Kamis, 09 Mei 2013

Apakah Self-Leadership itu ?



Apakah Self-Leadership itu ?

Self-Leadership adalah perluasan strategi yang difokuskan pada  perilaku pola pikir dan perasaan yang digunakan untuk mempengaruhi  atas diri sendiri.
Self- Leadership adalah apa yang orang lakukan untuk memimpin mereka sendiri.
Dalam beberapa hal Self-Leadership juga dapat dianggap sebagai bentuk dari kepengikutan  atau mungkin lebih tepatnya Leadership focus pada diri sendiri yang mampu membatasi kembali kepengikutan tradisional.
Jika mereka diberi otonomi dan tanggung jawab untuk mengontrol hidup mereka sendiri, apakah kekhususan yang dilakukan para pengikut yang menjadi Self-Leader untuk menghadapi tantangan dengan cara yang bertanggung jawab ?
Kita mendengar karyawan yang mengeluh, “Mereka berkata bahwa mereka menginginkan kita untuk diberdayakan disini”.
Makanya sekarang saya minta diberdayakan.
Saya tidak mengerti apa artinya itu.
Apakah saya melakukan sesuatu yang berbeda ?
Dalam jawabannya, self-leadership menyampaikan seperangkat petunjuk tentang bagaimana seorang karyawan dapat bertanggung jawab mengatasi tentang yang dikuasakan kepadanya.
Yang berarti bahwa setiap orang adalah pemimpin yang akan bertanggung jawab sesuasi yang dibebankannya.
Rasulullah bersabda “Setiap kalian adalah pemimpin dan karenanya akan diminta pertanggungjawaban tentang kepemimpinannya”.
Mengembangkan setiap orang menjadi Self-Leadership yang efektif adalah tantangan yang menarik dan berat.
Pemimpin yang melakukan ini disebut Superleader, suatu istilah yang digunakan manajer dan eksekutif yang bertanggung jawab pemimpin orang lain, khususnya karyawan langsung mereka.
Lebih spesifik, seorang Superleader adalah orang yang memimpin orang lain untuk memimpin diri mereka sendiri.
Superleader mendesain dan meletakkan system yang diikuti dan mengajar karyawan untuk menjadi self-leader.
Pendekatan tersebut terdiri dari perluasan perangkat perilaku, yang semuanya dimaksudkan untuk menjadikan pengikut mempunyai kemampuan perilaku dan kognitif yang penting untuk melatih self-leadership.
Superleader bertanya, “Apa yang akan dapat aku lakukan untuk memimpin orang lain agar mereka memimpin diri mereka sendiri ?”.
Sifat Rasulullah selalu memberikan inspirasi bagi umatnya, sabda Rasulullah: “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu” (QS. Al- Ahzab [33]: 21).

Sumber:
Veithzal Rivai, Deddy Mulyadi, 2010, Kepemimimpinan dan Perilaku Organisasi, Edisi Ketiga, Penerbit PT Rajagrafindo Persada, hlm. 58-59.




0 komentar:

Posting Komentar