Selasa, 27 Maret 2012

Hasil Penelitian Tomazia Correia Doa Santos


Resume Seminar Hasil Penelitian


Judul : STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO KDS 8 FM MALANG DALAM    MEMPERTAHANKAN PENDENGAR.

 
Nama : Tomazia Correia Doa Santos


KONSENTRASI BROADCASTING, PROGRAM ISTUDI ILMU    KOMUNIKASI,  FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, 2012    


Dosen Pembimbing Utama : Herru Prasetyo  Widodo, SAP., M.Si
Dosen Pembimbing Pendamping : Aulia Vera Rozida, S.Sos.    


Judul                                                                                                      ABSTRAK
Radio KDS 8 FM Malang adalah salah radio yang sudah lama berdiri dan memiliki
pendengar yang cukup banyak dan jangkauan umur yang cukup luas di Kota Malang.
Saat ini semakin banyak berdiri stasiun radio di Kota Malang, yang juga menyajikan
berbagai program menarik yang merupakan unggulan masing-masing stasiun. Masing-
masing stasiun radio memiliki pola penyiaran yang berbeda-beda, yang memiliki ciri
khas tersendiri dengan tujuan agar dapat menjadi pilihan pendengar. Semakin banyaknya
stasiun radio yang bermunculan menjadikan intensitas persaingan semakin meningkat.
Bertambahnya stasiun radio semakin memperkecil pangsa pasar yang bisa dikuasai oleh
masing-masing perusahaan. Menghadapi situasi seperti ini setiap perusahaan perlu
menerapkan strategi komunikasi yang tetap untuk dapat mempertahankan pendengarnya.
Bertolak dari latar belakang ini mendorong peneliti untuk melakukan suatu penelitian
dengan tujuan (1) Untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Radio KDS 8 FM
dalam mempertahankan pendengar, (2) Mengetahui hambatan-hambatan Radio KDS 8
FM dalam mempertahankan pendengar.


A. PENDAHULUAN
Latar Belakang
Sebagai mahluk sosial dan individual, manusia memiliki rasa keingintahuan dan berkembang. Salah satu sarana untuk mencapai semua itu adalah melalui komunikasi. Tanpa komunikasi manusia tidak dapat memuaskan rasa keingintahuan dan tidak dapat berkembang. Oleh karena itu, komunikasi merupakan kebutuhan mutlak bagi manusia.
Dengan makin berkembangnya pengetahuan manusia, maka rasa keingintahuan manusia akan segala sesuatu juga semakin meningkat, terutama di masa sekarang ini, dimana perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan begitu pesat, mendorong manusia untuk dapat mengetahui dan menikmati berbagai bentuk kemajuan. Untuk itu manusia akan mencari berbagai informasi mengenai hal-hal yang dibutuhkannya dan untuk mendapatkan informasi tersebut diperlukan sarana komunikasi massa. 
Seiring kemajuan yang terjadi di berbagai bidang, kebutuhan masyarakat akan informasi dan hiburan sudah menjadi hal yang tidak dapat ditawar lagi. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, media komunikasi massa baik cetak maupun elektronik telah berkembang pula dengan pesatnya, sesuai dengan perkembangan zaman. Salah satu media komunikasi elektronik yang dianggap dekat dengan masyarakat adalah radio. Radio merupakan suatu media komunikasi yang vital bagi kehidupan sosial, politik, maupun budaya di negara-negara berkembang. Pada awalnya radio hanyalah sebuah teknologi biasa dan baru bisa memperoleh fungsi sebagai satu sarana pelayanan ketika ia berkembang menjadi satu media komunikasi yang ampuh, lengkap dengan struktur dan sistem organisasinya (Batmomolin, 2003:67).

Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang dikemukakan adalah sebagai berikut :
1.   Bagaimanakah strategi komunikasi pemasaran Radio KDS 8 FM dalam mempertahankan pendengar?
2.   Apa hambatan-hambatan Radio KDS 8 FM dalam mempertahankan pendengar?

Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah :
1.   Untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Radio KDS 8 FM dalam mempertahankan pendengar.
2.   Mengetahui hambatan-hambatan Radio KDS 8 FM dalam mempertahankan pendengar.

Manfaat Penelitian
1.   Bagi peneliti
a.   Dapat lebih mengenal realita ilmu yang telah diterima diperkuliahan dengan kenyataan yang ada di lapangan.
b.   Menambah wawasan, pengetahuan dan pengalaman selaku generasi yang dididik untuk terjun langsung di masyarakat khususnya di lingkungan kerjanya.
2.   Bagi Dunia pendidikan
a.   Menambah koleksi dan khasanah pengetahuan terutama dibidang komunikasi.
b.   Sebagai salah satu bahan rujukan dalam penelitian sejenis di masa yang akan datang.
3.   Bagi Perusahaan yang bersangkutan
a.   Temuan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu bahan pertimbangan oleh perusahaan yang bersangkutan dalam menyusun program kerja guna menghadapi persaingan dengan perusahaan atau industri sejenis.
b.   Temuan hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu bahan pertimbangan oleh perusahaan yang bersangkutan dalam menentukan kebijakan dalam upaya mempertahankan pendengar                       
4.  Fungsi - fungsi Komunikasi
Menurut Rakhmat (2001:188), bahwa fungsi komunikasi adalah :
1.    Menginformasikan (to inform)
2.    Mendidik (to educated)
3.    Menghibur (to entertain)
4.    Mempengaruhi (to influence)


B. TINJAUAN PUSTAKA
Komunikasi
Pengertian Komunikasi
Istilah komunikasi berasal dari perkataan bahasa Inggris ”communication” yang berasal dari istilah bahasa latin ”communis” yang dalam bahasa Indonesia berarti ”sama” dan menurut Barry dalam Effendy (2004:1), ”communicare” yang berarti bercakap-cakap. Jika kita berkomunikasi, berarti kita mengadakan kesamaan dalam hal ini kesamaan makna/pengertian. Informasi yang disampaikan seseorangkepada orang lain harus sama-sama dan dimengerti. Kalau tidak dimengerti, komunikasi tidak akan terjadi. Percakapan berlangsung apabila hal yang dipercakapkan dan bahasa yang dipergunakan dalam percakapan itu sama-sama dimengerti. Kalau tidak, percakapan tidak akan terjadi.
Tujuan Komunikasi
Setiap komunikasi yang dilakukan mempunyai suatu tujuan. Tujuan komunikasi menurut Effendy (2004:16) adalah :
1.   Perubahan Sikap (Atitude Change)
2.   Perubahan Pendapat (Opinion Change)
3.   Perubahan Perilaku (Behavior Change)
4.   Perubahan Sosial (Sosial Change)
Komunikasi Massa
Pengertian Komunikasi Massa
Banyak defenisi tentang komunikasi massa yang telah dikemukakan para ahli komunikasi.
Banyak ragam dan titik tekan yang dikemukakannya. Tetapi, dari sekian banyak defenisi itu ada
benang merah kesamaan defenisi satu sama lain.
Radio
Pengertian Radio
Unsur penting dalam komunikasi massa adalah media massa, yang terdiri dari media cetak (surat
kabar, tabloid, majalah) dan media elektronik (televisi, radio) dan media online (internet).
Strategi Komunikasi Pemasaran
Pengertian Strategi
Suatu strategi adalah cara-cara yang digunakan untuk mencapai tujuan. Strategi juga merupakan
suatu perencanaan menyeluruh, komprehensip dan integral.
Strategi Komunikasi Pemasaran
Komunikasi pemasaran merupakan salah satu bagian dari perencanaan komunikasi dalam
strategi komunikasi.
Pendengar Radio
Definisi Pendengar
Pendengar merupakan komponen paling penting dalam konteks komunikasi siaran. Menurut arti katanya, pendengar adalah orang yg mendengarkan (pidato, musik, dsb). Pendengar radio yakni masyarakat yang memang memiliki konsistensi untuk mendengarkan atau mengkonsumsi radio untuk memenuhi kebutuhan informasinya.

METODE PENELITIAN

Jenis Penelitian

Penelitian adalah “usaha untuk menemukan, mengembangkan dan menguji kebenaran sutau pengetahuan, usaha mana dilakukan dengan mengunakan metode ilimiah (Hadi 1993:4). Sedangkan “ methodology “ berasal dari  kata metode yang berartti “jalan ke“. Metodologi penelitian dapat diartikan sebagai suatu cara atau jalan yang harus digunakan untuk tujuan menemukan, mengembangkan  dan  menguji  kebenaran  suatu   pengetahuan.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.

Lokasi Penelitian

Penelitian akan dilaksanakan pada Radio KDS 8 FM yang berlokasi di Jl. Raya Langsep Barat kav. 30
Malang. Alasan pemeilihan lokasi adalah karena Radio KDS 8 FM merupakan radio yang sudah cukup
lama berdiri di Kota Malang dan hingga saat ini masih tetap bertahan dan banyak digemari oleh berbagai
lapisan masyarakat.

Sumber Data Penelitian

1.  Data Primer
Yaitu data yang diperoleh langsung dari sumbernya, yaitu dari subyek yang dimintai data atau keterangan dilokasi penelitian, dalam hal ini adalah para manajemen dan staff Radio KDS 8 FM dan para pendengar Radio KDS 8 FM yang terpilih sebagai sampel.
      2. Data Sekunder
Yaitu data yang tidak diperoleh secara langsung dari sumbernya melainkan data yang telah diolah atau sudah baku yang dapat memberikan masukan-masukan sekitar masalah yang disoroti pada penelitian. Data sekunder dalam penelitian ini bersumber pada buku-buku, dokumen-dokumen resmi tempat penelitian. 

Teknik Pengumpulan Data

1.    Wawancara (interview).
Wawancara jenis ini tidak dilaksanakan dengan struktur yang ketat, tetapi dengan pertanyaan yang disesuaikan pada permasalahan sehingga informasi yang dikumpulkan cukup mendalam.
2.    Observasi
Observasi atau yang disebut pula pengamatan, meliputi kegiatan pemusatan perhatian terhadap suatu obyek dengan menggunakan seluruh alat indra.
3.    Dokumentasi
Yaitu pengumpulan data dengan menelaah dokumen-dokumen dan catatan tertulis baik yang ditemukan di lapangan ataupun pada kepustakaan yang ada hubungannya dengan penelitian ini.

Validitas Data

Validitas data adalah suatu ukuran yang menunjukkan tingkat-tingkat validitan atau kesahihan suatu instrument. Sebuah instrumen dikatakan valid apabila mengukur apa yang diinginkan  data menengkap data dan variable yang di teliti secara tepat (Arikunto, 2002:144).

Teknik Analisis Data

Analisis data adalah proses mengatur urutan data, mengorganisasikannya ke dalam suatu pola, kategori
dan satuan uraian dasar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif
yaitu suatu analisis yang memaparkan data yang ada berdasarkan kenyataan di lapangan yang disajikan
dalam bentuk kualitatif dengan memberikan gambaran yang jelas tentang hasil penelitian guna
memberikan kesimpulan yang tepat atas permasalahan yang dikemukakan (Moleong, 2005:103).

HASIL  PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Penyajian Data

Sejarah Singkat Radio KDS 8 FM
KDS 8 (Karis Madian Suara) berdiri pada awal Tahun 1971. KDS 8 terletak di Jl Raya Langsep Barat KAV. 30 Malang. Radio ini terutama membidik segmen pendengar dewasa berusia 25 tahun ke atas. Pada awalnya berdirinya musik yang disajikan Radio KDS 8 terutama bernuansa kenangan, yaitu putaran musik jaman tahun 70an ke bawah. 
Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, Radio KDS 8 yang awalnya mengudara pada frekuensi AM pindah ke frekuensi FM dan berganti nama menjadi “Radio KDS 8 FM” yang menempati frekuensi 97.8 Mhz.

Lokasi Perusahaan dan Bidang Usaha
Kegiatan penelitian ini dilaksanakan di PT Radio KDS 8 FM berlokasi di Jl. Raya Langsep Barat KAV. 30 Malang. Radio Radio KDS 8 FM Malang merupakan perusahaan milik swasta yang bergerak dalam bidang usaha jasa penyiaran radio.

Visi, Misi, dan Tujuan Perusahaan
1.   Visi Perusahaan
Visi perusahaan adalah “Sebagai radio segala generasi terdepan di Kota Malang yang selalu dinamis, kreatif, dan inovatif dalam memberikan informasi dan hiburan yang dapat meningkatkan kualitas generasi muda kota Malang agar bisa bersaing mengikuti perkembangan jaman”.
2.   Misi Perusahaan
Misi Radio Radio KDS 8 adalah memberi konsekuensi untuk terus berupaya agar senantiasa menjadi stasiun radio yang terdepan dan menjadi nomor satu dalam hal pengadaan dan penyajian lagu.
3.   Tujuan Perusahaan
PT. Radio KDS 8 adalah perusahan yang bergerak di bidang jasa dan mempunyai orientasi keuntungan (profit oriented). Tujuan umum yang hendak dicapai ialah memaksimalkan keuntungan dengan kualitas siaran yang memuaskan.

Struktur Organisasi
PT. Radio KDS 8 Malang memiliki organisasi dengan bentuk fungsional.

Analisis Data dan Pembahasan

Strategi Komunikasi Pemasaran Radio KDS 8 FM dalam Mempertahankan Pendengar
Strategi dilakukan agar proses komunikasi dapat berjalan lebih lancar. Kegiatan komunikasi pemasaran
memang selalu dibutuhkan oleh setiap perusahaan untuk membuat produk yang dijual ke masyarakat
laku di pasaran.

Hambatan-hambatan Radio KDS 8 FM dalam Mempertahankan Pendengar
Beberapa kendala dialami oleh Radio KDS 8 FM adalah :
1.   Sumber daya Manusia
Sumber daya manusia merupakan salah satu produksi penting dalam perusahaan. Kapasitas SDM dalam suatu organisasi sangat menentukan pencapaian tujuan yang ditetapkan.
2.   Kurangnya anggaran untuk promosi
Promosi merupakan salah satu variabel di dalam marketing mix yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam pemasaran produk atau jasanya
3.   Komposisi musik yang dimiliki radio ini yaitu 90% musik Indonesia dan 10% musik Barat dapat membuat pendengar radio yang menyukai musik Manca negara berpaling pada radio lain.
4.   Produk–produk yang ditawarkan Radio KDS 8 FM relatif kurang variatif dibanding pesaing-pesaing yang lain yang menawarkan program-program yang lebih bervariasi dan menarik pendengar.
5.   Segmentasi pasar yang terlalu luas bila dilihat dari sisi demografis yaitu range umur mulai dari 20 - 25 tahun.

KESIMPULAN DAN SARAN
1.   Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut :
1.   Strategi komunikasi pemasaran Radio KDS 8 FM dalam mempertahankan pendengar adalah (1) strategi fungsional produksi atau operasi berupa re-arrange (penyusunan ulang) program dengan mengadakan kuiz dan pemberian hadiah bagi pemenang kuiz, dimana kuiz yang dibuat terkait dengan produk-produk sponsor, (2)            Strategi fungsional pemasaran yaitu promosi produk-produk sponsor. Bentuk strategi ini merupakan hasil kerjasama dengan sponsor, dimana pihak Radio KDS 8 FM mempromosikan produk-produk sponsor dan pihak sponsor memberikan insentif untuk pengadaan hadiah kuis.
2.   Kendala-kendala Radio KDS 8 FM dalam mempertahankan pendengar adalah (1) Sumber daya Manusia, yakni jumlah karyawan yang kurang memadai untuk dapat melaksanakan operasional perusahaan dan pengembangan karyawan belum terprogram secara baik, (2) Kurangnya anggaran untuk promosi, yang menyebabkan komunikasi dengan masyarakat kurang lancar, (3) Komposisi musik yang dimiliki 90% didominasi oleh musik Indonesia, dapat membuat bosan pendengar terutama kalangan mahasiswa dan pelajar, (4) Segmentasi pasar yang terlalu luas bila dilihat dari sisi demografis yaitu range umur mulai dari 20 - 25 tahun.
2.   Saran
Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, maka diberikan beberapa saran berikut :
1.   SDM merupakan potensi yang penting dalam organisasi, maka perusahaan sebaiknya memperhatikan dan merencanakan pengembangan SDM melalui kegiatan pelatihan dalam bidang yang terkait.
2.   Komposisi musik agar dibuat seimbang, mengingat Malang saat ini merupakan kota pelajar, yang berarti segmen pelajar dan mahasiswa merupakan segmen yang potensial dan harus dibidik.
3.   Perusahaan sebaiknya membuat produk-produk yang lebih variatif, agar tidak kalah dalam persaingan dengan perusahaan sejenis.
4.   Segmentasi pasar lebih dipersempit, sehingga komunikasi dapat lebih terarah.

DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Batmomolin, Lukas. 2003. Budaya Media : Bagaimana Pesona Media Elektronik Memperdaya Anda, Flores : Nusa Indah.
Carvens, W. David.  1998.  Pemasaran Strategis. Edisi Empat. Erlangga. Jakarta.
Devito, Joseph A. 2003. Human Communication,: The Basic Course, Boston: earson Education, inc.
Effendy, Onong Uchjana. 1991. Radio Siaran-Teori dan Praktek. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
Effendy.   1999.  Marketing Management.  Genius.  Malang.
Effendy, Onong Uchjana. 2004. Dinamika Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
Glueck, W.F. dan Jauch, L.R.  1993.  Manajemen Strategi dan Kebijaksanaan Perusahaan. Edisi III. Alih Bahasa Murad Henri S. dan Herman W. penerbit Erlangga. Jakarta.
Hadi, Sutrisno.,  2000.  Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Jakarta: Prehallindo.
Masduki.  2004. Menjadi Broadcaster Profesional. Yogyakarta: Jendela.
Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Payne, Adrian. 2001. The Essence of Service Marketing Pemasaran Jasa. Edisi Pertama, Cetakan kedua, Penerbit Andi Yogyakarta.
Pearce and Robinson.  1997.  Manajemen Strategik. Binarupa Aksara. Jakarta.
Rakhmat, Jalaluddin. 2001. Psikologi Komunikasi. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Rakhmat, Jalaludin. 2004. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : Rosdakarya.
Rangkuti, Freddy.  2000.  Analisis SWOT. Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Reksohadiprojo, Sukanto. 1990.  Manajemen Strategi.  BPFE.  Yogyakarta.
Ruslan, Sunarya.  2009.  Mengenal Cara Kerja Radio Siaran dan Perangkat Radio. Pelatihan Penyiaran Radio. Jakarta :UIN Syarif Hidayatullah. 
Singarimbun, Masri. 1995. Metode Penelitian Survey. Jakarta, LP3ES.

Sunyoto, W. Daniels Handoyo. 1998. Seluk Beluk Programa Radio. Bandung: Mandar Maju.

Swastha dan Irawan.  2000.  Manajemen Pemasaran Modern.  Yogyakarta : Liberty. 


Tjiptono, Fandi.  2001.  Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga. Yogyakarta : Andi Offset.
Varidia, Wira. 2007. Relatationship Marketing dalam Membentuk Loyalitas Pendengar. Online dalam http://rac.ui.ac.id/  
Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sumber Web :
http://meiliemma.wordpress.com/2006/10/17/definisi-komunikasi/
http://majidbsz.wordpress.com/2008/06/30/pengertian-konsep-definisi-pemasaran/





1 komentar:

  1. Alhamdullilah Radio KDS 8 bisa didengar dimana saja berada yang di produksi sumber musik dari Kota Malang dan mohon minta waktu acara untuk selingan
    musik bagi yang sedang beristirahahn habis bertugas se hari hari untuk pelepas
    lelah dari Kota Malang , yang sering kami dengar ketika sedang Launcing ke Kota
    Malang sambil beristirahat di sana .Terima kasih

    BalasHapus