lebih baik setelah beberapa kali melalui pertimbangan kelompok yang berbeda. Walupun ada peluang mengulang-ulang prosedur sampai berkali-kali, tetapi berdasarkan pengalaman tidak terjadi perubahan yang berarti setelah putaran kedua.
    Tekink Delphi umumnya digunakan untuk mengambil keputusan meramal masa depan yang diperhitungkan akan dihadapi organisasi. Teknik ini sangat sesuai untuk kelompok pengambil keputusan yang tidak berada di satu tempat.

    BalasHapus
  7. Nama : Ahoi
    Nim : 2013210009

    BSTRAK

    4). Pendekatan teknik model delphi ini mengumpulkan dan membandingkan berbagai pertimbangan melalui serangkaian pertanyaan yang disertai dengan menyimpulkan informasi dan melakukan umpan balik berdasarkan pendapat orang sebelumnya.
    Proses Delphi memanfaatkan keuntungan dari beberapa pertimbangan yang telah ada sambil menghilangkan pengaruh-pengaruh yang tidak seimbang saat interaksi berhadapan/betatap muka.
    Teknik Delphi dianggap sebagai teknik pengambilan keputusan yang masuk pada wilayah tesis bounded rationality atau kondisi pengambilan keputusan dalam kondisi konflik. Teknik ini merupakan pendekatan proses pengumpulan ide alternatif solusi berdasarkan atas input dari para ahli bidang tertentu, baik dalam organisasi, maupun luar organisasi.
    Konsep dasar dari teknik ini berhubungan dengan gaya pemikiran persons atau method of authority. Oleh keterbatasan informasi dan pengetahuan yang dimiliki organisasi, maka dalam proses pengambilan keputusan mereka berpegang pada kompetensi, keahlian, pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki para ahli. Tidak seperti teknik lainnya yang mengharuskan pertemuan tatap muka untuk mendiskusikan alternatif solusi, maka teknik ini mendapatkan ide masukan dari para ahli yang dilakukan melalui kuesioner.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. NAMA: EFI SANIUS FANI
    NIM: 2013210035
    KELAS: B

    ABSTRAK
    4. Teknik Delphi merupakan teknik pengambilan keputusan yang modern. Biasanya teknik pengambilan keputusan model Delphi ini secara fisik berjauhan dan tidak saling bertemu. Semua komunikasi antar partisipan dengan cara kuesioner dan umpan balik dari pemantau seorang Staf. Teknik Delphi membantu untuk membuat proses dan teknik pengambilan keputusan lebih baik dan efektif, dalam pengambilan keputusan perlu adanya suatu pertimbangan terlebih dahulu, teknik ini sangat di butuhkan dalam era globalisasi pada saat ini. Teknik Delphi dapat berdampingan dengan teknik pengambilan keputusan model kasual (casual model) karena teknik kasual model kausal model yang bersifat meramal masa depan suatu organisasi dalam pengambilan keputusan, teknik pengambilan keputusan model Delphi sanggat erat pengaruhnya dengan teknik pengambilan keputusan model kasual dan sama-sama saling membutuhkan. Oleh sebab itu kedua teknik ini data berdampingan secara signifikan untuk untuk menghadapi permasalahan pada masa era globalisasi saat ini.

    BalasHapus
  10. Nama : Natalia Aling
    Nim : 2013210078
    Kelas : B
    Prodi : Ilmu Administrasi Negara
    Abstrak
    Memang benar pada Era Globalisasi yang cepat menyebar luas keseluruh dunia teknik pengambilan keputusan Model Delphi sangatlah diperlukan dan dapat digunakan untuk membantu menghilangkan disfungsi kelompok dan membantu membuat keputusan yang lebih efektif dan efisien untuk mendapatkan hasil keputusan yang maksimal sesuai dengan situasi dan kondisi yang kita harapkan.
    Proses Delphi memanfaatkan keuntungan dari beberapa pertimbangan yang telah ada.
    Teknik Delphi dianggap sebagai teknik pengambilan keputusan yang masuk pada wilayah tesis bounded rationality. Dan model ini dapat berdampingan dengan model kausal dan saling melengkapi satu sama lainya. Model kausal (causal model), model yang dikembangkan untuk merefleksikan hubungan causa-effect secara ketat; Model Kausal adalah termasuk model dalam ilmu social yang dapat digunakan untuk membantu proses penentuan alternative pilihan. Hubungan kausal merupakan keterkaitan atau ketergantungan dari dua realitas, konsep, gagaasan, ide, atau permasalahan, artinya model kausal ini dikembangkan untuk menghadapi era globalisasi supaya bisa mengatasi permasalahan dalam suatu organisasi dalam pengambilan keputusan.
    Kata kunci : Globalisasi, Model Delphi, Model Kausal.


    BalasHapus
  11. NAMA: MUHLISIN
    NIM : 2013210076
    PRODI: ILMU ADMINISTRASI NEGARA

    ABSTRAK
    tekhnik npengambilan keputusan dengan menggunakan model delphi merupakan tekhnik yang sangat strategis untuk memecahkan suatu permasalahan yang di emban daalam suatu organisasi karena dalam model ini seorang pemimpin tidak lantai mengambil sikap dlam kebijkan nya namun model ini masih banyak hal yang di pertimbangkan untuk menentukan siapa yang benar atau tidaknya lalu kemudin model ini melakukan penataan isu-isu yang telah benrbentuk data yang riil dan dapat di komunikasiakn secara sistematis dan efektif lalu di titik akhir nya nanty akan menentukan dan memutuskn setelah data-data sudah terakumulasi dan real sesuai dengan realita yang telah ada, untuk itu jika pengambiloan keputusan menggunakan model delphi dengan model kausal tepat adanya karena model ini tidak plin plan dalam pengambilan keputusan, oleh karena itu seorangh pemimpin memang ditekan kan untuk menjadi ornag yang professional dan efektif dlam pengambilan keputusan nya aga tidak ada yang merasa di rugikan dan tidak ada yang merasa di untungkan.

    BalasHapus
  12. Nama : Katarina
    NIM : 2013210055
    Kelas : A

    Teknik pengambilan keputusan menggunakan teknik Delphi dapat digunakan untuk membantu membuat keputusan yang efektif. Teknik ini juga dikembangkan untuk pengambilan keputusan dalam jangka panjang. Teknik ini cocok digunakan karena dalam pengambilan keputusan tentunya memerlukan pertimbangan yang sangat matang sehingga keputusan yang diambil tidak salah dan tepat. Model kausal (causal model) bersifat meramal masa depan organisasi dalam suatu pengambilan keputusan. Keterkaitan kedua model pengambila keputusan ini yaitu saling berkaitan dan saling membutuhkan. Oleh karena itu kedua teknik ini secara signifikan dapat meghadapi suatu permasalahan dan untuk mencari suatu keputusan yang tepat. Apalagi di era globalisasi ini keterbatasan waktu dan ruang tidak menjadi kendala dalam suatu pengambilan keputusan. Karena teknik Delphi dapat menjadi solusi dalam hal keterbatasan.

    BalasHapus
  13. Nama : Adnin Ridha Rerifki
    NIM : 2013210004
    Semester : 4 ( empat )

    Jawaban no.4 ( ABSTRAK ) :

    Pada era globalisasi saat ini, begitu banyak terdapat organisasi yang mulai memanfaatkan teknologi untuk kepentingannya, mulai dari sosialisasi, administrasi, hingga pengambilan keputusan. Sedangkan proses pengambilan keputusan begitu beragam macamnya, bisa dengan melalui diskusi, rapat, instruksi langsung, dan lain sebagainya. Namun demikian, juga perlu diperhatikan model pengambilan keputusan saat sebuah organisasi sedang mengalami sebuah konflik. Perlu dikaji adanya sebab dan akibat yang merupakan model pengambilan keputusan Kausal, untuk dilanjutkan kearah teknik pengambilan keputusan model Delphi, yakni dengan mengumpulkan dan membandingkan berbagai pertimbangan melalui serangkaian pertanyaan yang disertai dengan menyimpulkan informasi dan melakukan umpan balik berdasarkan pendapat orang sebelumnya. Maka melalui teknik Delphi ini, anggota organisasi dalam mengambil keputusan tidak perlu bertatap muka, cukup dengan memanfaatkan teknologi yang ada, dan juga lebih terjaga sisi keobjektifannya, mengingat apabila dengan cara berdiskusi langsung akan rawan terjadinya dominasi, serta subjektifitas, dan tentunya untuk mengurangi adanya konflik.Sehingga, memang bisa dikatakan bahwasannya model kausal dan Delphi berdampingan.

    Kata Kunci : Model Delphi, Model Kausal

    BalasHapus
  14. NAMA: ZAINUL MUSTOFA
    NIM : 2013210121
    PRODI: ILMU ADMINISTRASI NEGARA

    ABSTRAK
    Pada era globalisasi saat ini terlalu banyak masalah yang harus disikapi dengan bijak oleh suatu organisasi. Kenyataannya akhir-akhir ini keputusan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah bukan malah menimalisir suatu masalah, malah sebaliknya yaitu bertambahnya masalah sehingga yang terjadi konflik dan kriminalisasi. Dri hal tersebut dibutuhkan model dalam pengambilan keputusan yang menurut penulis model delphi dan model causal yang dapat memecahkan semua itu. Karena kedua model tersebut merupakan model yang saling berhubungan jika diterapkan dalam suatu organisasi. Jika model causal sebagai konseop, maka delphilah yang menjadi tehnisnya. Karena Pendekatan Teknik Delphi dianggap sebagai teknik pengambilan keputusan yang masuk pada wilayah tesis bounded rationality atau kondisi pengambilan keputusan dalam kondisi konflik. Sehingga dengan adanya model tersebut dapat menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan, dan merugikan bagi pihak yang lain. Oleh karen itu, model causal dan model delphi itu, dapat mempertimbangkan jaka panjang baik dalam satu wilayah maupun di tempat lain. Dan model ini cenderung lebih efektif karena melibatkan langsung responden.

    BalasHapus
  15. Nama : Mohamad mutaqin
    NIM : 2013210068
    Kelas : B
    UAS : Proses dan Teknik Pengambilan Keputusan

    Abstrak

    pada Era Globalisasi yang sudah menyebar luas keseluruh dunia dalam teknik pengambilan keputusan Model Delphi sangatlah diperlukan dan dapat digunakan untuk membantu menghilangkan disfungsi kelompok dan membantu membuat keputusan yang lebih efektif dan efisien untuk mendapatkan hasil keputusan yang maksimal sesuai dengan situasi dan kondisi yang kita harapkan. Berbagai jenis kajian dijalankan bagi mengenal pasti permasalahan pelaksanaan pembelajaran elektronik terutama dari segi teknologi,sikap, dan juga kepekaran bidang seorang pendidik. Kajian ini adalah berbentuk eksplorasi dan pengkaji memilih teknik Delphi Ianya dilaksanakan dengan menghubungi pakar pembelajaran elektronik bagi mengenal pasti faktor penyumbang kepada criteria diatas. Bagi merancang pembangunan Estaf yang menghadapi teknologi yang cepat berubah maka para pendidik perlu sedar dan mempastikan dalam keadaan yang terkini terutama golongan perancang pembangunan sumber manusia yang sedang menjadikan teknologi maklumat sebagai nilai tambah bagi profesion masing-masing.

    BalasHapus
  16. Nama : Welli Adli
    NIM : 2013210107
    Kelas : B

    ABSTRAK
    Di era globalisasi ini Model Delphi sering digunakan dalam berbagai teknik pengambialan keputusan, karena model ini seakan-akan hal yang yang akan datang benar-benar bisa terjadi atau bisa juga dikatakan model peramalan. Dalam proses teknik peramalan ini berdasarkan konvergensi dari opini beberapa orang atau ahli secara interaktif tanpa menyebutkan identitasnya. Dalam model Delphi ini sangat diharapkan peran dari fasilitator untuk memperoleh atau menyimpulkan hasil-hasil peramalan tersebut. Sedangkan model kuantitatif ekstrinsik sering disebut model Casual yang mana hampir tidak bisa dibedakan antara model Delphi dengan model Casual. Keputusan yang dibuat dari kedua model ini hanya berdasarka observasi yang dijadikan sebuah ide pokok pemikiran dari berbagai fakta yang terjadi di masa lalu kemudian ditarik ke masa yang akan datang. Maka dari itulah keputusan terbentuk dan di terapkan agar menimbukan perubahan yang baik bagi kepentingan-kepentingan yang menjalankan setiap bidang yang telah ditetapkan. Teknik Delphi dan Teknik Casual sangat menginginkan suatu perubaha yang merupakan bentuk dari masalah kebutuhan yang harus di penuhi untuk keberlansungan hidup dalam memberikan alternatif yang baik untuk tingkatan-tingkatan atau mutu hidup yang baik dari sebelumnya.

    Kata Kunci : Model Delphi,Model Casual

    BalasHapus
  17. NAMA : HILARIUS FEDRIANTO
    NIM : 2013210047
    MK : PROSES & TEKNIK PENGAMBILAN KEPUTUSAN (B)

    Keputusan merupakan proses penelusuran suatu masalah berupa informasi yang berawal dari latar belakang masalah, identifikasi masalah hingga terbentuknya kesimpulan atau rekomendasi sehingga munculnya suatu keputusan yang siap untuk diimplementasikan, dengan harapan kebijakan yang diambil merupakan kebijakan yang tepat serta bermanfaat. Namun konflik yang biasa terjadi bahwa hampir setiap ditetapkannya kebijakan baru, selalu ada suatu penolakan/ protes dari masyarakat, sebab masyarakat menilai bahwa kebijakan yang ditetapkan tidak tepat sasaran dan seringkali masyarakat merasa dirugikan dengan keputusan tersebut, sehingga diharapkan dalam pengambilan keputusan perlu memperhatikan beberapa teknik dan model dalam pengambilan keputusan. Dalam pengambilan keputusan terdapat beberapa model dan teknik pengambilan keputusan, diantaranya adalah teknik delphi dan model kausal. Dalam pengambilan keputusan, teknik dan model pengambilan keputusan ini dapat bersinergi/ berkorelasi secara signifikan, dimana teknik delphi dapat digunakan untuk menghilangkan disfungsi dalam suatu kelompok dan membantu membuat keputusan yang lebih efektif serta model kausal yang dikembangkan untuk merefleksikan hubungan causa-effect secara ketat.
    Kata kunci: keputusan, teknik delphi, model kausal

    BalasHapus
  18. NAMA : DIOMEDES YASON
    NIM : 2013210033
    KELAS: B

    Abstrak
    Kedua kolerasi yang menjadi pentingnya untuk menghadapi globalisasi sekarang ini adalah bagaimana keputusan yang telah direncanakan agar dapat lebih efektif dan efisien digunakan untuk mengendalikan arus globalisasi yang sangat kuat. Oleh karena itu penting bagi seluruh organisasi menjaga nama baiknya agar tidak merugikan banyak orang lain. Kedua hubungan ini bertujuan untuk membantu membuat keputusan yang efektif, memecahkan masalah dan mengoreksi kembali keputusan tersebut secara teliti. Dalam menjalankan organisasi, tentu mempunyai latar belakang masalah dalam mewujutkan tujuan organisasinya. Dengan demikian untuk mengatasi suatu masalah tersebut maka kedua hubungan yang sangat signifikan ini tujuannya untuk memecahkan masalah tersebut. Hasil kesimpulan, dalam menghadapi era globalisasi saat ini tentu harus ada kordinasi yang baik dan tidak miskomunikasi, saling bekerjasama dalam membuat keputusan yang baik dan efektif dalam memecahkan masalah, agar hasilnya berguna untuk perubahan dan tidak menimbulkan dampak yang buruk terhadap organisasi maupun masyarakat dalam menghadapi arus globalisasi yang sangat kuat pada saat ini.

    Kata kunci : Globalisasi, Hubungan, Keputusan.

    BalasHapus
  19. Abstrak
    Nama:Yohanes guido jun
    NIM :2013210115
    Kelas B
    Pengambilan keputusan model delphi adalah mengumpulkan dan membandingkan berbagai pertimbangan melalui serangkaian pertanyaan yang disertai dengan menyimpulkan informasi dan melakukan umpan balik berdasarkan pendapat orang sebelumnya.
    Proses Delphi memanfaatkan keuntungan dari beberapa pertimbangan yang telah ada sambil menghilangkan pengaruh-pengaruh yang tidak seimbang saat interaksi berhadapan muka.
    Sedangkan model kausal adalah model yang dikembangkan untuk merekflesikan atau yang bersifat meramal.Jadi, kedua model tersebut diatas pada era globalisasi sekarang ini berdampingan karena kedua model tersebut membandingkan dan meramal berbagai pertimbangan keputudan yang berorientasi ke masa depan.

    BalasHapus
  20. Nama : Antonius Asin
    NIM : 2013210016
    UAS : PTPK
    Kelas : A

    Abstrak

    Hubungan antara kedua model tersebut, dimana model delphi ini meransang kreativitas dengan menggunakan pertimbangan berdasarkan gagasan orang lain. Untuk mencapai konsesnsus dalam pengambilan keputusan kelompok, teknik model delphi juga di dasari dalam pengambilan keputusan stratejik yang di dasari proses terstruktur, kuesioner maupun yang dikontrol dengan pendapat umum, model ini saling berdampingan / berhubungan dengan model kausal, keterkaitan dari dua realitas konsep, gagasan, dan masalah. Pendekatan ini mencoba melakukan proyeksi berdasarkan hubungan tersebut.

    Kata kunci, Model Delphi, Model Kausual.

    BalasHapus
  21. Nama :Elmi
    NIM :2013210037
    MK :Teknik Pengambilan Keputusan

    4. Pada era globalisasi yang begitu berkembang pesat sangat berkaitan sekali denganadanya pengambilan keputusan dalam meramal masa depan yang diperhitungkan yang akan dihadapi dalam organsiasi dengan membantu menghilangkan disfungsi kelompok dan membantu menbuat keputusan yang lebih baik dan efektif yang dapat diprediksikan dalam jangka waktu yang panjang,dengan adanya kemajuan di era globalisasi ini dapat mempermudah setiap kelompok untuk melakukan suatu pengambilan keputusan tanpa harus langsung bertatap muka. Serta kita dapat memprediksikan antara peristiwa yang diharapkan akan terjadi dengan peristiwa yang sudah terealisasikan dan dapat membantu terwujudnya kondisi pemaksimuman harapan yang di inginkan dalam pengambilan keputusan.

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. NAMA :Marianus Amaldo
    NIM :2013210061
    MK :Teknik Pengambilan Keputusan
    KLS :A


    Di era globalisasi ini Model Delphi sering digunakan dalam berbagai teknik pengambialan keputusan.Pendekatan teknik Delphi adalah mengumpulkan dan membandingkan berbagai pertimbangan melalui serangkaian pertanyaan yang disertai dengan menyimpulkan informasi dan melakukan umpan balik berdasarkan pendapat orang sebelumnya.
    Teknik Delphi telah digambarkan sebagai sebuah metode untuk penataan proses komunikasi kelompok agar dalam proses ini efektif yang memungkinkan sekelompok individu, secara keseluruhan, untuk menangani masalah yang kompleks. Teknik Delphi adalah salah satu dari beberapa metode peramalan/perkiraan. proses pengambilan keputusan mereka berpegang pada kompetensi, keahlian, pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki para ahli. Teknik pengmbilan keputusan berkelompok ini menandakan kehadiran fisik dari para ahli yang berkumpul dalam satu ruang untuk membahas satu masalah.

    BalasHapus
  24. 4. NAMA : FERNANDES YUDHA
    NIM : 2013210040
    KELAS :A
    MK : UAS PROSES TEKNIK PENGAMBILAN KEPUTUSAN

    ABTRAK

    Pada era globalisasi saat ini memang banyak teknik dalam mengambil sebuah keputusan contonya Teknik Delphi yang termasuk ke dalam teknik pengambilan keputusan modern yang merangsang kreativitas dengan menggunakan pertimbangan berdasarkan gagasan orang lain untuk mencapai Konsensus dalam pengambilan keputusan kelompok, sedangkan model kausal adalah model yang dikembangkan untuk merefleksikan hubungan causa-effect secara ketat maka dari itu hubungan antara kedua teknik pengambilan keputusan tersebut diatas yang perkembangnya pada era globalisasi saat ini ialah dalam teknik tesebut mengedepankan komunikasi kelompok agar dalam proses ini efektif pengambilan sebuah keputusnatan terjalin dan hubungan yang baik dalam sebuah pengambilan keputusan agar mendapatkan hasil yang baik dan ada nilai positif yang terkandung ,maka keputusan teknik delfi-kausal dapat berdampingan dengan baik.

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Nama : Ahmad Juhari
    Nim : 2013210007
    Kelas :B

    4. Pengambilan keputusan yang ada pada ranah pemerintahan khususnya di era globalisasi seperti saat ini banyak seorang pemimpin dalam menyikapi suatu permasalahan tanpa melihat latar belakang masalah, dan juga tidak sepenuhnya memberi pertimbangan-pertimbangan yang sangat siknifikan, sehingganya dapat menimbulkan suatu yang tidak diinginkan seperti konflik internal. Maka dari itu ada dua model teknik pengambilan keputusan yang sangat strategis, yaitu model Delphi dan Model Kasual. Dua model tersebut sangat erat hubungannya, perlu kita ketahui bahwa teknik Delphi tersebut termasuk ke dalam teknik pengambilan keputusan modern yang merangsang kreativitas dengan menggunakan pertimbangan berdasarkan gagasan orang lain untuk mencapai konsensus dalam pengambilan keputusan kelompok, artinya model Delphi sebagai tekniknya dan kasual sebagai konsepnya. Teknik tersebut merupakan salah satu teknik peran serta dalam pengambilan keputusan stratejik dan membandingkan berbagai pertimbangan melalui serangkaian pertanyaan yang disertai dengan menyimpulkan informasi. Maka dari itu dua model tersebut yang akan menjadi jalan terbaik dalam proses teknik pengambilan keputusan.

    BalasHapus
  27. Nama : Mudai
    Nim : 2013210076
    Kelas : A

    Pada era globalisasi saat ini, begitu banyak organisasi yang mempunyai visi dan misi yang sangat bagus yang tujuannya tidak lain untuk memajukan suatu organisasi, dengan orang-orang yang mempunyai kualitas yang bagus dan berkualitas tinggi, namun didalam visi dan misi organisasi itu masih banyak dikalangan individu yang satu dengan yang lain terjadi perbedaan persepsi dalam menerjemahkan visi dan misi organisasi, sehingga menimbulkan suatu konflik diintra organisasi, oleh karnanya seorang pemimpin harus menggunakan teknik pengambilan keputusan model Kausal, untuk dilanjutkan kearah teknik pengambilan keputusan model Delphi Maka yang harus diperhatikan oleh pemimpin adalah mengumpulkan dan membandingkan berbagai pertimbangan melalui serangkaian pertanyaan yang disertai dengan menyimpulkan informasi dan melakukan umpan balik berdasarkan pendapat orang sebelumnya, sehingga nantinya mampu menyatukan antara persepsi yang satu dengan yang lain yang sekiranya keputusan yang diambil oleh seorang pemimpin tidak merugikan satu orang saja agar nantinya organisasi kedepan komunikasi antara anggota tetap terjaga dan berjalan sesuai dengan yang diharapkan,

    BalasHapus
  28. Nama : Irwan Lukman
    Nim : 2013210051
    Kls : B
    Prodi : Ilmu Administasi Negara
    Abstrak :
    Pengambilan keputusan adalah hasil pemecahan masalah yang dihadapinya dengan tegas. Suatu keputusan merupakan jawaban yang pasti terhadap suatu pertanyaan. Keputusan harus dapat menjawab pertanyaan tentang apa yang dibicarakan dalam hubungannya dengan perencanaan. Keputusan dapat pula berupa tindakan terhadap pelaksanaan yang sangat menyimpang dari rencana semula. [1] dan Pengambilan keputusan adalah suatu pendekatan yang sistematis tehadap hakikat alternative yang dihadapi dan mengambil tindakan yang menurut perhitungan merupakan tindakan yang paling tepat
    Kebanyakan penggunaan utama dari metode Delphi adalah explorasi yang kreatif dan reliable mengenai ide-ide atau produksi informasi dalam penentuan keputusan, seperti kebijakan. Analisa Delphi berdasarkan kepada proses terstruktur untuk mengumpulkan dan memurnikan pengetahuan dari sebuah kelompok ahli atau pakar dalam arti mengenai sebuah lembar pertanyaan yang disebarkan dan umpan balik yang terkontrol
    Model Rubin lebih tertarik dalam menjelaskan hubungan kausal dari sisi efek penyebab daripada sisi penyebab munculnya akibat. Sebagai contoh dalam sebuah populasi besar dibagi menjadi dua sub-populasi. Kelompok satu menerima perlakuan (kelompok perlakuan) dan kelompok lainnya tidak menerima (kelompok kontrol). Subjek dimasukkan dalam kelompok perlakuan atau untuk kelompok kontrol secara acak. Dijaman globalisasi Masih Banyak Pemimpin Organisasi yang mengambil keputusan Menggunakan model Dhelphi dan kausal.

    BalasHapus
  29. Nama : Martini Nesi Pantasari
    Nim : 2013210065
    Prodi : Administrasi Negara
    Fakultas : Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik
    Mk : Proses Dan Tehnik Pengambilan Keputusan
    Kelas : B

    Jawaban nomor 4.!
    Delphi adalah suatu proses kelompok yang digunakan untuk memperoleh tanggapan tertulis dari beberapa individu. Ini dimaksudkan untuk mengumpulkan pendapat dari sejumlah individu dalam rangka meningkatkan mutu pengambilan keputusan. Delphi tidak memerlukan pertemuan langsung (Face to face), bagaimanapun juga, ini bermanfaat untuk melibatkan para ahli, pengguna-pengguna, pengontrol sumber daya, atau pengurus yang tidak bisa datang bersama-sama. Delphi, memperbolehkan orang tanpa menggunakan nama tetapi, mencegah dominasi oleh individu tertentu. Delphi dapat juga digunakan untuk mengumpulkan pendapat di mana orang saling bermusuhan satu sama lain, atau di mana gaya kepribadian individu akan merusak dalam suatu pertemuan itu.
    Delphi adalah satu rangkaian kuesioner. Kuesioner pertama meminta individu untuk merespon terhadap suatu pertanyaan luas (Pertanyaan Delphi difokuskan pada masalah, tujuan, solusi, atau peramalan).

    BalasHapus
  30. Nama : Antonius Kosmas Harce Dawa
    Nim : 2013210017
    Prodi : Ilmu Administrasi Negara
    Fakultas : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Tugas : Proses danTeknikPengambilanKeputusan
    Kelas : A

    No.4

    ABSTRAK
    Pada era globalisasi saat ini Teknik Delphi merupakan model yang di kembangkan untuk merefleksikan hubugan,cuaca,efek dengan secara ketat dan teknik ini menggunakan sejumlah pendekatan simulasi dalam penyelesaian masalah untuk mencapai tujuan tertentu,model ini juga menggunakan penyelesaian atas suatu masalah melalui pertimbangan numeris.
    Teknik Delphi ini merupakan teknik pengambilan keputusan yang modern yang sangat strategis dan merangsang kreativitas dengan menggunakan pertimbangan untuk mencapai tujuan tertentu dalam pengambilan keputusan. Teknik ini merupakan salah satu teknik dalam pengambilan keputusan stratejik yang didasarkan pada sebuah proses yang ter-struktur untuk mengumpulkan fakta-fakta dan membawa pengetahuan.Tekink Delphi umumnya digunakan untuk mengambil keputusan meramal masa depan yang diperhitungkan akan dihadapi organisasi. Teknik ini sangat sesuai untuk kelompok pengambil keputusan yang tidak berada di satu tempat,pengambil keputusan menysun serangkaian pertanyaan yang berkaitan dengan suatu situasi peramalan dan menyampaikannya kepada sekelompok ahli. Para ahli tersebut ditugaskan untuk meramalkan, apakah suatu peristiwa dapat atau mungkin terjadi atau tidak.

    BalasHapus
  31. NAMA : RAMBU TRIO LITA BAOK

    NIM : 2013210087

    PRODI : ILMU ADMINISTRASI NEGARA

    KELAS : B

    TUGAS UAS : PROSES DAN TEKNIK PENGAMBILAN KEPUTUSAN





    4. Pada era globalisasi saat ini, teknik pengambilan keputusan Model Delphi dapat berdampingan secara signifikan dengan Model Kausal (causal model).

    Pendekatan teknik ini adalah mengumpulkan dan membandingkan berbagai pertimbangan melalui serangkaian pertanyaan yang disertai dengan menyimpulkan informasi dan melakukan umpan balik berdasarkan pendapat orang sebelumnya.

    Proses Delphi memanfaatkan keuntungan dari beberapa pertimbangan yang telah ada sambil menghilangkan pengaruh-pengaruh yang tidak seimbang saat interaksi berhadapan muka. Pendekatan dasar yang digunakan adalah dengan cara mengumpulkan pertimbangan dari orang lain melalui lembar pertanyaan yang dikirim lewat surat. Pengalaman menunjukkan bahwa etimasi konsensus akan menghasilkan keputusan yang lebih baik setelah beberapa kali melalui pertimbangan kelompok yang berbeda. Walaupun ada peluang mengulang prosedur sampai berkali-kali, tetapi berdasarkan pengalaman tidak terjadi perubahan yang berarti Teknik Delphi umumnya digunakan untuk mengambil keputusan meramal masa depan yang diperhitungkan akan dihadapi organisasi. Teknik ini sangat sesuai untuk kelompok pengambil keputusan yang tidak berada di satu tempat.

    Sedangkan Model kausal (causal model), model yang dikembangkan untuk merefleksikan hubungan causaleffect secara ketat;

    Pemodelan (path analysis) merupakan contoh dari model kausal .

    Kata kunci : Model Delphi,Model Kausal

    BalasHapus
  32. Nama:yafeth iba
    Nim:2013210109
    Jurusan:administrasi negara

    Jawaban no.4 ( ABSTRAK ) :

    Pada era globalisasi saat ini, begitu banyak terdapat organisasi yang mulai memanfaatkan teknologi untuk kepentingannya, mulai dari sosialisasi, administrasi, hingga pengambilan keputusan. Sedangkan proses pengambilan keputusan begitu beragam macamnya, bisa dengan melalui diskusi, rapat, instruksi langsung, dan lain sebagainya. Namun demikian, juga perlu diperhatikan model pengambilan keputusan saat sebuah organisasi sedang mengalami sebuah konflik. Perlu dikaji adanya sebab dan akibat yang merupakan model pengambilan keputusan Kausal, untuk dilanjutkan kearah teknik pengambilan keputusan model Delphi, yakni dengan mengumpulkan dan membandingkan berbagai pertimbangan melalui serangkaian pertanyaan yang disertai dengan menyimpulkan informasi dan melakukan umpan balik berdasarkan pendapat orang sebelumnya. Maka melalui teknik Delphi ini, anggota organisasi dalam mengambil keputusan tidak perlu bertatap muka, cukup dengan memanfaatkan teknologi yang ada, dan juga lebih terjaga sisi keobjektifannya, mengingat apabila dengan cara berdiskusi langsung akan rawan terjadinya dominasi, serta subjektifitas, dan tentunya untuk mengurangi adanya konflik.Sehingga, memang bisa dikatakan bahwasannya model kausal dan Delphi berdampingan.
    Kata Kunci : Model Delphi, Model Kausal

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Nama : Marwan sabtu
    Nim : 2014210199
    Kls : B
    Prodi : Ilmu Administasi Negara
    Abstrak :
    Pengambilan keputusan adalah pemecahan yang dihadapinya dengan tegas. Suatu keputusan yang merupakan jawaban yang pasti terhadap suatu pertanyaan. Keputusan harusnya dapat di jawab pertanyaan tentang apa yang dibicarakan dalam hubungannya dengan perencanaan. Keputusan dapat pula berupa tindakan terhadap pelaksanaan yang sangat menyimpang dari rencana semula. Pengambilan keputusan adalah suatu pendekatan yang sistematis tehadap hakikat yang dihadapi dangan mengambil perhitungan merupakan tindakan yang paling tepat dan paling cepat
    Kebanyakan penggunaan utama dari metode Delphi adalah explorasi yang kreatif dan reliable mengenai ide-ide atau produksi dalam penentuan keputusan, seperti kebijakan. Delphi tidak memerlukan pertemuan langsung (Face to face), bagaimanapun juga, bermanfaat untuk melibatkan para ahli, pengguna-pengguna, pengontrol sumber daya, atau pengurus yang tidak bisa datang bersama-sama. Delphi, memperbolehkan orang tanpa menggunakan nama tetapi, mencegah dominasi oleh individu tertentu. Delphi dapat juga digunakan untuk mengumpulkan pendapat di mana orang saling bermusuhan satu sama lain, atau di mana gaya kepribadian individu akan merusak dalam suatu pertemuan itu.
    Delphi adalah satu rangkaian kuesioner. Kuesioner pertama meminta individu untuk merespon terhadap suatu pertanyaan luas (Pertanyaan Delphi difokuskan pada masalah, tujuan, solusi,
    Model Rubin lebih tertarik dalam menjelaskan hubungan kausal dari sisi efek penyebab daripada sisi penyebab munculnya akibat. Sebagai contoh populasi besar dibagi menjadi dua sub-populasi. Kelompok satu menerima perlakuan (kelompok perlakuan) dan kelompok lainnya tidak menerima (kelompok kontrol). Subjek dimasukkan dalam kelompok perlakuan atau untuk kelompok kontrol secara acak. Dijaman globalisasi Masih Banyak Pemimpin Organisasi yang mengambil keputusan Menggunakan model Dhelphi dan kausal

    BalasHapus
  35. Nama : Rangga Sukma Perdana Dewa Nngrat
    Nim : 2013210088
    Kelas : A
    Prodi : Ilmu Administrasi Negara


    Pendekatan teknik model Delfi ini mengumpulkan dan membandingkan berbagai pertimbangan melalui serangkaian pertanyaan yang disertai dengan menyimpulkan informasi dan melakukan umpan balik berdasarkan pendapat orang sebelumnya.Proses Delphi memanfaatkan keuntungan dari beberapa pertimbangan yang telah ada sambil menghilangkan pengaruh-pengaruh yang tidak seimbang saat interaksi berhadapan muka. Pendekatan dasar yang digunakan adalah dengan cara mengumpulkan pertimbangan dari orang lain melalui lembar pertanyaan yang dikirim lewat surat. Model kausal (causal model), model yang dikembangkan untuk merefleksikan hubungan causa-effect secara ketat; Model Kausal adalah termasuk model dalam ilmu social yang dapat digunakan untuk membantu proses penentuan alternative pilihan. Hubungan kausal merupakan keterkaitan atau ketergantungan dari dua realitas, konsep, gagaasan, ide, atau permasalahan, artinya model kausal ini dikembangkan untuk menghadapi era globalisasi supaya bisa mengatasi permasalahan dalam suatu organisasi dalam pengambilan keputusan.

    BalasHapus
  36. Ernest nesta itu
    Shared publicly - 8:36 PM


    NAMA: ERNESTA ITU
    NIM:2013210089
    Prodi:adm Negara
    Tugas: UAS

    Pada era globalisasi saat ini terlalu banyak masalah yang harus disikapi dengan bijak oleh suatu organisasi. Kenyataannya akhir-akhir ini keputusan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah bukan malah menimalisir suatu masalah, malah sebaliknya yaitu bertambahnya masalah sehingga yang terjadi konflik dan kriminalisasi. Dri hal tersebut dibutuhkan model dalam pengambilan keputusan yang menurut penulis model delphi dan model causal yang dapat memecahkan semua itu. untuk dilanjutkan kearah teknik pengambilan keputusan model Delphi, yakni dengan mengumpulkan dan membandingkan berbagai pertimbangan melalui serangkaian pertanyaan yang disertai dengan menyimpulkan informasi dan melakukan umpan balik berdasarkan pendapat orang sebelumnya.
    Show less
    1

    BalasHapus
  37. Nama : Vinsensius Atmat Jaya
    Nim : 2013210105
    Di era globalisasi, perkembangan teknologi dan informasi semakin pesat. Perkembangan yang semakin maju tersebut menjadikan segala bentuk permasalahan cepat ditangani dengan teknologi informasi. Teknik pengambilan keputusan delphi merupakan teknik pengambilan keputusan yang berkembang di zaman teknologi.
    Setiap orang yang terlibat dalam pengambil keputusan ini sudah memiliki kemampuan dan berpengalaman dalam hal teknologi. Tentunya dalam mengambil keputusan bukanlah hal yang rumit bagi kelompok delphi. Kelebihan yang dimiliki kelompok delphi juga tidak akan dapat berjalan dengan baik tanpa di padukan dengan model-model dalam pengambilan keputusan.
    Model kausal misalnya, model ini mencoba untuk merefleksikan teknik dalam pengambilan keputusan dengan tepat. Model kausal akan bermanfaat jika di refleksikan dengan teknik delphi. Pemanfaatan teknologi juga bisa mendukung kelompok kelompok delphi dalam menentukan keputusan.
    kesimpulanya, dalam hal menentukan keputusan bukanlah hal yang rumit. Bagi kelompok delphi dalam hal menentukan keputusan merupakan hal yang mudah, apalagi jika menggunakan model kausal. Tentunya akan sangat mendukung dalam mengambil keputusan.

    BalasHapus
  38. NAMA:MARIO HARTO GADI RARA
    NIM :2013210062

    Pendekatan teknik ini adalah mengumpulkan dan membandingkan berbagai pertimbangan melalui serangkaian pertanyaan yang disertai dengan menyimpulkan informasi dan melakukan umpan balik berdasarkan pendapat orang sebelumnya.
    Proses Delphi memanfaatkan keuntungan dari beberapa pertimbangan yang telah ada sambil menghilangkan pengaruh-pengaruh yang tidak seimbang saat interaksi berhadapan muka. Pendekatan dasar yang digunakan adalah dengan cara mengumpulkan pertimbangan dari orang lain melalui lembar pertanyaan yang dikirim lewat surat. Responden secara independen mengevaluasi jawaban mereka sebelumnya. Pengalaman menunjukkan bahwa etimasi konsensus akan menghasilkan keputusan yang lebih baik setelah beberapa kali melalui pertimbangan kelompok yang berbeda. Walupun ada peluang mengulang-ulang prosedur sampai berkali-kali, tetapi berdasarkan pengalaman tidak terjadi perubahan yang berarti setelah putaran kedua.
    Tekink Delphi umumnya digunakan untuk mengambil keputusan meramal masa depan yang diperhitungkan akan dihadapi organisasi. Teknik ini sangat sesuai untuk kelompok pengambil keputusan yang tidak berada di satu tempat.
    Pada metode kausal, pendugaan masa depan dari suatu faktor yang diramalkan (seringkali dinamakan variabel tak bebas) didasari suatu asumsi bahwa faktor itu menunjukkan suatu hubungan sebab-akibat dengan satu atau lebih variabel bebas. Maksud dari model kausal adalah menemukan bentuk hubungan tersebut dan kemudian menggunakannya untuk meramalkan nilai mendatang dari variabel tak bebas.

    BalasHapus
  39. NAMA: Heriyanto Meha
    NIM:2013210044
    Prodi:adm Negara
    Tugas: UAS

    Pada era globalisasi saat ini, teknik pengambilan keputusan sudah begitu banyak salah satunya adalah model delphi ,teknik pengambilan keputusan model Delphi dapat berdampingan secara signifikan dengan Model Kausal (causal model), maksudnya adalah sebuah organisasi yang sedang mengalami masalah atau konflik. Perlu di perhatikan atau dikaji penyabab adanya sebab dan akibat yang merupakan model pengambilan keputusan Kausal, untuk dilanjutkan kearah teknik pengambilan keputusan model Delphi, yakni dengan mengumpulkan,merangkum dan membandingkan berbagai pertimbangan melalui serangkaian pertanyaan yang disertai dengan informasi dan melakukan umpan balik berdasarkan pendapat orang sebelumnya. Maka melalui teknik Delphi ini, pemimpin organisasi dalam mengambil keputusan tidak perlu bertemu langsung, cukup dengan memanfaatkan teknologi yang ada, dan juga lebih efektif dan efisiensi sisi keobjektifannyamengapa demikian apabila dengan cara bertemu langsung akan rawan terjadinya dominasi, serta subjektifitas, dan tentunya untuk mengurangi adanya konflik.Sehingga, memang bisa dikatakan bahwa model pengambilan keputusan teknik delpi dan model kausal dapat berdampingan.

    BalasHapus
  40. Nama : Titin Winarsih
    Nim : 2013210103
    Prodi : Ilmu Administrasi Negara
    Mata Kuliah:Teknik Pengambilan Keputusan


    Dalam era globalisasi ini proses penyaluran informasi sudah tidak terbatas lagi .
    Menggunakan teknologi yang ada informasi meluas hingga keujung bumi. Ini digunakan oleh instansi/lembaga,perusahaan untuk bisa mengambil keputusan paling tepat dan minim resiko. Dalam teknik pengampilan keputusan ada teknik delphi dapat digunakan untuk membantu menghilangkan disfungsi kelompok dan membantu membuat keputusan yang lebih efektif.
    Teknik ini dikembangkan untuk memprediksi jangka panjang dan digunakan dalam banyak instansi pemerintahan dan perusahaan.Teknik ini mengggunakan informasi yang ada , melalui internet untuk bisa menganalisis kemudian memprediksi apa yang akan terjadi nanti serta keputusan yang harus diambil demi tercapainya tujuan perusahaan/lembaga itu.Teknik ini bersanding secara signifikan dengan teknik keputusan model kasual. Model kausal yaitu model yang dikembangkan untuk merefleksikan hubungan causa-effect secara ketat.Pemodelan ala analisis jalur merupakan contoh dari model kausal.Dalam model ini ada sebab akibat dari keputusan yang di ambil olerh pemimpin.Maka dari itu seorang leader harus jeli dan bijaksana dalm pengambilan keputusan.




    BalasHapus
  41. Nama : Van Bastian
    Nim : 2013210104
    Kelas : B

    Model delphi
    Pendekatan teknik ini adalah mengumpulkan dan membandingkan berbagai pertimbangan melalui serangkaian pertanyaan yang disertai dengan menyimpulkan informasi dan melakukan umpan balik berdasarkan pendapat orang sebelumnya.
    Proses Delphi memanfaatkan keuntungan dari beberapa pertimbangan yang telah ada sambil menghilangkan pengaruh-pengaruh yang tidak seimbang saat interaksi berhadapan muka. Sedangkan model kausal adalah Metode peramalan yang didasarkan atas penggunaan analisa pola hubungan antar variabel yang akan diperkirakan dengan variabel lain yang mempengaruhinya yang disebut dengan metode korelasi atau sebab akibat (metode kausal). Model ini mengasumsikan bahwa faktor yang diramalkan menunjukkan suatu hubungan sebab-akibat dengan satu atau lebih variabel bebas. Metode peramalan dengan model kausalitas, yaitu: 1. Metode regresi 2. Metode ekonometrika 3. Metode analisis input-output Teknik peramalan kuantitatif sangat.
    Jadi dari kedua model tersebut dapat saling berdampingan karena memiliki kesamaan dalam pengambilan keputusan dengan adanya hubungan timbal balik dengan mempertimbangkan pada keputusan sebelumnya dengan membuat beberapa pertanyaan/kuesioner, dari variabel yang ada.

    BalasHapus
  42. Nama : Desi Andelia Baunsele
    Nim : 2013210028
    Kelas : B
    Prodi : Ilmu Administrasi Negara
    Mata Kuliah : Teknik Pengambilan Keputusan

    ABSTRAK
    4.Di era globalisasi, perkembangan teknologi dan informasi semakin pesat. Perkembangan yang semakin maju, menjadikan suatu bentuk permasalahan dapat ditangani dengan teknologi informasi. Maka Teknik pengambilan keputusan Delphi Telah digambarkan sebagai sebuah metode untuk penataan proses komunikasi agar dalam proses ini efektif yang memungkinkan sekelompok individu, secara keseluruhan untuk menangani masalah yang kompleks. Sedangkan model kausal adalah Metode peramalan yang didasarkan atas penggunaan analisa pola hubungan antar variabel yang akan diperkirakan dengan variabel lain dapat mempengaruhi disebut dengan metode korelasi atau sebab akibat (metode kausal). Model ini mengasumsikan bahwa faktor yang diramalkan menunjukkan suatu hubungan sebab-akibat dengan satu atau lebih variabel bebas. Metode peramalan dengan model kausalitas, yaitu : 1. Metode regresi 2. Metode ekonometrika 3. Metode analisis input-output. dari kedua model tersebut dapat saling berdampingan karena memiliki kesamaan dalam pengambilan keputusan dengan adanya hubungan timbal balik dengan pertimbangkan pada keputusan sebelumnya dengan membuat beberapa pertanyaan/kuesioner, dari variable tersebut.
    Kata Kunci : Model Delphi, Model Kausal.

    BalasHapus
  43. Namam : Yakobus Margilan
    NIM 2013210110
    Kelas A
    Dalam era globalisasi,karena perkembangan IMTEK maka semakin banyak permasalahan yang dihadapi suatu organisasi maupun lembaga pemerintah,karena dilihat dari maju nya hal itu maka juga semakin banyak permaslahan yang dihadapi oleh organisasi tersebut,maka teknik delphi merupakan teknik yang berkembang pada saat teknologi belum berkembang pada saat ini.
    Dalam sebuah organisasi itu akan mengetahui bahwa mereka sangat terlibat dalam suatu pengambilan keputusan itu,karena mereka sangat terlibat dalam penagmbilan keputusan itu,kelebihan kelompok delphi juga harus bersandar berjalan nya dengan baik karena adanya kekompakan dengan adanya model-model yang digunakan dalam teknik pengambilan keputusan itu sendiri. Model kausal mencoba untuk renungkan teknik dalam pengambilan keputusan dengan tepat. Model kausal bermanfaat jika direnungkan kembali dengan teknik pengambilan keputusan dlphi.
    Kesimpulannya, dalam pengambilan keputusan teknik delphi juga harus bisa menentukan bahwa dalam perkembangan IMTEK juga bisa melakukan dalam sebuah organisasi pada saat ini, begitu juga teknik kausal juga bisa menyesuaikan dari modernnya teknik dlphi.

    BalasHapus
  44. Nama : RIZALAIDI MAHARDIKA
    Nim : 2013210090
    Kelas : A

    Abstrak

    Di era globalisasi sekarang ini pengambilan keputusan yang diambil tentunya harus lebih bijak dibandingkan dengan keputusan yang diambil pada masa sebelumnya. Mengingat permasalahan-permasalahan yang terjadi pada era globalisasi sekarang ini merupakan masalah-masalah baru yang membutuhkan pemecahan masalah yang cukup sulit dipecahkan jika kita lebih mementingkan dua pihak tentunya keputusan yang di ambil bersifat demokratis dan tidak otoriter.

    Menimbang hal itu bukanlah permasalahan yang sepele untuk itu dibutuhkan sosok seorang pemimpin yang mempunyai teknik pengambilan keputusan seperti teknik delphi. Teknik delphi ini sendiri umumnya digunakan untuk menghilangkan difungsi kelompok dan membuat keputusan menjadi lebih efektif. Teknik pengambilan keputusan ini dapat berdampingan dengan model kausal karena model kausal merefleksikan pengambilan keputusan dengan menyesuaikan pada jalur-jalur pengambilan keputusan yang diambil efektif untuk jangka panjang. Kesimpulannya pengambilan keputusan model kausal dan pengambilan keputusan teknik delphi membuat seorang leader atau decision maker dapat tepat mengambil keputusan dan memikirkan akibat keputusan yang diambil untuk jangka panjang.

    Kata kunci : Teknik Delphi, Model Kausal

    BalasHapus
  45. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  46. NAMA : PLAUDIA YENI
    NIM : 2013210085
    PRODI : ILMU ADMINISTRASI NEGARA
    KELAS : B
    Abstrak
    Pada era globalisasi saat ini teknik pengambilan keputusan Model Delphi dapat berdampingan secara signifikan dengan Model Kausal, hal itu disebabkan karena kedua Model tersebut saling berhubungan. Teknik keputusan Model Delphi sangat dibutuhkan oleh seorang pemimpin karena dapat membantu menghilangkan disfungsi kelompok dan membantu membuat keputusan yang lebih efektif, dan dikembangkan untuk prediksi jangka panjang . Sedangkan Model Kausal adalah Model yang dikembangkan untuk mereflekikan hubungan. Permodelan ala analisis jalur adalah contoh dari Model Kausal. Oleh sebab itu Model Kausal digunakan pemimpin utuk peramalan masa depan , Model Kausal ini merupakan peluang dari terwujudnya suatu peristiwa yang diharapkan terjadi pada masa depan. Informasi dan data yang dipakai dalam permodelan ini dibangun dari sejumlah data historis peristiwa-peristiwa yang diasumsikan identik dengan peristiwa yang dikehendaki untuk terjadi pada masa depan. Oleh sebab itu teknik pengambilan keputusan Model Delphi dan Kausal sangat dibutuhkan oleh seorang pemimpin dalam memimpin sebuah organisasi untuk menghadapi masa depan.

    BalasHapus
  47. NAMA : THERESIA MARTA PEYUSINTA
    NIM : 2013210102
    KELAS : B
    PRODI : ILMU ADMINISTRASI NEGARA

    Abstrak
    Dalam dunia yang sudah semakin dewasa saat ini, suatu kelompok saja bisa memiliki kepentingan yang berbeda. Pada dasarnya kepentingan juga merupakan sebuah keputusan. Maka dalam perbedaan kepentingan tersebut akan muncul konflik sehingga proses pengambilan keputusan akan terpengaruhi. Kekhawatiran tentang hilangnya tugas dan fungsi kelompok yaitu memiliki tujuan yang sama maka dibutuhkan teknik pengambilan keputusan model Delphi dalam pengambilan keputusan untuk membantu menghilangkan disfungsi kelompok dan membantu membuat keputusan yang lebih efektif, selain itu pengambilan keputusan model Delphi juga dapat membantu kelompok untuk memikirkan kepentingan pribadi karena pengambilan keputusan model Delphi dapat dilakukan tanpa harus berinteraksi langsung dan setelah itu setiap anggota kemudian menerima umpan balik gabungan dari orang lain. Model Delphi diperkuat dengan model kausal yang dikembangkan untuk merefleksikan hubungan causa-effect secara ketat. Dalam hal ini sudah pasti kedua model ini dapat saling berdampingan secara signifikan karena memang keduanya memiliki hubungan antara yang satu dengan yang lain untuk saling melengkapi.

    BalasHapus
  48. NAMA : YUPITA
    NIM : 201320120
    PRODI : ILMU ADMINISTRASI NEGARA

    Pada era globalisasi saat ini teknik pengambilan keputusan model Delphi dapat berdampingan secara signifikan dengan model kausal. kenapa demikian, karena Teknik Delphi dapat digunakan untuk membantu menghilangkan disfungsi kelompok dan membantu membuat keputusan yang lebih efektif dan untuk prediksi jangka panjang. Teknik ini digunakan oleh organisasi bisnis, pendidikan, pemerintahan, kesehatan dan militer, pada teknik Delphi setiap anggota akan menerima umpan balik kemudian teknik Delphi ini menghindari perdebatan. akan tetapi, tetap ada komunikasi. Sedang kan model kausal model yang dikembangkan untuk merefleksikan hubungan causal effect secara ketat.
    Model kausal ini merupakan model dimana ada sebab dan akibatnya. Dalam setiap pengambilan sebuah keputusan model Delphi dan model kausal ini saling berhubungan satu dengan yang lainnya. dalam sebuah keputusan terdapat sebuah latar belakang masalah dan identifikasi masalah yang akan diselesaikan. Dalam suatu masalah pasti ada yang dinamakan sebab dan akibatnya, sebab dan akibatnyalah yang akan ditelusuri dan yang akan dipecahkan, sebaiknya diselesaikan menggunakan model teknik Delphi karena menghindari perdebatan akan tetapi akan tetap ada komunikasi satu dengan yang lainnya.

    BalasHapus
  49. Nama : Yupensia Rosalia
    Nim : 2013210119
    Prodi : Ilmu Administrasi Negara
    Fakultas : Ilmu Social Dan Ilmu Politik
    Mk : Proses Dan Teknik Pengambilan Keputusan
    Tugas/kelas : UAS/ A

    ABSTRAK
    4. pada era globalisasi pada saat ini pengambilan keputusan yang mengunakan model delphi dapat didampingi secara signifikan dengan model kasual. delphil merupakan suatu proses kelompok yang digunakan untuk memperoleh tanggapan tertulis dari beberapa individu, umumnya untuk mengambil suatu keputusan meramal masa depan yang diperhitungkan akan dihadapi oleh organisasi, teknik pengambilan keputusan Delphi masuk pada wilayah tesis bounded rationality atau kondisi pengambilan keputusan dalam konsidi konflik. Sehingga suatu keputusan yang menggunakan model Delphi harus mampu mengambil sebuah keputusan yang bisa dipertimbangkan, dengan model kasual yang merupakan bagian dari ilmu-ilmu manusia yang telah dikenalkan bersama dan tidak diliputi keraguan apapun karena dari dua model tersebut bisa dikatakan cara pengambilan keputusan digunakan untuk melihat masa depan dimna setiap mengambil keputusan yang hendak diambil dan diputuskan harus mencakup aspek keputusan yang akan di buat dan serarah sehingga nantinya bisa menjadi sebuah keputusan yang terbaik.
    kata kunci:pengambilan keputusan, model delphi dan kausal

    BalasHapus
  50. Nama : Filipus Obot
    NIM : 2013210041
    Kelas : A

    ABSTRAK
    Pada era globalisasi saat ini, setiap organisasi dihadapkan pada berbagai macam masalah yang kemudian dituntut untuk bisa mengambil keputusan yang sesuai untuk menyelesaikan masalah tersebut. Setiap permasalahan yang ingin di selesaikan harus dipelajari terlebih dahulu, ini bertujuan untuk memastikan agar keputusan yang kita ambil nantinya tepat atau baik untuk diterapkan. Karena suatu fenomena atau peristiwa bisa berubah kapan pun seiring berjalannya waktu dan karena adanya aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat maka dibutuhkanlah kemampuan meramal. Meramal ini bertujuan untuk mengetahui apakah suatu fenomena atau peristiwa itu dapat atau mungkin terjadi atau tidak . Proses meramal ini harus dilakukan oleh orang yang sudah ahli, berkompeten dan mempunyai kemampuan dibidangnya (Keputusan Model Delphi). Dan berubahnya suatu fenomena atau peristiwa ini pasti ada kaitannya dengan keputusan sebelumnya, dimana langkah yang harus kita ambil adalah menghubungkan antara fenomena yang satu dengan fenomena yang lain agar kita bisa mengetahui dampak apa yang akan terjadi selanjutnya ketika keputusan sudah kita ambil nantinya (Keputusan Model Kausal).

    BalasHapus
  51. Nama : Desi Nia Lika
    Nim : 201320029
    MK : Proses dan Teknik Pengambilan Keputusan (A)

    Pada era globalisasi saat ini memang banyak sekali permasalahan yang terjadi dan tentunya permasalahan tersebut harus diselesaikan dengan keputusan yang benar-benar tepat dalam penyelesainnya. Banyak cara yang ditawarkan melalui metode-metode yang telah ditetapkan sebelumnya, diantaranya adalah model delphi yang saat ini berdampingan dengan model causal. Hal ini tentunya menyimpan hal yang mendasar karena dalam mengambil suatu keputusan harus dipertimbangkan melaui serangkaian pertanyaan yang disertai dengan menyimpulkan informasi dan melakukan umpan balik berdasarkan pendapat orang sebelumnya, tetapi tidak hanya itu, model causal juga dibutuhkan untuk membantu proses penentuan altenatif pilihan. Selain itu juga metode ini dibutuhkan untuk memberikan kepastian bagi keputusan yang paling efektif agar keputusan yang akan diambil dalam menghadapi masalah yang ada di era glbalisasi ini dapat terselesaikan dengan baik daan maksimal, hal inilah yang menceminkan bahwa kedua metode ini dapat berdampingan dengan baik dalam penyelesaian suatu masalah di era globalisasi ini.

    BalasHapus
  52. Nama:Silvia Tuti
    Nim:2013210096
    kelas:B
    Mk: Proses dan teknik pengambilan keputusan

    Teknik pengambilan keputusan model delphi dapat membatu menghilangkan disfungsi kelompok dan membantu membuat keputusan yang lebih efektif untuk prediksi jangka panjang dan kelompok (biasanya terdiri dari para ahli,tetapi anggota tidak berinteraksi langsung(tatap muka) antara yang satu dan yang lain serta membuat prediksi atau input tanpa mencantumkan nama, karena setiap anggota kemudian menerima umpan balik gabungan dari orang lain.
    Teknik pengambila keputusan model (casual model) atau hubungan model yang dikembangkan untuk merefleksikan hubungan causa-effect secara ketat. Pemodelan ala analisis jalur(path analysis) merupakan contoh dari model kausal.
    Teknik pengambilan keputusan model delphi dan model kausal dapat berdampingan secara signifikan karena dua model ini merupakan model teknik pengambilan keputusan secara terstruktur dan akan memperoleh hasil yang akan dicapai , karena teknik pengambilan keputusan ini akan membantu membuat keputusan yang lebih baik untuk masa yang akan mendatang serta tidak mencantumkan identitas dari seseorang tersebut dan teknik pengambila keputusan ini akan dikembangkan untuk menciptakan hubungan yang lebih erat lagi dari bebrbagai pihak proses ini dilakukan secara ketat dan melalui analisis jalur yang sesuai dengan keputusan sebelumnya.

    BalasHapus
  53. NAMA : ALI MAKKI
    NIM : 2013210011
    PRODI : ILMU ADM. NEGARA
    KELAS : A

    4. Mengaca pada definisi tekhnik dhelpi itu sendiri digambarkan sebagai sebuah metode untuk penataan proses komunikasi kelompok agar dalam proses ini efektif yang memungkinkan sekelompok individu, secara keseluruhan, untuk menangani masalah yang kompleks. Dengan metode peramalan/perkiraan. Sedangkan Model Kausal (causal model) Model ini mengasumsikan bahwa faktor yang diramalkan menunjukkan suatu hubungan sebab-akibat dengan satu atau lebih.
    Teknik pengambilan keputusan kelompok model Delphi ini adalah teknik yang sangat kompleks dan memerlukan waktu yang relatif lama untuk sampai kepada keputusan. tidak boleh sembarangan dalam rangka memecahkan masalah yang dihadapi suatu organisasi. Dimana pengambilan keputusan ini ditanggung dan diputuskan oleh pimpinan organisasi yang bersangkutan dan untuk menghasilkan keputusan yang baik itu sangat dibutuhkan informasi yang lengkap mengenai permasalahan, inti masalah, penyelesaian masalah, dan konsekuensi dari keputusan yang diambil. Dan mungkin dengan berhati-hati seperti inilah seorang leader dalam menambil keputusan akan sesuai dengan apa yang di harapkan oleh masyarakat.


    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Vivi maria chendy
      Nim : 2013210106
      Kelas : B

      4. Teknik Delphi adalah metode yang banyak digunakan dan diterima untuk mengumpulkan data dari responden dalam domain penelitian mereka. Teknik ini dirancang sebagai proses komunikasi kelompok yang bertujuan untuk mencapai konvergensi pendapat tentang isu isu nyata. Proses Delphi telah digunakan di berbagai bidang studi seperti perencanaan program, penilaian assesment, penetuan kebijakan, dan pemanfaatan sumber daya untuk mengembangkan berbagai alternatif, menjelajahi atau mengekspos yang mendasari asumsi, serta berkorelasi penilaian pada suatu topik yang mencakup berbagai disiplin ilmu, dan Teknik Delphi telah digambarkan sebagai sebuah metode untuk penataan proses komunikasi kelompok agar dalam proses ini efektif yang memungkinkan sekelompok individu, secara keseluruhan, untuk menangani masalah yang kompleks. sertaTeknik evaluasi Delphi sangat diperlukan dalam suatu organisasi yang digunakan dalam pengambilan keputusan teoritis. Sedangkan teori keputusan teoritis adalah pendekatan yang menggunakan metode-metode diskriptif untuk menghasilkan informasi yang dapat dipertanggung-jawabkan dan valid mengenai hasil-hasil kebijakan yang secara eksplisit dinilai oleh berbagai macam pelaku kebijakan.

      Hapus
  54. NAMA : AHMAD NAWI
    NIM : 2013210008
    PRODI : ILMU ADM. NEGARA
    KELAS : B

    4. Berbicara tentang tekhnik Delphi di era saat ini sangat di butuhkan dan banyak memanfaatkan keuntungan dari beberapa pertimbangan yang telah ada sambil menghilangkan pengaruh-pengaruh yang tidak seimbang saat interaksi berhadapan muka. Teknik ini menjadi teknik yang efektif dalam kondisi ketidak praktisan teknik diskusi tatap muka dilaksanakan, ketika ketidak setujuan dan konflik menghalangi komunikasi, ketika muncul dominasi mayoritas atau yang kuat (secara kekuasaan, wewenang dan posisi) terhadap minoritas sehingga mayoritas akan mendominasi diskusi kelompok. Sedangkan pengambilan keputusan model kausal merupakan prinsip sebab-akibat yang ilmu dan pengetahuan yang dengan sendirinya bisa diketahui tanpa membutuhkan pengetahuan dan perantaraan ilmu yang lain dan pasti antara segala kejadian, dalam membandingkan dan mencari hubungan sebab-akibat dari variabelnya. hanya mencari sebab akibat yang ditimbulkan dan mengujinya dengan menelusuri kembali masalalu untuk mencari sebab-sebabnya. Maka dalam membuat keputusan Perlu berlatih dari masalah-maslah kecil, sehingga terbiasa membuat keputusan – keputusan yang efektif sehingga benar-benar keputusan yang terbaik bagi organisasi.

    BalasHapus
  55. nama         : ayub supriyanto
    nim           : 2013210020
    kelas         :b



    Abstrak

    Keputusan Teknik Delphi termasuk ke dalam teknik pengambilan keputusan modern yang merangsang kreativitas dengan menggunakan pertimbangan berdasarkan gagasan orang lain untuk mencapai Konsensus dalam pengambilan keputusan kelompok. Teknik ini juga merupakan salah satu teknik peran serta dalam pengambilan keputusan stratejik. Teknik ini didasari pada sebuah proses ter-struktur untuk mengumpulkan dan  membawa pengetahuan dari sekelompok ahli dengan cara serangkaian kuesioner maupun yang di-kontrol dengan pendapat umpan balik. Model ini salimg berdampingkan bahkan saling berhubungan dengan model kausal, model kausal model yang bersifat meramal masa depan suatu organisasi dalam pengambilan keputusan. Apakah dalam pengambilan keputusan yang telah disepakati dampaknya bisa membuahkan hasil atau sebaliknya / Gagal. Hubungan kausal merupakan keterkaitan atau ketergantungan dari dua realitas, konsep, gagaasan, ide, atau permsalahan. Suatu kegiatan tidak dapat mengalami suatu akibat tanpa disertai sebab, atau sebaliknya suatu kegiatan tidak dapat menunjukkan suatu sebab bila belum mengalami akibat.

    BalasHapus
  56. NAMA : JAMALUDDIN HERZA
    NIM : 2013210053
    KELAS : B
    Proses pengambilan keputusan memiliki peran penting untuk mengeluarkan sebuah kebijakan yang efektif dan efisien. Dalam pengambilan keputusan tersebut banyak metode yang dapat digunakan untuk memperolleh kebijakan. Salah satunya adalah model Delphi dan model causal. Proses Delphi memanfaatkan keuntungan dari beberapa pertimbangan yang telah ada sambil menghilangkan pengaruh-pengaruh yang tidak seimbang saat interaksi berhadapan muka. Pendekatan dasar yang digunakan adalah dengan cara mengumpulkan pertimbangan dari orang lain melalui lembar pertanyaan yang dikirim lewat surat. Responden secara independen mengevaluasi jawaban mereka sebelumnya. Pengalaman menunjukkan bahwa etimasi konsensus akan menghasilkan keputusan yang lebih baik setelah beberapa kali melalui pertimbangan kelompok yang berbeda. Walupun ada peluang mengulang-ulang prosedur sampai berkali-kali, tetapi berdasarkan pengalaman tidak terjadi perubahan yang berarti setelah putaran kedua. Sedangkan medel kausal dikembangkan untuk mereflelksikan hubungan sebab akibat secara ketat dalam pengambilan keputusan.
    Kata kunci: Model Delphi, model Kausal

    BalasHapus
  57. nama : melania yuni
    nim : 2013210066
    4. dalam pengambilan keputusan, keputusan tekhnik delphie dan model kausa dapat mempertimbangkan serangkaian pertanyaan yang di sertai dengan menyimpulkan informasi dan pertimbangan yang telah menghilangkan pengaruh-pengaruhyang tidak seimbang dalam kelompok.

    BalasHapus
  58. Nama: abdur rajab a koli
    Nim :2013210001
    Kelas: B

    abstrak
    Teknik Delphi dianggap sebagai teknik pengambilan keputusan yang masuk pada wilayah tesis bounded rationality atau kondisi pengambilan keputusan dalam kondisi konflik. Teknik ini merupakan pendekatan proses pengumpulan ide alternatif solusi berdasarkan atas input dari para ahli bidang tertentu, baik dalam organisasi, maupun luar organisasi. Konsep dasar dari teknik ini berhubungan dengan gaya pemikiran persons atau method of authority. Oleh keterbatasan informasi dan pengetahuan yang dimiliki organisasi, maka dalam proses pengambilan keputusan mereka berpegang pada kompetensi, keahlian, pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki para ahli.

    BalasHapus
  59. Nama :Daud abdulrahman Bima
    Nim :2013210024
    Kelas :A

    Pada era globalisasi saat sekarang ini banyak pemimpin-pemimpin di organisasi yang menggunakan teknologi informasi untuk kepentingan organisasi dalam membuat keputusan salah satunya dengan memanfaatkan model Delphi dan kausal,dalam pengambilan keputusan tehnik kausal lebih kepada meramalkan sebab akibat yang akan terjadi dalam pengambilan keputusan dengan berbagai macam pertimbangan merupakan hal-hal yang diterima tanpa ragu dan tidak memerlukan sanggahan. Keharusan dan keaslian sistem kausal merupakan bagian dari ilmu-ilmu manusia yang telah dikenal bersama dan tidak diliputi keraguan apapun. Kebanyakan penggunaan utama dari metode Delphi adalah explorasi yang kreatif dan reliable mengenai ide-ide atau produksi informasi dalam penentuan keputusan, seperti kebijakan. Analisa Delphi berdasarkan kepada proses terstruktur untuk mengumpulkan dan memurnikan pengetahuan dari sebuah kelompok ahli atau pakar dalam arti mengenai sebuah lembar pertanyaan yang disebarkan dan umpan balik yang terkontrol.

    BalasHapus
  60. Nama: Bahrudin Muhammad
    Nim:2013210021
    Klas:A
    Model Delphi digunakan untuk menghilangkan disfungsi kelompok dan dapat membuat keputusan yang lebih efektif. Teknik ini dikembangkan untuk dapat memprediksi jangka yang lebih panjang. Teknik ini sangat cocok digunakan dalam pengambilan suatu keputusan karena dalam mengambil sebuah keputusan perlu adanya pertimbangan, sehingga keputusan yang akan dapat diambi diterima dengan baik.
    Model kausal (causal model), dikembangkan untuk merefleksikan hubungan setiap kejadian dan memperoleh kepastian serta keharusan, kekhususan-kekhususan eksistensinya dari berbagai hal lainnya yang mendahuluinya, merupakan hal-hal yang diterima tanpa ragu dan tidak memerlukan sanggahan.
    Kedua model tersebut mengambarkan secara baik bagaimana pengambilan keputusan yang baik dan tepat guna. Di era globalisasi perlu adanya sebuah analisis yang tajam terkait dengan berbagai keputusan yang akan diambil, pasalnya keputusan yang akan diambil dapat berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup banyak orang.

    Kata kunci : Model Delphi, Model Kausal, dan globalisasi.

    BalasHapus
  61. Nama :Don Richardson Suebu
    NIM :2013210034
    Prody :Ilmu Administrasi Negara
    Tugas :UAS

    Abstrak

    Makna dari pertanyaan tersebut ialah model delphi dan model kausal tidak beda jauh proses pengambilan keputusannya.sehingga pada saat era globalisasi ini banyak di organisasi/instansi pemerintah atau perusahaan yang menggunakan ke dua model tersebut dalam proses pengambilan keputusan.dan juga makna pertanyaan adalah keterkaitan antara ke dua model tersebut sangat baik di gunakan pada era globalisasi ini karena sesuai dengan masalas-masalah,konflik-konflik yang terjadi di lapangan.

    Kata kunci :Model Delphi dan Model Kausal

    BalasHapus
  62. Nama: Patrisius Kilo Bere Fahik
    Nim : 2013210082
    Prodi : Ilmu Administrasi Negara
    MK : Proses dan Teknik Pengambilan Keputusan
    Kelas : B
    Abstrak
    Dalam era globalisasi saat ini tentu harus ada kordinasi yang baik dan tidak miskomunikasi, saling bekerjasama dalam membuat keputusan yang baik dan efektif dalam memecahkan masalah, agar hasilnya berguna untuk perubahan dan tidak menimbulkan dampak yang buruk terhadap organisasi maupun masyarakat dalam menghadapi arus globalisasi yang sangat kuat pada saat ini.Masa depan yang diperhitungkan yang akan dihadapi dalam organsiasi dengan membantu menghilangkan disfungsi kelompok dan membantu menbuat keputusan yang lebih baik dan efektif yang dapat diprediksikan dalam jangka waktu yang panjang,dengan adanya kemajuan di era globalisasi ini dapat mempermudah setiap kelompok untuk melakukan suatu pengambilan keputusan tanpa harus langsung bertatap muka. Serta kita dapat memprediksikan antara peristiwa yang diharapkan akan terjadi dengan peristiwa yang sudah terealisasikan dan dapat membantu terwujudnya kondisi pemaksimuman harapan yang di inginkan dalam pengambilan keputusan.
    Kata kunci: Pengambilan keputusan, Model Delphi, Model Causal.

    BalasHapus
  63. Nama : antonius richardo ratu da costa
    Nim : 2013210018
    Kelas : B
    Dalam teknik pengambilan keputusan dibutuh kan sebuah teknik Delphi yang merupakan suatu metode yang paling banyak digunakan dan diterima untuk mengumpulkan suatu data dari responden dalam sebuah proses penelitian. Teknik ini dirancang sebagai proses komunikasi kelompok yang bertujuan untuk mencari sesuatu isu isu permasalah sesuai kenyataan yang ada atau mempredeksi terjadinya suatu peristiwa dimasa depan. Dalam teknik ini bukan saja mencari dan mempredeksi tetapi teknik ini mampu mengumpulkan dan membandingkan berbagai pertimbangan melalui serangkaian pertanyaan yang disertai dengan menyimpulkan informasi dan melakukan umpan balik berdasarkan pendapat orang sebelumnya, sedangkan kaitan dengan teknik kausal lebih mengarah pada perinsip sebab-akibat yang pasti antara segala kejadian, serta bahwa setiap kejadian memperoleh kepastian dan keharusan serta kekhususan-kekhususan eksistensinya dari sesuatu atau berbagai hal lainnya yang mendahuluinya, sehingga hal-hal yang diterima tanpa ragu dan tidak memerlukan sanggahan. Keharusan dan keaslian sistem kausal merupakan bagian dari ilmu-ilmu manusia yang telah dikenal bersama dan tidak diliputi keraguan apapun dalam menghadapi suatu kondisi untuk mengambil sebuah keputusan.

    BalasHapus
  64. Nama : Muhammad Astaja
    NIM : 2013210073
    Kelas : A

    Abstrak no 4
    Di era globalisasi seperti sekarang ini, banyak sekali masalah yang kita hadapi. Dari masalah yang khusus hingga masalah yang umum. Masalah tersebut tentunya harus memiliki jalan pemecahan yang efektif dan efesiensi dalam penyelesaiannya. Pendekatan model Delphi dan model kausal diharapkan bisa memberi jalan alternative dalam pengembilan keputusan. Model kausal menyelesaikan masalah dengan metode alur, (alur masalah seperti apa, identifikasi masalahnya seperti apa, sampai pada penarikan kesimpulan). Hal tersebut sangat membantu untuk proses pembelajaran serta bahan pertimbangan-pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Karena model Delphi berorientasi pengambilan keputusan berdasarkan pada ramalan, perkiraan, prediksi yang terorientasi jangka panjang. Sehingga metode alur yang di sampaikan oleh model kausal sangat berkaitan signifikan dengan model Delphi dalam proses pengambilan keputusan.

    BalasHapus
  65. no,4
    Apstrak:

    Mengingat Era globalisasi pada saat ini sudah merajalela hampir seluruh dunia maka dari itu pengambilan keputusan model delphi sangat lah di perlukan dan digunakan untuk menghilangkan difungsi kelompok dan juga membantu utuk memecahkan masalah dengan cepat dan tepat. Pada masa globalisasi ini harus pandai-pandailah memilih sesuatu agar tidak terjerumus pada jalan yang salah, maka dari itu perlunya utuk mempelajari dan menerapkan teori delphi didalam sebuah organisasi, kelompok dan individunya masing-masing. Perlu diketahui teori delphi ini sangatlah cocok digunakan pada era globalisasi saat ini utuk proses pengambilan keputusan baik itu formal maupun non formal, karena teori delbhi bisa berjalan berdampingan dengan situasi apapun dan kondisi gimanapun tergantuk manusianya bisa meletakan diriri di tempat yang benar, dapat di ambil garis besarnya dari uraian diatas yaitu : teori delphi ini sangatlah cocok untuk digunakan menyelesaikan masalah atau pengambilan keputusan dengan tepat, apalagi teori ini bisa dikaitkan dengan teori-teori yanglain dalam hal pengambilan keputusan di era globalisasi pada saat ini.

    BalasHapus
  66. NAMA : PETRUS LENDE NGONGO
    NIM :2013210098
    PRODI :ILMU ADMINISTRASI NEGARA
    KELAS :B

    ABSTRAK

    Keputusan suatu tindakan pemilihan dimana pimpinan /atasan menentukan suatu dilakukan dalam situasi tertentu. Keputusan ini dinyatakan dalam suatu bentuk kata-kata yang dirumuskan dalam suatu peraturan, perintah, intruksi, kebijakan dan dalam bentuk apa saja yang dikehendaki pimpinan. Dalam proses penyelesaian masalah terlibat dalam pembuatan keputusan, yaitu tindakan memilih diantara berbagai alternative solusi pemecahan masalah. Untuk mendukung keputusan yang akan dilakukan yang berguna dengan tipe yang berbeda untuk setiap tingkatan tingkat bawah, tipe lebih inci dan detail karena untuk pengendalian
    pengambilan keputusan merupakan proses kesadaran terhadap individual maupun sosial berdasarkan kejadian faktual dan nilai pemikiran, yang mencakup aktivitas perilaku satu atau bebrapa alternatif sebagai jalan keluar untuk memecahkan masalah yang dihadapi.
    Pengambilan keputusan adalah suatu pendekatan yang sistematis yang dihadapi dan mengambil tindakan yang menurut perhitungan merupakan tindakan yang paling tepat. pengambilan keputusan sebuah hasil dari pemecahan masalah, jawaban dari suatu pertanyaan sebagai hukum situasi, dan merupakan pemilihan dari salah satu alternatif-alternatif yang ada keputusan.
    .
    .



    .
    .
    .



    BalasHapus
  67. NAMA : SOLEMAN RENDA BILI
    NIM : 2013210098
    PRODI : ILMU ADMINISTRASI NEGARA
    KELAS : A
    MK : TEKNIK DAN PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN

    ABSTRAK

    Di era globalisasi saat ini banyak organisasi yang menggunakan teknik pengambilan keputusan kelompok Delphi karena Pendekatan teknik ini adalah mengumpulkan dan membandingkan berbagai pertimbangan melalui serangkaian pertanyaan yang disertai dengan menyimpulkan informasi dan melakukan umpan balik berdasarkan pendapat orang sebelumnya.
    Teknik Delphi dianggap sebagai teknik pengambilan keputusan yang masuk pada wilayah tesis bounded rationality atau kondisi pengambilan keputusan dalam kondisi konflik. Teknik ini merupakan pendekatan proses pengumpulan ide alternatif solusi berdasarkan atas input dari para ahli bidang tertentu, baik dalam organisasi, maupun luar organisasi. Oleh keterbatasan informasi dan pengetahuan yang dimiliki organisasi, maka dalam proses pengambilan keputusan mereka berpegang pada kompetensi, keahlian, pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki para ahli. Teknik pengmbilan keputusan berkelompok ini menandakan kehadiran fisik dari para ahli yang berkumpul dalam satu ruang untuk membahas satu masalah. Tidak seperti teknik lain yang mengharuskan pertemuan tatap muka untuk mendiskusikan alternatif solusi, maka teknik ini mendapatkan ide masukan dari para ahli yang dilakukan melalui kuesioner. Kalau di kaitkan dengan model kausal maka masalah probabilitas yang menurunkan depresi seseorang setelah di perlakukan oleh orang lain namun kelompok delphi yang bisa memberikan solusi yang terbaik untuk memecahkan sebuah masalah yang akan di hadapi oleh sebuah organisasi dan kelompok delphipun akan meramalkan kebaikan organisasi di masa yang akan datang.




    BalasHapus

  68. NAMA : RIKA HALIM NAMMA
    NIM : 2013210089
    PRODI : ADMINISTRASI NEGARA
    Teknik Delphi umumnya digunakan untuk mengambil keputusan, teknik ini sangat sesuai untuk orang atau kelompok yang mengambil keputusan di salah satu tempat. Selain itu juga teknik Delphi ini sangat membutuhkan pertimbangan dalam pengambilan keputusan sehingga keputusan yang diambil menjadi lebih efektif. Sedangkan model kausal adalah model yang berasumsi bahwa variable yang di kaitkan sama dengan variable yang lain. Kedua model ini sama-sama mempunyai makna serta member keterangan yang sama yaitu sama-sama dalam pengambilan keputusan. Namun perlu kita lihat sebelum mengambil sebuah keputusan yang baik. Oleh karena itu maka teknik Delphi dan model kausal ini sangta di butuhkan dalam pengambilan sebuah keputusan karena perlu adanya pertimbangan serta ramalan tehadap suatu keputusan.

    BalasHapus
  69. Nama : Yoga Asta Maulana
    Nim : 2013210113
    Kelas : A
    UAS : PTPK
    Abstrak
    4.Untuk mengambi sebuah keputusan yang efektif dapat digunakan teknik model Delphi model ini dapat di gunakan dalam jangka waktu yang lebih panjang karna dalam mengambil sebuah keputusan perlu ada sebuah pertimbangan yang matang.Model kausal model ini di kembangkan dengan kepastian – kepastian dengan dari sesuatu hal yang mendahuuinya sehingga seseorang yang hendak melakukan pengambilan keputusan tidak ragu.Dari kedua pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa sebelum mengambil sebuah keputusan harus dipertimbangkan terlebih dahulu manakah yang lebih di prioritaskan dalam keputusan tersebut .

    BalasHapus
  70. NAMA : CORNELIA SUSANTI
    NIM : 2013210023
    PRODI : ILMU ADMINISTRASI NEGARA

    Di era globalisasi saat ini, semakin banyak permasalahan-permasalahan yang kita hadapi. Dalam menghadapi permasalahan tersebut tentunya dibutuhkan suatu pemecahan masalah yang tentunya disertai dengan pengambilan suatu keputusan. Pengambilan keputusan yang ditunjang oleh data dan informasi yang terpercaya tetap semakin dibutuhkan, karena pengambilan keputusan yang baik harus berdasarkan data yang akurat. Korelasi antara model kausal dan model Delphi yaitu model kausal (causal model) adalah model yang dikembangkan untuk merefleksikan hubungan causa-effect secara ketat maka model Delphi dapat digunakan untuk membantu menghilangkan disfungsi kelompok dan membantu membuat keputusan yang lebih efektif; Teknik Delphi termasuk ke dalam teknik pengambilan keputusan modern yang merangsang kreativitas dengan menggunakan pertimbangan berdasarkan gagasan orang lain untuk mencapai konsensus dalam pengambilan keputusan kelompok.

    BalasHapus
  71. Nama : Dina
    Nim : 2013210032
    Semester : 4 (Empat)

    Pada era globalisasi seperti ini, banyak organisasi yang memanfaatkan teknologi untuk digunakan, mulai dari kepentingan diri sendiri, organisasi, administrasi, hingga pengambilan keputusan. Dengan proses pengambilan keputusan yang beragam namun kita juga perlu memperhatikan model pengambilan keputusan dalam organisasi yang sedang mengalami konflik.
    Dengan adanya model pengambilan keputusan kausal kearah teknik pengambilan keputusan delphi dianggap sebagai teknik pengambilan keputusan dengan mengumpulkan berbagai pertimbangan yang disertai dengan menyimpulkan informasi berdasarkan pendapat orang sebelumnya. Dengan demikian, anggota organisasi dalam mengambil sebuah keputusan tidak perlu bertatap muka, hanya dengan menggunakan teknologi yang ada, sehingga model delphi dan kausal saling berdampingan.

    BalasHapus
  72. Nama : yohanis konda
    Nim :2013210116
    Prodi :Ilmu Administrasi Negara
    Kelas :A
    ABSTRAK
    Model Delphi termasuk ke dalam teknik pengambilan keputusan modern yang merangsang kreativitas dengan menggunakan pertimbangan berdasarkan gagasan untuk mencapai Konsensus dalam pengambilan keputusan.Teknik ini juga merupakan salah satu teknik peran serta dalam pengambilan keputusan stratejik.
    Pengambilan keputusan yang berdasarkan logika atau gagasan ialah suatu studi yang rasional terhadap semuan unsur pada setiap sisi dalam proses pengambilan keputusan. Pada pengambilan keputusan yang berdasarkan rasional, keputusan yang dihasilkan bersifat objektif, logis, lebih transparan, konsisten untuk memaksimumkan hasil atau nilai dalam batas kendala tertentu, sehingga dapat dikatakan mendekati kebenaran atau sesuai dengan apa yang diinginkan seperiti dalam hal: kejelasan masalah,orientasi tujuan : kesatuan pengertian tujuan yang ingin dicapai,pengetahuan alternatif : seluruh alternatif diketahui jenisnya dan konsekuensinya, preferensi yang jelas : alternatif bisa diurutkan sesuai kriteria,hasil maksimal : pemilihan alternatif terbaik didasarkan atas hasil ekonomis yang maksimal

    BalasHapus
  73. NAMA : DELLY INDRIANI
    NIM : 2013210026

    ABSTRAK

    Globalisasi memang banyak membawa dampak bagi masyarakat, baik dampak positif maupun negatif. Dampak negatif inilah yang menimbulkan permasalahan yang terjadi masyarakat. Disinilah peran agent of change dan decision maker dibutuhkan yaitu harus bisa membedakan mana yang baik dan buruk. dengan demikian bisa mengambil keputusan yang baik dalam menghadapi banyak pilihan alternatif yang ada. Didalam mengambil keputusan, decision maker juga harus bisa menerapkan model kausal dan model delphi. Model kausal dan model delphi dapat berdampingan secara signifikan, karena model kausal membantu proses penentuan alternative pilihan dan model delphi membantu terwujudnya kondisi memaksimumkan harapan. Secara sederhana model kausal merupakan model sebab-akibat, dimana didalam mengambil keputusan harus memikirkan sebab dan akibat yang akan terjadi. Hal tersebut mirip dengan model delphi, tekhnik ini juga memikirkan resiko pengambilan keputusan seperti menandakan terjadinya penyimpangan atas peristiwa yang diharapkan, diinginkan, dan seharusnya terjadi dengan peristiwa nyata terjadi.
    KATA KUNCI : GLOBALISASI, PENGAMBILAN KEPUTUSAN, MODEL DELPHI, MODEL KAUSAL

    BalasHapus
  74. NAMA : M JALALI
    NIM : 2013210057

    ABSTRAK
    Model kausal memasukkan dan menguji variabel-variabel yang diduga akan mempengaruhi variabel dependen, model ini biasanya menggunakan analisis regresi untuk menentukan mana variabel yang signifikan mempengaruhi variable dependen. Selain menggunakan analisis regresi, model kausal juga dapat menggunakan metode ARIMA atau Box-Jenkins untuk mencari model terbaik yang dapat digunakan dalam peramalan.
    Metode Delphi yang mula-mula dikembangkan oleh Rand Corporation untuk keperluan militer, kini banyak digunakan dalam prakiraan teknologi dan banyak bidang lain (Maassen dan Van Vought, 1984); Uniersity of Washington, 1985). Tujuan metode Delphi adalah untuk mendapatkan konsensus tentang hal-hal yang tidak mempunyai criteria obyektif (University of Washington; 1985 ; Rchel et al, 1985). Metode Delphi pada dasarnya merupakan suatu konperensi jarak jauh dengan menggunakan kuisioner. Menurut maassen dan van Vught (1984) hasil metode Delphi lebih teliti dan tingkat konsensus lebih tinggi daripada hasil pertemuan tatap muka dalam lokakarya. Hal ini disebabkan, karena sementara dalam lokakarya sebuah minoritas yang dominan dapat mendominasi diskusi dan hasil diskusi, dalam metode Delphi ketidaksetujuan justru diperhatikan.

    Walaupun terlihat sedikit ribet tapi keuntungan dari penggunaan metode Delphi ini terletak pada hasilnya yang lebih teliti, sehingga pengolahan akhirnya akan lebih mudah. Pengolahannya juga dilakukan hanya secara deskriptif saja. Yang membuat metode ini masih jarang dilakukan adalah proses yang dapat berlangsung berkali-kali manakala tidak terjadi konsensus/kesepakatan.

    BalasHapus

  75. Nama: Moh.Rowasis
    NIM : 2013210067
    Kelas : (A)
    ABSTRAK
    model Delphi didasarkan pada prinsip bahwa prakiraan (atau keputusan) dari kelompok terstruktur individu yang lebih akurat dibandingkan dari kelompok yang tidak terstruktur. Dan juga Teknik ini dapat diadaptasi untuk digunakan dalam pertemuan tatap muka. Delphi telah banyak digunakan untuk peramalan bisnis dan memiliki kelebihan tertentu atas pendekatan peramalan terstruktur lain. Dan juga tidak asing lagi bahwa Teknik Delphi dapat digunakan untuk membantu menghilangkan disfungsi kelompok dan membantu membuat keputusan yang lebih efektif. Kemudian Model kausal (causal model), model yang dikembangkan untuk merefleksikan hubungan causa-effect secara ketat. Maka kemudian di era globalisasi ini sangat banyak problematika dalam sebuah pengambilan keputusan . dimana dari kedua model ini bias memberikan jalan keluar atau alternative agar sebuah keputusan yang ambil bisa memberikan kontribusi yang efektif. Karena tujuan utama dari kedua model ini adalah bagaimana dalam sebuah pengambilan keputusan bisa efektif , makanya kalau di bilang bahwa pada era globalisasi ini model Delphi dengan model kausal (causal model) sangat berdampingan, itu merupakn sebuah pemikiran yang benar sekali

    BalasHapus
  76. NAMA :Fransiskus Arby Noviandi
    NIM :2013210127
    KELAS :B
    Uas proses dan teknik pengambilan keputusan

    ABSTRAK

    dalam hubungan ini tentunya banyak hal yang harus dijadikan suatu perubahan yang menjanjikan. bahwa keputusan yang merumuskan dalam suatu jalur yang tepat tentunnya melihat situasi yang sesuai dengan era globalisasi yang terjadi dalam dunia pada saat ini, dan dengan adanya kebijakan yang dijalani dengan jangka waktu yang panjang diharapkan bisa membawakan suatu perubahan yang menjadikan proses dalam teknik pengambilan keputusan ini dapat memberi kesadaran bagi pemimpin-pemimpin di masa depan.
    Hal ini juga tentu adanya dukungan yang kuat untuk menjadikan perubahan itu dapat terwujud dengan baik dan layak. Dengan melihat perkembangan zaman yang semakin tahun semakin berkembang tentunnya dalam proses teknik pengambilan keputusan ini bisa menjangkau masa depan bagi perubahan dalam organisasi, pemerintahan dan politik.
    Kesadaran yang menjadikan perubahan itu dapat terwujud, dengan melihat jangka waktu yang panjang dan dengan kesadaran yang tumbuh dalam kepribadian setiap orang akan membawakan suatu keputusan yang dilakukan dengan melihat perubahan dimasa depan menjadi baik.

    BalasHapus
  77. NAMA : PUHIN AGUSTINUS BARTO
    NIM : 2013210086
    KELAS : A
    PRODI : ILMU ADMINISTRASI NEGARA

    Di era globalisasi, perkembangan teknologi dan informasi semakin pesat. Perkembangan yang semakin maju, menjadikan suatu bentuk permasalahan dapat ditangani dengan teknologi informasi. Maka Teknik pengambilan keputusan Delphi Telah digambarkan sebagai sebuah metode untuk penataan proses komunikasi agar dalam proses ini efektif yang memungkinkan sekelompok individu, secara keseluruhan untuk menangani masalah yang kompleks. Model Kausal ini merupakan peluang dari terwujudnya suatu peristiwa yang diharapkan terjadi pada masa depan. Informasi dan data yang dipakai dalam permodelan ini dibangun dari sejumlah data historis peristiwa-peristiwa yang diasumsikan identik dengan peristiwa yang dikehendaki untuk terjadi pada masa depan. Dalam hal ini sudah pasti kedua model ini dapat saling berdampingan secara signifikan karena memang keduanya memiliki hubungan antara yang satu dengan yang lain untuk saling melengkapi.

    BalasHapus
  78. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  79. NAMA : RONALD RATU ANDUNG
    NIM : 2013210092
    KELAS : B
    Proses pengambilan keputusan memiliki peran penting untuk mengeluarkan sebuah kebijakan yang efektif dan efisien. Dalam pengambilan keputusan tersebut banyak metode yang dapat digunakan untuk memperoleh kebijakan. Salah satunya adalah model Delphi dan model causal. Proses Delphi memanfaatkan keuntungan dari beberapa pertimbangan yang telah ada sambil menghilangkan pengaruh-pengaruh yang tidak seimbang saat interaksi berhadapan muka. Pendekatan dasar yang digunakan adalah dengan cara mengumpulkan pertimbangan dari orang lain atau responden melalui lembar pertanyaan yang dikirim lewat surat. Responden secara independen mengevaluasi jawaban mereka sebelumnya. Pengalaman menunjukkan bahwa etimasi konsensus akan menghasilkan keputusan yang lebih baik setelah beberapa kali melalui pertimbangan kelompok yang berbeda. Walupun ada peluang mengulang-ulang prosedur sampai berkali-kali, tetapi berdasarkan pengalaman tidak terjadi perubahan yang berarti setelah putaran kedua. Sedangkan model kausal dikembangkan untuk mereflelksikan hubungan sebab akibat secara ketat dalam pengambilan keputusan.
    Kata kunci:Teknik pengambilan keputusan, Model Delphi, model Kausal,

    BalasHapus
  80. Nama : Dewiana Natalia Wuwur
    Nim : 2013210030 semester 4
    Jawaban no.4 (Abstrak)


    Pada era modern sekarang banyak orang yang membentuk organisasi dan memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada dan semakin berkembang salah satunya media teknologi untuk melakukan berbagai aktifitas termasuk dalam pengambilan suatu keputusan . Namun, di dalam sebuah keputusan pasti ada terjadi sebuah konflik dan harus di kaji juga menggunakan model keputusan kausual agar dapat melihat sebab akibat yang di temukan, seterusnya dari sebab akibat tersebut di kumpulkan dan di bandingkan melalui semua pertimbangan sehingga memiliki umpan balik menggunakan teknik Delphi agar dapat menentukan keputusan yang baik. Maka dari hal tersebut dapat kita simpulkan bahwa kedua teknik tersebut sangat berhubungan dan berdampingan dalam pengambilan suatu keputusan baik dalam organisasi kecil maupun organisasi besar dalam pencapaian tujuan bersama yang telah di tentukan.

    BalasHapus
  81. NAMA : KRESENSIA EGI BUGA
    NIM : 201320056
    KLAS : B
    Pada era globalisasiini, yan begitu banyak persoalannya, maka sangat berkaitan dengan adanya pengambilan keputusan yang tepat. Dalam meramal masa depan yang di perhitungkan akan di hadapi dalam organisasi dengan membantu menghilangkan disfungsi kelompok dan membantu membuat menghilangkan yang leih baik dan efektif. Yasng dapast di prediksikan dalam jangka waktu yang panjang. Dengan adanya kemajuan di era globalisasi ini dapat mempermudah setiap kelompokk untuk melakukan suatu pengmilan keputusan tanpa harus bertatap muka. Serta kita dapa memptrediksikan peristiwa yang di harapkan dengan peristiwa yang sudah terealisasikan dan dapat membantu terwujudnya kondisi yang efektif dan efisien, serta harapan yang di inginkan dalam pengambilan keputusan

    BalasHapus
  82. Your Affiliate Money Printing Machine is waiting -

    Plus, making profit with it is as simple as 1---2---3!

    Here are the steps to make it work...

    STEP 1. Tell the system which affiliate products you intend to promote
    STEP 2. Add PUSH button traffic (this LITERALLY takes 2 minutes)
    STEP 3. Watch the system grow your list and sell your affiliate products all for you!

    Do you want to start making money???

    Your MONEY MAKING affiliate solution is RIGHT HERE

    BalasHapus
  83. As reported by Stanford Medical, It is in fact the SINGLE reason this country's women live 10 years longer and weigh on average 19 KG lighter than us.

    (Just so you know, it has totally NOTHING to do with genetics or some hard exercise and EVERYTHING to do with "HOW" they are eating.)

    P.S, I said "HOW", and not "WHAT"...

    Click this link to uncover if this quick questionnaire can help you unlock your real weight loss potential

    BalasHapus
  84. Your Affiliate Money Making Machine is ready -

    And getting it set up is as simple as 1...2...3!

    Here are the steps to make it work...

    STEP 1. Tell the system which affiliate products you want to promote
    STEP 2. Add PUSH button traffic (this ONLY takes 2 minutes)
    STEP 3. Watch the affiliate products system grow your list and upsell your affiliate products on it's own!

    So, do you want to start making profits??

    Check it out here

    BalasHapus