Resume
Seminar Hasil Penelitian
Judul
: STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO KDS 8 FM MALANG DALAM MEMPERTAHANKAN PENDENGAR.
Nama
: Tomazia Correia Doa Santos
KONSENTRASI
BROADCASTING, PROGRAM ISTUDI ILMU
KOMUNIKASI, FAKULTAS ILMU SOSIAL
DAN ILMU POLITIK, 2012
Dosen
Pembimbing Utama : Herru Prasetyo
Widodo, SAP., M.Si
Dosen
Pembimbing Pendamping : Aulia Vera Rozida, S.Sos.
Judul ABSTRAK
Radio KDS 8
FM Malang adalah salah radio yang sudah lama berdiri dan memiliki
pendengar
yang cukup banyak dan jangkauan umur yang cukup luas di Kota Malang.
Saat ini
semakin banyak berdiri stasiun radio di Kota Malang, yang juga menyajikan
berbagai
program menarik yang merupakan unggulan masing-masing stasiun. Masing-
masing
stasiun radio memiliki pola penyiaran yang berbeda-beda, yang memiliki ciri
khas
tersendiri dengan tujuan agar dapat menjadi pilihan pendengar. Semakin
banyaknya
stasiun radio
yang bermunculan menjadikan intensitas persaingan semakin meningkat.
Bertambahnya
stasiun radio semakin memperkecil pangsa pasar yang bisa dikuasai oleh
masing-masing
perusahaan. Menghadapi situasi seperti ini setiap perusahaan perlu
menerapkan
strategi komunikasi yang tetap untuk dapat mempertahankan pendengarnya.
Bertolak dari
latar belakang ini mendorong peneliti untuk melakukan suatu penelitian
dengan tujuan
(1) Untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Radio KDS 8 FM
dalam
mempertahankan pendengar, (2) Mengetahui hambatan-hambatan Radio KDS 8
FM dalam
mempertahankan pendengar.
A. PENDAHULUAN
Latar Belakang
Sebagai mahluk sosial dan individual, manusia memiliki
rasa keingintahuan dan berkembang. Salah satu sarana untuk mencapai semua itu
adalah melalui komunikasi. Tanpa komunikasi manusia tidak dapat memuaskan rasa
keingintahuan dan tidak dapat berkembang. Oleh karena itu, komunikasi merupakan
kebutuhan mutlak bagi manusia.
Dengan makin berkembangnya
pengetahuan manusia, maka rasa keingintahuan manusia akan segala sesuatu juga
semakin meningkat, terutama di masa sekarang ini, dimana perkembangan teknologi
dan ilmu pengetahuan begitu pesat, mendorong manusia untuk dapat mengetahui dan
menikmati berbagai bentuk kemajuan. Untuk itu manusia akan mencari berbagai
informasi mengenai hal-hal yang dibutuhkannya dan untuk mendapatkan informasi
tersebut diperlukan sarana komunikasi massa.
Seiring kemajuan yang terjadi di
berbagai bidang, kebutuhan masyarakat akan informasi dan hiburan sudah menjadi
hal yang tidak dapat ditawar lagi. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, media
komunikasi massa baik cetak maupun elektronik telah berkembang pula dengan
pesatnya, sesuai dengan perkembangan zaman. Salah satu media komunikasi
elektronik yang dianggap dekat dengan masyarakat adalah radio. Radio merupakan
suatu media komunikasi yang vital bagi kehidupan sosial, politik, maupun budaya
di negara-negara berkembang. Pada awalnya radio hanyalah sebuah teknologi biasa
dan baru bisa memperoleh fungsi sebagai satu sarana pelayanan ketika ia
berkembang menjadi satu media komunikasi yang ampuh, lengkap dengan struktur
dan sistem organisasinya (Batmomolin, 2003:67).
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas,
maka rumusan masalah yang dikemukakan adalah sebagai berikut :
1. Bagaimanakah
strategi komunikasi pemasaran Radio KDS 8 FM dalam mempertahankan pendengar?
2. Apa hambatan-hambatan
Radio KDS 8 FM dalam mempertahankan pendengar?
Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian yang ingin
dicapai dalam penelitian ini adalah :
1. Untuk
mengetahui strategi komunikasi pemasaran Radio KDS 8 FM dalam mempertahankan
pendengar.
2. Mengetahui hambatan-hambatan Radio KDS 8 FM dalam mempertahankan
pendengar.
Manfaat Penelitian
1. Bagi peneliti
a. Dapat lebih
mengenal realita ilmu yang telah diterima diperkuliahan dengan kenyataan yang
ada di lapangan.
b. Menambah
wawasan, pengetahuan dan pengalaman selaku generasi yang dididik untuk terjun
langsung di masyarakat khususnya di lingkungan kerjanya.
2. Bagi Dunia
pendidikan
a. Menambah
koleksi dan khasanah pengetahuan terutama dibidang komunikasi.
b. Sebagai salah
satu bahan rujukan dalam penelitian sejenis di masa yang akan datang.
3. Bagi Perusahaan
yang bersangkutan
a. Temuan hasil
penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu bahan pertimbangan oleh
perusahaan yang bersangkutan dalam menyusun program kerja guna menghadapi
persaingan dengan perusahaan atau industri sejenis.
b. Temuan hasil
penelitian ini dapat dijadikan salah satu bahan pertimbangan oleh perusahaan
yang bersangkutan dalam menentukan kebijakan dalam upaya mempertahankan
pendengar
4. Fungsi - fungsi Komunikasi
Menurut Rakhmat (2001:188), bahwa
fungsi komunikasi adalah :
1. Menginformasikan
(to inform)
2. Mendidik (to
educated)
3. Menghibur (to
entertain)
4. Mempengaruhi (to
influence)
B. TINJAUAN PUSTAKA
Komunikasi
Pengertian Komunikasi
Istilah komunikasi berasal dari perkataan
bahasa Inggris ”communication” yang berasal dari istilah bahasa latin ”communis”
yang dalam bahasa Indonesia berarti ”sama” dan menurut Barry dalam Effendy
(2004:1), ”communicare” yang berarti bercakap-cakap. Jika kita berkomunikasi, berarti kita mengadakan kesamaan
dalam hal ini kesamaan makna/pengertian. Informasi
yang disampaikan seseorangkepada orang lain harus sama-sama dan dimengerti.
Kalau tidak dimengerti, komunikasi tidak akan terjadi. Percakapan berlangsung
apabila hal yang dipercakapkan dan bahasa yang dipergunakan dalam percakapan
itu sama-sama dimengerti. Kalau tidak, percakapan tidak akan terjadi.
Tujuan Komunikasi
Setiap komunikasi yang dilakukan
mempunyai suatu tujuan. Tujuan komunikasi menurut Effendy (2004:16) adalah :
1. Perubahan Sikap (Atitude
Change)
2. Perubahan Pendapat (Opinion
Change)
3. Perubahan Perilaku (Behavior
Change)
4. Perubahan
Sosial (Sosial Change)
Komunikasi Massa
Pengertian Komunikasi Massa
Banyak defenisi tentang komunikasi massa yang
telah dikemukakan para ahli komunikasi.
Banyak ragam dan titik tekan yang
dikemukakannya. Tetapi, dari sekian banyak defenisi itu ada
benang merah kesamaan defenisi satu sama
lain.
Radio
Pengertian Radio
Unsur penting dalam komunikasi massa adalah media massa,
yang terdiri dari media cetak (surat
kabar, tabloid, majalah) dan media elektronik (televisi,
radio) dan media online (internet).
Strategi
Komunikasi Pemasaran
Pengertian
Strategi
Suatu strategi adalah cara-cara yang digunakan untuk
mencapai tujuan. Strategi juga merupakan
suatu perencanaan menyeluruh, komprehensip dan integral.
Strategi
Komunikasi Pemasaran
Komunikasi
pemasaran merupakan salah satu bagian dari perencanaan komunikasi dalam
strategi
komunikasi.
Pendengar
Radio
Definisi
Pendengar
Pendengar merupakan komponen paling
penting dalam konteks komunikasi siaran. Menurut arti katanya, pendengar adalah
orang yg mendengarkan (pidato, musik, dsb). Pendengar radio yakni masyarakat
yang memang memiliki konsistensi untuk mendengarkan atau mengkonsumsi radio
untuk memenuhi kebutuhan informasinya.
METODE PENELITIAN
Jenis Penelitian
Penelitian adalah “usaha untuk menemukan, mengembangkan dan menguji
kebenaran sutau pengetahuan, usaha mana dilakukan dengan mengunakan metode
ilimiah (Hadi 1993:4). Sedangkan “ methodology “ berasal dari kata metode yang berartti “jalan ke“.
Metodologi penelitian dapat diartikan sebagai suatu cara atau jalan yang harus
digunakan untuk tujuan menemukan, mengembangkan
dan menguji kebenaran
suatu pengetahuan.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian
deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Lokasi Penelitian
Penelitian akan dilaksanakan pada Radio KDS 8 FM yang
berlokasi di Jl. Raya Langsep Barat kav. 30
Malang. Alasan pemeilihan lokasi adalah karena Radio KDS
8 FM merupakan radio yang sudah cukup
lama berdiri di Kota Malang dan hingga saat ini masih
tetap bertahan dan banyak digemari oleh berbagai
lapisan masyarakat.
Sumber Data Penelitian
1. Data Primer
Yaitu data
yang diperoleh langsung dari sumbernya, yaitu dari subyek yang dimintai data
atau keterangan dilokasi penelitian, dalam hal ini adalah para manajemen dan
staff Radio KDS 8 FM dan para pendengar Radio KDS 8 FM yang terpilih sebagai
sampel.
2. Data
Sekunder
Yaitu data
yang tidak diperoleh secara langsung dari sumbernya melainkan data yang telah
diolah atau sudah baku yang dapat memberikan masukan-masukan sekitar masalah
yang disoroti pada penelitian. Data sekunder dalam
penelitian ini bersumber pada buku-buku, dokumen-dokumen resmi tempat
penelitian.
Teknik Pengumpulan Data
1. Wawancara (interview).
Wawancara jenis ini tidak dilaksanakan dengan struktur yang ketat, tetapi
dengan pertanyaan yang disesuaikan pada permasalahan sehingga informasi yang
dikumpulkan cukup mendalam.
2. Observasi
Observasi atau yang disebut pula pengamatan, meliputi kegiatan pemusatan
perhatian terhadap suatu obyek dengan menggunakan seluruh alat indra.
3. Dokumentasi
Yaitu pengumpulan data dengan menelaah dokumen-dokumen dan catatan tertulis
baik yang ditemukan di lapangan ataupun pada kepustakaan yang ada hubungannya
dengan penelitian ini.
Validitas Data
Validitas data
adalah suatu ukuran yang menunjukkan tingkat-tingkat validitan atau kesahihan
suatu instrument. Sebuah instrumen dikatakan valid apabila mengukur apa yang
diinginkan data menengkap data dan
variable yang di teliti secara tepat (Arikunto, 2002:144).
Teknik Analisis Data
Analisis data adalah proses mengatur urutan data,
mengorganisasikannya ke dalam suatu pola, kategori
dan satuan uraian dasar. Analisis data dalam penelitian
ini menggunakan metode deskriptif kualitatif
yaitu suatu analisis yang memaparkan data yang ada
berdasarkan kenyataan di lapangan yang disajikan
dalam bentuk kualitatif dengan memberikan gambaran yang
jelas tentang hasil penelitian guna
memberikan kesimpulan yang tepat atas permasalahan yang
dikemukakan (Moleong, 2005:103).
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Penyajian
Data
Sejarah Singkat Radio KDS 8 FM
KDS 8 (Karis Madian Suara) berdiri
pada awal Tahun 1971. KDS 8 terletak di Jl Raya Langsep Barat KAV. 30 Malang. Radio ini terutama membidik segmen
pendengar dewasa berusia 25 tahun ke atas. Pada awalnya berdirinya musik yang
disajikan Radio KDS 8 terutama bernuansa kenangan, yaitu putaran musik jaman
tahun 70an ke bawah.
Seiring berkembangnya zaman dan
teknologi, Radio KDS 8 yang awalnya mengudara pada frekuensi AM pindah ke
frekuensi FM dan berganti nama menjadi “Radio KDS 8 FM” yang menempati
frekuensi 97.8 Mhz.
Lokasi Perusahaan dan Bidang
Usaha
Kegiatan penelitian ini
dilaksanakan di PT Radio KDS 8 FM berlokasi di Jl. Raya Langsep Barat
KAV. 30 Malang. Radio Radio KDS 8 FM Malang merupakan perusahaan milik swasta yang
bergerak dalam bidang usaha jasa penyiaran radio.
Visi, Misi, dan Tujuan Perusahaan
1. Visi
Perusahaan
Visi perusahaan adalah “Sebagai radio segala generasi terdepan di Kota
Malang yang selalu dinamis, kreatif, dan inovatif dalam memberikan informasi
dan hiburan yang dapat meningkatkan kualitas generasi muda kota Malang agar
bisa bersaing mengikuti perkembangan jaman”.
2. Misi
Perusahaan
Misi Radio Radio KDS 8 adalah memberi konsekuensi untuk terus berupaya agar senantiasa
menjadi stasiun radio yang terdepan dan menjadi nomor satu dalam hal pengadaan
dan penyajian lagu.
3. Tujuan
Perusahaan
PT. Radio KDS 8 adalah perusahan yang bergerak di bidang jasa dan mempunyai orientasi
keuntungan (profit oriented). Tujuan umum yang hendak dicapai ialah
memaksimalkan keuntungan dengan kualitas siaran yang memuaskan.
Struktur Organisasi
PT. Radio KDS 8 Malang memiliki organisasi dengan bentuk fungsional.
Analisis Data dan Pembahasan
Strategi Komunikasi Pemasaran
Radio KDS 8 FM dalam Mempertahankan Pendengar
Strategi dilakukan agar proses
komunikasi dapat berjalan lebih lancar. Kegiatan komunikasi pemasaran
memang selalu dibutuhkan oleh
setiap perusahaan untuk membuat produk yang dijual ke masyarakat
laku di pasaran.
Hambatan-hambatan Radio KDS 8 FM dalam
Mempertahankan Pendengar
Beberapa kendala dialami oleh
Radio KDS 8 FM adalah :
1. Sumber
daya Manusia
Sumber daya manusia merupakan salah satu
produksi penting dalam perusahaan. Kapasitas SDM dalam suatu organisasi sangat
menentukan pencapaian tujuan yang ditetapkan.
2. Kurangnya
anggaran untuk promosi
Promosi merupakan salah satu variabel di dalam marketing mix yang
sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam pemasaran produk atau jasanya
3. Komposisi
musik yang dimiliki radio ini yaitu 90% musik Indonesia dan 10% musik Barat
dapat membuat pendengar radio yang menyukai musik Manca negara berpaling pada
radio lain.
4. Produk–produk
yang ditawarkan Radio KDS 8 FM relatif kurang variatif dibanding
pesaing-pesaing yang lain yang menawarkan program-program yang lebih bervariasi
dan menarik pendengar.
5. Segmentasi
pasar yang terlalu luas bila dilihat dari sisi demografis yaitu range umur
mulai dari 20 - 25 tahun.
KESIMPULAN DAN SARAN
1. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian
diperoleh kesimpulan sebagai berikut :
1. Strategi
komunikasi pemasaran Radio KDS 8 FM dalam mempertahankan pendengar adalah (1) strategi fungsional
produksi atau operasi berupa re-arrange (penyusunan
ulang) program
dengan mengadakan kuiz dan pemberian hadiah bagi pemenang kuiz, dimana kuiz
yang dibuat terkait dengan produk-produk sponsor, (2) Strategi fungsional pemasaran yaitu promosi produk-produk
sponsor. Bentuk strategi ini merupakan
hasil kerjasama dengan sponsor, dimana pihak Radio KDS 8 FM mempromosikan
produk-produk sponsor dan pihak sponsor memberikan insentif untuk pengadaan
hadiah kuis.
2. Kendala-kendala Radio KDS 8 FM dalam
mempertahankan pendengar adalah (1) Sumber daya Manusia, yakni jumlah karyawan yang kurang memadai untuk
dapat melaksanakan operasional perusahaan dan pengembangan karyawan belum
terprogram secara baik, (2) Kurangnya anggaran untuk promosi, yang menyebabkan komunikasi dengan masyarakat kurang lancar, (3) Komposisi musik yang dimiliki 90% didominasi
oleh musik Indonesia, dapat membuat bosan pendengar terutama kalangan mahasiswa
dan pelajar, (4) Segmentasi pasar yang terlalu luas bila dilihat dari sisi
demografis yaitu range umur mulai dari 20 - 25 tahun.
2. Saran
Berdasarkan hasil
penelitian tersebut di atas, maka diberikan beberapa saran berikut :
1. SDM merupakan potensi
yang penting dalam organisasi, maka perusahaan sebaiknya memperhatikan dan
merencanakan pengembangan SDM melalui kegiatan pelatihan dalam bidang yang
terkait.
2. Komposisi musik
agar dibuat seimbang, mengingat Malang saat ini merupakan kota pelajar, yang
berarti segmen pelajar dan mahasiswa merupakan segmen yang potensial dan harus
dibidik.
3. Perusahaan
sebaiknya membuat produk-produk yang lebih variatif, agar tidak kalah dalam
persaingan dengan perusahaan sejenis.
4. Segmentasi
pasar lebih dipersempit, sehingga komunikasi dapat lebih terarah.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto,
S. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT
Rineka Cipta.
Batmomolin,
Lukas. 2003. Budaya Media : Bagaimana Pesona Media Elektronik Memperdaya
Anda, Flores : Nusa Indah.
Carvens,
W. David. 1998. Pemasaran Strategis. Edisi
Empat. Erlangga. Jakarta.
Devito,
Joseph A. 2003. Human Communication,: The Basic Course, Boston: earson Education,
inc.
Effendy,
Onong Uchjana. 1991. Radio Siaran-Teori dan Praktek. PT Remaja
Rosdakarya. Bandung.
Effendy. 1999.
Marketing Management.
Genius. Malang.
Effendy,
Onong Uchjana. 2004. Dinamika Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
Glueck,
W.F. dan Jauch, L.R. 1993. Manajemen
Strategi dan Kebijaksanaan Perusahaan. Edisi III. Alih Bahasa Murad Henri
S. dan Herman W. penerbit Erlangga. Jakarta.
Hadi,
Sutrisno., 2000. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset
Kotler,
Philip. 2002. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan
Kontrol. Jakarta: Prehallindo.
Masduki. 2004. Menjadi Broadcaster Profesional.
Yogyakarta: Jendela.
Moleong,
Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja
Rosdakarya.
Payne,
Adrian. 2001. The Essence of Service
Marketing Pemasaran Jasa. Edisi Pertama, Cetakan kedua, Penerbit Andi
Yogyakarta.
Pearce
and Robinson. 1997. Manajemen
Strategik. Binarupa Aksara. Jakarta.
Rakhmat, Jalaluddin. 2001. Psikologi Komunikasi.
Bandung : Remaja Rosda Karya.
Rakhmat, Jalaludin. 2004. Metode Penelitian Komunikasi.
Bandung
: Rosdakarya.
Rangkuti,
Freddy. 2000. Analisis SWOT. Teknik Membedah Kasus
Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Reksohadiprojo,
Sukanto. 1990. Manajemen Strategi. BPFE. Yogyakarta.
Ruslan, Sunarya.
2009. Mengenal Cara Kerja
Radio Siaran dan Perangkat Radio. Pelatihan Penyiaran Radio. Jakarta :UIN
Syarif Hidayatullah.
Singarimbun, Masri. 1995. Metode
Penelitian Survey. Jakarta, LP3ES.
Sunyoto, W. Daniels Handoyo. 1998. Seluk Beluk
Programa Radio. Bandung: Mandar Maju.
Swastha dan Irawan. 2000. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty.
Tjiptono,
Fandi. 2001. Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga.
Yogyakarta : Andi Offset.
Varidia, Wira. 2007. Relatationship
Marketing dalam Membentuk Loyalitas Pendengar. Online dalam
http://rac.ui.ac.id/
Wiryanto. 2004. Pengantar
Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sumber Web :
http://meiliemma.wordpress.com/2006/10/17/definisi-komunikasi/
http://majidbsz.wordpress.com/2008/06/30/pengertian-konsep-definisi-pemasaran/
Alhamdullilah Radio KDS 8 bisa didengar dimana saja berada yang di produksi sumber musik dari Kota Malang dan mohon minta waktu acara untuk selingan
BalasHapusmusik bagi yang sedang beristirahahn habis bertugas se hari hari untuk pelepas
lelah dari Kota Malang , yang sering kami dengar ketika sedang Launcing ke Kota
Malang sambil beristirahat di sana .Terima kasih