Selasa, 17 Juli 2012

Tugas Pengantar Ilmu Pemerintahan

Pengantar Ilmu Pemerintahan

1.       “Manajemen pemerintahan yang baik dapat dilihat dari dua sisi, yaitu dari proses dan dari hasilnya..” (Laurence Lynn). Manajemen pemerintahan (public management) merupakan faktor utama dalam suatu administrasi publik. Dikatakan demikian karena ia merupakan instrument untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan dengan sarana dan prasarana yang ada, termasuk organisasi serta sumber dana dan sumber daya yang tersedia. (Sumber: Bun Yamin Ramto, Inovasi Kebijakan Publik sebagai Strategi Menghadapi Dinamika dan Global. (Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Ilmu Pemerintahan FISIP-UNPAD, 1997,hlm 14).
Pertanyaan:
a.        Apa makna public management pada konsep pertama tersebut ?
b.       Apa perbedaan dan persamaannya  dengan leadership ?
c.        Dapatkah dua peran tersebut difungsikan oleh satu orang dalam kompetensi pengembangan organisasi ?
d.       Apa tujuan utama instrument ini dibentuk, yaitu dalam organisasi besar seperti  pemerintah atau negara ?

2.       Manajemen pemerintahan yang baik juga pasti tercermin dari keterkaitan dan komitmen yang berwenang kepada kepentingan rakyat serta kesungguhan hati dan konsentrasi dari pihak eksekutif dengan penuh rasa tanggung jawab (responsibility) dan tanggung urai (accountability). Rakyat tidak rela melihat pemerintah sebagai “penguasa”, tetapi sebagai pelindung, pengayom (guides) dan pelayan (servents) bagi rakyat.  Karena itu fungsi manajemen pemerintahan tidak hanya mengatur (to regulate atau to govern) tetapi melayani (to serve) kepentingan publik dalam menjalin terciptanya keamanan dan kesejahteraan (security and prosperity). Sumber: Edi Siswandi, Birokrasi Masa Depan, Menuju Tata Kelola Pemerintahan Yang Efektif dan Prima, Mutiara Press, Bandung, 2012, hlm 56.
Pertanyaan:
a.        Berikan contoh dan jelaskan singkat keterkaitan dan komitmen menurut konsep tersebut ?
b.       Mengapa rakyat tidak rela bahwa pemerintah itu sebagai  penguasa ?
c.        Apa makna pemerintah bukan hanya to regulate atau to govern tetapi to serve ?

3.       Dalam konteks desentralisasi dan otonomi daerah, keberhasilan pemerintah (daerah) dilihat dari seberapa jauh kebutuhan nyata masyarakat dapat dipenuhi..(Tjahya Supriatna).  Secara fundamental, pemberian penyelenggaraan desentralisasi dan pemberian otonomi daerah dimaksudkan untuk mengoptimalkan fungsi pemerintahan. Menurut K.J. Davey, meliputi: Pemberian pelayanan, Fungsi  pengaturan, Fungsi pembangunan, Fungsi perwakilan, Fungsi koordinasi:
a.        Jelaskan singkat masing-masing fungsi tersebut !
b.       Fungsi apa yang paling fundamental, bila dikaitkan dengan kebutuhan nyata masyarakat, apa alasannya ?
c.        Jelaskan singkat, bilamana konsep tersebut di atas dikorelasikan dengan salah satu pendapat French & Raven, tentang Reward Power !  

Keterangan:
1.       Bagi yang telah memiliki blog, berikan informasi kepada kami alamat blog serta nomor HP saudara  guna untuk kepentingan tracer study.
2.       Berikan analisis Saudara minimal satu nomor pada blog dosen yang telah disediakan, terimakasih.

14 komentar:

  1. a. Apa makna public management pada konsep pertama tersebut ?
    Dilihat dari konsep dia atas memang secara sederhana public manajemen ditinjau dari segi peruses dan hasilnya karena itu merupakan sebuah factor utama dalam suatu administrasi publik. Karena memang tidak terlepas dari untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan dengan sarana dan prasana, juga termasuk sumber dana dan sumber daya yang tersedia. Yakni dalam teori ini kita memang dituntut untut selalu berperoses dan suatu saat kita akan memperoleh sebuah hasil yang kita harapkan. Itupun kita tidak terlepas dari aturan-aturan yang ada dan juga sarana prasarana, termasuk juga sumber dana dan sumber daya manusia.

    BalasHapus
  2. C. Dapatkah etika dan filsafat mampu meningkatkan efektivitas kepemimpinan ?
    Etika dan filsfat mampu menigkatkan efektivitas kepemimpinan apabila seorang pemimpin mampu “membaca” situasi yang dihadapi dan menyesuaikan gaya kepemimpinannya agar cocok dan mampu memenuhi tuntutan situasi tersebut. Kepemimpin yang berorientasi kepada bawahan ditandai oleh penekanan pada hubungan atasan-bawahan, perhatian pribadi pemimpin pada pemuasan kebutuhan bawahan serta menerima perbedaan kepribadian, kemampuan dan perilaku bawahannya.

    BalasHapus
  3. c. Apa makna Filsafat Kepemimpinan dalam Leadership yang harmonis ?
    seorang pemimpin adalah orang yang perila kunya dapat mempengaruhi atau menentukan perilaku anggota lain dalam kelompoknya. Dalam arti lain, pemimpin mampu mempertahankan motovasi para pengikutnya, jadi bukan hanya sekedar mempengaruhi sesaat saja.

    BalasHapus
  4. persamaan leadership dan manajeman ada pada peran mereka seperti dikemukakan oleh Mintzberg (antar pribadi, pemrosesan informasi, dan pengambilan keputusan) , namun ketrampilan yang diperlukan berbeda. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak orang yang beranggapan bahwa seorang manager sama dengan seorang pemimpin. Walaupun mereka memiliki persamaan yaitu sama-sama merupakan atasan bagi bawahannya (orang),mereka tidak sama dan mempunyai beberapa perbedaan.Pemimpin selalu dan hanya berhubungan dengan orang-orang atau para bawahan sedangkan manager tidak selalu berhubungan dengan orang tetapi juga bisa berhubungandengan waktu maka disebut managemen waktu, berhubungan dengan tujuan makadisebut managemen tujuan, dll.

    BalasHapus
  5. persamaan leadership dan manajeman ada pada peran mereka seperti dikemukakan oleh Mintzberg (antar pribadi, pemrosesan informasi, dan pengambilan keputusan) , namun ketrampilan yang diperlukan berbeda. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak orang yang beranggapan bahwa seorang manager sama dengan seorang pemimpin. Walaupun mereka memiliki persamaan yaitu sama-sama merupakan atasan bagi bawahannya (orang),mereka tidak sama dan mempunyai beberapa perbedaan.Pemimpin selalu dan hanya berhubungan dengan orang-orang atau para bawahan sedangkan manager tidak selalu berhubungan dengan orang tetapi juga bisa berhubungandengan waktu maka disebut managemen waktu, berhubungan dengan tujuan makadisebut managemen tujuan, dll.

    http://muhamadbahrululum.blogspot.com/

    BalasHapus
  6. b.Mengapa rakyat tidak rela bahwa pemerintah itu sebagai penguasa ?
    Karna pemerintah itu tugasnya untuk melayani,mendengarkan aspirasi rakyat dan berusaha memwujudkannya,sehingga tercipta kesejatraan rakyat.Dan jika pemerintah sebagai pengusaha maka dalam pemerintahannya akan slalu mementingkan dirinya sendiri dan membuat keputusan yang sepihak tanpa memperhatikan nasip rakyatnya.

    BalasHapus
  7. b.Apa perbedaan dan persamaannya dengan leadership ?
    Perbedaannya public manajemen, merupakan sebuah system kepemerintahan sedangkan leadhersip, merupakan alat yang bergerak didalam system

    Persamaannya Kedua-keduanya berperan dalam organisasi….. ada keterkaitan anatara pemimpin dan system… karena itu akan menjadi tolak ukur suatu organisasi.

    BalasHapus
  8. no 4 b
    karena masih banyak nya kita jumpai pembangunan pendidikan yang belum layak dan menunjang, baik itu jga didalam ataupun dliluar pendidikan. yang harus dibenahi etika dalam pemerintahan itu, kenapa semua ini bisa terrealisasikan apabila penggunaannya dengan baik dan tepat sasaran.
    kemungkinan besar akan menunjang SDM masyrakat indonesia.

    BalasHapus
  9. b. Perbedaannya : jika public manajemen, merupakan sebuah system pengaturan di dalamnya dan sifatnya sangatlah khusus.Jika ledhersip, merupakan pemahaman yang sangat meluas, sehingga apa bila kita berbicara masalah leadership maka juga manajemen public ikut serta di dalamnya.
    Persamaannya : semua sama-sama berada dalam garis organisasi dimana peran seorang peran seorang peminpin untuk memenej sangatlah berperan penting.

    BalasHapus
  10. saya akan mencoba menuangkan ide terkait pertanyaan nomor 3 (tiga) C:

    3. Dalam konteks desentralisasi dan otonomi daerah, keberhasilan pemerintah (daerah) dilihat dari seberapa jauh kebutuhan nyata masyarakat dapat dipenuhi. (Tjahya Supriatna). Secara fundamental, pemberian penyelenggaraan desentralisasi dan pemberian otonomi daerah dimaksudkan untuk mengoptimalkan fungsi pemerintahan. Menurut K.J. Davey, meliputi: Pemberian pelayanan, Fungsi pengaturan, Fungsi Pembangunan, Fungsi perwakilan, Fungsi koordinasi:
    c. Jelaskan singkat, bilamana konsep tersebut di atas dikorelasikan dengan salah satu pendapat French & Raven, tentang Reward Power!
    Menurut French dan Raven Reward Power( Kekuasaan Penghargaan) yaitu tipe kekuasaan memusatkan perhatian pada kemampuan untuk memberi ganjaran atau imbalan atas pelayanan atau kegiatan yang dilakukan orang lain. kekuasaaan ini akan terwujud melalui suatu kejadian atau situasi yang memungkin orang lain menemukan kepuasan.
    Contohnya: pemberian bonus kepada karyawan yang berhasil mencapai target yang telah ditentukan dalam suatu perusahaan.

    Bila konsep tersebut dikorelasikan dengan salah satu pendapat French & Raven, tentang Reward Power tersebut, ‘’dalam konteks desentralisasi dan otonomi daerah, keberhasilan pemerintah (daerah) dilihat dari seberapa jauh kebutuhan nyata masyarakat dapat dipenuhi dan pemberian penyelenggaraan desentralisasi dan pemberian otonomi daerah dimaksudkan untuk mengoptimalkan fungsi pemerintahan’’.
    Pemberian otonomi daerah awalnya bukan karena keberhasilan atas kegiatan yang dilakukan oleh suatu daerah, tetapi pemberian otonomi daerah merupakan hasil tuntutan dari masyarakat yang ada didaerah atas ketidakpuasan masyarakat di daerah terhadap kinerja pemerintah pusat yang tidak optimal (tidak demokratis dan adil). Sehingga pemerintah pusat memberlakukan desentralisasi dan otonomi daerah dengan maksud untuk mengoptimalkan fungsi pemerintahan yang efektif dan efisien dan demi persatuan dan kesatuan bangsa serta dalam rangka mempertahankan wilayah kesatuan Republik Indonesia.

    Join my blog: akasiusakangadilnegara.blogspot.com,,,,and http://blog.unitri.ac.id/akasius/?p=55
    ------->>>>>> semoga bermanfaat, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan terima kasih!!

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. 3. A. Jelaskan singkat masing-masing fungsi tersebut?
    • Pemberian pelayanan: Otoda dibentuk untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat di suatu daerah tertentu, yang sudah diberikan otonomi daerah. jadi tampa harus berurusan dengan pemerintahan pusat.

    • Fungsi pengaturan: bagaimana Otoda ini difungsikan untuk mengatur segala bentuk aktivitas daerah tampa campur tangan pemerintahan pusat.


    • Fungsi pembangunan: Otoda dibentuk untuk merancang segala bentuk planning untuk pembangunan daerah. Kerena sudah merupakan kompetinsi atau tanggung jawab otoda. Bagaimana pembangunan di suatu daerah dapat berjalan.

    • Fungsi perwakilan: otado sebagai kaki tangan pemerintah pusat atau perwakilan pemerintahan pusat. Jadi segala bentuk aktivitas yang dilakukan adalah atas nama pemerintah pusat, karena mewakili pemerintah pusat. Apabila sukses maka pemerintah pusat sukses, dan apabila gagal maka pemerintah pusat disebut gagal juga.


    • Fungsi koordinasi: Otoda sebagai perantara dari pemerintah pusat ke masyarakat ataupun dari masyarakat ke pemerintah pusat. Titk koordinasi antara masyarakat dan pemerintah pusat adalah otoda.

    B. Fungsi apa yang paling fundamental, bila dikaitkan dengan kebutuhan nyata masyarakat, apa alasannya?
    Yang paling fundamental adalah: Fungsi pembangunan .
    Alasannya, karena dalam membentuk otoda itu sendiri tujuannya adalah pembangunan. untuk membangun daerahnya sendiri. Masyarakat selalu membutuhkan pembangunan di daerahnya, dan ini dianggap necessary.
    C. Jelaskan dengan singkat apabila konsep tersebut di atas dikorelasikan dengan salah satu pendapat French & Raveb tentang Reward Power?
    Jika dikorelasikan dengan Reward Power maka akan setiap fungsi yang ada diatas tidak dapat berlajan dengan maksimal dan efektif.kerena setiap yang dilakukan ada imbalannya. Sehingga bisa menimbulkan bad government atau bad government.

    No hp: 082333546005.

    BalasHapus
  14. 3. a).Fungsi pemerintahan adalah:
     Fungsi pemberian pelayanan yaitu pemerintah menyediakan dan memenuhi setiap kebutuhan dari masyarakat.
     Fungsi pengaturanya itu pemerintah mengatur kehidupan masyarakat melalui aturan atau norma yang telah disepakati dan ditetapkan untuk ditaati agar kehidupan antar masyarakat menjadi dinamis dan harmonis.
     Fungsi pembangunan yaitu pemerintah membangun sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk menunjang kehidupan.
     Fungsi perwakilan yaitu pemerintah mewakili masyarakat untuk merumuskan dan menetapkan kebijakan.
     Fungsi koordinasi yaitu pemerintah mengarahkan dan peyeimbangan atau proses pengintegrasian tujuan-tujuan dan kegiatan dari masyarakat yang beraneka-ragam untuk mencapai tujuan bersama secara efisien.

    no hp :

    BalasHapus