Minggu, 30 November 2014

Unsur Kepemerintahan Yang Baik - Good Governance

An-Nisa’

Hai orang-orang yang beriman ta’atilah Allah dan ta’atiah Rasul-Nya dan ulil amri diantara kamu (QS.An-Nisa’[4]:59).

UNSUR KEPEMERINTAHAN YANG BAIK

Terdapat empat unsur atau prinsip utama yang dapat member gambaran administrasi publik yang berciri kepemerintahan yang baik yaitu sbb:

1.       Akuntabilitas;
Adanya kewajiban bagai aparatur pemerintah untuk bertindak selaku penanggung jawab dan penanggung gugat atas segala tindakan dan kebijakan yang ditetapkannya;

2.       Transparansi;
Kepemerintahan yang baik akan bersifat transparan terhadap rakyatnya, baik tingkat pusat maupun daerah;

3.       Keterbukaan;
Menghendaki keterbukaannya kesempatan bagi rakyat untuk mengajukan tanggapan dan kritik terhadap pemerintah yang dinilainya tidak transparan;

4.       Aturan Hukum;
Kepemerintahan yang baik mempunyai karakteristik berupa jaminan kepastian hukum dan rasa keadilan masyarakat terhadap setiap kebijakan publik yang ditempuh;

Sumber: Sedarmayanti, 2004, Good Governance (Kepemerintahan Yang Baik), Membangun Sistem Manajemen Kinerja Guna Meningkatkan Produktivitas Menuju Good Governance, Penerbit Mandar Maju, Bandung.



                                                                                            

8 komentar:


  1. arti pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan, khususnya kecakapan/ kelebihan di satu bidang sehingga dia mampu mempengaruhi orang-orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi pencapaian satu atau beberapa tujuan. Pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan - khususnya kecakapan-kelebihan di satu bidang , sehingga dia mampu mempengaruhi orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu untuk pencapaian satu beberapa tujuan. (Kartini Kartono, 1994 : 181).

    Pemimpin jika dialihbahasakan ke bahasa Inggris menjadi "LEADER", yang mempunyai tugas untuk me-LEAD anggota disekitarnya. Sedangkan makna LEAD adalah :
    o Loyality, seorang pemimpin harus mampu membagnkitkan loyalitas rekan kerjanya dan
    memberikan loyalitasnya dalam kebaikan.
    o Educate, seorang pemimpin mampu untuk mengedukasi rekan-rekannya dan mewariskan
    tacit knowledge pada rekan-rekannya.
    o Advice, memberikan saran dan nasehat dari permasalahan yang ada
    o Discipline, memberikan keteladanan dalam berdisiplin dan menegakkan kedisiplinan
    dalam setiap aktivitasnya.

    BalasHapus
  2. Kepemimpinan atau leadership adalah kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang-orang lain agar bekerjasama sesuai dengan rencana demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Dengan demikian kepemimpinan memegang peranan yang sangat penting dalam manajemen, bahkan dapat dinyatakan, kepemimpinan adalah inti dari managemen.

    Di dalam kenyataan, tidak semua orang yang menduduki jabatan pemimpin memiliki kemampuan untuk memimpin atau memiliki ‘kepemimpinan’, sebaliknya banyak orang yang memiliki bakat kepemimpinan tetapi tidak pernah mendapat kesempatan untuk menjadi pemimpin dalam arti yang sebenarnya.

    Sedang pengertian ‘kepala’ menunjukan segi formal dari jabatan pemimpin saja, maksudnya secara yuridis-formal setiap orang dapat saja diangkat mengepalai sesuatu usaha atau bagian (berdasarkan surat keputusan atau surat pengangkatan), walaupun belum tentu orang yang bersangkutan mampu menggerakan mempengaruhi dan membimbing bawahannya serta (memimpin) memiliki kemampuan melaksanakan tugas-tugas untuk mencapai tujuan.
    1. Jenis-jenis kepemimpinan
    Sepanjang perjalanan sejarah manusia, selalu ditemui adanya pemimpin-pemimpin dalam berbagai bidang kegiatan yang pada dasarnya dapat digolongkan menjadi 4 jenis kepemimpinan:
    1. Kepemimpinan di bidang rohaniah
    2. Kepemimpinan di bidang politik
    3. Kepemimpinan di bidang militer, dan
    4. Kepemimpinan di bidang managerial
    Adapun yang menjadi pokok masalah pembahasan dalam buku ini adalah jenis kepemimpinan yang terakhir atau kepemimpinan di bidang manajerial khususnya dalam bidang seni pertunjukan.

    BalasHapus
  3. NAMA : YULIA ESTER K PUTRI
    NIM : 2014210165
    PRODI : ILMU ADMINISTRASI NEGARA
    FAKULTAS : ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

    KESIMPULAN
    Filsafat administrasi dapat dibagi menjadi 3 materi yaitu Leadership,administrasi dan konflik. Leadership atau kepemimpinan mempunyai teknik yaitu teknik kepemimpinan berupa pengambilan keputusan,pengambilan keputusan disini yaitu yang dikehendaki,direncanakan,dituju,mempunyai strategi,bermanfaat dan beretika. Selain itu kepemimpinan juga mempunyai sifat kepemimpinan baik fisik,mental maupun kepribadian. Administrasi adalah pekerjaan terencana yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam bekerjasama untuk mencapai tujuan atas dasar efektif,efisien dan rasional. Dengan ini seorang leader harus mampu memberikan motivasi agar pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan dapat terencana dan mencapai tujuan bersama. Konflik dapat diartikan sebagai perbedaan,pertentangan dan perselisihan yang disebabkan oleh status,tujuan,nilai,persepsi,perbedaan,kepentingan,emosi dan psikologis. Menurut pandangan konflik tradisional,konflik adalah buruk dan negatif sedangkan menurut pandangan hubungan manusia,konflik merupakan hasil wajar dan tidak terelakan. Dengan ini cara penyelesaian konflik dapat berupa gencatan senjata,abitrasi,mediasi,konsiliasi,stalemate,ajudikasi atau pun bisa juga dengan cara elimination,domination,majority rule,minority consent,kompromi dan integrasi. Sehingga dari pernyataan-pernyataan diatas,filsafat administrasi memerlukan peranan-peranan leadership dan administrasi serta tidak bisa terlepas dengan konflik karena konflik tidak bisa terelakan.

    BalasHapus
  4. NAMA : FAUSTINA DUA
    NIM : 2014210038
    PRODI : ILMU ADMINISTRSI NEGARA (B)
    FAKULTAS : ILMU SOSIAL DAN POLITIK



    Pernyataan yang berkaitan dengan mata kuliah filsafat administrasi saya mampu menyusun konsep teoritis yang pada materi yang telah diberikan.

    KESIMPULAN :

    Menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah pada dasarnya suatu kepemimpinan memiliki latar belakangnya bila sejak lahir seorang memiliki bakat kepemimpinan maka diperlukan usaha penyiapan kemudian dikembangkan melalui pendidikan dan pengalaman serta sesuai dengan tuntutan lingkungan.Menjadi seorang pemimpin yang baik tentu didukung pula dengan latar belakang yang menunjang baik itu dari faktor genetik. sosial maupun ekologi,serta didukung pula oleh karakter manusia atau seseorang dimana kita harus mampu menunjukan sikap yang paling umum atau netral, tergantung dimana tempat dan situasi kita berada agar apa yang menjadi tujuan utama kita dapat diwujudkan,yang didukung oleh teori dan gaya kepemimpinan antara lain otoriter,demokrasi dan liberal dimana gaya kepemimpinan demokrasi lebih digunakan dalam sebuah organisasi.Dalam organisasi tentu ada kegiatan administrasi dimana proses kerja sama antara dua orang manusia atau lebih yang didukung dengan sarana prasarana tertentu untuk mencapai tujuan.

    BalasHapus
  5. NAMA : SAIBA KUNIYO
    KELAS : B
    NIM : 2014210126
    PRODI : ILMU ADMINISTRASI NEGARA

    Dengan mata kuliah ini saya mampuh menguasai teoritis filsafat administrasi. Filsafat adalah suatu proses pembelajaran atau suatu yang benar kata lain.
    1. Filsafat adalah rasa cinta atau pengetahuan yaitu mengetahui atau pengetahuan dan kebenaran filsafat juga merupakan pemikiran yang mendalam pada akhirnya diperoleh jawaban yang benar.
    2. Etika secara efistimologis atau moral, perkembangan atau ilmu dan kebijaksanaan dikalangan anda. Arti etika ilmu filsafat yang mempelajari nilai baik dan buruk sebagai kewajiban norma etika merupakan sebagai nilai pedoman atau referensi yang harus dilakukan dalam menjalankan tugas-tugasnya.
    3. Administrasi adalah suatu usaha dan kegiatan yang berkenaan denga penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan dalam arti sempit adalah kegiatan yang meliputih catat mencatat, surat-menyurat, pembukan ringan. Dalam arti luas adalah seluruh proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam mencapai tujuan dengan memanfaatkan sarana-prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil.
    4. Leardership adalah peninjau suatu peran dalam sistim karena seseorang peran dalam formal belum tentu memiliki keterampilan yang dimiliki seseorang kepemimpinan bisa dimilki oleh orang lain. Arti pemimpin adalah seseorang pribadi atau yang memiliki kelebihan kecakapan atau kelebihan suatu bidang pemimpin adalah atau seorang pribadi yang melakukan aktifitas-aktifitasnya.

    Kesimpulan
    Dalam proses pembelajran filsafat ilmu administrasi saya mampuh menguasai konsep teoritis filsafat administrasi dalam mata kuliah ini telah diberikan kepada saya dalam konsep diatas saya dapat menyimpulkan konsep-konsepnya dalam hal ini pembelajaran saat mendalami atas sesuatu yang benar dalam kata lain filsafat adalah berarti gemar, kata lain cinta filsafat pengetahuan yang mencapai pengetahuan atau kebenaran filsafat itu juga merupakan pemikiran yang dalam, yang pada akhirnya diperoleh dalam kensep ini saya memahami konsep filsaft administrasi.

    BalasHapus
  6. NAMA :FLORENSIANA SOI
    NIM : 2014210041
    KELAS :A
    PRODI :ADMINISTRASI NEGARA
    FAKULTAS : ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

    Dengan mata kuliah ini saya mampuh menguasai teoritis filsafat administrasi.

    1.Pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan khususnya kecakapan dan kelebihan disuatu bidang, sehingga dia mampu mempengaruhi orang-orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu, demi pencapaian satu atau beberapa tujuan. akhirnya mereka tidak lagi memerlukan pemimpinnya itu.
    2.Filsafat adalah rasa cinta atau pengetahuan yaitu mengetahui atau pengetahuan dan kebenaran filsafat juga merupakan pemikiran yang mendalam pada akhirnya diperoleh jawaban yang benar.
    3.Administrasi adalah usaha dan kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan.
    Administrasi dalam arti sempit adalah kegiatan yang meliputi: catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda, dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan.
    Administrasi dalam arti luas adalah seluruh proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam mencapai tujuan dengan memanfaatkan sarana prasarana tertentu.
    4. Etika merupakan ilmu yang mempelajari mengenai nilai2 baik maupun buruk , dan berhubungan dengan hal2 yang dianggap benar dan salah, kewajiban moralitas, serta kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak
    Etika secara asal kata berasal dari kata etika= moral ”mos” yang berarti adat kebiasaan, yakni nilai dan norma yang menjadi acuan untuk mengatur tingkah laku seseorang di dalam komunitas kehidupannya.ntu secara berdaya guna dan berhasil guna.

    BalasHapus
  7. NAMA : NURUL LITA RAHMADHANTI
    NIM : 2014210107
    PRODI : ILMU ADMINISTRASI NEGARA (B)
    FAKULTAS : ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

    Konsep teoritis :
    Dalam mata kuliah ilmu administrasi Negara saya mampu menguasai teoritis filsafat.filsafat adalah suatu proses pembelajaran atau suatu yang benar antara lain sebagai berikut :
    1.FILSAFAT
    Filsafat adalah rasa cinta atau pengetahuan yang mengetahui atau pengetahuan dan kebenaran filsafat juga merupakan pemikiran yang mendalam pada akhirnya diperoleh jawaban yang benar.
    2.ETIKA
    Etika adalah secara fistimologis atau moral,perkembangan atau ilmu dan kebijakansanaan dikalangan kita sendiri artietikalimulasi filsafat yang mempelajari nilai baik dan buruk sebagai ai pedoman atau kewajiban normaetika merupakan sebagai referensi yang harus dilakukan dalam menjalankan tugas-tugasnya.
    3.ADMINISTRASI
    Administrasin adalah suatu usaha dan kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan dalam arti sempit kegiatan yang meliputi catat-mencatat, surat-menyurat pembukitan dalam arti luas adalah seluruh proses kerjasama antara dua pihak atau lebih dalam mencapai suatu tujuan dengan memanfaatkan sarana prasarana tertentu.
    4.LEARDERSHIP
    Leardership adalah peninjauan terhadap suatu pendalaman system karena seseorang peran dalam formal belum tentu memiliki keterampilan yang dimiliki seseorang pemimpin bisa dimiliking oleh orang lain.arti pemimpin adalah seseorang pribadi yang memiliki kelebihan,kecakapan lebih dalam suatu bidang kepemimpinan atau seorang pribadi yang melakukan aktivitas-aktivitasnya.
    KESIMPULAN
    Dalam proses pembelajaran filsafat ilmu administrasi saya mampu menguasai konsep teoritis filsafat administrasi dalam mata kuliah ini telah diberikan kepada saya dalam konsep diatas saya dapat menyimpulkan konsep-konsepnya dalam hal ini pembelajaran saat mendalami atas sesuatu yang benar dalam kata lain filsafat adalah berarti gemar, kata lain cinta filsafat pengetahuan yang mencapai pengetahuan atau kebenaran filsafat itu juga merupakan pemikiran yang dalam, yang pada akhirnya diperoleh dalam konsep saya memahami konsep filsafat administrasi.
    .

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus