Selasa, 17 Juli 2012

Tugas Etika dan Filsafat Kepemimpinan

Etika dan Filsafat Kepemimpinan






1. Dimana terdapat kelompok manusia, komunitas, jamaah, atau umat yang hidup bersama (bermasyarakat), di sana diperlukan adanya suatu bentuk kepemimpinan dan kepengurusan yang berfungsi mengatur dan mengurus jalannya kehidupan dan hubungan antar manusia agar dinamis dan harmonis. Sumber: Rachmat Ramadhana al-Banjari, Prophetic Leadership, Diva Press, Jogjakarta, 2008, hlm 16.


Pertanyaan:


a. Apa makna fungsi Leadership mengatur kehidupan agar harmonis ?


b. Jelaskan singkat fungsi Etika dalam Leadership dan Followership ?


c. Apa makna Filsafat Kepemimpinan dalam Leadership yang harmonis ?






2. Kepemimpinan berarti membuat orang menyukai hal-hal yang tidak menyenangkan. “Kepemimpinan adalah kemampuan untuk membuat orang mengerjakan hal yang tidak mereka sukai, dan menyukainya” (Harry Truman).


Pertanyaan:


a. Bagaimana etika kepemimpinan agar orang menyukai kepemimpinan kita ?


b. Bagaimana peran Filsafat Kepemimpinan membuat Followership menyukai Leadership ?


c. Dapatkah etika dan filsafat mampu meningkatkan efektivitas kepemimpinan ?






3. Kepemimpinan yang dibagikan adalah kepemimpinan yang berlipat ganda “Tidak seorangpun dapat menjadi seorang pemimpin besar jika ingin melakukan segalanya sendiri, atau mendapatkan semua pujian” (Andrew Carnegie).


Pertanyaan:


a. Apa maksud kepemimpinan yang dibagikan ?


b. Apa dampak negatif pemimpin yang melakukan segalanya sendiri ?


c. Melalui konsep tersebut berikan makna bila dilihat dari kepemimpinan situasional ?






4. Visi adalah seni untuk melihat hal-hal yang tidak terlihat (Jonathan Swift). Fungsi kepemimpinan adalah untuk menghasilkan lebih banyak pemimpin, bukan lebih banyak pengikut” (Ralph Nader). Mengenal orang lain adalah kecerdasan, mengenal diri Anda adalah kebijakan sejati. Menguasai orang lain adalah kekuatan, menguasai diri Anda adalah kekuatan sejati (Lao Tsu).


Pertanyaan:


a. Anda ingin menjadi seorang pemimpin, Apa visi saudara saat ini ?


b. Bagaimana visi yang saudara buat tersebut diterjemahkan dalam misi ?


c. Dengan demikian saudara telah melakukan decision making, jelaskan singkat !






Keterangan:


1. Bagi yang telah memiliki blog, berikan informasi kepada kami alamat blog serta nomor HP saudara guna untuk kepentingan tracer study.


2. Berikan analisis Saudara minimal satu nomor pada blog dosen yang telah disediakan, terimakasih.

17 komentar:

  1. sebagai agen perubahan dan pembangunan / agent of change and development harus memiliki tanggung jawab,harus mampu membedakan mana yang salah dan mana yang benar, mana yang baik dan mana yang buruk atau slalu berpegang pada Etika Kepemimpinan serta etika dalam melayanan Publik untuk terus membangun bangsa ini, hingga akhirnya dia (calon leader) menjadi Bijaksana, yaitu baik untuk dirinya sendiri, baik untuk orang lain atau organisasi / masyarakat luas,

    BalasHapus
  2. Dari berbagai pemikiran dan kebudayaan, yang jelas dalam sebuah organisasi mempunyai banyak perpedaan sehingga tugas seorang peminpin sangatlah berat untuk mengharmoniskan hal tersebut. disitu peminpin haruslah bisa memenej segala konsep-konsep yang telah direncanakan bersama kepengurusan yang lainnya agar nantinya terdapat kerukunan semua anggota di dalamnya.

    BalasHapus
  3. Dalam hal ini lebih tertarik pada pemimpin yang ganda karena kenapa, seorang pemimpin tidak bisa dikatakan memipin bila rakus akan kepemimpinan yang orang bilang haus akan darah kekuasaan, namun sebagai cendekiawan tetap berfikir adanya sebuah etika yang harus dipegang teguh oleh pemimpin untuk menuju perubahan yang baik dan menjadi pemimpin yang berhasil

    BalasHapus
  4. Kepemimpinan adalah unsur yang tidak bisa dihindari dalam hidup ini. Sudah merupakan fitrah manusia untuk selalu membentuk sebuah kelompok, komunitas atau jamaah. Dan dalam sebuah komunitas selalu dibutuhkan seorang pemimpin. Pemimpin adalah orang yang dijadikan rujukan di dalam komunitas tersebut. Pemimpin adalah orang yang memberikan visi dan tujuan.Dalam suatu kelompok katakanlah organisasi, sehingga dengan akuntabilitasnya seorang peminpin dalam kepeminpinannya (leadership) diharapkan bisa mempengaruhi komunitas dengan mensejahterakan komunitas hingga terjalin hubungan yang harmonis

    BalasHapus
  5. Pemimpin yang berdasarkan Nilai- Nilai akan memunculkan tingkat kepercayaan yang tinggi dan rasa hormat dari bawahan.

    Hal ini tejadi karena pemimpin tidak saja menyatakan dengan KATA,melainkan menunjukan KEBERANIAN,KEYAKINAN,dan PENGORBANAN yang dilakuan pemimpin untuk mempertahankan Nilai-nilai yang di yakini.

    Ketika pemimpin mau berkorban secara priadi untuk nilai- nilai moral yang diyakini, maka bawahan akan bersedia pula untuk melakukan halyang sama.

    BalasHapus
  6. Pada umunya, semua orang menginginkan mempunyai pemimpin yang baik, begitu juga sebaliknya, pemimpin menginginkan anggotanya yang baik, disiplin, dan taat. Sehingga, pemimpin yang mempunyai etika kepemimpinan yang baik itu diharapkan dapat memotivasi, mengarahkan, dan mengawasi bawahannya dengan baik juga dalam tugas-tugas yang terstruktur agar terlaksana dengan baik serta dengan memberikan haknya secara insentif (reward sesuai kinerja).

    by. muhamadbahrululum.blogspot.com

    BalasHapus
  7. Sebagai calon leader yang saat ini mempersiapkan diri untuk masa depan, tentunya harus membenahi diri sendiri...dan tentunya simulai dari sekarang. sebagai calon pemimpin yang mempunyai mimpi dan cita-cita untuk menjadi agent of control, agent of change dan agent of development harus dimulai dari sekarang. dengan merintis berbagai cara dan jalan, sebagaimana yang muncul di pertayaan no 4.

    BalasHapus
  8. JAWABAN NO 1.BAGIAN :A
    Fungsi leadership mengatur kehidupan agar harmonis yaitu agar terciftanya keseimbangan ,keselarasan ,& keserasian antara leadher dalam kehidupan sehingga bias mencetak suatu leadership atau seorang pemimpin yang bertanggung jawab,dan menjadi pemimpin profesional yang bisa memahami lingkungan sekitar dalam kehidupan bermasyarakat dan berorganisasi.
    BAGIAN :B

    Kita tahu bahwa Etika itu merupakan pola perilaku atau kebiasaan yang baik dan dapat diterima oleh lingkungan, pergaulan seseorang atau sesuatu organisasi tertentu, pandangannya, seseorang dapat menilai apakah etika yang digunakan atau diterapkan itu bersifat baik atau buruk,jadi fungsi etika dalam leadership maupun followership untuk menata ,mengetahui suatu kebiasaan seorang leadership dan followership,dalam bekerja sama dalam suatu organisasi,atau dalam suatu lingkungan social masyrakat.

    BalasHapus
  9. JAWABAN NO 1 BAGIAN A ;
    1.Menghargai hasil kinerja anak buah. Dengan adanya rasa menghargai kepada anak buah, tentu menjadi suatu motivasi yang jitu dalam memacu semangat kerja mereka.
    2.Kesalahan pada anak buah merupakan tanggung jawab pemimpin.maksudnya adalah Ketika anak buah tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan tepat waktu tentu pemimpin harus mengambil alih.
    3.Mengajari tanpa henti dan tidak ragu memberikan ilmu.Pemimpin yang baik tentu memiliki skill yang bersifat “generalisasi”. Artinya pemimpin tersebut memiliki wawasan yang luas dalam aplikasi kerja sehari-hari.misalnya Ketika anak buah bingung untuk menyelesaikan tugasnya tentu pemimpin-nya akan menjadi sarana pengaduan.
    4.Peduli terhadap kepentingan dan kesibukan staff. Seringkali terdengar beberapa anak buah mengeluh terhadap pemimpinnya.inilah faktor yang akan menghancurkan rasa hormat dari staff. Berikan perhatian yang berkala dan teratur.
    5.Jadilah panutan dan tepat waktu. Kinerja staff akan mengacu pada pemimpinnya. contohnya Bila dalam bekerja terlihat rajin,sibuk,ulet dan keras tentu akan memberikan inspirasi bagi orang-orang sekitar anda untuk menirunya.
    6.Ceritakan masalah perusahaan yang layak diketahui anak buah. Anda sebagai pemimpin tentu terkadang dihadapkan dengan banyak sekali masalah perusahaan.
    7.Low profile. Tentu sesekali anda perlu menyempatkan diri untuk membuat hubungan sosial dengan anak buah anda.

    BalasHapus
  10. NAMA : ARMAN BAIKU MARAMBA MILLA
    NIM : 2012210013
    NO HP : 085231085226
    ALAMAT BLOK : arman.marambamilla@gmail.com

    1. a. Makna fungsi leadership mengatur kehidupan agar harmonis adalah berupa mengantarkan, mengelompokkan, memberi petunjuk, mendidik, membimbing dan sebagainya yang mana secara singkat menggerakkan 6M agar dimana bawahan (follower) mengikuti jejak pemimpin mencapai tujuan organisasi. Disini seorang leadership dapat mengatur segala apa yang dikehendaki dalam mencapai tujuan yang mana mampu menciptakan kesinambungan dengan kehidupan yang harmonis dalam organisasi terssebut.
    b. fungsi etika dalam leadership dan followership adalah dimana kita ketahui bersama bawah etika yang dimiliki seorang leader akan sangat berpengaruh terhadap followership (bawahan). Disini etika cenderung diartikan sikap perilaku seorang leader dalam memimpin bawahannya. Dan fungsi etika berpengaruh terhadap gaya kepemimpinan seorang leader yang akan diikuti bawahannya.
    c. makna filsafat kepemimpinan dalam leadership yang harmonis adalah dimana seorang pimpinan (leader) yang perilakunya baik dapat menentukan atau mempengaruhi perilaku bawahannya, maka seorang leader yang baik akan membuat kebijakan terhadap apa yang menjadi tujuan organisasi yang mana hal tersebut akan diikuti oleh bawahannya dengan baik pula. Hal ini menciptakan keterikatan yang erat antara leader dan followernya yang saling bertergantungan dalam mencapain tujuan organisasi.

    BalasHapus
  11. Nama : Kornelius Sumbi
    No Nim : 2012210040
    No Hp : 082333535326
    ALAMAT BOLG : SUMBIKORNELIUS@YAHOO.COM
    Dimana terdapat kelompok manusia, komunitas, jamaah, atau umat yang hidup bersama (bermasyarakat), di sana diperlukan adanya suatu bentuk kepemimpinan dan kepengurusan yang berfungsi mengatur dan mengurus jalannya kehidupan dan hubungan antar manusia agar dinamis dan harmonis. Sumber: Rachmat Ramadhana al-Banjari, Prophetic Leadership, Diva Press, Jogjakarta, 2008, hlm 16.

    Pertanyaan:
    a. Apa makna fungsi Leadership mengatur kehidupan agar harmonis ?
    b. Jelaskan singkat fungsi Etika dalam Leadership dan Followership ?
    c. Apa makna Filsafat Kepemimpinan dalam Leadership yang harmonis ?

    JAWABAN
    a). kita sebagai makhluk hidup yang bermasyarakat sudah sangat jelas guna untuk mengangkat/menunjuk seorang pemimpin dalam kehidupan kita. Seperti halnya ketua RT/RW, Camat, Gubernur, Bupati, dan yang sangat penting adalah pemimpin dalam keluarga kita. Karena benar, dengan adanya pemimpin maka jalan hidup baik dari hal tugas, keperluan kelangsungan hidup akan menjadi tertib teratur sesuai jalan yang sudah direncanakan secara baik dan sesuai musyawarah mufakat.
    b). Fungsi etika dalam leadership dan followership :
    Selain nilai-nilai yang harus dimiliki oleh seorang leadership dan fllowership , etika yang baik juga harus dimiliki. Etika adalah perilaku berstandar normatif berupa nilai-nilai moral, norma-norma, dan hal-hal yang baik-baik. Etika difungsikan sebagai penuntun dalam bersikap dan bertindak menjalankan kehidupan menuju ke tingkat keadaan yang lebih baik. Kepemimpinan beretika akan membuat suasana hubungan kerja dalam organisasi lebih nyaman dan terhindar dari konfli vertikal maupun konflik horisontal. Sebab, pelaku-pelaku organisasi menyadari keberadaan pedoman dan penuntun berupa prinsip-prinsip etika yang membatasi gerak bersikap dan bertindak. Adapun etika dalam kepemimpinan yakni :
    • Menjaga perasaan orang lain
    • Menghindari pemaksaan kehendak tetapi menghargai pendapat orang lain
    • Mengutamakan proses dialogis dalam memecahkan masalah,
    • Menanggapi suatu masalah dengan cepat, dan sesuai dengan keahlian (competence),
    • Menyadari kesalahan dan berusaha untuk memperbaiki (improving value),
    • Mengedepankan sikap jujur, disiplin, dan dapat dipercaya


    c. Dimana seorang pemimpin dalam memutuskan sesuatu Ia memikirkan dgn sungguh-sungguh dan mendalam tentang hakekat segala sesuatu dlm mengambil keputusan yang etis,sehingga keputusannya adil dan bijaksana. Kebijaksanaan memiliki makna lebih dari kepandaian atau kecerdasan. Pemimpin setiap saat dihadapkan kepada situasi yang rumit dan sulit untuk mengambil keputusan karena terdapat perbedaan kepentingan antar kelompok masyarakat dan mereka yang akan terkena dampak keputusannya

    BalasHapus
  12. NAMA : JONI

    NIM : 2012210036

    NO HP : 089629106285 / 082338048468

    Blog : johny.skd@gmail.com

    JAWABAN

    1. A. Jika dilihat dari uraian diatas, “fungsi leadership adalah mengatur dan mengurus jalannya kehidupan dan hubungan antar manusia agar dinamis dan harmonis”. Menurut saya maknanya adalah dengan adanya leadership (kepemimpinan) maka segala hubungan baik individu maupun kelompok atau organisasi tertentu diatur sedemikian rupa sehingga dapat meminimalkan adanya pertentangan atau penyelewengan antara individu, kelompok dan organisasi terkait, yang tentunya dengan aturan-aturan yang telah disepakati bersama dan sesuai dengan kaedah dan norma-norma yang berlaku dalam lingkungan tersebut.

    B. – Fungsi etika dalam leadership : Fungsinya adalah sebagai pedoman atau panutan dalam memimpin, sehingga seorang pemimpin tidak semena-mena terhadap pengikutnya atau bawahannya, tetapi menghargai hak dan kewajiban mereka selayaknya manusia.

    - Fungsi etika dalam followership : Fungsinya adalah agar follower sadar akan kedudukannya dalam suatu organisasi, sehingga mereka tidak berfikir untuk melakukan pemberontakan dan penyelewengan .

    Jadi keduanya dapat berjalan dengan beriringan dan harmonis sesuai dengan yang diharapkan.

    C. Jika dilihat dari definisi Filsafat (mencintai kebijaksaan), berarti makna filsafat dalam kepeminpinan adalah :

    - jika pemimpin hendak mengambil keputusan, harus dipertimbang dengan saksama dan bijaksana sehingga tidak ada yang merasa dirugikan, jika ada paling tidak persentasenya sangat kecil.

    - tidak semena-mena terhadap bawahan

    2. A. Dilihat dari definisi etika yang berarti “kebiasaan, adat, ahlak, cara berfikir atau kebiasaan”, menurut saya etika kepemimpinan agar orang menyukai kepemimpina kita adalah mejalankan atau memimpin sesuai denga aturan-aturan atau TUPOKSI kita sebagi seorang pemimpin, tidak otoriter, karena sekarang orang lebih suka pemimpin yang demokratis, jadi menurut saya untuk menjadi seorang pemimpin yang disenangi kita harus kenali dulu siapa follower kita dan harus bijaksana menghadapi mereka.

    B. seperti yang saya katakan pada jawan point A diatas, untuk menjadi leader yang disukai adalah seseorang pemimpin harus bijaksana, mengenal siapa followernya, tidak KKN, Diskriminasi, Intimidasi dalan segala hal. Jadi peran filsafat adalah mengatasi agar hal-hal tersebut tidak terjadi.

    C. menurut saya “IYA”

    Jika seorang leader dan follower bisa menyadari keberadaan etika dan filsafat, saya rasa hal tersebut bisa diwujudkan.

    3. A. Kepemimpina yang dibagikan menurut saya dalah seorang leader mengajak bawahannya untuk bekerjasana melakukan tugasnya masing-masing untuk mencapai tujuan yang diinginkan, saling membantu dan peduli satu sama lain.

    B. dampak negatifnya

    - tidak disukai sama follower

    - pasti followernya banyak yang mengundurkan diri

    - karena mengerjakan segalanya sendiri, tentu tugas yang dilakukan terasa sangat berat untuk diselesaikan.

    C. jika dilihat dari lahirnya seorang pemimpin situasional, yaitu pemimpin yang lahir dari situasi atau kondisi tertentu (terutama situasi genting), seorang bisa saja ditunjuk atau dipilih untuk memimpin karena memilikki kelebihan atau apa yang telah dilakukan bagi masyarakat tersebut.

    4. A. Arif, Bijaksana dan Sukses

    B. – No KKN, Diskriminasi, Intimidasi dalam mengambil keputusan

    - bekerja keras untuk mewujudkannya

    - Menjlin komunikasi yang baik dengan follower

    - pemimpin yang baik dalah peminpin dengan kualitas pribadi yang baik

    C. melihat situasi di daerah saya, saya ingin membangun daerah saya mulai dari diri saya, keluarga saya, lalu masyarakat di sana dengan meningkatkan kualita SDM nya.

    BalasHapus
  13. NAMA : MUHAMMAD HAMIDI
    PRODY : ADMINISTRASI NEGARA
    NIM : 2012210052
    NO HP : 087850571648
    JAWABAN NO 1. A,B & C
    BAGIAN :
    A. Fungsi leadership mengatur kehidupan agar harmonis yaitu agar terciptanya keseimbangan ,keselarasan ,& keserasian antara leadher dalam kehidupan sehingga bias mencetak suatu leadership atau seorang pemimpin yang bertanggung jawab,dan menjadi pemimpin profesional yang bisa memahami lingkungan sekitar dalam kehidupan bermasyarakat dan berorganisasi.
    Seperti halnya pemimpin dalam keluarga kita. Karena dengan adanya pemimpin maka jalan hidup baik dari hal tugas, keperluan kelangsungan hidup akan menjadi tertib teratur sesuai jalan yang sudah direncanakan secara baik dan sesuai musyawarah mufakat

    B. Kita tahu bahwa Etika itu merupakan pola perilaku atau kebiasaan yang baik dan dapat diterima oleh lingkungan, pergaulan seseorang atau sesuatu organisasi tertentu, pandangannya, seseorang dapat menilai apakah etika yang digunakan atau diterapkan itu bersifat baik atau buruk,jadi fungsi etika dalam leadership maupun followership untuk menata ,mengetahui suatu kebiasaan seorang leadership dan followership,dalam bekerja sama dalam suatu organisasi,atau dalam suatu lingkungan social masyrakat. Selain itu etikajuga Sebagai pedoman untuk menganalisis apa yang baik atau buruk dalam skenario tertentu menginginkan perubahan nyata yang mencerminkan tujuan bersaman

    C. filsafat kepemimpinan dalam leadership adalah Pemimpin memiliki bekal kepemimpinan yang sejak lahir sudah ada atau di pelajari organisasi, sehingga organisasi atau intitusi yang dipimpinnya dapat berperan serta secara maksimal melaksanakan tugas dan fungsinya, dalam mewujudkan upaya peningkatan kinerja aparatur atau pegawai yang ada untuk lebih kondusif, nyaman,aman,damai, berkualitas serta berdaya saing.


    BalasHapus
  14. Nama : Sesariu Gama
    NIM : 2012210075
    NO.HP : 082333535364
    Alamat Blog : Sesariusgama@gmail.com
    Tugas 1 . Etika dan Filsafat Kepemimpinan.
    1. Dimana terdapat kelompok manusia, komunitas, jamaah, atau umat yang hidup bersama (bermasyarakat), di sana diperlukan adanya suatu bentuk kepemimpinan dan kepengurusan yang berfungsi mengatur dan mengurus jalannya kehidupan dan hubungan antar manusia agar dinamis dan harmonis. Sumber: RachmatRamadhana al-Banjari, Prophetic Leadership, Diva Press, Jogjakarta, 2008, hlm 16.
    Pertanyaan:
    a) . Apa makna fungsi Leadership mengatur kehidupan agar harmonis adalah :
    Makna “fungsi leadership mengatur kehidupan agar harmonis” adalah ketika suatu kepemimpinan ada di suatu daerah tertentu maka akan didukung dengan adanya suatu norma atau aturan yang berlaku dan ditaati oleh masyarakat yang ada disekitarnya, sehingga hal ini dapat mendukung untuk bisa terciptanya kehidupan yang harmonis.

    b) . Jelaskan singkat fungsi Etika dalam Leadership dan Followership ?
    fungsi etika dalam leadership dan followership adalah dimana kita ketahui bersama bawah etika yang dimiliki seorang leader akan sangat berpengaruh terhadap followership (bawahan). Disini etika cenderung diartikan sikap perilaku seorang leader dalam memimpin bawahannya. Dan fungsi etika berpengaruh terhadap gaya kepemimpinan seorang leader yang akan diikuti bawahannya.
    c) . Apa makna Filsafat Kepemimpinan dalam Leadership yang harmonis ?).
    Dimana seorang pimpinan (leader) yang perilakunya baik dapat menentukan atau mempengaruhi perilaku bawahannya, maka seorang leader yang baik akan membuat kebijakan terhadap apa yang menjadi tujuan organisasi yang mana hal tersebut akan diikuti oleh bawahannya dengan baik pula. Hal ini menciptakan keterikatan yang erat antara leader dan followernya yang saling bertergantungan dalam mencapain tujuan organisasi.

    BalasHapus
  15. NAMA:DESIYANI NATHALIA YAKU NDANGA
    NIM:2012210018
    MK:ETIKA DAN FILSAFAT KEPEMIMPINAN
    NO HP:085335855492


    a. Apa makna fungsi Leadership mengatur kehidupan agar harmonis ?
    Makna fungsi leadership mengatur kehidupan agar harmonis yaitu dalam suatu kelompok atau organisasi tentu diperlukannya seorang pemimpin,fungsi pemimpin itu untuk membentuk kelompoknya agar dapat terus menjalin atau membangun hubungan yang harmonis dengan anggotanya dan organisasi atau kelompok lainnya.

    b. Jelaskan singkat fungsi Etika dalam Leadership dan Followership ?
    Fungsi etika dalam leadership dan followership yaitu agar pemimpin dan bawahannya dapat terus menjalin hubungan yang baik demi terciptanya suatu organisasi yang baik dan dapat mencapai tujuan organisasinya secara bersama-sama antara leadership dan followership.

    c. Apa makna Filsafat Kepemimpinan dalam Leadership yang harmonis ?
    Makna filsafat kepemimpinan dalam leadership yang harmonis yaitu filsafat kepemimpinan dapat menjadi pedoman bagi pemimpin untuk bagaimana seorang pemimpin itu mampu menempatkan posisinya dengan baik sebagai seorang pemimpin,dan dapat mempertanggung jawabkan setiap keputusannya kepada bawahan atau organisasinya,agar segala sesuatunya tetap berjalan dengan baik dan harmonis.

    BalasHapus
  16. NAMA : ARNOLDUS YANSEN KUROUMANG
    NIM : 2013210132
    PRODI : ADMINISTRASI NEGARA
    FAKULTAS : ILMU SOSIAL DAN POLITIK
    TUGAS : ETIKA DAN FILSAFAT KEPEMIMPINAN

    1. a. Fungsi seorang pemimpin dalam mengatur khidupan yang harmonis adalah
    • harus bersikap netral dalam menyelesaikan persoalan dan memutuskan suatu maslah artinya pemimpi tidak boleh memihak dan menganak emaskan seseorang dalam kondisi apapun karena dengan ketidak seimbangan itu akan menyebapkan gep atau mensciptakn masalah antar bahahan dengan bahan dan juga pemimpin dengan bawahanj.
    • Jujur dan terbuka pada semua kariawan artinya apapun yang terjadi dalam suatu organisasi atau perusahaan harus ada kerterbukaan atasan dengan bawahanya sehinga tidak terjadi kesala pahaman dan kecurigaan yg mnyebapkan ketidak harmonisan dalam kegitan tersebut.
    b. fungsi etika dalam leadershib dan followership
    fungsi etika dalam ledershib yaitu seorang pemimpin harus mempunyai etika dalam diri seorang pemimpin. Karena etika adalah nilai dan norma moral yang menentukan perilaku manusia dalam hidupnya. Dalam kepemimpinan dan pengikutnya mempunyai hubungan timbal balik karena mnyangkut atasan dan bawahan.jadi kalau ada seorang pemimpin yang etikanya kurang bagus itu menunjykan kualitas rakyat atau kariawan yang memilihnya juga tidak bagus.karena pemimpin di pilih oleh pengikutnya atau kariawanya atau juga rakyatnya jdi kalu pemimpin mata duitan dan bejat orangnya berarti yg memilih juga seperti itu karena saling berkaitan.
    c. Kepemimpinan adalah sesuatu yang muncul dari dalam dan merupakan buah dari keputusan seseorang untuk mau menjadi pemimpin, baik bagi dirinya sendiri, bagi keluarganya, bagi lingkungan pekerjaannya, maupun bagi lingkungan sosial. Di dalam Alkitab peminipin harus mempunya sifat dasar :
    Bertanggung jawab, Berorientasi pada sasaran, Tegas, Cakap, Bertumbuh, Memberi Teladan, Dapat membangkitkan semangat, Jujur, Setia, Murah hati, Rendah hati, Efisien, Memperhatikan, Mampu berkomunikasi, Dapat mempersatukan, serta Dapat mengajak.dengan defenisi –defenisi di atas maka makna filsafat kepemimpinan dalam leadership yang harmoni adalah mencipkan keluarga yang hidupnya aman damai dan tentram di dalam keluarga ,masyarakat ,agama dan pemerintahan,sehinga masyarakat dapat hidup sesuai dengan keinginanya masing-masing
    Arnoldusy3@gmail.com

    BalasHapus