Adab Makan Dan Minum
Permasalahan yang sungguh sangat
ringan, namun sering terlalaikan oleh sebagian kaum muslimin, yaitu berdo’a
sebelum makan. Padahal lebih ringan daripada sekedar mengangkat sesuap nasi ke
mulut dan tidak lebih berat dari menahan rasa lapar.
Islam adalah dien rahmat bagi
semesta alam. Dien yang menjelaskan segala bentuk kemaslahatan (kebaikan) bagi
manusia, mulai dari masalah yang paling kecil dan ringan hingga masalah yang
paling besar dan berat.
Demikianlah kesempurnaan Islam yang hujjahnya sangat
jelas dan terang, malamnya bagaikan siang.
Sehingga tidak ada satupun
permasalahan yang tersisa melainkan telah dijelaskan didalamnya. Termasuk dari
keindahan dan kesempurnaan agama Islam adalah adanya aturan-aturan dan adab
ketika makan dan minum.
Bagaimanakah agama Islam nan sempurna ini mengaturnya?.
Pada edisi kali ini kami sajikan pembahasannya secara ringkas sebagai berikut:
Adab-adab ketika menyantap hidangan
1.Berdo’a sebelum makan
Permasalahan yang sungguh sangat ringan, namun sering terlalaikan oleh sebagian kaum muslimin, yaitu berdo’a sebelum makan. Padahal lebih ringan daripada sekedar mengangkat sesuap nasi ke mulut dan tidak lebih berat dari menahan rasa lapar.
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
1.Berdo’a sebelum makan
Permasalahan yang sungguh sangat ringan, namun sering terlalaikan oleh sebagian kaum muslimin, yaitu berdo’a sebelum makan. Padahal lebih ringan daripada sekedar mengangkat sesuap nasi ke mulut dan tidak lebih berat dari menahan rasa lapar.
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
إِذَا
أَكَلَ أَحَدُكُمْ طَعَامًا فَلْيَقُلْ: بسم الله, فَإِنْ نَسِيَ فِيْ أَوَّلِهِ
فَلْيَقُلْ: بِسْمِ اللهِ فِيْ أَوَّ لِهِ وَآخِرِهِ
“Apabila salah seorang kalian makan
suatu makanan, maka hendaklah dia mengucapkan “Bismillah” (Dengan nama Allah),
dan bila dia lupa diawalnya hendaklah dia mengucapkan “Bismillah fii awwalihi
wa akhirihi” (Dengan nama Allah di awal dan diakhirnya).”{Shahih Sunan
At-Tirmidzi 2/167 no.1513 oleh Asy-Syaikh Al-Albani }
Dalam hadits yang lain dari Shahabat
yang membantu Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam selama 18 tahun, dia
bercerita bahwa: “Dia selalu mendengar Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam
apabila mendekati makanan mengucapkan ‘bismillah’.”{HR. Muslim} Berdasarkan
dalil yang shahih dan sharih (tegas) di atas, menerangkan bahwa membaca
‘bismillah’ ketika makan dan minum adalah wajib dan berdosa bila
meninggalkannya. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam berkata kepada ‘Umar
bin Abi Salamah:
يَاغُلاَمُ,سَمِّ
اللهَ وَكُلْ بِيَمِيْنِكَ.
“Wahai anak! Sebutlah nama Allah dan
makanlah dengan tangan kananmu.”{HR.Al Bukhari dan Muslim}
Ibnul Qoyyim rahimahullah berkata: “Yang benar adalah wajib membaca ‘bismilah’ ketika makan. Dan hadits-hadits yang memerintahkan demikian adalah shahih dan sharih. Dan tidak ada yang menyelisihinya serta tidak ada satupun ijma’ yang membolehkan untuk menyelisihinya dan mengeluarkan dari makna lahirnya. Orang yang meninggalkannya akan ditemani setan dalam makan dan minumnya.” Kemudian apakah boleh bagi kita untuk menambah dengan bacaan “Arrahmanirrahim”
Ibnul Qoyyim rahimahullah berkata: “Yang benar adalah wajib membaca ‘bismilah’ ketika makan. Dan hadits-hadits yang memerintahkan demikian adalah shahih dan sharih. Dan tidak ada yang menyelisihinya serta tidak ada satupun ijma’ yang membolehkan untuk menyelisihinya dan mengeluarkan dari makna lahirnya. Orang yang meninggalkannya akan ditemani setan dalam makan dan minumnya.” Kemudian apakah boleh bagi kita untuk menambah dengan bacaan “Arrahmanirrahim”
Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullah
dalam kitab beliau Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah (1/152) mengatakan:
“Membaca tasmiyah di permulaan makan adalah ‘Bismillah’ dan tidak ada tambahan
padanya. Dan semua hadits-hadits yang shahih dalam masalah ini tidak ada
tambahan sedikitpun. Dan saya tidak mengetahui satu haditspun yang didalamnya
ada tambahan (bismillahirrahmanirrahim, pent).”
2.Menggunakan tangan kanan
Makan dan minum dengan tangan kanan adalah wajib, dan bila seseorang makan dan minum dengan tangan kiri maka berdosa karena dia telah menyelisihi perintah Allah subhanahu wata’ala dan Rasul-Nya serta merupakan bentuk perbuatan tasyabbuh (meniru) perilaku setan dan orang-orang kafir.
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
Makan dan minum dengan tangan kanan adalah wajib, dan bila seseorang makan dan minum dengan tangan kiri maka berdosa karena dia telah menyelisihi perintah Allah subhanahu wata’ala dan Rasul-Nya serta merupakan bentuk perbuatan tasyabbuh (meniru) perilaku setan dan orang-orang kafir.
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
إِذَا
أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَأْكُلْ بِيَمِيْنِهِ وَإِذَا شَرِبَ فَلْيَشْرَبْ
بِيَمِيْنِهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَأْكُلُ بِشِمَالِهِ وَيَشْرَبُ بِشِمَالِهِ
“Apabila salah seorang dari kalian
makan, maka hendaklah makan dengan tangan kanan dan apabila dia minum, minumlah
dengan tangan kanan. Karena setan apabila dia makan, makan dengan tangan kiri
dan apabila minum, minum dengan tangan kiri.”{HR. Muslim}
3.Makan dari arah pinggir dan
disekitarnya
Makan dari arah pinggir atau tepi dan memakan apa yang ada disekitarnya (yang terdekat) merupakan bimbingan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam, dan pada bimbingan beliau terkandung barakah serta merupakan penampilan adab yang baik.
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
Makan dari arah pinggir atau tepi dan memakan apa yang ada disekitarnya (yang terdekat) merupakan bimbingan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam, dan pada bimbingan beliau terkandung barakah serta merupakan penampilan adab yang baik.
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
إِذَا
وُضِعَ الطَّعَامُ فَخُذُوْا مِنْ حَافَتِهِ وَذَرُوْا وَسْطَهُ فَإِنَّ
الْبَرَكَةَ تَنْزِلُ فِيْ وَسْطِهِ
“Jika makanan diletakkan, maka
mulailah dari pinggirnya dan jauhi (memulai) dari tengahnya, karena
sesungguhnya barakah itu turun di tengah-tengah makanan.”{Shahih Sunan Ibnu
Majah no.2650 oleh Asy-Syaikh Al-Albani}
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam berkata kepada ‘Umar bin Abi Salamah:
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam berkata kepada ‘Umar bin Abi Salamah:
يَاغُلاَمُ,سَمِّ
اللهَ وَكُلْ بِيَمِيْنِكَ وَكُلْ مِمَّا يَلِيْكَ
“Wahai anak! Sebutlah nama Allah dan
makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah yang ada disekitarmu
(didekatmu).”{HR.Al Bukhari dan Muslim}
4.Duduk saat makan
Islam mengajarkan bagaimana cara duduk yang baik ketika makan yang tentunya hal itu telah dipraktekkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam. Sifat duduk Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam ketika makan telah diceritakan oleh Abdullah bin Busr radhiallahu ‘anhu: “Nabi memiliki sebuah qas’ah (tempat makan/nampan) dan qas’ah itu disebut Al-Gharra’ dan dibawa oleh empat orang. Di saat mereka berada di waktu pagi, mereka Shalat Dhuha, lalu dibawalah qas’ah tersebut ¬dan padanya ada tsarid (sejenis roti) ¬ mereka mengelilinginya. Tatkala semakin bertambah (jumlah mereka), Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam duduk di atas kedua betis beliau. Seorang A’rabi (badui) bertanya: “Duduk apa ini, wahai Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam” Beliau menjawab: “Sesungguhnya aku dijadikan oleh Allah sebagai hamba yang dermawan dan Allah tidak menjadikan aku seorang yang angkuh dan penentang.”{HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah. Shahih}
Islam mengajarkan bagaimana cara duduk yang baik ketika makan yang tentunya hal itu telah dipraktekkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam. Sifat duduk Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam ketika makan telah diceritakan oleh Abdullah bin Busr radhiallahu ‘anhu: “Nabi memiliki sebuah qas’ah (tempat makan/nampan) dan qas’ah itu disebut Al-Gharra’ dan dibawa oleh empat orang. Di saat mereka berada di waktu pagi, mereka Shalat Dhuha, lalu dibawalah qas’ah tersebut ¬dan padanya ada tsarid (sejenis roti) ¬ mereka mengelilinginya. Tatkala semakin bertambah (jumlah mereka), Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam duduk di atas kedua betis beliau. Seorang A’rabi (badui) bertanya: “Duduk apa ini, wahai Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam” Beliau menjawab: “Sesungguhnya aku dijadikan oleh Allah sebagai hamba yang dermawan dan Allah tidak menjadikan aku seorang yang angkuh dan penentang.”{HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah. Shahih}
Kenapa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam duduk dengan jatsa (di atas kedua
lutut dan kaki)? Ibnu Baththal mengatakan: “Beliau melakukan hal itu sebagai
salahsatu bentuk tawadhu’ beliau.” {Fathul Bari, 9/619} Al Hafidzh Ibnu Hajar
juga menerangkan:”…maka cara duduk yang disunnahkan ketika makan adalah duduk
dengan jatsa. Artinya duduk di atas kedua lutut dan kedua punggung kaki, atau
dengan mendirikan kaki yang kanan dan duduk di atas kaki kiri.”{Fathul Bari, }
5.Tidak boleh mencerca makanan
Semua yang kita makan dan minum merupakan rizki yang datang dari Allah subhanahu wata’ala, maka tidak boleh bagi kita untuk menghina ataupun mencerca sedikitpun dari apa yang telah diberikan Allah subhanahu wata’ala. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam mengajarkan kepada kita suatu adab yang mulia ketika tidak menyukai makanan yang dihidangkan sebagaimana dalam hadits:
Dari Shahabat Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, beliau berkata:
Semua yang kita makan dan minum merupakan rizki yang datang dari Allah subhanahu wata’ala, maka tidak boleh bagi kita untuk menghina ataupun mencerca sedikitpun dari apa yang telah diberikan Allah subhanahu wata’ala. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam mengajarkan kepada kita suatu adab yang mulia ketika tidak menyukai makanan yang dihidangkan sebagaimana dalam hadits:
Dari Shahabat Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, beliau berkata:
مَا
عَابَ النَّبِيُّ صَلى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ طَعَامًا قَطُّ, إِنِ اشْتَهَاهُ
أَكَلَهُ وَإِنْ كَرِهَهُ تَرَكَهُُ
“Rasulullah shalallahu ‘alaihi
wasallam tidak pernah mencerca makanan sama sekali. Bila beliau mengiginkan
sesuatu beliau memakannya dan bila tidak suka beliau meninggalkannya.”{HR. Al
Bukhari dan Muslim}
6.Berdo’a sesudah makan
Sesungguhnya Allah subhanahu wata’ala meridhai terhadap seorang hamba yang makan dan minum, kemudian memuji-Nya. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
Sesungguhnya Allah subhanahu wata’ala meridhai terhadap seorang hamba yang makan dan minum, kemudian memuji-Nya. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
إِنَّ
اللهَ لَيَرْضَى عَنِ الْعَبْدِ أَنْ يَأْكُلَ اْلأَكْلَةَ فَيَحْمَدَهُ عَلَيْهَا
أَوْ يَشْرَبَ الشُّرْبَةَ فَيَحْمَدَهُ عَلَيْهَا
“Sesungguhnya Allah betul-betul
ridha terhadap seorang hamba yang memakan makanan, kemudian memuji-Nya dan yang
meminum minuman lalu memuji-Nya.” {HR. Muslim} Adapun di antara beberapa contoh
do’a sesudah makan dan minum adalah sebagai berikut ini:
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
مَنْ
أَكَلَ طَعَامًافَقَالَ “الْحَمْدُلِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنِي هَذَا
وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلِ مِنِّي وَلاَ قُوَّةٍ” غُفِرَ لَهُ مَا
تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
“Barangsiapa memakan makanan dan dia
mengatakan “Segala puji bagi Allah yang telah memberiku makan ini, dan
memberiku rizki dengan tanpa ada daya dan kekuatan dariku.” Maka akan diampuni
dosanya.”{HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah. Shahih}
Rasulullah shalallahu ‘alaihi
wasallam bersabda:
الْحَمْدُ
لِلَّهِ حَمْدًا كَثِيْرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيْهِ غَيْرَ مَكْفِيٍّ وَلاَ
مُوَدَّعٍ وَلاَ مُسْتَغْنًى عَنْهُ رَبُّنَا
“Segala puji bagi Allah dengan
pujian yang banyak, baik dan berkah. Dia tidak membutuhkan pemberian makanan
(karena Dia yang memberi makanan), tidak ditinggalkan dan tidak membutuhkan
makanan itu ya Rabb kami.” {HR. Al Bukhari, Tirmidzi dengan lafadznya}
Apakah ada do’a yang lain yang bisa dibaca setelah makan?. Jawabnya ada do’a selain ini dan boleh dibaca selama do’a tersebut benar datangnya dari Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam. Do’a-do’a penutup tersebut merupakan bentuk syukur dan sebagai bentuk mengingat keutamaan Allah subhanahu wata’ala dan rizki-Nya kepada kita.
Apakah ada do’a yang lain yang bisa dibaca setelah makan?. Jawabnya ada do’a selain ini dan boleh dibaca selama do’a tersebut benar datangnya dari Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam. Do’a-do’a penutup tersebut merupakan bentuk syukur dan sebagai bentuk mengingat keutamaan Allah subhanahu wata’ala dan rizki-Nya kepada kita.
7.Membasuh tangan sebelum tidur
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
مَنْ
نَامَ وَفِي يَدِهِ غُمَرٌ وَلَمْ يَغْسِلْهُ فَأَصَابَهُ شَيْءٌ فَلاَ يَلُومَنَّ
إِلاَّ نَفْسَهُ
“Barangsiapa tertidur dan
ditangannya terdapat lemak (kotoran bekas makan) dan dia belum mencucinya lalu dia
tertimpa oleh sesuatu, maka janganlah dia mencela melainkan dirinya
sendiri.”{HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah. Shahih}
assalafy.org/artikel.php?kategori=fiqh=4
0 komentar:
Posting Komentar