Selasa, 17 Juli 2012

Tugas Pengembangan Organisasi

Pengembangan Organisasi
  
1. Saya habis-habisan untuk kemajuan, perubahanlah yang tidak saya sukai (Mark Twain).  Inti dari kepemimpinan adalah memulai perubahan dan membuatnya terasa seperti kemajuan. (Yudelowitz, Koch, Field: Smart Leadership, Media Komputindo, Gramedia, Jakarta, 2004, hlm 1).

Pertanyaan:
a. Bagaimana mensikapi suatu perubahan pada diri sendiri dan organisasi / pengembangan organisasi, bilamana dikorelasikan dengan dua pendapat French & Raven yaitu legitimate power dan reward power  ? 
b.  Apa hubungan kepemimpinan dengan organizational change dilihat dari pendekatan decision making? 
c. Bilamana saudara menempatkan diri sebagai agent of change and development pada persoalan kebijakan ekonomi kerakyatan, filosofi perubahan apa yang bijaksana ?

2. Organization development and change, adalah bagian dari agenda  re-inventing government – good governance. Dan Pengembangan organisasi tidak dapat dilepaskan dengan perilaku organisasi. Perilaku organisasi bersangkut paut dengan seperangkat konsep  dasar di sekitar hakekat manusia  dan organisasi. Dalam kaitannya dengan manusia, baik sebagai individu maupun kelompok, mempunyai karakteristik-karakteristik seperti kemampuan, kepercayaan, pribadi, pengharapan, kebutuhan dan pengalaman masa lainnya. (Miftah Toha, Perspektif perilaku Birokrasi, Jakarta, CV Rajawali, 1987,hlm 186.)
Pertanyaan:
a.   Jelaskan singkat  makna konsep tersebut di atas, sesuai dengan kompetensi saudara, sehingga mampu menyelesaikan development syndrome  ?
b.       Bermakna juga dengan konsep tersebut bila dikorelasikan dengan pemilu DKI atau menjamurnya Mini Market, analisis kritis dari sisi positif maupun negatifnya melalui pendekatan pengembangan organisasi !
c.    Pada akhirnya organizational change & development merupakan conditio sine quanon, kepemimpinan stratejik apa yang dapat diterapkan untuk mengoptimalkan capaian ?
Keterangan:
1. Bagi yang telah memiliki blog, berikan informasi kepada kami alamat blog serta nomor HP saudara guna untuk kepentingan tracer study.
2. Berikan analisis Saudara minimal satu nomor pada blog dosen yang telah disediakan, terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar