Minggu, 05 Mei 2013

Dasar Konseptual Kepemimpinan Perspektif Islam



Dasar Konseptual Kepemimpinan Perspektif Islam

Untuk memahami dasar konseptual dalam perspektif Islam paling tidak harus digunakan tiga pendekatan yaitu: pendekatan normative, historis, dan teoritik.

a.       Pendekatan Normatif
Dasar konseptual kepemimpinan Islam secara normative bersumber pada Al-Qur’an dan Hadis yang terbagi atas empat prinsip pokok yaitu:
1.       Prinsip tanggung jawab dalam organisasi.
2.       Prinsip etika tauhid.
3.       Prinsip keadilan.
4.       Prinsip kesederhanaan.

b.      Pendekatan Historis
Al-Qur’an begitu kaya dengan kisah-kisah umat masa lalu sebagai pelajaran dan bahan perenungan bagi umat yang akan datang.

Dengan pendekatan historis ini diharapkan akan lahir pemimpin-pemimpin Islam yang memiliki sifif sidiq, fathonah, amanah, dan lain sebagai syarat keberhasilannya dalam memimpin.

Kisah-kisah dalam Al-Qur’an, hadis, sirah nabawiyah, sirah shahabah telah membuat pesan-pesan moral yang tak ternilai harganya.

Dan sejarah yang obyektif akan bertutur dengan jujur tentang betapa rawannya hamba Allah yang bernama manusia ini untuk tergelincir ke dalam lautan dosa, tidak terkecuali seorang nabi sekalipun tetap bias tergelincir karena khilaf.

c.       Pendekatan Teoritik
Ideologi Islam adalah ideology yang terbuka.
Hal ini mengandung arti walaupun dasar-dasar konseptual yang ada di dalam bangunan ideology Islam sendiri sudah sempurna, namun Islam tidak menutup kesempatan mengkomunikasikan ide-ide dan pemikiran-pemikiran dari luar Islam selama pemikiran tersebut tidak bertentangan dengan Al-Qur’an dan Sunah Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasalam.

Sumber:
Veithzal Rivai, Deddy Mulyadi, 2010, Kepemimimpinan dan Perilaku Organisasi, Edisi Ketiga, Penerbit PT Rajagrafindo Persada, hlm. 10-12.


0 komentar:

Posting Komentar