Minggu, 08 Maret 2015

MK Pancasila Standar Kompoetensi 4




Standar Kompetensi 4: Pancasila sebagai Sistem Filsafat
Indikator:
a.       Mampu melakukan kajian dengan suatu proses kajian yang dapat memanfaatkan literatur tentang Pancasila sebagai sistem filsafat.
b.      Dengan metode kajian literatur diharapkan dapat mengkaji Pancasila sebagai filsafat secara utuh dari berbagai perspektif dan pemahaman sudut pandang.
c.       Menunjukkan hasil kemampuan membandingkan, mempersamakan dan membedakan pendapat yang berkembang mengenai filsafat Pancasila.
d.      Dalam kondisi perbedaan sudut pandang, diharapkan mampu menganalisis dan membuat suatu keputusan berdasarkan pemahaman setelah mengkaji secara mendalam tentang filsafat Pancasila.
e.       Menguasai pengetahuan tentang pengertian filsafat, filsafat Pancasila dan hakikat sila-sila dalam Pancasila.
f.        Untuk dapat membuktikan hakikat sila-sila dalam Pancasila mahasiswa harus melakukan kajian individual dan diskusi kelompok.
g.       Mampu mengelola perbedaan sudut pandang sebagai pembentuk pemahaman yang holistik mengenai Pancasila sebagai filsafat.

h. Memiliki sikap tanggung jawab pada pekerjaan secara mendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok. Dapat berkomunikasi, berlaku secara estetis, etis, apresiatif dan partisipatif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Metode Pembelajaran

Penilaian
1.
Experimental learning
1.
UTS
2.
Collaborative learning
2.    
UAS
3.     
Problem based learning
3.
Lembar tugas mahasiswa
4.
Presentasi
4.
Penilaian presentasi
5.
Penyusunan makalah
5.
Penilaian makalah
6.
Project based learning
6.
Penilaian diskusi kelompok

Sumber:  Materi Ajar Mata Kuliah Pendidikan Pancasila, Direktorat Pemebalajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia, 2013.



0 komentar:

Posting Komentar