Rabu, 04 Juli 2012

Materi 41, Pengembangan Organisasi, Tipologi Konsultan


 41 Tipologi Konsultan

Konsultan Pengembangan Organisasi (PO) adalah seseorang atau sekelompok orang yang memprakarsai, mendorong dan memperlancar jalannya program perubahan yang bias saja berasal dari dalam organisasi sendiri, akan tetapi mungkin juga dari luar.

Dalam melaksanakan tugasnya konsultan menggunakan aneka ragam ketrampilan dalam melakukan intervensi yang dianggapnya paling tepat, seperti misalnya dalam pengembangan kerjasama tim dan dalam hal melakukan transformasi organisasi.

Dapat dipastikan bahwa consultan menggunakan berbagai gaya dalam membantu kliennya.

Berbagai factor mempengaruhi  gaya konsultan, seperti jenis ketrampilan dan teknik intervensi, nilai-nilai yang mereka bawa ke organisasi kliennya, cara-cara mereka melaksanakan tugas, orientasi yang mendominasi cara berpikirnya.

Mengenai yang terakhir ini seorang konsultan biasanya menggunakan orientasi tentang dua hal yang saling berkaitan, yaitu penekanan pada efektivitas atau pencapaian tujuan di satu pihak dan penekanan pada pemeliharaan hubungan yang serasi, semangat kerja dan kepuasan para pelaku di pihak lain.

Berdasarkan penelitian para ahli, tipologi gaya konsultan yang umum dikenal dewasa ini ialah:
1.      
             Gaya stabilisator;
2.       Gaya penggembira;
3.       Gaya seorang analisis;
4.       Gaya pembujuk;
5.       Gaya pandu;

Sumber:
Sondang P. Siagian, Teori Pengembangan Organisasi, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta, 1995, h. 40-41.

0 komentar:

Posting Komentar