Jumat, 03 Mei 2013

Kebenaran Etis

Kebenaran Etis

Kebenaran etis adalah kebenaran yang bersumber dari etika.
Etika mempelajari prinsip-prinsip dan tindakan moral.
Moral berkaitan dengan praktek-praktek dan kegiatan-kegiatan yang bersangkut paut dengan benar dan salah.
Jadi kebenaran etis adalah kebenaran yang berdasarkan prinsip-prinsip dan tindakan moral.
Dengan berpedoman pada kebenaran etis ini kita dapat menentukan apakah suatu tindakan benar atau salah dan mengapa tindakan-tindakan itu dianggap benar atau salah.
Kebenaran Etis menurut pada filsuf meliputi kejujuran, keberanian, dapat dipercaya, keramah tamahan, keadilan dan dapat diandalkan, dengan titik sentral keadilan dan keinginan untuk berbuat baik.
Untuk dapat menentukan apakah suatu tindakan benar atau salah, kita harus memiliki kepekaan yang kuat terhadap nilai-nilai etis tersebut di atas.
Kepekaan sebenarnya merupakan ketrampilan, dan ketrampilan atau kepekaan dapat menjadi kuat apabila dipraktekkkan.
Ole karena itu nilai-nilai etis tersebut di atas harus dipraktekkan oleh semua orang sedangkan para administrator public dan tenaga-tenaga professional lainnya harus mengaplikasikannya dalam situasi situasi spesifik yang mereka hadapi selama menjalankan tugas.
Sebagai contoh kebenaran Etis dan Non Etis.
Apabila seorang pejabat telah menyatakan janji, baik tertulis ataupun lisan ska secara etis pejabat harus memenuhinya, sebaliknya apabila ia tidak memenuhi janjinya dapat dianggap tidak dapat dipercaya atau tidak etis (non-etis).
Begitu pula apabila seorang pegawai yang oleh atasannya diperintahkan untuk mengganti uang penegaluaran dinas yang jumlahnya sudah dibengkakkan (tidak sesuai dengan kenyataannya).
Sebagai bawahan mungkin akan ikut perintah atasan tersebut, walaupun kata hatinya tidak benar, maka disini sebagai bawahan dituntut suatu keberanian untuk mengatakan kebenaran bahwa tindakan tersebut salah atau / tidak etis (non etis).
Sumber:
Kridawati Sadhana, 2012, Etika Birokrasi Dalam Pelayanan Publik, Penerbit CV. Citra Malang, hlm. 38-39

0 komentar:

Posting Komentar