Jumat, 10 Mei 2013

The Visionary Hero Leadership



The Visionary Hero Leadership

Hadis Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam, “Tidak boleh iri, kecuali kedua orang, yaitu lelaki yang diberi harta oleh Allah, lantas ia menguasainya sampai habis dalam kebenaran, dan orang lelaki yang diberi hikmah (kebijaksanaan) oleh Allah lantas mempraktikkan dan mengajarkannya”. (HR. Bukhari dan Muslim).
Pandangan terbaru yang sangat popular tentang leadership adalah pemimpin karismatik dan menarik yang memberikan inspirasi serta motivasi kepada orang lain.
Kita menyebut tipe ini Visionary Hero, tipe ini diberi cirri oleh kemampuan untuk menciptakan motivasi tinggi dan menyerap visi masa depan.
Pemimpin ini mempunyai kepastian untuk member energy kepada orang lain agar mengejar visi.
Sementara ada yang memandang tipe leadership ini merupakan istilah yang positif untuk member inspirasi kepada orang lain, kita kadang lupa bahwa kepemimpinan Visionary Hero utamanya adalah proses mempengaruhi dari atas ke bawah.
Pemimpin adalah sumber utama kebijakan dan perintah, dan cenderung menguasai sorot utama sementara pengikutnya menghilang menuju bayangan.
Kekuatan pemimpin berdasar pada kemampuan menimbulkan komitmen pada pengikutnya terhadap visi pemimpin.
Istilah lain yang digunakan untuk menggambarkan pemimpin ini adalah “transformational” dan “karismatik”.

Sumber:
Veithzal Rivai, Deddy Mulyadi, 2010, Kepemimimpinan dan Perilaku Organisasi, Edisi Ketiga, Penerbit PT Rajagrafindo Persada, hlm. 66-67.

0 komentar:

Posting Komentar