Minggu, 12 Mei 2013

Etika Kepemimpinan Nasional



Etika Kepemimpinan Nasional

Etika berasal dari bahasa yunani ETHOS, bentuk jamaknya TA ETHA. Dalam bentuk tunggal ethos berarti tempat tinggal yang biasa, padang rumput, kandang, kebiasaan, adat, akhlak, watak, perasaan, sikap, cara berpikir.Adapun dalam bentuk jamak ta etha berarti adat kebiasaan arti terakhir inilah yang menjadi latar belakang terbentuknya istilah etika. Etika adalah refleksi dari moral, yang merupakan hasil pemikiran atau ilmu tentang hubungan manusia dengan sesama manusia lainnya, termasuk dengan alam lingkungannya.Etika 

Kepemimpinan berhimpitan dengan moral kepemimpinan yang berdasarkan pancasila. Etika kepemimpinan merupakan kelanjutan dari moral kepemimpinan, karenanya etika kepemimpinan merupakan aktualisasi nilai-nilai instrumental pancasila yang terpatri dalam UUD 1945.Nilai-nilai instrumental yang menjadi muatan UUD 1945 sebagai landasan konstitusional berbangsa dan bernegara adalah instrument keorganisasian, kelembagaan, kekuasaan dan kebijaksanaan pemerintah.Selanjutnya, keempat instrument tersebut sekaligus merupakan instrument dalam pemerintahan negara dan menjadi ruang gerak etika pimpinan nasional.

Etika Pimpinan Nasional pada hakekatnya dapat di kategorikan dalam 4 macam, yaitu :
a.       Etika Keorganisasian
Ruang gerak kepemimpinan nasional terbatas pada aturan keorganisasian.
b.      Etika Kelembagaan
Gerak dinamika kepemimpinan nasional haruslah senantiasa melembaga, dan kelembagaan pemerintah perlu akomodatif terhadap perkembangan lingkungan strategis.
c.       Etika kekuasaan
Etika kekuasaan menghendaki adanya keterbatasan penggunaan kekuasaan dan menghindari penyalahgunaan kewenangan.
d.      Etika Kebijaksanaan
Etika kebijaksanaan identik dengan perilaku kepemimpinan nasional yang mengutamakan keterbukaan, kreatifitas, dan inisiatif serta kosistensi.

Sumber:
Sujatno, Adi, 2004, Moral dan Etika Kepemimpinan ,Direktorat Jenderal Permasyarakatan Departemen Hukum dan HAM RI, Jakarta, hlm. 23-25

Diadopsi dari tugas Aprilian Dwi Sulistyo, 2012210010, Alamat asal Dsn.Madurejo-Dampit, Kab.Malang, No.Hp 085646562444                                                          

0 komentar:

Posting Komentar