Selasa, 28 April 2015

MK, MSDM, Elemen Penting Organisasi



PERSYARATAN / ELEMEN PENTING ORGANISASI

a.       Komitmen manajemen puncak terhadap manajemen SDM yang efektif;
b.      Departemen SDM yang tangguh;
c.       Administrasi lini-staf yang terintegrasi dengan baik.

Sumber:
Simamora, Henry, 1997, Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit STIE YKPN, Jakarta, hlm., 27.

4 komentar:

  1. Nama: Koleta Marini
    NIM: 2014330046
    KELAS : (F)
    Prodi: Agroteknologi
    Tugas : UTS PENDIDIKAN PANCASILA
    MK, Pendidikan Pancasila.
    Tugas/pertanyaan:

    3) a. yaitu latihan ingat dan watak untuk menciptakan pengawasan (kontrol diri) dan kesadaran untuk melakukan suatu pekerjaan dengan tertip dan teratur sesuai dengan peraturan-peraturan
    Yang berlaku dengan penuh tanggung jawab.
    b. yaitu mewujudkan sistem dan iklim pendidikan nasional yang demokratis dan bermutu guna memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, berdisiplin dan bertanggungjawab, berketerampilan serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka mengembangkan kualitas manusia Indonesia Terlihat dengan jelas GBHN mengamanatkan arah kebijakan di bidang pendidikan yaitu: meningkatkan kemampuan akademik dan profesional serta meningkatkan jaminan kesejahteraan tenaga kependidikan sehingga tenaga pendidik mampu berfungsi secara optimal terutama dalam peningkatan pendidikan watak dan budi pekerti agar dapat mengembalikan wibawa lembaga dan tenaga kependidikan; memberdayakan lembaga pendidikan baik sekolah maupun luar sekolah sebagai pusat pembudayaan nilai, sikap, dan kemampuan, serta meningkatkan partisipasi keluarga dan masyarakat yang didukung oleh sarana dan prasarana memadai.
    Sementara itu, UU 20 2003 tentang Sisdiknas menyatakan bahwa Pendidikan Nasional Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
    Berangkat dari hal tersebut diatas, secara formal upaya menyiapkan kondisi, sarana/prasarana, kegiatan, pendidikan, dan kurikulum yang mengarah kepada pembentukan watak dan budi pekerti generasi muda bangsa memiliki landasan yuridis yang kuat. Namun, sinyal tersebut baru disadari ketika terjadi krisis akhlak yang menerpa semua lapisan masyarakat. Tidak terkecuali juga pada anak-anak usia sekolah. Untuk mencegah lebih parahnya krisis akhlak, kini upaya tersebut mulai dirintis melalui pendidikan karakter bangsa. Dalam pemberian pendidikan karakter bangsa di sekolah, para pakar berbeda pendapat. Setidaknya ada tiga pendapat yang berkembang. Pertama, bahwa pendidikan karakter bangsa diberikan berdiri sendiri sebagai suatu mata pelajaran. Pendapat kedua, pendidikan karakter bangsa diberikan secara terintegrasi dalam mata pelajaran PKn, pendidikan agama, dan mata pelajaran lain yang relevan. Pendapat ketiga, pendidikan karakter bangsa terintegrasi ke dalam semua mata pelajaran.


    BalasHapus
  2. Nama : Koleta Marini
    NIM : 2014330046
    KELAS : (F)
    Prodi : Agroteknologi
    Tugas 3 : Pendidikan Pancasila

    3. Keputusan yang bijak untuk mendalami Ilmu Agroteknologi merupakan tantangan yang harus diwujudkan dalam Kompetensi dimulai dari sekarang untuk menyongsong masa depan lebih baik; Jelaskan singkat pernyataan tersebut di atas berhubunga dengan Pendidikan Pancasila !

    JAWABAN :

    3). yaitu Pendidikan Non Formal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Hasil pendidikan nonformal dapat dihargai setara dengan hasil program pendidikan formal setelah melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga yang ditunjuk oleh Pemerintah atau Pemerintah Daerah dengan mengacu pada standar nasional pendidikan.
    Pendidikan Nasional Indonesia yang berakar pada kebudayaan bangsa Indonesia dan berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945, di arahkan untuk meningkatkan kecerdasan serta harkat dan martabat bangsa, mewujudkan bangsa I, berkualitas, Indonesia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berkualitas, mandiri sehingga mampu membangun dirinya dan masyarakat sekelilingnya serta dapat memenuhi kebutuhan Pembangunan Nasional dan Bertanggung jawab atas pembangunan nasional.
    Berdasarkan uraian tersebut diatas bahwa Pendidikan Nasional Indonesia mempunyai tujuan yang luhur yakni meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, serta mewujudkan manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya serta bersama – sama dengan masyarakat membangun bangsa dan negara indonesia. Pendidikan mempunyai kunci ( Key Point ) dalam mencapai arah Pembangunan Nasional, hal ini sesuai dengan pendapat Djudju Sudjana,M. Ed (1083 : 29 ) bahwa :
    “Pendidikan adalah segala usaha untuk membina kepribadian dan mengembangkan segala kemampuan manusia indonesia.”
    Dari kutipan diatas menunjukan betapa pentingnya memperoleh Program Pendidikan sesuai dengan Undang – Undang Dasar 1945 pada pasal 31 ayat 1 bahwa “ Setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan pengajaran “. Oleh karena itu masalah pendidikan merupakan masalah yang sangat penting, sehingga pemerintah mengupayakan berbagai cara untuk memperbaiki sarana dan prasarana pedidikan, hal ini dimaksudkan agar masyarakat lebih mudah di dalam mendapatkan pelayanan pedidikan baik melalui jalur Pendidikan Formal maupun melalui jalur Pendidikan Non Formal.
    Dalam era globalisasi dan jejaring informasi dewasa ini, Negara Kesatuan Republik Indonesia, sedang giat-giatnya mewujudkan pembangunan dalam segala bidang, UPTD SKB adalah merupakan salah satu lembaga birokrasi yang bernaung di bawah garis komando Dinas Pendidikan akan tetapi memiliki hak otonomi yang bergerak sebagai wadah pemberdaya masyarakat dalam bidang pendidikan nonformal, yang dijalankan setara terstruktur dan berjenjang, selanjutnya hasil dari pendidikan nonformal dapat dihargai sejajar dengan hasil pendidikan formal melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga pemerintah daerah dengan mengacu kepada standar nasional pendidikan.




    BalasHapus
  3. ). yaitu Pendidikan Non Formal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Hasil pendidikan nonformal dapat dihargai setara dengan hasil program pendidikan formal setelah melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga yang ditunjuk oleh Pemerintah atau Pemerintah Daerah dengan mengacu pada standar nasional pendidikan.
    Pendidikan Nasional Indonesia yang berakar pada kebudayaan bangsa Indonesia dan berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945, di arahkan untuk meningkatkan kecerdasan serta harkat dan martabat bangsa, mewujudkan bangsa I, berkualitas, Indonesia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berkualitas, mandiri sehingga mampu membangun dirinya dan masyarakat sekelilingnya serta dapat memenuhi kebutuhan Pembangunan Nasional dan Bertanggung jawab atas pembangunan nasional.
    Berdasarkan uraian tersebut diatas bahwa Pendidikan Nasional Indonesia mempunyai tujuan yang luhur yakni meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, serta mewujudkan manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya serta bersama – sama dengan masyarakat membangun bangsa dan negara indonesia. Pendidikan mempunyai kunci ( Key Point ) dalam mencapai arah Pembangunan Nasional, hal ini sesuai dengan pendapat Djudju Sudjana,M. Ed (1083 : 29 ) bahwa :
    “Pendidikan adalah segala usaha untuk membina kepribadian dan mengembangkan segala kemampuan manusia indonesia.”
    Dari kutipan diatas menunjukan betapa pentingnya memperoleh Program Pendidikan sesuai dengan Undang – Undang Dasar 1945 pada pasal 31 ayat 1 bahwa “ Setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan pengajaran “. Oleh karena itu masalah pendidikan merupakan masalah yang sangat penting, sehingga pemerintah mengupayakan berbagai cara untuk memperbaiki sarana dan prasarana pedidikan, hal ini dimaksudkan agar masyarakat lebih mudah di dalam mendapatkan pelayanan pedidikan baik melalui jalur Pendidikan Formal maupun melalui jalur Pendidikan Non Formal.
    Dalam era globalisasi dan jejaring informasi dewasa ini, Negara Kesatuan Republik Indonesia, sedang giat-giatnya mewujudkan pembangunan dalam segala bidang, UPTD SKB adalah merupakan salah satu lembaga birokrasi yang bernaung di bawah garis komando Dinas Pendidikan akan tetapi memiliki hak otonomi yang bergerak sebagai wadah pemberdaya masyarakat dalam bidang pendidikan nonformal, yang dijalankan setara terstruktur dan berjenjang, selanjutnya hasil dari pendidikan nonformal dapat dihargai sejajar dengan hasil pendidikan formal melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga pemerintah daerah dengan mengacu kepada standar nasional pendidikan.

    BalasHapus
  4. Did you hear there is a 12 word phrase you can tell your man... that will induce deep feelings of love and instinctual attractiveness for you buried within his heart?

    Because deep inside these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's impulse to love, admire and protect you with his entire heart...

    12 Words Who Trigger A Man's Love Impulse

    This impulse is so hardwired into a man's genetics that it will drive him to try better than before to to be the best lover he can be.

    Matter of fact, triggering this powerful impulse is absolutely mandatory to getting the best ever relationship with your man that the moment you send your man one of these "Secret Signals"...

    ...You will immediately find him expose his soul and heart to you in such a way he never expressed before and he will perceive you as the one and only woman in the universe who has ever truly interested him.

    BalasHapus