Minggu, 03 Juli 2011

Leadership 2


UNIVERSITAS
TRIBHUWANA TUNGGADEWI
MALANG
LEADERSHIP
Rumus = L = ( l, f, s)
Leadership
Leader
Follower
Situation

Kepemimpinan adalah upaya mempengaruhi banyak orang melalui komunikasi untuk mencapai tujuan (Andrew J. Du Brin, Leadership, Prenada Media group, 2009, h 4)

SUKSESNYA  LEADERSHIP
Keberhasilan seorang Leader dipengaruhi oleh:
Kualitas dan Kemampuannya untuk berperan dg baik sebagai follower dan sebaliknya
Revolusi nilai-2 pengetahuan (knowledge value revolution)

ORGANISASI

LEADER -FOLLOWER
Organisasi
Leader – Leadership
Follower - Followership
Munculnya Followership disebabkan adanya Leadership
Follower para individu yg berada di dlm dan menjadi bagian organisasi, tdk hanya bekerja ttp memiliki kepentingan yg lebih luas thd organisasi, sbgmana leader.
Jd seorang leader bkn berarti hrs memanfaatkan scr maksimal follower

KEWAJIBAN LEADER / MANAJER
To do things right (mengerjakan dan berbuat sesuatu secara benar)
Dengan perencanaan yg baik dan kontrol yg cukup
Sesuai dg pedoman dan ketentuan
Tercapainya tujuan organisasi

UNTUK ITU PERLU MAGANG / PELATIHAN / KOMPETENSI / SOFT SKILL

PEMIMPIN JUGA MANUSIA
Menurut ilmu pengetahuan:

Asal usul manusia secara fisik tidak bisa dipisahkan dari teori tentang evolusi.

Teori ini dikemukakan pertama kali oleh Charles Darwin pada abad ke-19.
SYARAT-SYARAT PEMIMPIN
1. Memiliki visi.
2. Berkemampuan kerja keras.
3. Tekun dan tabah
4. Memiliki disiplin.
5. Memiliki sikap kepelayanan :

Care (Kepedulian)
Courtesy (Sopan, Berbudi)
Concern (Perhatian yang besar)
Friendliness (Sikap bersahabat)
Helpfulness (Sedia membantu)

SIFAT-SIFAT PEMIMPIN
Ber-imtaq                   Sabar                          Jujur
Bertanggung-jawab    Disiplin                       Berani
Terampil                                 Cerdas                        Tegas
Terbuka                                  Toleran                       Adil
Obyektif                                 Sederhana                  Sehat
Memiliki rasa humor
Ing ngarso sung tulodo, ing madya asung karso, tut wuri handayani.

APA SPT INI PEMIMPIN MASA DEPAN ?
PENDIDIKAN KEPEMIMPIN
Pendidikan Pemimpin mempunyai tiga unsur penting yaitu :
Sebagai suatu tata kehidupan (order),
Sebagai suatu proses,
Mempunyai suatu visi tertentu (goals),

KARAKTER MANUSIA
Teori X-Y (Douglas McGregor)
Teori Z ………

Teori Z: Semua karyawan dapat berperan serta dalam pengambilan keputusan.
Expectancy theory: Kinerja dipengaruhi oleh hasil yang diharapkan atas usaha tersebut.
Teori Ekuitas: Kompensasi harus sesuai dengan proporsi kontribusi setiap karyawan.

PERTANYAAN
Mana yang baik ?
Mana yang ideal ?
Mana yang anda pilih ?
Pemimpin Abnormal / Patologi Kepemimpinan ?
Pemimpin / Manajemen Konflik / Manajemen Stress ?
Psikologi Kepemimpinan ?

MAHASISWA / MASYARAKAT ILMIAH
MASYARAKAT ILMIAH
Sifat diri setiap orang memiliki:
@ id= naluri untuk mencari  kepuasan bagi dirinya sendiri;
@ superego= bagi diri jiwa manusia yang mengandung unsur ideal dan    pikiran yang baik;
@ ego= tindakan atau perilaku manusia yang berhasil didamaikan setelah terjadi konflik id dengan super-ego

PILIHAN & PERMASALAHAN
Betapa nikmat dan bahagianya hidup persaudaraan, hormat-meng hormati, tolong menolong yang tinggi yang membawa pada kedamaian umat yang diridhoi Tuhan. Amin.
Pengertian Motivasi

French and Raven :
Motivasi adalah sesuatu yang mendorong seseorang untuk menunjukkan perilaku tertentu. Motivation is the set of forces that cause people to behave in certain ways.

ERG THEORY
(Clayton Alderfer)
E (Existence)
R (Relatedness)
G (Growth)

Mekanisme Kebutuhan :
Frustration – Regression
Satisfaction - Progression

Trichotomy of Needs
(David McClelland)
Achievement Motive  (nAch):
            Motif untuk berprestasi
Affiliation Motive (nAff):
            Motif untuk bersahabat.
Power Motive (nPow) :
            Motif untuk berkuasa

TEAM OR DEMOCRATIC MANAGEMENT OR LEADERSHIP
TEAM OR DEMOCRATIC
LEADERSHIP
Hasil penelitian Universitas IOWA, gaya kepemimpinan ada 3 macam:
Otoriter;
Demokratik dan;
Liberal;
Dengan mengedepankan Benevolent and Consultative Situational Leadership

Ronald Lippitt  dan Ralph K. White
Authoritarian (otoriter), Autocratic (otokratis), dictatorial (diktator);
Demokratic (demokratis);
Laissez-faire (kebebasan), free-rein (bebas kendali), libertarian (kebebasan);

DEMOKRATIS   berarti
Bagaimana cara membangun resonansi :
            Menghargai masukan orang dan mendapatkan komitmen melalui partisipasi
Dampak terhadap iklim emosi
            Positif
Kapan penggunaan yang tepat :
            Ketika membangun persetujuan atau kesepakatan, atau mendapat masukan yang berharga dari pegawai
           
Ciri – Ciri Pemimpin Demokratis
Kerja kelompok dan demokrasi
Pengelolaan konflik dan pengaruh
Komunikator terbaik adalah pendengar
            terbaik
Kata kunci adalah “mendengar”

Kelemahan…
Rapat yang melelahkan karena semua ide harus dibahas
Kesepakatan tetap samar
Seorang pemimpin yang selalu menunda keputusan yang penting
Tidak ada arah
Meningkatnya konflik
Dan hasil rapat adalah jadwal berikutnya

PERTANYAAN
Mana yang baik ?
Mana yang ideal ?
Mana yang efektif ?
Mana yang efisien ?
Mana yang bijak sana ?

ETIKA JAWA
KI HADJAR DEWANTORO             

KEJUJURAN DAN THE WAY OF LIFE (QQ,99)
Matahati punya kemampuan 70 kali lebih besar untuk melihat kebenaran dari pada dua indera penglihatan (Jalaludin Rumi);
Masyarakat madani


KEJUJURAN DAN THE WAY OF LIFE (QQ)
Kemutlakan peran IQ yang dulu begitu diagungkan kini bergeser posisinya pada ESQ (Contoh KKN)

Oposisi Biner Kepemimpinan
Sebuah kecenderungan klasik, sepanjang sejarah manusia, bahwa konflik-konflik intelektual yang besar, berlangsung menurut oposisi biner
(dua posisi yang berseberangan) sebut saja IQ, EQ vs SQ  dll;

PEMIMPIN YG BURUK
Robert Stenberg, dari Yale ahli bidang
Succesful Intelegences mengatakan:
“BILA IQ YANG BERKUASA, ini karena kita membiarkannya berbuat demikian.
Dan bila kita membiarkannya berkuasa, kita telah memilih PENGUASA TERBURUK”

SALAH SATU KEGAGALAN PEMIMPIN TERLETAK PADA KENYATAAN BAHWA IA MENJEBAK DIRINYA PADA SATU MACAM GAYA KEPEMIMPINAN YANG MONOTON
SITUATIONAL LEADERSHIP
TUGAS PEMIMPIN PADA DASARNYA (MENURUT BLANCHARD)

MEMBANGUN HUBUNGAN/KEAKRABAN
MENGARAHKAN ORANG PADA PELAKSANAAN TUGAS ATAU PERAN
SITUATIONAL LEADERSHIP

REDTAPE-PATOLOGI KEPEMIMPINAN
Pelayanan kepemimpinan yang membutuhkan prosedur waktu yang lama dan berbelit-belit serta biaya yang mahal;
Pelayanan kepemimpinan yang ….. Tdk dpt ing ngarsa sung tulodo…………dst.

Pelayanan kepemimpinan yang tdk mengacu bahwa bekerja itu untuk dirinya sendiri tetapi untuk orang lain (ABS);

HAK ASASI MANUSIA DAN KEPEMIMPINAN
Hak yg melekat pd diri manusia. Yg berasal dr tingkat yg lbh tinggi ketimbang hukum yg dikeluarkan  oleh penguasa duniawi (Syahbudin Latief, 1999);

Ingat 120 hari manusia di dalam kandungan ibunya;

CIVIL SOCIETY LEADERSHIP
(MEMIMPIN MASYARAKAT MADANI)
MASYARAKAT YANG AKTIF SECARA POLITIK (Work and Job Description)
ORANG-ORANG YANG BERADAB YANG MENDASARKAN HUBUNGAN-


HUBUNGANNYA PADA SUATU SISTEM HUKUM, NILAI, NORMA, HUKUM YANG DITOPANG OLEH PENGUASAAN IMAN, ILMU, DAN TEHNOLOGI
BUKAN PADA TATANAN HUKUM OTOKRATIS, KORUP, Apatisme, dst

HEGEMONI LEADERSHIP
PENGARUH KEPEMIMPINAN DOMINASI KEKUASAAN DAN SEBAGAINYA SUATU NEGARA ATAS NEGARA LAIN ATAU SUATU KELOMPOK ATAS KELOMPOK LAIN.

KAPITALISME LEADERSHIP
SISTEM DAN PAHAM EKONOMI (PEREKONOMIAN) YANG MODALNYA (PENANAMAN MODALNYA ATAU KEGIATAN INDUSTRINYA) BERSUMBER PADA MODAL PRIBADI ATAU PERUSAHAAN SWASTA DENGAN CIRI PERSAINGAN DALAM PASARAN BEBAS.

KOSMOPOLITAN LEADERSHIP
MEMPUNYAI WAWASAN DAN PENGETAHUAN YANG LUAS;
TERJADI DARI ORANG-ORANG ATAU UNSUR-UNSUR YANG BERASAL DARI BERBAGAI PENJURU DUNIA.

PRAGMATISME LEADERSHIP
BERSIFAT MENGUTAMAKAN SEGI KEPRAKTISAN DAN KEGUNAAN (KEMANFAATAN);
BERKAITAN DENGAN NILAI-NILAI PRAKTIS.

PRIMORDIALISME LEADERSHIP
PEMIMPIN PEMIKIRAN YANG MENGUTAMAKAN ATAU MENEMPATKAN KEPENTINGAN KELOMPOK / KOMUNITAS TERTENTU SEBAGAI YANG UTAMA.

STEREOTIPE LEADERSHIP
KONSEPSI MENGENAI SIFAT SUATU GOLONGAN BERDASARKAN PRASANGKA YANG BERSIFAT SUBYEKTIF DAN TIDAK TEPAT.

STIGMA LEADERSHIP
MEMIMPIN DENGAN GAYA  NEGATIF KARENA LINGKUNGAN

VANDALISME LEADERSHIP
PERBUATAN MERUSAK DAN MENGHANCURKAN KEPEMIMPINAN, PENGRUSAKAN DAN PENGHANCURAN SECARA KASAR DAN GANAS.

0STRASISME LEADERSHIP
DAPAT DIARTIKAN SEBAGAI PENGUCILAN,
MISALNYA: ADA SEORANG PEGAWAI YANG WALAUPUN DIA DIPERKENANKAN BEKERJA SAMA DALAM KELOMPOK

NAMUN IA SENDIRI TIDAK PERNAH DIAJAK UNTUK BERKOMUNIKASI.

CIVILIZATION LEADERSHIP
MASYARAKAT DENGAN KEPEMIMPINAN YANG MEMBUDAYAKAN PEMENUHAN KEBUTUHAN HIDUP MANUSIA

IDIOSINKRATISME LEADERSHIP
KEPEMIMPINAN DENGAN SIFAT, ATAU KEADAAN YAITU HAL-HAL YANG MENYEBABKAN SESUATU MENJADI BERLAINAN KARENA TIDAK MENGIKUTI ATURAN.

ALLIENASI LEADERSHIP
KEADAAN MERASA TERASING DARI KEPEMIMPINAN  (TERISOLASI) ATAU PENARIKAN DIRI/ PENGASINGAN DIRI DARI KELOMPOK ATAU PEKERJAAN

ANOMI LEADERSHIP
KEPEMIMPINAN YANG DITANDAI OLEH PANDANGAN SINIS (NEGATIF) TERHADAP SISTEM NORMA;
HILANGNYA KEWIBAWAAN PEMIMPIN DAN DISORGANISASI HUBUNGAN ANTAR MANUSIA , ATAU GEJALA KETIDAKSEIMBANGAN
PSIKOLOGIS YANG DAPAT MELAHIRKAN PERILAKU PEMIMPIN MENYIMPANG DALAM BERBAGAI MANIFESTASI,
KEKOSONGAN NORMA DAN NILAI YANG KONSISTEN DALAM MASYARAKAT.

INTIMIDASI LEADERSHIP
TINDAKAN PEMIMPIN UNTUK MENAKUT-NAKUTI ATAU MEMAKSA ORANG / PIHAK LAIN UNTUK BERBUAT SESUATU)

Kepemimpinan Transformasional VS Transaksional (1)
KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL.
Kepemimpinan transformasional merujuk kepada proses pembinaan komitmen kepada tujuan organisasi dan pemberdayaan pengikut untuk mencapai tujuan tersebut.
Kepemimpinan transformasional sebagai proses dimana pemimpin dan pengikut saling mengangkat moral dan motivasi masing-masing ke tingkat yang lebih tinggi.

Kepemimpinan Transformasional VS Transaksional (2)
Pemimpin mengubah dan memotivasi pengikut dengan:
Meningkatkan kesadaran mereka akan pentingnya hasil kerja
Membujuk mereka untuk mengarahkan kepentingan pribadi mereka bagi kepentingan organisasi atau tim, dan
Menggerakkan kebutuhan mereka pada jenjang yang lebih tinggi


Kepemimpinan Transformasional VS Transaksional (3)
KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL
Kepemimpinan transaksional memberikan imbalan sebagai ganti kepatuhan.
Kepemimpinan transaksional menyangkut nilai-nilai, tetapi nilai-nilai yang berkaitan dengan penggantian, seperti kejujuran, keadilan, tanggung jawab, dan imbalan.

Atribut Pemimpin Transformasional (1)
Mereka menganggap diri mereka agen perubahan
Mereka mengambil resiko secara bijaksana
Mereka percaya pada masyarakat dan peka akan kebutuhan mereka
Mereka dapat menyebutkan dengan jelas seperangkat nilai inti yang memandu perilaku mereka

Atribut Pemimpin Transformasional (2)
Mereka luwes dan terbuka untuk belajar dari pengalaman
Mereka memiliki keterampilan kognitif dan yakin akan berpikir tertib serta perlunya menelaah masalah secara cermat
Mereka adalah pengkhayal yang yakin atas kata hati mereka

Sifat Alamiah Kepemimpinan Transformasional yang Efektif (1)

MENGEMBANGKAN VISI
Pemimpin transformasional menyalurkan segenap energi anggota organisasi dalam mencari visi bersama
Semua pemimpin itu mempunyai visi masa depan yang diidamkan dan dapat dicapai bagi organisasi

Sifat Alamiah Kepemimpinan Transformasional yang Efektif (2)

MEMBINA KOMITMEN & KEPERCAYAAN
Mengenali visi yang menarik dan setali saja tidaklah cukup, visi itu  dikomunikasikan dan ditanamkan dalam budaya organisasi
Visi  disampaikan secara persuasif dan inspiratif, bukan dengan perintah atau paksaan

Sifat Alamiah Kepemimpinan Transformasional yang Efektif (3)

MEMPERMUDAH PROSES BELAJAR               DALAM ORGANISASI
Pemimpin efektif melakukan berbagai cara untuk mengembangkan kemampuan mereka dan meningkatkan pegetahuan yang diperoleh dan pengalaman keberhasilan dan kegagalan

Sifat Alamiah Kepemimpinan Transformasional yang Efektif (4)
Mereka sadar akan perlunya mengumpulkan informasi secara terus-menerus mengenai peristiwa yang terus berubah
Mereka melibatkan diri pada kegiatan yang mengharuskan mereka memeriksa asumsi mereka, dan menguji gagasan mereka dengan memperoleh reaksi dari sejawat dan pakar dari luar

Sifat Alamiah Kepemimpinan Transformasional yang Efektif (5)
Mereka menciptakan jejaring informasi dan memprakarsai penelitian khusus untuk mengumpulkan informasi-informasi yang diperlukan bagi perencanaan strategis
Mereka bereksperimen untuk mendorong inovasi dan untuk menguji produk serta prosedur baru
Mereka menganggap kesalahan sebagi bagian normal pelaksanaan kegiatan, dan memanfaatkan kesalahan itu sebagai peluang untuk belajar dan berkembang

Karakteristik Pemimpin
Cross Cultural
Barometer Suara Hati
Barometer Aplikasi

Kinerja Kepemimpinan
Motivasi
  (Motivation)
Kemampuan
   (Ability)
Lingkungan Pekerjaan
   (Work Environment)

ISU PEMIMPIN vs TUKANG PEMIMPIN
TUKANG PEMIMPIN
Untuk dapat berenang ?
Untuk dpt menyetir mobil ?
Untuk dpt memimpin ?
Ketrampilan / KOMPETENSI

PEMIMPIN
Pemimpin membutuhkan lebih dr sekedar ketrampilan ttp nilai-2 yg mendasar: ETIKA (Agama, Moral, Sosial, UU) dan FILSAFAT.

PENYAKIT KEPEMIMPINAN
Penyakit Kepemimpinan disebut juga dengan Patologi Leadership;
Fenomena Perilaku Kepemimpinan yang berkaitan dengan Ketidak sesuaian dg:
Kaidah-kaidah;
Norma-norma;
Moralitas;
Rasionalitas;
Agama;


PATOLOGI ETIKA KEPEMIMPINAN
Patologi adalah hambatan atau penyakit kepemimpinan yang memiliki sifat politis, ekonomis, sosio-kultural, dan teknologikal.

PEMBAHARUAN PERILAKU ETIKA KEPEMIMPINAN
Pembaharuan cara pandang yang memiliki kepemimpinan visoner dan  akuntabilitas;
Perilaku individu  pemimpin pada standar berkualifikasi, kompetensi dan profesional dan berbudaya.      

PEMBAHARUAN ETIKA KEPEMIMPINAN
Gaya Kepemimpinan berbasis Kompetensi
Fungsi Kepemimpinan ( Kebijakan, pelayanan, kemitraan, kerjasama,  pemberdayaan sumber daya dsb )

KOMPETENSI PERILAKU  
Kualifikasi,
Kompetensi
Profesionalisme
Proporsionalisme
dsb

I S U
Apakah virus kepemimpinan dapat diobati ?;
Apakah duka kepemimpinan saat ini semakin parah ?
Fondasi Keberhasilan Kepemimpinan, sangat ditentukan oleh sehat atau tidaknya kepemimpinan;
Jawabanya Ilmiah pada Risearch Kompetensi yg kita praktikumkan !
I S U
Aktivitas Kepemimpinan yg sehat apabila:
Adanya kerjasama antara pemimpin dan anggota yang harmonis;
Tidak saling serobot dan;
Tidak saling menyakiti,
Tidak mau menang sendiri;
Tidak saling menyalahkan;

I S U (lanjutan)
Aktivitas Kepemimpinan yg sehat apabila:
Pembagian dan batasan tugas yang jelas;
Berjalan berdasarkan norma-norma pengatur an dan keteraturan,
Fondasi yang dibangun tdk rapuh / krn fondasi yg rapuh menggambarkan kegagalan kepemimpinan;

UPAYA MEMERANGINYA
Proses Patologi Kepemimpinan:
Melumpuhkan rasionalitas;
Melumpuhkan moralitas;
Melumpuhkan keteguhan iman;
Melumpuhkan Kejujuran;
Ujungnya Korupsi, Kolusi, Nepotisme, Keserakahan, Egoisme, dst.     
            Ini disebut Patologi ETIKA KEPEMIMPINAN;

ISU DAN VIRUS
Mengapa Manusia selalu mencari peluang untuk memperoleh kesempatan menjadi pemimpin praktis atau profesi kepemimpinan ?
Virus-virus Patologi Kepemimpinan, saat ini menyerang Ilmuwan (KITAKAH?) / Akademisi, Praktisi / Profesi, Lembaga-2 Negara / Swasta, Lembaga Politik, dst;

PENYAKIT KORUPSI DAN TERAPINYA
Patologi Korupsi Pemimpin, sangat ditakuti oleh organisasi internasional, negara, pemerintah, swasta, masyarakat, dst.
Kalau kita menjawab dengan Kebenaran dan Kejujuran (ETIKA), maka ia akan menjawab itu kebodohan kamu;
Dan bagi yg terlibat korupsi, itulah kelebihannya;

APAKAH PATOLOGI
PEMIMPIN KORUPTOR ITU
Pemimpin Korupsi adalah perbuatan atau tindakan pemimpin, negara/pemerintah, politik, swasta, masyarakat yg melakukan pelanggaran ETIKA, Moralitas, Rasionalitas, KEIMANAN (Agama), dan UU yg berlaku dg mendapatkan sesuatu keuntungan yg dpt berakibat merugikan orang lain / negara, pemerintah, kepenting an umum, swasta / masyarakat.

BAGAIMANA CARA MENGOBATINYA PATOLOGI KEPEMIMPINAN
PENINGKATAN PENDIDIKAN / ILMU / KEBUDAYAAN;
PENINGKATAN ETIKA DAN MORALITAS;
PENINGKATAN KEIMANAN / KEAGAMAAN;
PENINGKATAN KEJUJURAN;
KALAYAKAN HIDUP;
PENINGKATAN PERATURAN DAN DISIPLIN
REWARD;

KEKUATAN-DAYA-POWER KEPEMIMPINAN
Kekuatan Pengetahuan (knowledge power);
Kekuatan Ilmu (science power);
Kekuatan Informasi (information power);
Kekuatan Analisis (analysis power);
Kekuatan Finansial (financial power);
Kekuatan Komitmen (komitmen power);
Kekutan Organisasi (organizational power)

ISU PATOLOGI
KESERAKAHAN PEMIMPIN
Metode, Teknik, Gaya, Teori, Tipe yg dilakukan Pemimpin bertindak untuk menguasai sebagian atau keseluruhan faktor-2 kenikmatan, dengan mengorbankan orang lain;


SIKAP APATISME PEMIMPIN
Disebabkan ketidak: tahuan, mengertian sehingga menjadi kekaburan, juga karena anggapan yang keliru bahwa apa yang dinginkan pemimpin sama dengan apa yang diinginkan anggota dampaknya KEMARJINALAN / keterpinggiran.

SALAH SATU SOLUSI
PENINGKATAN KOMPETENSI DAN  BUDAYA PENDIDIKAN;
PENINGKATAN ETIKA DAN MORAL;
PENINGKATAN KEAGAMAAN;
RESAERCH DAN PELATIHAN KEPEMIMPINAN;

DILEMA MARJINALISASI PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN
Berfikir rasional lebih banyak dibentuk dalam pendidikan;
Pendidikan suatu proses pembentukan Kecerdasan  ( IQ ) dan Kemahiran Bekerja (team work / EQ);

DILEMA MARJINALISASI PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN
Kecerdasan dan Kemahiran adalah Karunia Tuhan (Alloh) “Lakhaula Wala Quata Illabilah”
Pertanyaan…bagiamana IQ dan EQ saudara-2 kita yg tdk Mendapat Kesempatan Pendidikan spt Saudara ?
Mereka termasuk Kelompok marjinalisasi?

UNSUR MARJINALISASI KEPEMIMPINAN
KEMISKINAN;
Tdk memiliki kemampuan secara material atau im-material;
Tdk mampu memperoleh pendidikan yg layak;

KEBODOHAN;
Orang yg tidak memiliki ilmu, wawasan ilmiah, tdk memiliki kemahiran dlm bekerja, kehidupannya tergantung dg orang lain;

KEMISKINAN melahirkan KEBODOHAN;
Bgaimana pemecahannya ?

ETIKA KOMPETENSI &
PATOLOGI KEPEMIMPINAN
Menghilangkan Kebodohan;
Menghilangkan Ketergantungan;
Menghindari Kekalahan;
Menghindari Kegagalan;
Menghindari Kemiskinan;
Memenangkan Kejujuran / Agama;

Menurut penelitian*,
rata-rata manusia mengingat
:
20% dari apa yang di dengar
30% dari apa yang di baca
40% dari apa yang di lihat prosesnya
50% dari apa yang di katakan
60% dari apa yang di kerjakan
90% dari apa yang kita lihat,
        dengar, katakan dan kerjakan         
                                    
HAKEKAT KEPEMIMPINAN
Melekat pada diri seorang pemimpin yang berupa sifat-2 ttt:
a. kepribadian (personality);  
b. kemampuan (ability);  
c. kesanggupan (capability);  
d. Serangkaian kegiatan (activity)
e. Tanggung jawab (acuntability)

Proses antar hubungan atau interaksi antara pemimpin, bawahan dan situasi
Beyond / Quantum Ledership
Intellectual quality, tetapi juga sekaligus bersama-sama dengan;
Emotional quality, dan ;
Spiritual quality;
Mengapa begitu  ?
Karena Profesi Kepemimpinan adalah ;
menjual  factor-2 jasa kepercayaan;
yang membentuk Team Work yang baik;
dan menciptakan sinergi yang  optimal;


ESQ / IQ, EQ, SQ, QQ
Emotional and Spiritual Quotient, ESQ,
adalah sebuah solusi konkrit bagi pemimpin yang mengalami tantangan besar untuk mengembangkan kualitas sumber  daya manusia yang menjunjung tinggi profesionalisme;
Jadi orang yang berhasil adalah berhasil secara lahiriyah dan batiniyah, dengan memiliki tingkat kecerdasan emosi dan spiritual secara seimbang, disamping kemampuan intelektualitasnya;

The way of life;
Matahati punya kemampuan 70 kali lebih besar untuk melihat kebenaran dari pada dua indera penglihatan (Jalaludin Rumi);
Sebuah kecenderungan klasik, sepanjang sejarah manusia, bahwa konflik-konflik intelektual yang besar, berlangsung menurut oposisi biner (dua posisi yang berseberangan) sebut saja Eq vs SQ, dll;
Kumutlakan peran IQ yang dulu begitu diagungkan kini sedikit bergeser posisinya dengan keberadaan EQ yang begitu menghebohkan;

Meta Leadership
Meta Leadership: upaya untuk menjawab problem tentang realitas leadership yang komprehensif dan kompeten lebih menekankan fundamental etika, filsafat, psikologi dan agama.

Bila Tdk Ada Leadership
Terjadi Hukum Rimba;
Yang kuat akan memakan yang lemah;
Tanggung jawab pemimpin bukan hanya di dunia tetapi juga diakhirat;

FILSAFAT KOMPETENSI MENJAWAB
Apa yang aku ketahui ?
  (What do I know?)
Bagaimana aku mengetahuinya ? (How do I know it ?)
Apakah aku yakin ? (Am I sure ?)
Apakah aku benar ? (Am I right ?)

META LEADERSHIP
Berkaitan dg :
1)  Sifat manusia/pemimpin dan             hubungannya secara kontekstual dan     individual dengan REALITA DALAM             ALAM SEMESTA;
2)  Sifat dan fakta bagi tujuan, perilaku,             penyebab, dan aturan;
3)  Problem pilihan, khususnya kebebasan         versus determinisme pada perilaku        manusia.

Apa yang harus kita lakukan
Managerial Grid
Improvished Management atau gaya dimiskinkan 1.1
Country Club Management atau gaya orang desa 1.9
Middle of the Road Management atau gaya asal selamat 5.5
Authority Compliance atau gaya otoriter 9.1
Team Management atau gaya demokratik 9.9

Pemimpin yang efektif akan membuat timnya merasa senang akan dirinya sendiri dan pekerjaannya.
                




CARA UNTUK MENDAPATKAN DAN MENJAGA LOYALITAS
                        ANAK BUAH
Bantulah mereka sampai berhasil dalam pekerjaan mereka dengan berbagai cara:
Dapatkan bantuan tambahan yang memadai bila perlu untuk memperlancar pekerjaan.
Sediakan peralatan sebaik mungkin untuk menja-min kualitas pekerjaan.
Secara pribadi bantulah mereka mendapatkan cara kerja yang yang lebih baik. Tunjukkan perhatian untuk keberhasilan mereka.
Siapkan suasana kerja yang nyaman; Lingkung-an kerja akan menentukan sikap, dan sikapakan menentukan ketinggian mutu kinerja.
Pecahkan masalah-maslah kecil sebelum menjadi besar.

Belajarlah berbagi informasi kepada orang yang bisa Anda percaya. Ketika berbagi informasi kita akan merasa penting dan diistimewakan.

Mengakui kinerja dan memberi penghargaan kepada seluruh tim.
Berika selalu pujian atas kesuksesan kerja mereka.
Orang akan merasa senang dengan penghargaan yang diperlihatkan – senyuman, rasa terima kasih, dan kata selamat.
Motivasi yang kuat datang dari pujian dan penghargaan.

Bersabarlah, jangan cepat menyerah kepada seseorang sampai tiba saatnya untukmelakukan perbaikan.
Hargai suatu kinerja yang tinggi.
Hal yang terbaik adalah memberi penghargaan kepada orang-orang Anda.

DAYA / POWER PEMIMPIN
Reward power / dy menghargai;
Coersive power / dy memaksa
Legitimate power / dy syah;
Expert power / dy ahli;
Referent power / dy referensi;
Bagaimana bila pemimpin tdk punya daya?
“impoverished leader”   (Free Ray)

Teori Howthorne
Karyawan dapat dimotivasi dengan memberikan lebih banyak perhatian dan dengan mengijinkan karyawan untuk berpartisipasi.

MAHASISWA / MASYARAKAT ILMIAH
MASYARAKAT ILMIAH
Sifat diri setiap orang memiliki:
@ id= naluri untuk mencari  kepuasan        bagi dirinya sendiri;
@ superego= bagi diri jiwa manusia             yang mengandung unsur ideal dan    pikiran yang baik;
@ ego= tindakan atau perilaku manusia      yang berhasil  didamaikan setelah    terjadi konflik id dengan super-ego

John A. Holmes :
“Tidak ada latihan yang lebih baik untuk jantung (seorang pimpinan) selain menggapai ke bawah dan mengangkat orang-orang”.
Tugas pimpinan suatu organisasi tidak hanya membuat organisasi itu berjalan secara normal, tetapi membuat organisasi itu berkembang à berubah.
Pemimpin perlu memastikan bahwa bawahannya melakukan segala sesuatu dengan benar, dan perlihat kan bahwa Pmpinan mengetahuinya

Alan Loy McGinnis :”Di dunia ini tidak ada pekerjaan yang semulia membantu manusia lain – memban tu seseorang menjadi sukses”.

Mary Kay Ash:
Lupakanlah kesalahan-kesalahan mereka dan arahkan mereka pada satu hal kecil yang dapat mereka lakukan dengan benar.
Pujilah mereka sehingga mereka akan melakukan lebih banyak pekerjaan dengan benar, dan galilah bakat dan kemampuan yang tidak pernah mereka sadari”.

Charles E. Wilson:
Pimpinan yang baik adalah seseorang yang membuat orang lain berfikir bahwa me-reka mempunyai kelebihan sehingga dapat melakukan pekerjaannya dengan lebih baik daripada yang mereka pikir”.
Teori Hiraki Keperluan Maslow
SELAMAT
ANDA PASTI BISA
SELAMAT
YANG BAIK DAN SEMPURNA DARI ALLOH
YANG LEMAH DAN KEKURANGAN DARI SAYA SENDIRI
NIATKAN IBADAH DG IKHLAS ANDA MENDAPAT PAHALA
SEKIAN
TERIMA KASIH.
SAMPAI JUMPA

0 komentar:

Posting Komentar