Jumat, 10 April 2015

MK Keputusan Tugas 1



MK. KEPUTUSAN TUGAS 1 

Saudara dicetak menjadi “agent of change and development” dengan kompetensi: leadership, decision maker, public service, politic, gender, HAM dan pembangunan. 

1.       Apa dan bagaimana upaya-upaya Saudara dalam mendapatkan kompetensi tersebut ?
2.       Apa faktor pendukung keberhasilan dan hambatannya ?
3.       Apa dampak yang dirasakan/diperoleh saat ini, bila dilihat dari pendekatan decision cooperation?

Keterangan:
1.       Hasil jawaban nomor 1sd.3 diemail ke sugengrusmiwari@yahoo.co.id dengan kode MK Keputusan Tugas 1. Nama……… dst;
2.       Khusus jawaban nomor 3 disusun lagi bentuk abstrak dan dimasukkan pada komentar blogg ini
3.       Terimakasih.

73 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. NAMA : DIOMEDES YASON

    Dampak yang dirasakan diperoleh saat ini yaitu; ilmu dan pengetahuan. Pengambilan keputusan merupakan hal yang tidak pernah lepas dari kehidupan manusia, baik pengambilan keputusan untuk masalah sederhana sampai masalah yang kompleks. Permasalahan dalam pengambilan keputusan begitu banyak sehingga harus diputuskan degan melihat beberapa kriteria, ketika kita sudah berkecimpung didunia kerja nantinya, pasti kita lah yang diharapkan untuk dapat menjadi agen perubahan dan pembangunan /agent of change deplovment didaerah kita masing-masing atau dimana pun tempat kita bekerja, Dengan membawa/berbagi ilmu dan pengetahuan yang kita dapat dari perguruan tinggi. Nilai baik nya proses pengambilan keputusan itu adalah terletak pada proses pengambilan keputusan yang menghasilkan keputusan yang terbaik untuk tujuan yang dimasa akan datang, sehingga menjadi suatu tujuan yang diinginkan bersama oleh organisasi tersebut.

    BalasHapus

  3. Nama: Markurius Tamu Ama
    Nim : 2013210063

    Dampak yang dirasakan sampai saat ini adalah dimana kami sebagai mahasiswa yang dibentuk menjadi pemimpin untuk menjadi agen perubahan di kalangan masyarakat yaitu: pengetahuan atau modal yang merupakan senjata bagi kami yang selama ini kami dapatkan dan kompotensi yang kami peroleh sehingga demikian suatu ketika kami akan kembali pada daerah kami masing masing disitu pula kami akan mengimplementasikan pengetahuan yang kami dapatkan itu dan juga kami sebagai agent of change and development harus mampu bekerja sama dengan pihak pihak lainnya yang mempunyai kepentingan dalam membangun atau demi kesejahteraan masyarakat dalam suatu wilayah tersebut.

    BalasHapus
  4. Nama : Desi Nia Lika
    Nim : 2013210029

    Apabila dilihat dari pendekatan decision cooperation maka dampak yang diperoleh atau yang dirasakan saat ini adalah mulai terbentuknya karakter pemimpin dalam diri setiap orang dan sudah mulai terlihat adanya suatu perubahan bertahap yang telah dilakukan selama inibaik itu di bidang ilmu pengetahuan, pembangunan maupun dalam hal lain disekitar lingkungan dan hal ini juga tentunya didukung oleh kerjasama antar semua pihak terkait demi terwujudnya suatu perubahan dan pembangunan masa depan.
    Selain itu melalui pengetahuan yang terus dikembangkan dalam kompetensi-kompetensi di atas dan kemudian di tunjang dengan berbagai bentuk pengimplementasian yang akan datang, maka kita juga akan bisa menciptakan berbagai perubahan untuk pembangunan masa depan.

    BalasHapus
  5. 3. Dampak yang dirasakan dari pendekatan decision cooperation adalah banyaknya ilmu yang di dapat di kampus dan buku-buku dan serta bagaimana mengimplementasikannya/mempraktikannya di organisasi .Sehingga tahu bagaiman bekerja sama dengan berbagai orang dan pihak agar bisa mengambil kebijakan yang tepat. Serta tahu bagaiman bekerja sama dalam team dan menjaga kekompakan dalam berorgansi untuk bersama-sama mencapai tujuan .Dalam pendekatan ini akan terlihat karakter-karakter individu seperti karakter kepemimpinan. Jika tujuan team ini terlaksana maka akan terlihat hasilnya seperti adanya kemajuan dan pembangunan baik dari ilmu pengetahuan maupun secara kemajuan sosial dilingkungannya. Selain belajar menjadi seorang pemimpin didalam organisasi juga akan ada bagaimana cara mengambil keputusan yang baik dan benar,memberikan pelayanan yang baik kepada anggota dengan mefasilitasi dengan banyaknya kegiatan yang dibutuhkan,berpolitik serta bagaimana cara memabngun dan memajukan organisasi dan lingkungannya.

    BalasHapus
  6. Apabila dampak yang dirasakan saat ini adalah memperoleh ilmu,karakter seorang pemimpin,di mana seorang pemimpin mengambil suatu kebijakan dan keputusan yang baik,karena dalam setiap pemimpin mengambil keputusan yang bijak, untuk dijalankan dalam hidupnya setiap detiknya, keputusan diambil karena terdapat banyak pilihan atau lebih dari satu, oleh karena itu setiap peimpin harus memutuskan, lain halnya dengan situasi yang tidak dapat memilih dimana ia dihadapkan dengan kondisi dimana ia tidak bisa memilih. Ini tidak dapat dikatakan mengambil keputusan melainkan dapat dikatakan sebagai pasrah dan pengambilan keputusan terdapat proses-proses, proses pengambilan keputusan antara perorangan dan organisasi.

    BalasHapus
  7. Kerjasama merupakan hal yang tidak dapat dihindari pada setiap pekerjaan. Saat pekerjaan dilakukan dengan kerjasama maka segalanya akan menjadi lebih mudah hal itu karena saat melakukan kerja sama setiap orang mengeluarkan pendapat dan dari setiap pendapat yang ada jika diganbungkan akan meningbulkan suatu ide. Saat kompetensi-kompetensi yang ada sudah diraih maka tidak mungkin hanya salah seorang yang menguasai maka tentu diperlukan kerjasama agar setiap pemikiran, pendapat yang ada dan masing-masing menguasai dapat digabungkan dan menjadi suatu idea tau suatu hasil kerja yang optimal. Dan juga dapat menjadi suatu ilmu yang dapat diterapkan atau dibagikan. Setiap pemikiran yang dihasilkan tentu dapat dijadikan acuan dan dapat menjadi pengetahuan baru, dan setiap pengetahuan tentu akan dihargai dan di terima.

    BalasHapus
  8. Dampak yang dirasakan saat ini jika diliha dari decision cooperation yang mana kita manusia harus bisa mengambil sebuah keputusan yang selalu adanya kerjasama, baik itu dalam sebuah ranah yang kecil maupun besar, dan dampak yang benar-benar dirasakan adalah dalam pengambilan sebuah keputusan yang tidak sembarangan dengan menekankan kerjasama serta tanggungjawab supaya beretika dan berfilsafat, dan dalam hal tersebut diatas kita juga harus keritis dalam sebuah pengambilan keputusan tersebut dan selalu mengedepankan kerjasama antara anggota agar organisasi tersebut maju. Dampaknya saat ini adalah dimana kerjasama yang baik antara mahasiswa dalam pengambilan sebuah keputusan didalam kelas dengan mengedepankan kerjasama dan adanya ketertiban dalam kelas, munkin itu contoh kecilnya dalam ranah kelas dan lain-lain.

    BalasHapus
  9. NAMA : Susandra
    NIM : 2013210100

    3. Sebagai mahasiswa administrasi negara tentunya saya dicetak menjadi agent of change and development, maka dapak yang saya rasakan saat ini adalah bila ada suatu keputusan yang harus di putuskan secara cepat, misalnya dalam suatu organisasi lagi mempunyai masalah yang serius maka harus di putusakan secara cepat,
    Dan keputusan proses dinamis, proses keputusan yang mencakup perbuatan pilihan strategis menghasilkan keputusan yang baik dalam organisasi, dan di dalam menjalini organisasi atau pekerjaan lainnya tentu kita tidak bisa berkerja sendri untuk menjalani sendri perlu nya kita bantuan orang lain yang berarti berkerjasama atau kelompok dalam mencapaikan suatu tujuaan atau yang kita kehendaki, tanpa nya ada dari berkerja sama kita tidak bisa sendiri mencapai tujuan. Lalu kita akan mudahnya mencapai peroleh yang kita inginkan dan sebagi agent of change kita harus bisa memimpin rekan-rekan atau kelopok-kelok kita dalam suatu keputusan yang baik dan efisen.

    BalasHapus
  10. Apa bila kita lihat dari pendekatan decision cooperation maka kita pada dasarnya adalah sebagai agen of change,maka dari itu kita harus meiliki keputusan yang kuat agar yang sudah kita rasakan saat ini dapat terlihat hasilnya,dan memiliki kompetensi yang sangat memiliki skill,sehingga apa yang dituju akan dapat tercapai dengan baik.Dalam hal tersebut tentunya harus memilik proses yang sangat lama untuk mencapainya.

    BalasHapus
  11. NAMA : YUPITA
    NIM : 2013210120
    PRODI : ILMU ADMINISTRASI NEGARA
    MK : PROSES DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN



    Dampak yang dirasakan dengan pendekatan decision cooperasition diperoleh adalah dimana manusia dalam pelayanan publik dan kebijakan publik selalu melakukan atau adanya kerja sama dalam suatu organisasi atau kegiatan yang akan dilakukan seorang pemimpin. Seorang pemimpin harus melakukan kerjasama dalam menjalankan suatu kagiatan agar kegiatan yang dilakukan berjalan dengan baik. kerjasama dalam suatu organisasi akan membawakan perubahan dalam pemerintahan. Seorang pemimpin harus mempunyai tanggung jawab yang sangat besar dalam melakukannya kerjasama dengan pemerintah. Begitu juga dengan adanya kejujuran dalam diri pemimpin akan membawa kan suatu perubahan yang baik, prilaku dan sikap manusia akan sangat berpengaruh terhadap kerjasama yang dilakukan untuk mewujudkan suatu kegiatan atau organisasi yang dilakukan dalam suatu ranah pekerjaan. Oleh sebab itu utamakan kerjasama untuk melangakah agar suatu pemerintah bisa berjalan dengan apa yang diinginkan oleh masyarakat indonesia.

    BalasHapus
  12. Nama : Yupensia Rosalia
    Nim : 2013210119
    Prodi : Ilmu Administrasi Negara
    Fakultas : Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik


    3. Dampak yang diperoleh saat ini yang pendekatan dengan decision cooperation adalah Dalam pengambilan suatu keputusan seorang pemimpin tidak mudah atau sembarang dalam memutuskan suatu keputusan, seorang pemimpin akan berpikir berulang kali untuk melakukan keputusan dalam pengambilan keputusan tersebut, seorang pemimpin akan melakukan kerja sama dengan suatu organisasi atau kelompok nya sehingga bisa mengambil suatu keputusan secara bersama sehingga tidak ada keputusan yang disepakati bersama ditolak atau dicomplaint kembali oleh rekan kerja atau bawahannya karena sebuah keputusan tersebut sudah diputuskan bersama. kerjasama yang baik itu sangatlah penting dalam suatu organisasi atau kelompok antara pemimpin dan bawahannya dalam pengambilan sebuah keputusan didalam organisasi dengan mengedepankan kerjasama dan adanya ketertiban dalam organisasi, munkin itu contoh kecilnya dalam ranah organisasi dan lain-lain.

    BalasHapus
  13. NAMA : Vinsensius Atmat Jaya
    NIM : 2013210105
    Berdasarkan pendekatan decision cooperation, bagaiamana saya bisa bekerjasama dalam hal pengambilan keputusan. Disini saya lebih menekankan kepada subjek kompetensi yang akan diambil. Kerjasama dianggap penting karena dalam hal pengambilan keputusan harus melibatkan orang lain. Misalnya kita pasti perlu nasehat dan memberi nasehat tentang kompetensi apa yang akan diambil. Tentu melibatkan orang lain, hanya saja jangan sampai ada intervensi yang berlebihan tentang kompetensi atau kemampuan yanga akan kita ambil.
    Jika kita melihat pendekatan decision cooperation, ada pelaku dalam hal pengambilan keputusan. Pelaku-pelaku tersebut adalah orang yang dianggap handal dalam hal pengambilan keputusan. Misalnya,dalam hal Hukuman Mati, Pemerrintah lewat Kejaksaan Agung bekerjasama dengan TNI-POLRI dalam mengamankan terpidana mati. Jika kita lihat contoh diatas ada sebuah decision cooperation. Begitu juga dalam menentukan kompetensi, perlu pembimbing atau arahan dari orang-orang yang berpengalaman. Setelah itu, ada tahap yang harus dalam pengambilan keputusan .


    1. Tahap 1
    Identifikasi
    1. Pengenalan;
    2. Diagnosis;
    Tahap 2
    1. Pencarian;
    2. Desain;
    Tahap 3
    1. Penilaian;
    2. Analisis;
    3. Penawaran;
    Sumber:
    Fred Luthans, Perilaku Organisasi, Edisi 10, Penerbit ANDI, Yogyakarta, 2006.

    BalasHapus
  14. Nama : Rizalaidi Mahardika
    Nim : 2013210090

    Decision cooperation jika diartikan merupakan bentuk interaksi sosial yang di dalamnya sekelompok orang menyadari bahwa mereka memiliki kepentingan yang sama. Dalam organisasi, kerjasama dapat terlihat pada salah satu prinsip administrasi. Kerjasama ini dapat diterapkan dalam pengambilan keputusan, yaitu dalam merumuskan masalah, mengidentifikasi alternatif, menentukan kriteria, menguji alternatif, dan menetapkan keputusan. Dampak yang saya rasakan jika terkait dengan pendekatan decision cooperation sebelum itu terlebih dahulu kita memaknai apa itu decision cooperation?. Nah dampak yang saya rasakan pada saat ini akan saya kaitkan dengan organisasi yang saya ikuti yaitu Organisasi HMJ.Kerjasama dilakukan atas dasar tujuan yang sama yang hendak dicapai, sehingga kerjasamaberbeda dengan ‘sama-sama kerja’ yang tidak mempunyai tujuan bersama.Dalam suatu organisasi bisa terdapat beberapa macam kelompok yang terbentuk melalui suatuproses tertentu. Kelompok mempunyai status dan norma yang memenuhi perannya. Dalam ranah organisasi ini saya rasa masih banyak hal yang perlu diperhatikan dalam pengambilan keputusan contohnya saat sidang pleno program kerja HMJ perdivisi atau perbidang, dalam hal pengambilan keputusan di bidang organisasi tersebut tentunya sangat diperlukan kompetensi sebagai agent of change and development agar ranah kebaikan dalam organisasi tersebut dapat ditingkatkan lagi.

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. ABSTRAK
    This concept of a person who commits a change in him to achieve a goal to be achieved in the form of personal criteria of someone who became a figure that could be an example for the people around him who have a broad view and understanding of a broad and versatile in taking a decision, so as not to overlap -tindih with decisions that have been made previously. And have good communication with their environment and organizations that want to achieve common goals in terms of development, service, politics, and economics. As well as the importance of togetherness and respect one another with other members of the organization. So the agents of change to achieve the goal is proficiency in acting and thinking as well as having individual criteria in their duties to undergo both internal and external policies and decisions that have been made are not detrimental to other groups.
    Konsep ini mengenai seseorang yang melakukan perubahan dalam dirinya untuk mencapai suatu tujuan yang ingin dicapainya dalam membentuk kriteria pribadi seseorang yang menjadi tokoh agar bisa menjadi contoh bagi masyarakat disekitarnya yang mempunyai pandangan yang luas serta pemahaman yang luas serta cakap dalam mengambil sebuah keputusan, agar tidak tumpang-tindih dengan keputusan-keputusan yang telah dibuat sebelumnya. Serta mempunyai komunikasi yang baik dengan lingkungannya serta organisasi yang ingin mencapai tujuan bersama dalam hal pembangunan, pelayanan, politik, dan ekonomi. Serta mementingkan kebersamaan dan menghormati satu sama lain dengan anggota organisasi yang lain.
    Jadi dalam agen perubahan untuk mencapai tujuan ialah kecakapan dalam bertindak dan berfikir serta mempunyai kriteria masing-masing dalam menjalani tugasnya baik secara internal dan external agar kebijakan dan keputusan yang telah dibuat tidak merugikan kelompok lain.
     

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Zainul Mustofa
      Nim : 2013210121


      Dampak dari dicision cooperation kita sebagai mahasiswa dapat memahami mekanisme dalam pengambilan suatu keputusan. Bahwasanya dalam pengambilan suatu keputusan menjadi tanggung jawab bersama dalam suatu organisasi. Di samping itu suatu keputusan merupakan hal yang paling perinsip dalam kehidupan kita untuk menentukan apa yang harus kita lakukan. Tentunya dalam pengambilan suatu keputusan banyak sekali pilihan, sehingga memaksa kita selaku leadaer senantiasa untuk bijak sebijak-sebijaknya untuk kemaslahatan bersama atau demi terwujudnya masyarakat adil makmur. Maka dari itu perlu adanya alternatif-alternatif. Namun seringkali terjadi penyimpangan dan tidak tepat sasaran dari apa yang telah menjadi suatu keputusan sehingga merugikan pihak lain. Oleh karena itu kita sebagai mahasiswa ilmu administrasi Negara yang dicetak sebagai leader harus mampu memecahkan masalah yang kurang baik demi terciptanya masyarakat adil makmur.
      Langkah pertama dalam pengambilan suatu keputusan yaitu:
      1. Masalah
      2. Issu-issu
      3. Formulasi
      4. evaluasi

      Hapus
  17. Abstrak
    Berdasarkan Ketetapan MPR No.II/MPR/1999 Pasal 79 dijelaskan bahwa pengambilan keputusan pada dasarnya diusahakan sejauh mungkin dengan musyawarah untuk mufakat, apabila hal ini tidak mungkin, putusan diambil berdasarkan suara terbanyak.Sedangkan syarat sahnya keputusan berdasarkan musyawarah yaitu apabila diambil dalam suatu rapat yang daftar hadirnya telah ditandatangani lebih dari separo dari jumlah anggota rapat yang mencerminkan setiap fraksi (sebagaimana diatur dalam Tap MPR No. II/MPR/1999 pasal 83).
    Dalam suatu negara hukum yang demokratis, penyelenggaraan pemerintahan senantiasa dilakukan melalui kebijakan publik. Proses kebijakan pubIik dalam negara demokrasi yang konstitusional mengimprasikan keterlibatan unsure pemerintah, dunia usaha dan masyarakat luas, yang didasari dan disemangati nilai-niIai kemanusiaan dan peradaban yang luhur, serta diselenggarakan dengan mengindahkan nilai-nilai dan prinsip-
    prinsip kepemerintahan yang baik (good governance).Kebijakan publik merupakan fenomena yang kompleks dan dinamis. Kompleksitas dan dinamika tersebut akan lebih terasa apabila pengamatan kita ditujukan pada proses kebijakan. Dari perspektif manajemen, proses kebijakan dapat dipandang sebagai rangkaian kegiatan yang meliputi paling tidak tiga kelompok utama, yaitu (1) formulasi kebijakan, (2) pelaksanaan kebijakan, dan (3) evaluasi kinerja kebijakan (Mustopadidjaja1 2003).
    Dengan kesadaran bahwa penyusunan kebijakan pembangunan secara terpisah tidak akan membawa hasil-hasil yang memadai, keputusan bersama lebih berdampak positif bagi setiap kalangan, dari pada keputusan yang sifatnya otoriter.

    BalasHapus
  18. NAMA : Hilarius Fedrianto
    NIM : 2013210047
    3. Bila dilihat dari pendekatan decision cooperation dalam kompetensi Leadership, dampak yang diperoleh adalah bagaimana seorang “leader” harus bersikap profesional dalam melaksanakan tugasnya karena seorang leader/ pemimpin adalah orang yang paling berpengaruh dalam sebuah organisasi atau lembaga. Oleh karena itu, jika dilihat dari segi pendekatan decision cooperation, dibutuhkan komunikasi yang baik antara seorang pemimpin(leader) dengan pengikut(follower), sehingga tidak terjadinya patologi kinerja pegawai dan apa yang telah menjadi tujuan dari sebuah organisasi atau lembaga dapat terimplementasi/ tercapai dengan baik.

    BalasHapus
  19. Nama : Rangga sukma perdana dewa ningrat
    Nim    : 2013210088
     
       Jika dilihat dari sudut pandang decision cooperation  saat ini  telah ada perubahan didalam kepemimpinan dimana ada suatu arah untuk membangun dan merubah keadaan yang lebih baik serta memiliki tatanan ruang lingkup yang mengarah pada keadaan untuk berubah serta adanya kerjasama antar pihak atau kelompok untuk melakukan tugas ataupun menjalankan misi yang telah dirancana di mana hal itu tidak lepas dari suatu pengetahuan yang diperoleh,sebagai agen perubahan sangat dibutuhkan suatu pengetahuan yang luas serta pengalaman ,Dari semua itu tidak dipungkiri lagi bahwa untuk melakukan suatu perubahan harus adanya manusia – manusia yang memilki kompetinsi serta pengalaman yang menghuni hal ini akan berdampak bagi masyarkat dan jika itu terpenuhi maka suatu perubahan akan terjadi.

    BalasHapus
  20. NAMA : ALI MAKKI
    NIM : 2013210011
    MK. KULIYAH : TEKHNIK PENGAMBILAN KEPUTUSAN
    PRODI : ILMU ADM. NEGARA

    3. Seperti yang terjadi di Indonesia sendiri saat ini tentang kebijakan publik terlihat makin bergairah masyarakat membahas rancangan kebijakan publik. Antusiasme semacam ini sangat positif sejauh memberikan perspektif lain bagi kepentingan masyarakat. Debat publik menandakan dinamika suatu masyarakat. Besarnya keterlibatan masyarakat tidak bisa dilepaskan dari era reformasi yang sampai saat ini masih terus bergulir dengan berbagai dinamika dan resikonya. Tantangan yang dihadapi saat ini adalah bagaimana membuat rambu-rambu, sehingga dinamika masyarakat tidak terjerumus menjadi suatu anarki. Ini memang bukan persoalan yang muda, tetapi tidak berarti tidak bisa ditanggulangi. Persoalannya akan terletak dipihak pembuat kebijakan, pemerintah, dengan masyarakat sebagai pihak yang akan merasakan kebijakan publik tersebut. Artinya, bagaiman kedua belah pihak memainkan perannya dengan bijak, pada akhirnya akan memunculkan kebijakan publik yang bisa diterima oleh semua pihak untuk kepentingan masyarakat juga pada akhirnya. Proses kebijakan publik dalam masyarakat bebas adalah landasan pertemuan dan sector pemerintah seperti pemerintah pusat dan pemerintah daerah dengan sektor swasta seperti masyarakat. perusahaan dan organisasi. Proses ini difasilitasi oleh media. sehingga aspirasi dan opini masyarakat melalui debat isu publik bisa menjadi suatu kebijakan pemerintah. Kontrol sosial dan dunia usaha terpengaruh oleh mekanisme ini. Padahal sebelumnya dunia usaha hanya dikontrol oleh lingkungan ekonomi. Baru belakangan ini dunia usaha menyadari bahwa mereka juga dikonirol oleh lingkungan sosial politik. Pengontrolan sosial dan politik terhadap dunia usaha tidak bisa dilepaskan dan kenyataan adanya saling ketergantungan di antara sektor-sektor tersebut. Pada umumnya proses kebijakan publik diawali dengan adanya ketidakpuasan dari masyarakat terhadap ketidakadilan dan terpinggirkan. Selain itu, bisa juga karena masyarakat memunculkan aspirasi baru dan pertimbangan baru tentang lingkungan. Ada juga penyebab lainnya seperti gagasan barn yang terkait dengan hak. Walau begitu. sampai tingkatan ini tidak akan terjadi apapun kecuali media massa mengangkatnya dan membicarakannya, serta menyiarkan isu-isu tersebut.

    BalasHapus
  21. 3. Abstrak
    Sebagai seorang mahasiswa ilmu administrasi Negara, sudah tentu pengambilan keputusan yang baik adalah salah satu dari kesekian banyak kompetensi yang kami miliki. Dengan demikian dilihat dari pendekatan decision coorperation dampaknya pada saat ini adalah kita di jastifikasikan bahwa kita mampu menyusun formulasi keputusan dengan baik, mampu menggunakan gaya/teknik dalam pengambilan keputusan, mampu mengimplementasikan setiap keputusan-keputsan yang telah di sepakati, serta mampu berkerjasama dalam melaksanakan keputusan yang telah di ciptakan.

    BalasHapus
  22. 3. Dilihat dari pendekatan pendekatan decision cooperation maka dampak yang diperoleh atau yang dirasakan saat ini kami sebagai mahasiswa adalah mulai terbentuknya karakter pemimpin pada diri setiap orang dan mulai terlihat adanya suatu perubahan yang bertahap yang dilakukan baik dibidang ilmu pengetaguan, pembangunan dan lingkungan hal ini tentunya didukung oleh kerjasama dengan semua pihak terkait demi terwujudnya suatu perubahan dan pembangunan di masa depan.
    Dengan demikian pengetahuan yang terus berkembang dalam kompetensi dan di tunjang dengan berbagai bentuk implementasi yang akan dating, sehingga kita juga akan bisa memperoleh berbagai perubahan pembangunan di masa yang akan datang.

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Nama :Muda'i
    Nim :2013210071
    Prodi : Ilmu Administrasi Negara

    Ketika kita lihat pendekatan dengan decision cooperation tentunya sangatlah sesuai dengan apa yang didapat oleh mahasiswa Aministrasi Negara yang dicetak sebagai Leader (Pemimpin) dimana seorang pemimpin itu harus bisa mempengaruhi orang lain “Bawahannya” oleh karenanya mahasiswa administrasi Negara nantinya ketika sudah berkecibung di dunia luar (perusahaan) bagaimana ilmu yang dipelajari bisa melekat dalam tiap-tiap individu agar tujuan mepelajari teknik pengambilan keputusan itu bisa terlaksana dan sesuai dengan yang diinginkan oleh tiap-tiap individu dalam artian sebagai seorang pemimpin di dalam organisasi tersebut, maka dari itu sangatlah bagus, karena pada saat ini sudah mulai dibentuk untuk menjadi dirinya sendiri tanpa harus bergantung pada orang lain. Dengan mempelajari MK: Teknik pengambilan keputusan yang tentunya setiap manusia pasti tidak lepas dari masalah, masalah itu tibul dari salah satunya adalah ketidak sepakatan pendapat dalam tiapkubu-kubu yang disebut pro dan kontra, dalam organisasi itu pada dasarnya membutuhkan pemimpin yang bisa bertanggung jawab dengan apa yang di embannya pada saat itu, dan seorang pemimpin bisa menyelesaikan masalah itu dengan tanpa ada pihak yang dikucilkan dalam artian harus ada kesepakatan bersama melalui system musayawarah yang tujuannya bisa menemukan titik permasalahanya. Dan semua itu sudah dibahas di MK: Teknik pengambialn keputusan.

    BalasHapus
  25. Nama : Moh. Rowasis
    Nim : 2013210067
    Prodi : Ilmu Administrasi Negara

    Abstrak
    pendekatan dengan decision cooperation tentunya sangatlah sesuai dengan apa yang didapat oleh mahasiswa Administrasi Negara dimana seorang pemimpin itu harus bisa mempengaruhi bawahannya. Di mana yang di rasakan pada saat ini Perkembangan lingkungan organisasi mengalami perubahan yang begitu cepat. Hal ini membutuhkan respon yang cepat dari semua anggota organisasi agar tujuan-tujuan yang telah ditetapkan dapat tecapai. Untuk itu, peran pemimpin (laeder) sangat penting terutama dalam hal pengambilan keputusan organisasional. Jadi agen of change dalam pengambilan keputusan sangat di butuhkan
    dalam diri kita. Dan pedekatan decision cooperation sangat baik untuk di pelajarinya karena dampaknya juga sangat dalam sebuah keputusan.

    BalasHapus
  26. Nama : Roberdtus Harry Sudarnoto
    Nim : 2013210091

    3. Dampak yang dirasakan atau yang diperoleh saat ini, bila dilihat dari pendekatan decision cooperation itu sendiri adalah adannya suatu bentuk kerja sama antara individu dengan kelompok atau interaksi sosial sehingga tercapainya suatu kebijakan yang baik , dan dalam menjalankan suatu kebijakan, sangat di perlukan suatu bentuk kerjasama antara pemerintah dengan masyarakat dalam membangun suatu roda – roda pemerintahan sehingga nantinya dapat menjadi agen of change and developmen . dengan demikian sangat perlu bagi kita mempelajari pendekatan decision cooperation, karena sangat membantu kita dalam menjalankan suatu pekerjaan dalam dunia kerja .

    BalasHapus
  27. nama: Efi sanius fani
    nim: 2013210035

    bila di lihat dari pendekatan decision cooperation dimana kita sebagai mahasiswa calon agent of change harus mampu mengambil keputusan/kebijakan dengan baik dan benar dalam suatu organisasi, tetapi semua itu harus di fikirkan dengan matang dan berulang kali, memikirkan apa akibat dan dampak yang ditimbulkan kedepannya nanti, pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dapat membawa bawahannya atau pengikutnya kea arah yang lebih baik dan maju, memberikan pelayanan kepada anggota organisasinya dengan baik. Semua kebijakan pasti ada pro dan kontra, oleh sebab itu kita sebagai agen perubahan di harapkan mampu untuk membuktikan bahwa ia adalah seorang leader.

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. Nama : Filipus Obot
    NIM : 2013210041

    3. Dalam kompetensi pembangunan semua aspek pendukung baik itu Sumber Daya Manusia, Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Sosial harus bisa mendukung dan berkerjasama dalam mewujudkan tujuan yang ingin dicapai . Keputusan yang diambil dengan pendekatan kerja sama (decision cooperation) dalam kompetensi pembangunan adalah pengambilan keputusan secara kerjasama yang didasarkan pada masalah umum yang menjadi prioritas utama dalam masyarakat dengan tidak memihak pada salah satu kelompok masyarakat, karena didalam suatu masyarakat itu pasti ada kelompok kecil masyarakat lagi yang masing-masing mempertahankan kebutuhan2 kelompok mereka sendiri. Dengan adanya kerjasama diharapkan bisa saling memahami kebutuhan2 kelompok dimana sebagai jalan penengahnya yaitu meminimalisir kedua pendapat tersebut sehingga tujuan yang ingin dicapai bisa terealisasi. Artinya, dalam melaksanakan perencanaan pembangunan sangat dibutuhkanlah kerjasama untuk memecahkan masalah yang menjadi prioritas utama di dalam masyarakat bukan berdasarkan kepentingan masing-masing masalah kelompok.

    BalasHapus
  30. 3. Dilihat dengan situasi saat ini memang suatu perubahan sangat menjadi hal yang paling menonjol bagi seorang pemimpin. Untuk itulah pentingnya suatu keputusan dalam suatu pembinaan untuk sebuah pembangunan dalam melaksanakan kebijakan pemerintah.apapun yang diperoleh dalam suatu kebijakan itu merupakan suatu keputusan yang harus disepakati dalam suatu keputusan bersama.
    Dengan demikian, dampak yang menjadi persoalan bagi masyarakat harus bisa menjadi tanggung jawab pemerintah untuk dalam suatu keputusan.agen perubahan suatu keputusan tentunya harus bisa membawakan dampak yang lebih baik dalam suatu birokrasi, pemimpin suatu pelayanan publik tentunya membawakan tujuan yang lebih berguna dalam perubahan yang akan ditentukan dalam masa depan yang lebih baik.
    Ketentuan yang harus kita peroleh untuk perubahan yang akan terlaksanakan, semestinya akan membawakan proses pengamabilan keputusan ini menjadi ketentuan yang lebih baik. Pengambilan keputusan memang ada masalah yang harus diputuskan bersama oleh karenanya pengambilan keputusan merupakan hal-hal yang menjadi perhatian bersama untuk dijalankan melalui tindakan-tindakan yang berpengaruh didalam pemerintahan.
    Bertentangan dengan berkembangnya teknologi, memang didalam suatu pemerintah, politik sering kali terjadi ketidak sesuaian dengan kebijakan yang ditentukan. Namun, hal tersebut harus bisa diputuskan untuk perubahan pemerintah dalam menjalankan tugas dan wewenangnya.

    BalasHapus
  31. Nama : Ahoi
    Nim : 2013210009

    3. ABSTRAK
    Dampak yang saya rasakan saat ini kalau dilihat dari pendekatan Decision Cooperation tentunya akan berpengaruh pada aspek pembangunan,hal tesebut tentunya kita sadari bahwa dimana ada letak pembanguna maka di situ ada Agent Of Change yang menjadi mesin utama perombak suatu perubahan. Indonesia salah satu negara berkembang, dengan SDM yang minim,akankah kita sebagai mahasiswa yang akan di cetak menjadi “LEADER” untuk melakukan suatu perubahan yang akan datang,mungkinkah kita seorang mahasiswa sebagai Agent Of Change terus-terusan berdiam diri melihat keadaan yang yang semakin buruk dan tidak sesuai harapan kita bersama. Sama halnya dengan sebuah negara, setiap negara memiliki sumber daya alam yang khas dan berbeda-beda salah satunya Indonesia yang memiliki kekayaan SDA yang berlimapah,namun dilain sisi SDM nya yang belum memadai/masih rendah sehingga berpengaruh terhadap suatu perubahan globalisasi seiringnya perubahan zaman. Kalau di pandang bukan hanya berbeda dalam hal komoditi, namun juga berbeda dalam hal kualitas produksi. Tanpa sadar, banyak sekali barang-barang di sekitar kita yang produksinya berasal dari luar negeri, contohnya seperti televisi, handphone, sepeda motor, mobil, pakaian, mesin, dll. Dalam masalah tersebut mungkin kita sadari bahwa kita belum mempunyai cukup SDM yang seutuhnya dalam menguasai teknologi yang canggih seperti di Negara Amerika Serikat dan negara lainnya, sehingga kita terpaksa harus tukar menukar barang produksi dengan cara bekerja sama dengan bangsa asing.

    BalasHapus
  32. Dampak yang dirasakan saat ini, para pemimpin pemerintah pada saat ini tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan, para pemimpinn yang sekarang sudah salah imflementasinya, sehingga tidak sesuai dengan paradikma seorang pemimpin. Hal-hal ini yang meyebabkan kurang pengaruhnya seorang pemimpin di mata masyarakat.sehinga seorang pemimpin harus mempunya skill kemampuan dibidangnya supaya bisa menjadikian seorang pemimpin yang bijaksana dan di cintai masyarakatnya.

    BalasHapus
  33. Nama : Antonius R Ratu da Costa
    Nim : 2013210018

    3. Dampak yang diperoleh saat dari pendekatan decision cooperation,
    Seperti yang kita ketahui didalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan sehingga terwujudnya suatu perubahan yang lebih baik itu harus dibutuhkan kerja sama team dalam mengambil sebuah keputusan sebab, itu merupakan kepentingan secara bersama didalam suatu organisasi.. dampak bagi mahasiswa sebagai agent of change and developmen yang mana sebagai seorang pemimpin masa depan harus memiliki pengetahuan yang sangat optimal dan bekerja secara professional dalam hal memiliki ketrampilan yang sangat handal dalam mempengarui dan menggerakan bawahannya atau partnernya sehingga menimbulkan adanya saling mengharhagai, rasa kepercayaan, dan tanggung jawab bersama antara pemimpin dengan bawahannya, sehingga rasa kerja sama yang utuh akan timbul sebagaimana mestinya dan semuanya akan bekerja secara maksimal sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan akan tepat pada sasaran yaitu memberantas kolusi, korupsi, dan nepotisme yang ada di indonesia sehingga menjadi bangsa yang bersih dan sejahterah.

    BalasHapus
  34. 3. Dampak yang di rasakan dan peroleh saat ini adalah menerima ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat dalam mengambil suatu kebijakan di pendidikan yang lebih tinggi,dan cara mengambil suatu keputusan yang baik dan benar dalam organisasi atau dalam suatu masyarakat.Karena studi ini menciptakan seorang yang berkompeten dan sebagai agent of change and development.
    Seorang leader harus pintar dalam mengambil suatu keputusan dimana dalam mengambil suatu keputusan yang baik dan benar harus di lihat dari suatu permasalahan,dari latar belakang masalah utuk mengambil keputusan yang bijak.

    BalasHapus
  35. Nama : Adnin Ridha Rerifki
    NIM : 2013210004

    Apabila dilihat dari pendekatan Decision Cooperation, bahwasannya dalam mewujudkan yang namanya "agent of change and development", maka diperlukan kompetensi yang mana, untuk mencapai sebuah standart individu yang kompeten, tentunya memerlukan bantuan dari berbagai pihak. Artinya, kita sebagai calon sarjana sosial tidak dapat melakukan segalanya secara individual, melainkan membutuhkan adanya sebuah kerja sama satu sama lain guna menyelaraskan pola kehidupan yang seimbang dan tercapainya sebuah tujuan demi kemaslahatan bersama.

    BalasHapus
  36.  nama : ayub supriyanto
    nim : 2013210020
    Suatu keputusan akan sangat baik jika dilakukan dengan tim, karena akan banyak ide – ide atau pendapat yang akan di dapat dan digunakan untuk mempertimbangkan keputusan sebelum diputuskan,contohnya bila dikaitkan kedalam suatu organisasi pengambian keputusan dilakukan dengan mengumpulkan anggota tim meskipun ada banyak pendapat pendapat yang bertentangan antara satu sama lain bukan berarti ini hal yang buruk , bahkan inilah titik temu suatu keputusan nantinya, karena suatu keputusa yang dilakukan secara barsama sama akan menghasilkan /tercapainya tujuan suatu organisasi dengan baik

    BalasHapus
  37. Nama : Melania Yuni
    NIM : 2013210066
    Makul : proses dan tekhnik pengambilan keputusan

    3. Dampak yang dirasakan/diperoleh saat ini, bila dilihat dari pendekatan decision cooperation adalah jika terjadinya kerjasama yang kurang baik, maka semua kegiatan atau aktifitas tidak akan berjalan dengan baik, karena seperti yang kita ketahui kerjasama merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Sebagai agent of change and development, tentunya mahasiswa sudah memahami mengenai hal-hal yang ada dalam kompetensi ilmu administrasi Negara. Dalam memilih kompetensi, harus ada pertimbangan, agar dapat memutuskan untuk lebih focus keapada kompetensi apa yang akan di ambil. Dalam proses pengambilan keputusan, tentunya sangat sulit, karena banyak hal-hal yang harus di pertimbangkan dan sebaiknya agar dapat bekerjasama dengan dosen atau konsultasi mengenai kompetensi yang akan di ambil, agar keputusan yang sudah di ambil, dapat di pertanggungjawabkan.

    BalasHapus
  38. NAMA : DELLY INDRIANI
    NIM : 2013210026

    Terkait dengan dampak, tentunya ada dampak positif dan negatif yang diperoleh mahasiswa sebagai agent of change and development yang ditinjau dengan pendekatan desicion cooperation. Decision cooperation merupakan suatu pengambilan keputusan yang di peroleh dengan kerja sama.
    a. Dilihat dari dampak positif
    - Mahasiswa mampu bekerja sama dengan rekannya dalam mencapai tujuan nya yaitu menjadi agent of change and developmen
    - Mahasiswa mampu menciptakan iklim demokratis dalam kehidupan berorganisasi dengan memungkinkan setiap individu memberikan masukan, interaksi, dan memiliki peran yang sama dalam organisasi
    - Mahasiswa mampu mengimplementasikan ilmu yang di dapat dari kompetensi administrasi negara dengan baik di lingkungan dimana pun ia berada dengan rekan-rekannya
    - Mahasiswa mampu dan memahami dalam menganalisa kondisi sosial saat ini sehingga dapat membuat/mengambil keputusan dengan baik (kebijaksanan) bersama rekan-rekannya dalam suatu organisagasi sehingga dengan demikian dapat menjadi penyelenggara pelayanan publik dengan baik dan menjadi control social

    b. Dilihat dari dampak negatif
    - Timbulnya masalah atau konflik baru dalam pengambilan keputusan sebagai contoh adalah perselisihan atau perbedaan pendapat dalam menyampaikan ide atau gagasan yang di perlukan dalam kebijakan

    BalasHapus
  39. Nama: muhlisin
    Nim: 2013210076
    MK: tekhnik pengambilan keputusan

    Keberhasilan dalam suatu lembaga atau konstitusi dapat terlihat dengan kebijakan dalam pengambilan keputusan dengan demokrasi, dilihat dari decition koopration itu merupakan suatu kebijakan atau keputusan yang dilakukan dengan melalui mufakat dalam suatu organisasi sehingga dapat mengimplementasikan demokrasi dengan cara yang benar, kesuksesan ataupun keberhasilan dakam memgambil suatu keputusan akan memperlihatkan betapa pentingnya pengambilan kebijakan dengan mengedepankan demokrasi dari pada ego nya seorang peminpin, yang di katakana demokrasi itu bukan memandang satu sisi dari berbagai klompok namun antara ynag satu dengan yang lain memang harus di perhatikan untuk tidak menemukan suatu ketimpangan dalam keputusan tersebut. Jika seorang peminpin melakukan dengan cara kacamata sebelah maka itu tidak dikatakan sebagai peminpin yang adil dan demokrasi melainkan karena oknom-oknom/ karena intervensi dari berbagai pihak. Sehingga dalam pengimplementasian dalam organisasi tidak sesuai dengan tujuan yang telah menjadi harapan kita bersama, namun jika pengambilan keputusan dengan berbagai pertimbangan dan melalui kata mufakat maka disitulah terlihat kesuksesan dan keberhasilan seorang peminpin, dan hal itu dapat dktakn sebagai seorang pemimpin yang bijak efektif, efesien dan propesional.

    BalasHapus
  40. Nama : Patrisius Kilo Bere Fahik
    Nim :2013210082
    Mk :Proses Dan Teknik Pengambilan Keputusan

    3. Dampak yang dirasakan dengan pendekatan decision cooperation adalah Setiap orang memiliki pendapat yang berbeda-beda, bagaimana caranya lagi agar kita dapat menjadikan perbedaan tersebut untuk mencapai suatu tujuan bersama. Sebagai pemimpin yang memiliki karakteristik dan memiliki etika dan filsafat kepemimpinan kita harus dapat menemukan solusi dari setiap masalah yang di hadapi. Dalam melakukan perubahan dan pembangunan, terdapat faktor pendukung dan juga faktor penghambat, kita harus memiliki sikap terbuka dalam menerima setiap kritikan dan saran, bagaimana caranya agar kita dapat menjadikannya sebagai motivasi untuk menjadi lebih baik, agar tujuan yang kita ingin tercapai dapat kita laksanakan dengan baik. Oleh sebab itu utamakan kerja sama untuk melangkah agar suatu pemerintahan bisa berjalan dengan apa yang diinginkan oleh masyarakat.

    BalasHapus
  41. Nama: Abdur Rajab A Koli
    Nim : 2013210001
    Mk : Proses Dan Teknik Pengambilan Keputusan
    Dampak dari decision cooperation adalah Keyakinan pemimpin dalam pengambilan keputusannya didasarkan atas keyakinan bahwa “keputusan” (decision) inilah yang terbaik setelah diperhitungkan dan dianalisis faktor-faktor internal dan eksternal serta dampak positif dan negative dari keputusan tersebut. pemimpin dalam pengambilan keputusan didasarkan atas suara hati nya, bersifat ilham dan perasaan-perasaannya. Sasaran-sasaran, pengaruih, preferensi, dan psikologis individu pengambil keputusan memegang peranan penting. Disini ilmu subjektif sangat vital. Pengambilan keputusan secara intuitif ini sacara tidak sadar dipengaruhi oleh pengetahuan masa lalu, latihan-latihan, dan latar belakang. Biasanya ia seorang aktivis, dinamis, dan senantiasa bertanya tentang situasi-situasi dan ia menemukan pemecahan atas problem-problem sulit. Pengambilan keputusan berdasarkan intuisi biasanya mengandalkan naluri, perasaan pribadi, kemampuan mental, tetapi setiap situasi dihadapinya dengan sikap realistis dan memutuskannya menurut perasaan saja.

    BalasHapus
  42. 3. Dampak yang dirasakan dengan pendekatan decision dimana seseorang harus bisa mengambil keputusan dengan bekerjasama dalam organisasi maupun di luar organisasi. Dalam pengambilan keputusan tidak ada yang dirugikan atau adanya komplain dari anggotanya,Sehingga menciptakan kerukunan antara Pemimpin dan anggotanya untuk menciptakan cita-cita pembangunan di masa depan.

    BalasHapus
  43. Nama : Van Bastian
    NIM : 2013210104

    Dampak sampai saat ini tentunya mahasiswa bisa memahami bagaimana teknik dalam pengambilan keputusan dalam upaya pencapaian sebagai agent of change, dari berbagai teori yang didapat baik di lapangan maupun sumber pustaka. Dari proses pengambilan sampai ke proses implementasi sebuah keputusan. kerja sama dalam pengambilan keputusan juga merupakan demokrasi dalam kepemimpinan.

    BalasHapus
  44. NAMA :HERIYANTO MEHA
    NIM :2013210044


    Para individu dalam organisasi membuat keputusan (decision), artinya mereka membuat pilihan-pilihan dari dua alternative atau lebih.Semakin banyak organisasi memberikan karyawan nonmanajerial otoritas pembuatan keputusan yang berkaitan dengan pekerjaan, maka pengambilan keputusan individual merupakan satu bagian penting dari perilaku organisasi. Pengambilan keputusan mengandung arti pemilihan altematif terbaik dari sejumlah Alternatif yang tersedia.
    Dampak yang saya rasakan adalah
    • Kemampuan pribadi, memiliki integritas tinggi, memiliki visi yang jelas, intelegensia tinggi, kreatif dan inovatif, tidak mudah merasa puas, fleksibel dan memiliki kematangan jiwa, sehat jasmani dan rohani, wibawa dan kharismatik, mempunyai idealisme dan cinta tanah air.
    • Kemampuan kepemimpinan (Leadership Mastery), memiliki kemampuan memotivasi orang lain, membuat keputusan yang cepat dan tepat, mempengaruhi orang lain, mengelola konflik, berorganisasi, memimpin tim kerja, mengendalikan stress dan keterampilan berkomunikasi.
    • Kemampuan berorganisasi (Organizational Mastery), yang memiliki kemampuan mengembangkan organisasi, manajemen startegik, meraih peluang, mengadakan pengkaderan generasi penerus , memahami aspek makro dan mikro ekonomi dan keterampilan operasional

    BalasHapus
  45. NAMA : AMINUDIN
    NIM : 2013210012
    PRODI : Ilmu Administrasi Negara
    M.K : Proses Dan Teknik Pengmbilan Keputusan


    faktor yang mendukung keberhasilan setudi mahasiswa itulah dari niat pribadi dan dorongan motivasi dari orang Tua dan teman-teman yang ada di sekitarnya, selain itu juga di imbangi dengan belajar dan ihtiar. Berdasarkan pendekatan decision cooperation, bagaiamana saya bisa bekerjasama dalam hal pengambilan keputusan. Disini saya lebih menekankan kepada subjek kompetensi yang akan diambil. Kerjasama dianggap penting karena dalam hal pengambilan keputusan harus melibatkan orang lain. Misalnya kita pasti perlu nasehat dan memberi nasehat tentang kompetensi apa yang akan diambil. Tentunya melibatkan orang lain, hanya saja jangan sampai ada intervensi yang berlebihan tentang kompetensi atau kemampuan yanga akan kita ambil.
    dalam memgambil suatu keputusan akan memperlihatkan betapa pentingnya pengambilan kebijakan dengan mengedepankan demokrasi dari pada emosialnya seorang peminpin, yang di katakana demokrasi itu bukan memandang satu sisi dari berbagai klompok namun antara ynag satu dengan yang lain memang harus di perhatikan untuk tidak menemukan suatu kesimpangsiuran dalam mengambil sebuah keputusan.

    BalasHapus
  46. 3. Dampak yang dirasakan dari pendekatan decision cooperation adalah mulai terbentuknya ciri seorang pemimpin yang berintegritas yang dapat membawa perubahan di semua bidang.

    BalasHapus
  47. NAMA: DESI ANDELIA BAUNSELE
    NIM: 2013210028

    Jawaban : No.3

    Bila dilihat dari pendekatan decision cooperation?
    Dampak yang dirasakan saat ini adalah: memperoleh ilmu dan pengetahuan,Di mana kami sebagai mahasiswa yang di cetak menjadi agent of change di massa yang akan datang.Untuk melakukan yang menuju kesuksesan tidak pernah terlepas dari kerjasama atau suatu kekompakan karena kekompakan merupakan kunci keberhasilan bersama. Di mana ilmu yang kami dapatkan di sini sampai kami kerja nanti kami akan mengimplementasikan ilmu yang kami dapat sehingga bisa menciptakan suatu perubahan di massa yang akan datang. Kami di cetak sebagai pemimpin untuk mengambil satu keputusan yang baik karena dalam diri setiap seorang pemimpin harus memutuskan hal yang bijak dalam proses pengambilan keputusan.

    BalasHapus
  48. Tugas 1 Mata Kuliah Proses dan Teknik Pengambilan Keputusan
    Nama: Welli Adli
    NIM : 2013210107
    Prodi : Administrasi Negara

    Dari beberapa pendapat tersebut dapat dipilah bahwa seorang leader tidak lepas dari membuat keputusan atau pengambilan alternatif terbaik di dalam sebuah organisasi kecil maupun di dalam suatu lembaga ketatanegaraan yang tujuannya sebagi pelayan publik. Berdasarkan apa yang ada didalam sebuah keputusan tidak lepas dengan unsur politik yang berfungsi sebagai cara mempermudah untuk mempengaruhi apa yang ada didalam ranah tersebut,sehingga dalam proses tersebut jika di nilai dari segi positif bisa menjadikan agen perubahan dan pembangunan (agent of change and development).
    Upaya untuk menjadi agen perubahan dan pembangunan dalam kompetensi ilmu administrasi negara atau administrasi publik yaitu dengan lebih meningkatkan kualitas pendidikan,keputusan yang ada pada wewenang bidang ilmu administrasi negara maupun administrasi publik selayaknya dijalankan sesuai prosedur yang telah ditetapkan,baik dari seorang pembuat keputusan tersebut maupun birokrasinya,dan harus bisa meningkatkan sikap kritis terhadap apa yang menjadi acuan maupun tujuan tersebut.
    Faktor pendukung yang termasuk didalamnya para birokrasi patuh terhadap pimpinan dan tingkat kesadaran dalam mencapai hal tersebut lebih tinggi,fasilitas yang mencukupi dari berbagai bidang.Hambatan ketika dalam menjalankan sebuah organisasi pasti menimbulkan dampak suatu permasalahan yang terkadang bersifat menekan dan memilki perbedaan pendapat dari apa yang telah dibuat dan ditetapkan.
    Bila dilihat dari pendekatan decision cooperation seorang leader harus punya top skill yang baik dalam melakukan koordinasi dan menentukan suatu kebijakan yang bisa diterima oleh banyak pihak,dan dalam pengambilan keputusan ini pemimpin harus mempunyai kerjasama yang baik dari berbagai pihak dan memilih suatu keputusan dengan cara penetapan pengambilan keputusan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan didalmnya.

    BalasHapus
  49. NAMA : PLAUDIA YENI
    NIM : 2013210085
    PRODI : ILMU ADMINISTRASI NEGARA

    Dampak yang dirasakan dan diperoleh saat ini bila dilihat dari pendekatan decision cooperation adalah bagaimana saya sebagai mahasiswa calon pemimpin harus bisa bekerjasama dengan orang lain, karena kerjasama merupakan alternative penting dalam kehidupan, baik didalam organisasi, dalam perkuliahan, dan masyarakat. Kita sebagai calon pemimpin yang baik akan senantiasa mampu menerima masukan, kritik, dan saran atas keputusan yang akan diambil agar sebuah keputusan yang telah diambil terhindar dari konflik, atau merugikan pihak lain.

    BalasHapus
  50. Nama : Silvia Tuti
    Nim : 2013210096

    3.Dampak yang dirasakan/diperoleh saat ini, bila dilihat dari pendekatan decision cooperation
    (kerjasama) antar kompetensi leadership ini cukup memperoleh hasil yang baik, karena
    Menurut saya ketika dilakukannya kerjasama antar kompetensi leadership ini maka akan terlihat lebih baik karena pada dasarnya kompetensi leadership ini sangat berguna agar menciptakan inovasi yang baru untuk menciptakan sesuatu yang baru pula yang berguna untuk masa depan ataupun perkembangan masyarakat menuju kearah yang lebih baik.
    Karena dalam setiap sistem sangat erat kaitannya dengan apa yang sungguh-sungguh terjadi dan dirasakan oleh setiap masyarakat.
    Dalam pengambilan keputusan (decision maker) dapat dianggap sebagai suatu hasil atau keluaran dari proses mental atau kognitif yang membawa pada pemilihan suatu jalur tindakan di antara beberapa alternatif yang tersedia. Setiap proses pengambilan keputusan selalu menghasilkan satu pilihan final. Keputusan dibuat untuk mencapai tujuan melalui pelaksanaan atau tindakan.

    BalasHapus
  51. NAMA : THERESIA MARTA PEYUSINTA
    NIM : 2013210102
    PRODI : ILMU ADMINISTRASI NEGARA
    M.K : PROSES DAN TEKNIK PENGAMBILAN KEPUTUSAN
    Dampak yang dirasakan bila di lihat dari pendekatan decision cooperation atau kerja sama maka tercapai kemajuan bersama dalam lingkup organisasi ataupun individu. Dimanapun dan apapun lembaga tersebut sangat dibutuhkan peran kerjasama antar jabatan sehingga dapat disimpulkan bahwa dampak yang dirasakan apabila adanya kerjasama adalah dampak positif bagi agent of change and development. Kerjasama merupakan salah satu indikator bagi suksesnya agent of change and development yang sesuai dengan kompetensi leadership, decision maker, public service, politic, gender, HAM dan pembangunan.

    BalasHapus
  52. Nama:marianus amaldo
    Nim:2013210061


    3. Dampak yang dirasakan atau yang diperoleh saat ini, bila dilihat dari pendekatan decision cooperation itu sendiri adalah
    bagaimana seorang “leader” harus bersikap profesional dalam melaksanakan tugasnya karena seorang leader adalah orang yang berpengaruh dalam sebuah organisasi untuk mencapai sebuah tujuan

    BalasHapus
  53. dampak jika dilihat dari desicion coopration,itu dampak yang banyak,contoh dalam pengambilan keputusan kita ketahui bahwa jika seorang leader tidak bisa mengambil suatu keputusan yang baik maka pada akhirnya ia tidak akan menyelesaikan setiap masalah yang datang,maka dari situlah dampak-dampak masalah datang dan susah untuk di selesaikan serta butuh waktu yang lama.


    RINGKASAN
    Pengambilan keputusan (desicion making) adalah melakukan penilaian dan menjatuhkan pilihan. Keputusan ini diambil setelah melalui beberapa perhitungan dan pertimbangan alternatif. Sebelum pilihan dijatuhkan, ada beberapa tahap yang mungkin akan dilalui oleh pembuat keputusan. Tahapan tersebut bisa saja meliputi identifikasi masalah utama, menyusn alternatif yang akan dipilih dan sampai pada pengambilan keputusan yang terbaik.Pembuatan keputusan ini bertujuan mengatasi atau memecahkan masalah yang bersangkuatan sehingga usaha pencapaiian tujuan yang dimaksud dapat dilaksanakan secara baik dan efektif. Masalah atau problem yang dimaksud dapat dibagi tiga golongan besar, yaitu masalah korektif, masalah progresif, dan masalanh kreatif.Masalah korektif adalah masalah yang timbul karena adanya penyimpangan dari apa yang direncanakan. Masalah progresif adalah suatu masalah yang terjadi akibat adanya keinginan untuk memperbaiki atau meningkatkan suatu prestasi ayau hasil masa lalu. Misalnya, suatu perusahaan ingin memperbesar atau memperluas market sharenya atau suatu pabrik mobil ingin memproduksi suatu kendaraan yang lebih irit bahan bakarnya. Masalah kreatif adalah suatu masalah yang muncul karena adanya keinginan untuk menciptakan sesuatu yang sama sekali baru.

    BalasHapus
  54. dampak jika dilihat dari desicion coopration,itu dampak yang banyak,contoh dalam pengambilan keputusan kita ketahui bahwa jika seorang leader tidak bisa mengambil suatu keputusan yang baik maka pada akhirnya ia tidak akan menyelesaikan setiap masalah yang datang,maka dari situlah dampak-dampak masalah datang dan susah untuk di selesaikan serta butuh waktu yang lama.


    RINGKASAN
    Pengambilan keputusan (desicion making) adalah melakukan penilaian dan menjatuhkan pilihan. Keputusan ini diambil setelah melalui beberapa perhitungan dan pertimbangan alternatif. Sebelum pilihan dijatuhkan, ada beberapa tahap yang mungkin akan dilalui oleh pembuat keputusan. Tahapan tersebut bisa saja meliputi identifikasi masalah utama, menyusn alternatif yang akan dipilih dan sampai pada pengambilan keputusan yang terbaik.Pembuatan keputusan ini bertujuan mengatasi atau memecahkan masalah yang bersangkuatan sehingga usaha pencapaiian tujuan yang dimaksud dapat dilaksanakan secara baik dan efektif. Masalah atau problem yang dimaksud dapat dibagi tiga golongan besar, yaitu masalah korektif, masalah progresif, dan masalanh kreatif.Masalah korektif adalah masalah yang timbul karena adanya penyimpangan dari apa yang direncanakan. Masalah progresif adalah suatu masalah yang terjadi akibat adanya keinginan untuk memperbaiki atau meningkatkan suatu prestasi ayau hasil masa lalu. Misalnya, suatu perusahaan ingin memperbesar atau memperluas market sharenya atau suatu pabrik mobil ingin memproduksi suatu kendaraan yang lebih irit bahan bakarnya. Masalah kreatif adalah suatu masalah yang muncul karena adanya keinginan untuk menciptakan sesuatu yang sama sekali baru.

    BalasHapus
  55. NAMA : SOLEMAN RENDA BILI
    NIM :2013210098
    CLASS : A
    ABSTRAK

    Dampak yang di rasakan saat ini terkait dengan kompetensi yang di paparkan dalam konsep tersebut adalah seseorang yang di cetak menjadi agent of change and development, dan menjadi seorang pemimpin yang bisa melayani masyarakat, bisa memecahka suatu masalah, mangambil keputusan dalam mebangun sumber Daya Manusia maupun Sumber Daya Alam,namun seorang pemimpin belum maksimal dan sempurna untuk melayani, mengambil keputusan dan membangun suatu perkembangan yang di harapkan oleh kalangan masyarakat,maka dari itu seorang pemimpin haruslah bekerja sama antara bawahannya atau anggotanya supaya apa yang di harapkan masyarakat boleh tercapai. Mungkin itu dampak pertama yang di hadapi oleh seorang pemimpin atau leadership.

    BalasHapus
  56. NAMA: DAUD ABDULRAHMAN BIMA
    NIM: 2013210024
    ABSTRAK
    Dampak yang dapat dirasakan dalam setiap kompetensi apapun jika dilihat dari pendekatan decision cooperation pasti akan menghasilkan informasi dan pengetahuan yang lebih lengkap. Dengan mengumpulkan sumber daya dari beberapa individu, membawa lebih banyak masukan ke dalam proses keputusan .Proses pengambilan keputusan kelompok adalah salah satu cara yang digunakan dalam menjalankan sebuah organisasi. Proses pengambilan keputusan berkelompok ditandai dengan keterlibatan dan partisipasi orang banyak, dan seringkali dianggap ideal serta digunakan secara luas dalam suatu organisasi. Terdapat beberapa teknik dalam pengambilan keputusan secara berkelompok, diantaranya adalah teknik brainstorming (sumbang saran), nominal group (kelompok nominal), dhelpi, dan pertemuan elektronik. Penggunaan teknik-teknik tersebut dapa disesuaikan dengan permasalahan yang hendak diputuskan
    Dalam hal ketepatan (akurasi), keputusan kelompok cenderung lebih tepat. Bukti menandakan bahwa rata-rata kelompok mengambil keputusan dengan kualitas yang lebih baik daripada individu. Tetapi, jika keefektifan keputusan didefinisikan menurut kecepatan, individu lebih unggul. Jika kreativitas itu penting, kelompok cenderung lebih efektif dari individu. Dan jika keefektifan berarti tingkat penerimaan yang dicapai oleh keputusan akhir, sekali lagi kelompok lebih unggul. Tetapi keefektifan tidak dapat dipertimbangkan tanpa juga menilai efisiensi. Dalam hal efisiensi, kelompok hampir selalu kalah secara menyedihkan dibanding pengambil keputusan individual. Dengan beberapa pengecualian, pengambilan keputusan kelompok menghabiskan lebih banyak jam kerja daripada jika seorang individu harus menangani masalah yang sama sendirian


    BalasHapus
  57. NAMA : PARMIN WONDA
    NIM: 2013210081
    ABSTRAK
    dampak yang di rasakan bila dilihat dari pendekatan decision cooperation adalah..seorang pemimpin harus berani mengambil sebuah keputusan dalam keadaan apapun itu untuk mencapai tujuan bersama yang sudah di sepakati bersama sehingga tidak ada yang merasakan d rugikan d antara anggota organisasi. Dewasa ini, banyak keputusan dalam organisasi diambil secara kelompok, namun belum tentu mengisyaratkan keputusan kelompok lebih disukai daripada keputusan yang diambil oleh individu. Bentuk paling lazim dari pengambilan keputusan kelompok terjadi dalam kelompok interkasi. Dalam kelompok ini, para anggota bertatap muka dan mengandalkan baik interaksi verbal maupun non verbal untuk berkomunikasi satu sama lain.
    Menurut Robbins (2003) Keuntungan dari pengambilan keputusan kelompok adalah kelompok menghasilkan informasi dan pengetahuan yang lebih lengkap. Dengan mengumpulkan sumber daya dari beberapa individu, kmembawa lebih banyak masukan ke dalam proses keputusan. Selain lebih banyak masukan, kelompok dapat membawa heterogenitas pada proses keputusan. Mereka menawarkan peningkatan keanekaragaman pandangan. Ini membuka peluang untuk lebih banyak pendekatan dan alternatif yang perlu dipertimbangkan. Bukti menunjukkan bahwa sebuah kelompok hampir selalu akan berkinerja baik bahkan lebih dari individu terbaik. Dengan demikian kelompok menghasilkan keputusan bermutu lebih tinggi. Akhirnya, kelompok mengarah ke peningkatan penerimaan suatu pemecahan. Banyak keputusan gagal setelah pilihan akhir diambil karena orang-orang tidak menerima pemecahan itu. Anggota kelompok yang berpartisipasi dalam membuat keputusan itu mungkin dengan antusias mendukung keputusan itu dan mendorong yang lain untuk menerimanya.

    BalasHapus
  58. NAMA: AHMAD JUHARI
    NIM: 2013210007

    ABSTRAK
    • Hari ini apabila kita melihat dengan pendekatan decision cooperation. Kebanyakan dari berbagai line organisasi, instansi atas sampai bawah cenderung menggunakan keputusan kelompok, atau decision cooperation. Bukan tanpa pertimbangan tapi keputusan ini menjadi skala prioritas dalam menentukan kebijakan. Melihat dari kelebihan dan kekurangannya, sementera kelebihanya sebagai berikut menghasilkan informasi dan pengetahuan yang lebih lengkap. Dengan mengumpulkan sumber daya dari beberapa individu, kmembawa lebih banyak masukan ke dalam proses keputusan. Selain lebih banyak masukan, kelompok dapat membawa heterogenitas pada proses keputusan Dalam organisasi yang besar pemecahan masalah atau pencapaian tujuan tertentu harus dilakukan oleh sekelompok pimpinan yang merupakan satu tim atau panitia. Adapun yang termasuk keputusan yang harus diambil oleh kelompok pimpinan antara lain:
    1. Penetapan tujuan organisasi,
    2. Perumusan rencana organisasi yang menyeluruh
    3. Kebijakasanaan strategis.
    Keputusan kelompok ini misalnya apabila pucuk pimpinannya lebih dari satu orang, misalnya direksi yang terdiri dari direktur utama dan beberapa direktur bidang. Dapat juga keputusan kelompok ini diambil oleh suatu tim yang terdiri dari direktur dengan para Kepala divisi suatu panitia, misalnya panitia eksekutif. Dapat juga keputusan yang diambil dari DPR, dan lain-lain.

    BalasHapus
  59. NAMA ; ERNESTA ITU
    NIM : 2013210039
    MK : TEKNIK PENGAMBILAN KEPUTUSAN
    ABSTRAK
    Sering kita mendengar kata perubahan (change) terutama ketika kita membahas hal-hal berkaitan dengan upaya organisasi memperbaharui diri dalam situasi mengahadapi perubahan di lingkungan strategi organisasi, dan setiap perubahan memerlukan orang/individu yang menjadi pemandu proses berjalannya perubahan yang terjadi dalam suatu organisasi maupun dalam masyarakat, guna mencapai tujuan sebagaimana diharapkan.
    Kehidupan merupakan sesuatu yang kompleks dan majemuk. Terdapat banyak hal dalam kehidupan yang bisa berubah tiba-tiba atau bahkan berubah dengan waktu yang lama.
    Perubahan akan selalu terjadi baik itu progesif atau regresif dalam kehidupan sosial, perubahan yang diharapkan tentu perubahan yang progesif, berkembang, dan berdaya guna.
    Berhubungan dengan inovasi, setiap inovasi adalah perubahan sosial, tapi setiap perubahan sosial belum tentu inovasi.
    Inovasi cangkupannya lebih sempit ketimbang dengan perubahan sosial.
    Inovasi merupakan perubahan yang progres dan diharapkan bisa berdaya guna, sedangkan perubahan sosial mencangkup perubahan yang baik maupun yang buruk.
    Pengertian agen perubahan (The Change Agent) adalah individu atau seseorang yang bertugas mempengaruhi target/sasaran perubahan agar mereka mengambil keputusan sesuai dengan arah yang dikehendakinya.
    Agen perubahan menghubungkan antara sumber perubahan (Inovasi, Kebijakan Publik dll) dengan sistem masyarakat yang menjadi target perubahan.
    Dengan demikian komunikasi adalah alat strategi bagi tercapainya suatu perubahan dalam organisasi maupun sistem sosial dalam masyarakat.

    BalasHapus
  60. Nama :Petrus Lende Ngongo
    Nim : 2013210083
    Kelas : B
    ABTRAK
    Pada dasarnya kita di Persiapkan menjadi leader dengan kompetensi yang kita miliki dalam ilmu administrasi Negara dan ilmu administrasi public, dengan harapan pemimpin mampu mengambil keputusan yang efektif dan efisien serta bijaksan, sehingga tepat pada saat dapat menjalankan fungsi dan tugas pelayanan terhadap masyarakat.
    Yang terjadi saat sekarang antara pemimpin dengan masyarakat umum memiliki hubungan yang sangat erat di instansi pemerintaht ersebut. Salah satu phenomena yang terjadi sangat realita, sebab seorang pemimpin bias mengambil keputusan sehinga bawahannya tidak jenuh dengan hal-hal yang berkaitan dengan masalah pelayanan.
    Seorang pemimpin dalam masyarakat untuk mengambil suatu keputusan memiliki sikap yang etot, sehinga di kata kanbawah seorang pemimpin mampu mengimplementasikan untuk mengambil keputusan tertentu.Suatu hal pemimpin yang bijaksana sehingga mampu mengambil suatu keputusan terhadap masyarakat. Seorang pemimpin kompetensi adminisrtasi secara luas, sehingga seorang pemimpin mampu melayani masyarakat yang baik dan benar tersebut.Agar masyarakat juga mendapatkan kepuasaan dari pemerintah tertentu.

    BalasHapus
  61. 3.Apa dampak yang dirasakan/diperoleh saat ini, bila dilihat dari pendekatan decision cooperation?
    Setiap kompetensi yang kita dapat tidak terlepaas dari pengabilan keptusan atau kebijakan public,.untuk itu sebagai mahasiswa yang di bekali dengan kopetensi mampu memberikan suatu pengaruh yang berdampak posiitif.terhadap lingkungan di sekitar kita.
    Dalam kompetensi yang kita dapatkan dari public service memiliki dampak yang besar pada palayanan masyarakat:dimana keefektifan dalam pengambilan keputusan yang berdasarkan kebijakan dan kerja sama dari seorang pemimpin akan menghasilkan suatu pelayanan yang baik,dan oleh pelayanan yang baik, akan merasakan suatu dampak bila dilihat dari pendekatan decision cooperation. Oleh karena itu kita sebagai mahasiswa yang di cetak menjadi agent of change and development,pembawa perubahan harus mempunyai kemampuan dalam mangambil keputusan ketika pulang di daerah masing¬-masing dangan memanfaatkan kompetensi : leadership, decision maker, public service, politic, gender, HAM dan pembangunan. yang kita dapatkan demi memajukan daerah kita, mengingat bahwa kita generasi mudah membawa perubahan,maka membangunan kesejahteraan rakyat adalah sebagai salah satu bidang pembangunan mempunyai peran yang sangat strategis dalam pelaksanaan pembangunan manusia Indonesia pada daerah kita. Pembangunan manusia Indonesia tidak dapat dilepaskan dari cita-cita mulia bangsa Indonesia untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaska kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia. Cita-cita mulia dimaksud ternyata merupakan perwujudan dari Hak Asasi Manusia (HAM) yang secara jelas termuat dalam konstitusi Negara Republik Indonesia sebagai hak konstitusional yang perlindungan, pemajuan, penegakan,keefektifan dalam mengambil keputusan dan mamberikan pelayanan sesuai yang di butuhkan menjadi tanggung jawab perintah/pemimpin

    BalasHapus
  62. NAMA : CORNELIA SUSANTI
    NIM : 2013210023
    PRODI : ILMU ADMINISTRASI NEGARA
    3. Dilihat dari decision cooperation maka dampak yang diperoleh/rasakan yaitu, kita memperoleh sebuah keputusan yang baik dan mendapatkan kompetensi sesuai dengan kemampuan kita. Karena dalam pengambilan keputusan akan lebih baik dengan adanya kerjasama atau melibatkan orang lain. Jika kita melibatkan orang lain dalam pengambilan keputusan terutama melibatkan orang-orang yang telah memiliki banyak pengalaman dalam mengambil keputusan tersebut maka mereka akan mengukur dari pengalaman-pengalaman mereka yang telah lalu sehingga mereka dapat memberikan masukan-masukan bagaimana seharusnya kita dalam mengambil keputusan. Dengan demikian kita memiliki sedikit gambaran keputusan yang bagaimana yang seharusnya kita ambil.

    BalasHapus
  63. Nama : Yupensia Rosalia
    Nim : 2013210119
    Prodi : Ilmu Administrasi Negara
    Kelas : A
    Tugas 1

    3. Dampak yang diperoleh saat ini yang pendekatan dengan decision cooperation adalah Dalam pengambilan suatu keputusan seorang pemimpin tidak mudah atau sembarang dalam memutuskan suatu keputusan, seorang pemimpin akan berpikir berulang kali untuk melakukan keputusan dalam pengambilan keputusan tersebut, seorang pemimpin akan melakukan kerja sama dengan suatu organisasi atau kelompok nya sehingga bisa mengambil suatu keputusan secara bersama sehingga tidak ada keputusan yang disepakati bersama ditolak atau dicomplaint kembali oleh rekan kerja atau bawahannya karena sebuah keputusan tersebut sudah diputuskan bersama. kerjasama yang baik itu sangatlah penting dalam suatu organisasi atau kelompok antara pemimpin dan bawahannya dalam pengambilan sebuah keputusan didalam organisasi dengan mengedepankan kerjasama dan adanya ketertiban dalam organisasi, munkin itu contoh kecilnya dalam ranah organisasi dan lain-lain.

    BalasHapus
  64. NAMA : RIKA HALIM NAMMA
    NIM : 20132100
    PRODI : ADMINISTRASI NEGARA
    MK : PROSES & TEKNIK PENGAMBILAN KEPUTUSAN

    Bila di tinjau atau di lihat jika kita sebagai agent of change and development maka pertama yang harus kita teliti adalah tugas kita yaitu sebagai seorang leadership dimana kita mempunyai tanggung jawab sepenuhnya dalam bekerja ataupun jabatan kita. Namun dalam hal ini seorang leadership haruslah mampu atau bisa mempengaruhi orang lain, misalnya ia mampu untuk bersosialisasi dengan para bawahannya dengan begitu meraka dengan mudah akan terinspirasi dengan apa yang di ajarkan. Namun seorang leadership ini juga harus bisa mengambil sebuah keputusan yang benar, karena dengan cara ia dalam mengambil sebuah keputusan ini juga maka dengan mudah seorang leadership itu bisa mencapai tujuan yang baik yang nantinya dapat memberikan suatu tindakan yang dapat di contohkan oleh orang lain tetapi juga harus sesuai dengan kondisi atau situasi yang ada sehingga hal ini dapat mempermudah kita mendapatkan kompetensi tersebut dengan cara pengambilan keputusan (decision maker) sebagai seorang leadership.
    Sebagai seorang leadership ini tentunya dalam mengambil mengambilsebuah keputusan tentu saja ada factor yang mendukung dan menghambat keberhasilannya yaitu misalnya factor yang menghambat keberhasilannya adalah seperti dalam hal pembangunan,contohnya ia memberikan tanggungjawab sepenuhnya kepada bawahannya untuk membangun sebuah bangunan namun dalam prosesnya terdapat berbagai macam kendala seperti kurangnya pengontrolan atau sumber daya dalam proses pelaksanaannya, nah makadari hal ini akan kurang memberikan hasil yang baik sehingga tidak dapat terlaksana dengan apa yang di inginkan. Adapun factor yang mendukung seorang leadership yaitu rasa dan sikap karakternya yang selau ia gunakan dalam mengambil sebuah keputusan seperti rasa percaya diri dan yakin dalam menjalankan tugasnya.

    Dampak yang di rasakan oleh kita sampai saat ini adalah, kita masih bisa menjalankan tugas serta aktivitas kita jika sebagai seorang leadership yakni dengan berbagai macam hal yang kita lakukan, baik itu dari segi pelayanan, politik maupun pengambilan keputusan dan lain hal sebagainya.

    abstrak

    BalasHapus
  65. NAMA : NIKODEMUS RAWI
    NIM :2013210079








    3 .Keberhasilan  dalam menggunakan suatu pendekatan membutuhkan pemahaman tentang kekuatan dan kelemahan dari setiap pendekatan yang tersedia serta kemampuan  kreativitas untuk  mengintegrasikan berbagai pendekatan dengan cara yang benar dan waktu yang tepat. Tentunya keberhasilan dari masing-masing pendekatan. bukan terletak pada keajaiban pendekatan itu sendiri, melainkan pada  mekanisme pembelajaran dalam memilih dan menggunakan suatu pendekatan, yakni tentang bagaimana dan kapan suatu pendekatan digunakan. 
    Dampak yang saya rasaakan adalah, saya mengerti kekurangan dan kelebihan saya, karna kita bisa mendapatkan masukan dari orang lain, dan itu bisa menjadi bahan pembelajaran buat saya untuk menjadi lebih baik, karna dalam suatu keja sama kita bisa mengetahui karakter dan kekurangan dan kelebihan orang lain. Semuanya wajar karna kita sama-sama belajar,

    BalasHapus
  66. NAMA: ERNESTA ITU
    NIM:2013210039
    PRODI :ADM NEGARA

    Dalam suatu proses pengambilan keputusan tentunya banyak hal yang menjadi prinsip hidup dalam menentukan sikap yang menjadi kententuan untuk menentukan proses hidup yang baik. Dalam pola pikir kita saat ini, ada hal yang menjadi hakekat kita untuk menentukan suatu keputusan itu dengan memperhatikan ”follower “ generasi x pada prinsip sikap hidup pertama,kerja kedua. sehingga keputusan yang diambil oleh seorang pemimpin sangat penting dan menentukan terhadap tindakan apa yang perlu dilaksanakan, siapa yang melakukan serta kapan, dimana, dan terkadang bagaimana tindakan itu dilaksanakan. Misalnya seorang presiden perlu melakukan keputusan siapa yang menjadi anggota kabinetnya ; seorang manager harus membuat keputusan tentang perlu tidaknya mengangkat pegawai tambahan, pembelian mesin baru, atau memberhentikan karyawanya.

    BalasHapus
  67. Dampak dari pendekatan decision coorperation adanya ilmu di ruang lingkup tersebut, dan terbentuk jiwa" kempimpinan yg luhur dalam konteks ilmu pengetahuan dalam ruang lingkup bermasyarakat, serta perubahan dalam hal" berpikir dalam segi pembelajaran sangatlah membawa perubahan, dan dalam konteks" lain yg meliputi pekerjaan sampai dengan kehidupan bermasyarakat, dan seperti dalam kehidpan bermayarakat adanya organisasi" yg slalu adanya perbedaan pendapat sangatlah penting peran pemimpin untuk mempetimbangkan dan menjadikan satu pemikiran" individu tersebut agar bisa di jadikan satu dalam satu keputusan agar tetap pemikiran" individu tersebut di jadikan satu agar tidak terjadi perbedaan argumentasi agar terciptanya suatu kelompok atau organisasi yg menjunjung tinggi kerja sama kelompok bukan hanya kerja individu yg di di fikir dan putuskan oleh pemimpin tersebut

    BalasHapus
  68. TUGAS
    Transpaperkepemimpinan
    UntukMemenuhi Salah SatuPersyaratan Mata Kuliah IlmuAdministrasi Negara










    OLEH :

    Nama : Desi Agitia
    NIM : 2014210180
    Jurusan : Administrasi Negara
    Kelas : B


    PRODI ILMU ADMINISTRASI NEGARA
    FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
    UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI
    MALANG
    2015

    ABSTRAK
    PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP
    KINERJA PEGAWAI

    Kepemimpinanmerupakanfaktorutamadalammenentukanmajumundurnyasuatuorganisasiataupunperusahaandalamusahamencapaitujuan, dalamhaliniadalahBadanPerencanaanPembagunanDaera Kota BatuolehKepalaBadan.Peranpemimpin BPD Kota Batudalammeningkatkankinerjapegawaiuntukmemberikanpelayananmemilikiberbagaiprinsippelayanan, sepertikesederhanaan, kejelasan, kepastian, keamanan, keterbukaan, efisien,ekonomis, dankeadilan yang meratamerupakanprinsip-prinsippelayananyang harusdiperhatikanolehpemimpin. Dalammenghadapitantanganini, maka BPD Kota dituntutkinerjapegawai yang tinggi demi tercapainyakualitaspelayananpublik yang sesuaidengankeinginanmasyarakat, dimanakinerjapegawai yang diharapkan
    tersebutsalahsatunyadipengaruhiolehmotivasi. Melaluipemberianmotivasimampumenyebabkan, menyalurkandanmendukungperilakumanusiasupayamaubekerjagiatdanantusiasmencapaihasil yang maksimal.Didalampenelitianinipenelitimemakaimetodepenelitiananalisiseksplanasidenganstudiregresi linear sederhanayaituuntukmengujiseberapabesarpengaruhkepemimpinanterhadapkinerjapegawai.

    Penelitianinidilakukan di BadanPerencanaanPembagunanDaera Kota Batudenganrespondensebanyak 75 orang,danpenelitianinimembuktikanbahwaterdapatpengaruh yang positifantarakepemimpinan BPPD Kota Batuterhadapkinerjapegawainya. Terbuktihasilpenelitianbahwasekitar 47,25% pengaruh yang diberikankepemimpinankepala BPD Kota Batuterhadapkinerjapegawainya. Jadipenelitianinitidakbertentangandenganhipotesis yang dibuatpenulisyaituterdapatpengaruh yang positifantarakepemimpinanterhadapkinerjapegawai.

    Kata Kunci :KepemimpinandanKinerjaPegawai




    Prof.Dr.Sondang
    p.siagian,M.P.A. penerbit bumi aksara

    BalasHapus
  69. TUGAS
    Transpaperkepemimpinan
    UntukMemenuhi Salah SatuPersyaratan Mata Kuliah IlmuAdministrasi Negara










    OLEH :

    Nama : Desi Agitia
    NIM : 2014210180
    Jurusan : Administrasi Negara
    Kelas : B


    PRODI ILMU ADMINISTRASI NEGARA
    FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
    UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI
    MALANG
    2015

    ABSTRAK
    PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP
    KINERJA PEGAWAI

    Kepemimpinanmerupakanfaktorutamadalammenentukanmajumundurnyasuatuorganisasiataupunperusahaandalamusahamencapaitujuan, dalamhaliniadalahBadanPerencanaanPembagunanDaera Kota BatuolehKepalaBadan.Peranpemimpin BPD Kota Batudalammeningkatkankinerjapegawaiuntukmemberikanpelayananmemilikiberbagaiprinsippelayanan, sepertikesederhanaan, kejelasan, kepastian, keamanan, keterbukaan, efisien,ekonomis, dankeadilan yang meratamerupakanprinsip-prinsippelayananyang harusdiperhatikanolehpemimpin. Dalammenghadapitantanganini, maka BPD Kota dituntutkinerjapegawai yang tinggi demi tercapainyakualitaspelayananpublik yang sesuaidengankeinginanmasyarakat, dimanakinerjapegawai yang diharapkan
    tersebutsalahsatunyadipengaruhiolehmotivasi. Melaluipemberianmotivasimampumenyebabkan, menyalurkandanmendukungperilakumanusiasupayamaubekerjagiatdanantusiasmencapaihasil yang maksimal.Didalampenelitianinipenelitimemakaimetodepenelitiananalisiseksplanasidenganstudiregresi linear sederhanayaituuntukmengujiseberapabesarpengaruhkepemimpinanterhadapkinerjapegawai.

    Penelitianinidilakukan di BadanPerencanaanPembagunanDaera Kota Batudenganrespondensebanyak 75 orang,danpenelitianinimembuktikanbahwaterdapatpengaruh yang positifantarakepemimpinan BPPD Kota Batuterhadapkinerjapegawainya. Terbuktihasilpenelitianbahwasekitar 47,25% pengaruh yang diberikankepemimpinankepala BPD Kota Batuterhadapkinerjapegawainya. Jadipenelitianinitidakbertentangandenganhipotesis yang dibuatpenulisyaituterdapatpengaruh yang positifantarakepemimpinanterhadapkinerjapegawai.

    Kata Kunci :KepemimpinandanKinerjaPegawai




    Prof.Dr.Sondang
    p.siagian,M.P.A. penerbit bumi aksara

    BalasHapus
  70. Nama Desi Agitia

    NIM 2014210180

    Jurusan Administrasi Negara

    Kelas B







    ABSTRAK

    PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP

    KINERJA PEGAWAI



    Kepemimpinanmerupakanfaktorutamadalammenentukanmajumundurnyasuatuorganisasiataupunperusahaandalamusahamencapaitujuan, dalamhaliniadalahBadanPerencanaanPembagunanDaera Kota BatuolehKepalaBadan.Peranpemimpin BPD Kota Batudalammeningkatkankinerjapegawaiuntukmemberikanpelayananmemilikiberbagaiprinsippelayanan, sepertikesederhanaan, kejelasan, kepastian, keamanan, keterbukaan, efisien,ekonomis, dankeadilan yang meratamerupakanprinsip-prinsippelayananyang harusdiperhatikanolehpemimpin. Dalammenghadapitantanganini, maka BPD Kota dituntutkinerjapegawai yang tinggi demi tercapainyakualitaspelayananpublik yang sesuaidengankeinginanmasyarakat, dimanakinerjapegawai yang diharapkan

    tersebutsalahsatunyadipengaruhiolehmotivasi. Melaluipemberianmotivasimampumenyebabkan, menyalurkandanmendukungperilakumanusiasupayamaubekerjagiatdanantusiasmencapaihasil yang maksimal.Didalampenelitianinipenelitimemakaimetodepenelitiananalisiseksplanasidenganstudiregresi linear sederhanayaituuntukmengujiseberapabesarpengaruhkepemimpinanterhadapkinerjapegawai.



    Penelitianinidilakukan di BadanPerencanaanPembagunanDaera Kota Batudenganrespondensebanyak 75 orang,danpenelitianinimembuktikanbahwaterdapatpengaruh yang positifantarakepemimpinan BPPD Kota Batuterhadapkinerjapegawainya. Terbuktihasilpenelitianbahwasekitar 47,25% pengaruh yang diberikankepemimpinankepala BPD Kota Batuterhadapkinerjapegawainya. Jadipenelitianinitidakbertentangandenganhipotesis yang dibuatpenulisyaituterdapatpengaruh yang positifantarakepemimpinanterhadapkinerjapegawai.



    Kata Kunci :KepemimpinandanKinerjaPegawai









    Prof.Dr.Sondang

    p.siagian,M.P.A. penerbit bumi aksara



    BalasHapus
    Balasan
    1. Tugas:TERM PAPER
      NAMA:MIKA LIDYA Nim:2014210092 Kelas:[A] Analisis teori kepemimpinan
      Abstract :
      Teori Kepemimpinan
      Kepemimpinan mempunyai arti yang berbeda pada orang-orang yang berbeda. Definisi tentang kepemimpinan sangat bervariasi sebanyak orang yang mencoba mendefinisikan konsep kepemimpinan itu sendiri.
      Hal ini disebabkan karena topik tentang kepemimpinan ini telah diminati oleh banyak orang selama berabad-abad lamanya. Para peneliti biasanya mendefinisikan kepemimpinan sesuai dengan perspektif-perspektif individual dan aspek dari fenomena yang paling menarik perhatian mereka.
      Perbedaan pendapat tentang definisi kepemimpinan didasarkan pada kenyataan bahwa kepemimpinan melibatkan interaksi yang kompleks antara pemimpin, pengikut, dan situasi. Kebanyakan definisi mengenai kepemimpinan mencerminkan asumsi bahwa kepemimpinan menyangkut sebuah proses pengaruh sosial yang sengaja dijalankan oleh seseorang terhadap orang lain untuk menstruktur aktivitas-aktivitas serta hubungan-hubungan di dalam sebuah kelompok atau organisasi (Yukl , 2011).
      Sebagai contoh, beberapa peneliti mendefinisikan kepemimpinan itu sendiri dalam bentuk hubungan pribadi dan ciri-ciri fisik, sedangkan peneliti yang lain meyakini bahwa kepemimpinan itu digambarkan oleh sekumpulan perilaku yang ditentukan.
      Menurut teori Stephen Covey menyatakan bahwa servant- leadership akan tumbuh lebih cepat dari periode sebelumnya, dan salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan memberdayakan orang yang anda pimpin. Berbeda dengan jenis leadership yang lain, yang mulai dengan mengendalikan atau merangkai kekuasaan, servant- leadership pertama, bekerja dengan membangun foundation atau dasar-dasarnya dengan mendengarkan dengan lebih seksama suara masyarakat untuk mengetahui kebutuhan dan konsern orang lain. Pemimpin juga harus tepat menempatkan karyawan dalam proses pengambilan keputusan. Dalam beberapa hal tertentu, karyawan dan anggota organisasi lain perlu terlibat lebih banyak dalam beberapa hal tertentu. Namun ada pula beberapa bagian yang perlu ditetapkan secara tegas oleh pemimpin tanpa perlu banyak melibatkan pihak lain agar kefektifan organisasi dapat tercapai.
      Kepemimpinan, pengambilan keputusan dan keterlibatan karyawan menjadi isu yang menarik untuk dikaji. Ketiga elemen tersebut dalam kenyataanya saling terkait satu sama lain dan terkadang tidak dapat dipisahkan.
      Di lingkungan masyarakat maupun dalam organisasi formal ataupun non formal, selalu ada seseorang yang dianggap lebih dari yang lain. Seseorang yang mempunyai kemampuan lebih tersebut kemudian diangkat atau ditunjuk sebagai orang yang mengatur orang lain.

      Kesimpulan;Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi kegiatan-kegiatan seseorang atau kelompok dalam usahanya mencapai tujuan didalam situasi tertentu.

      Hapus
    2. NAMA : PITER.SALAWANE
      NIM :2014210116
      PRODI :ILMU ADMINISTRASI NEGARA
      SEMESTER : 3 (TIGA)
      Analisis teori kepemimpinan
      Secara Abstract :
      Teori Kepemimpinan

      ABSTRAK

      Kepemimpinan sejak lama telah ada dan merupakan elemen penting dalam suatu organisasi / kelompok, baik formal maupun informal. Pemimpin perlu melakukan fungsinya secara proporsional agar pencapaian tujuan kelompok terjamin baik serta menghindari perilaku-perilaku non fungsional, karena dapat menghambat tercapainya tujuan. Tulisan ini mencoba memaparkan tentang berbagai hal mengenai kepemimpinan, seperti definisi, teori, gaya dan fungsi kepemimpinan.
      Kesimpulannya menyatakan pemahaman terhadap berbagai aspek kepemimpinan serta kebutuhan manusia, termasuk pengikut / bawahan, penting sekali bagi seorang pemimpin, karena hal tersebut berkaitan sekali dengan motivasi. Dengan memahami kebutuhan pengikut, maka seorang pemimpin akan dapat menentukan cara yang tepat untuk dipakai dalam memotivasi pengikutnya untuk mencapai tujuan organisasi,.
      .
      1. Teori sifat (Trait theory). Teori ini merupakan suatu pendekatan yang mempertanyakan sifat-sifat apakah yang membuat seseorang menjadi pemimpin. Dari teori inilah mun-cul pernyataan-pernyataan (statements) ilmiah yang mengemukakan bahwa kepemim-pinan itu dilahirkan pada seorang pemimpin.
      2. Teori kelompok (Group theory). Teori ini beranggapan bahwa agar suatu kelompok bisa mencapai tujuan-tujuannya, maka harus ada suatu pertukaran yang positif antara pemimpin (leader) dengan pengikutnya (followers).
      3. Teori Situasional dan Model Kontingensi. Teori ini merupakan pendekatan dalam studi kepemimpinan yang berangkat dari asumsi bahwa kepemimpinan seseorang ditentukan oleh berbagai faktor situasional dan saling ketergantungan sama lain (interdependensi).
      Menurut Dr. Thomas Gordon

      Kepemimpinan dapat dikonsepsualisasikan sebagai suatu interaksi antara seseorang dengan suatu kelompok, tepatnya antara seorang dengan anggota-anggota kelompok setiap peserta didalam interaksi memainkan peranan dan dengan cara-cara tertentu peranan itu harus dipilah-pilahkan dari suatu dengan yang lain. Dasar pemilihan merupakan soal pengaruh, pemimpin mempengaruhi dan orang lain dipengaruhi.

      John W. Gardner (1990)

      Kepimpinan sebagai proses Pemujukan di mana individu-individu meransang kumpulannya meneruskan objektif yang ditetapkan oleh pemimpin dan dikongsi bersama oleh pemimpin dan pengikutnya.

      Hapus