Minggu, 26 April 2015

MK, Pendidikan Pancasila, Tugas 3


TUGAS 3 Pendidikan Pancasila

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Pasca Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 1945, Bangsa Indonesia merapatkan barisan untuk mengisi Kemerdekaan (RI) tersebut dengan Pembangunan disegala bidang, dengan kekuatan penuh yang dimiliki meliputi Sumber Daya Manusia (SDM), Sumber Daya Alam (SDA), Capital serta Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IT), dengan berpegangan pada Pancasila sebagai Dasar: Filosofis, Sosiologis, Yuridis termasuk Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

Tugas/Pertanyaan:
1.       Jelaskan singkat hubungan atau keterkaitan antara sumber daya (SD) pembangunan yang meliputi:
a.       SDM;
b.      SDA;
c.       Capital;
d.      IT;

2.       Pilih satu SD pembangunan tersebut di atas dan jelaskan singkat hubungan Pancasila sebagai Dasar:
a.       Filosofi;
b.      Sosiologis;
c.       Yuridis; dan
d.      PIP;

3.       Keputusan yang bijak untuk mendalami Ilmu Agroteknologi merupakan tantangan yang harus diwujudkan dalam Kompetensi dimulai dari sekarang untuk menyongsong masa depan lebih baik;
Jelaskan singkat pernyataan tersebut di atas berhubunga dengan Pendidikan Pancasila !

Keterangan:
1.       Jawaban nomor 1 dan 3 diemal ke sugengrusmiwari@yahoo.co.id paling lambat tanggal 15 Mei 2015;
2.       Khusus jawaban nomor 3 disusun abstrak (mak 200 kata) dan dimasukkan juga pada komentar blog ini;
3.       Ketik identitas mahasiswa dengan jelas, nama, nim, kelas, selamat berjuang kami pasti bisa;
4.    Maaf mahasiswa laki-2 yang memakai anting, dijamin tidak lulus





19 komentar:

  1. NAMA : LAZARUS BOLI KOLIN
    NIM : 2014330049
    KELAS : F
    Abstrak
    Dalam pendidikan pancasila kita dapat mengetahui bahwa hubungan pendidikan pancasila dengan SDM, SDA, Capital, dan IT, sangat penting karena dengan adanya sumber daya alam kita dapa bertahan hidup di dunia ini. Kita telah mengtahui bahwa Negara indonesa sangat kaya akan sumber daya alam, namu sumber daya manusianya sangt lemah, maka dari itu kita sebagai bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila sebagi dasar filosofi dan dasar ideology kita mempunyai kewajipan untuk membangun dan mengembangkan kesejatraan masyarakat, dengan melestarikan alam, sehingga kekayaan alam kita tetap terjaga.
    Telah kita ktahui juga bahwa sumber daya manusia saat ini sangat lemah karena banyak masyarakt yang tidak percaya dengan perkembangan Indonesia saat ini.Dengan adanya bantuan dari Negara, kita mempunyai kemudahan untuk maju dan berkembang.Di Negara kita ini beberapa tahun terahir ini sudah mulai merasakan dampak yang disebapkan oleh kerusakan lingkungan, berbagi tempat dilanda bencana, baik berupa banjir, tanah longsor, dll.Paling tidak ada dua hal yang menyebapkan terjadinya kerusakan lingkungan, yakni laju pertumbuhan penduduk yang relative cepat dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.Pertumbuhan penduduk yang relatif cepat berimplikasi pada ketersediaan lahan yang cukup untuk menopang tuntutan kesejahteraan hidup.Sementara lahan yang tersedia bersifat tetap dan tidak bisa bertambah sehingga menambah beban lingkungan hidup.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. NAMA : Seva gracelia
    NIM : 2014330086
    PRODI:Agroteknologi
    3. Hubungan Pendidikan Pancasila dalam menyongsong masa depan yang lebih baik adalah
    Kita sebagai mahasiswa agroteknologi harus mematuhi peraturan Pancasila yang sudah kita ketahui agar dapat mendukung untuk melakukan kegiatan kita dalam menjalani tugas sebagai pertanian khususnya di bidang agroteknologi.
    Pada hakekatnya pendidikan pancasila adalah upaya sadar diri bagi pertanian dalam suatu masyarakat dan pemerintah suatu Negara untuk menjamin kelangsungan hidup dan kehidupan generasi penerus bagi pertanian , selaku warga masyarakat, bangsa dan Negara secara berguna dan bermakna serta berguna bagi masa depan kita sebagai warga Negara khususnya pertanian di bidang agroteknologi.

    BalasHapus
  4. NAMA : FUAD HASAN
    NIM : 2014330033
    MAKUL : PENDIDIKAN PANCASILA


    3. Keputusan yang bijak untuk mendalami Ilmu Agroteknologi merupakan tantangan yang harus diwujudkan dalam Kompetensi dimulai dari sekarang untuk menyongsong masa depan lebih baik
    Tanggung jawab Agroteknologi /agronomi sesuai dengan perkembangan zaman. Era globalisasi, perdagangan bebas pelestarian lingkungan hidup, perubahan gaya hiudup positif (Produksi, Dinamis, Efesien) peningkatan persyaratan kebutuhan hidup bukan hanya sekedar mendapatkan produk untuk ketersediaan pangan (food availability), tetapi harus memperhitungkan kelayakan (consummer acceptability), keamanan (food safety) sehingga mendukung terwujudnya kesejahteraan manusia (people welfare) ini berarti proses budidaya pertanian harus memperhatikan dan meminimkan pengaruh residu bahan kimia atau cemaran organik, terhadap produksi budidaya tanaman pertanian komitmen ini didasarkan atas kenyataan bahwa untuk memperoleh makanan yang cukup bergizi aman adalah hak setiap manusia. Pada hakekatnya pendidikan pancasila adalah upaya sadar diri bagi pertanian dalam suatu masyarakat dan pemerintah suatu Negara untuk menjamin kelangsungan hidup dan kehidupan generasi penerus bagi pertanian , selaku warga masyarakat, bangsa dan Negara secara berguna dan bermakna serta berguna bagi masa depan kita sebagai warga Negara khususnya pertanian di bidang agroteknologi.

    BalasHapus
  5. Abstrak
    Secara filosofi pancasila, ilmu pengetahuan adalah memanusiakan manusia. Dan pada hakekatnya, mendalami ilmu Agroteknologi merupakan tujuan pembangunan ilmu pengetahuan dan peningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam rangka menyongsong masa depan lebih baik.
    Pernyataan ini sesuai dengan persiapan kompetensi masa depan seperti kemampuan memberikan sumbangan nyata bagi daya saing sektor produksi di bidang Agroteknologi, keberlanjutan dan pemanfaatan sumber daya manusia, penyiapan generasi Indonesia menyongsong kehidupan global yang maju dan modern, dan ketersediaan faktor-faktor yang diperlukan, seperti SDM, sarana prasarana, kelembagaan iptek, jaringan, dan pembiayaan.
    Lebih lanjut persediaan kompetensi di bidang pangan dan pertanian, energi baru dan terbarukan, kesehatan dan obat, transportasi, telekomunikasi, informasi dan komunikasi, teknologi pertahanan dan keamanan, dan material maju.
    Di era terbuka ini, dikenal sebuah paradigma baru yaitu Paradigma Agro-Teknologi yang meyakini kehidupan dunia bahwa teknologi merupakan kontributor signifikan dalam peningkatan kualitas hidup suatu bangsa. Paradigma ini membawa implikasi yaitu terjadinya pergeseran teknologi dunia yang semula berbasiskan pada sumber daya. Kekuatan dan keberhasilan sebuah negara akan sangat ditentukan oleh kemampuan generasi dalam berwawasan ilmiah yang merupakan faktor utama memicu kemajuan Negara yang telah menggantikan modal, lahan dan energi untuk peningkatan daya saing dengan berlandaskan pancasila karena pancasila adalah jiwa rakyat Indonesia, kepribadian bangsa, pandangan hidup bangsa, dan dasar negara kita.

    BalasHapus
  6. NAMA : EMILIYANI MEO DHONE
    NIM : 2014330025
    PRODI : AGROTEKNOLOGI
    KELAS :F



    3. berhubungan dengan pendidikan pancasila
    Dalam pendidikan pancasila kita dapat mengetahui bahwa hubungan pendidikan pancasila dengan SDM, SDA, Capital, dan IT, sangat penting karena dengan adanya sumber daya alam kita dapa bertahan hidup di dunia ini. dan sebagai mahasiswa agrotek kita dituntut untuk bertanggungjawab sesuai dengan perkembangan zaman. Era globalisasi, perdagangan bebas pelestarian lingkungan hidup, perubahan gaya hiudup positif (Produksi, Dinamis, Efesien) peningkatan persyaratan kebutuhan hidup bukan hanya sekedar mendapatkan produk untuk ketersediaan pangan (food availability), tetapi harus memperhitungkan kelayakan (consummer acceptability), yang berwawasan ilmiah yang merupakan faktor utama memicu kemajuan Negara yang telah menggantikan modal, lahan dan energi untuk peningkatan daya saing dengan berlandaskan pancasila karena pancasila adalah jiwa rakyat Indonesia, kepribadian bangsa, pandangan hidup bangsa, dan dasar negara kita.

    BalasHapus
  7. nama: yohanes aljun
    NIM:2014330101
    Prodi: Agroteknologi/B
    Keputusan yang bijak untuk mendalami Ilmu Agroteknologi merupakan tantangan yang harus diwujudkan dalam Kompetensi dimulai dari sekarang untuk menyongsong masa depan lebih baik;

    Jelaskan singkat pernyataan tersebut di atas berhubunga dengan Pendidikan Pancasila !

    Untuk mewujudkan cita-cita saya sebagai calon sarjana agroteknologi yang kedepannya untuk menyongsong masa depan yang lebih baik,khususnya masa depan pertanian di Indonesia. Bagi saya bukanlah hal yang sulit untuk mewujudkan masa depan lebih baik. Jika dijalani dengan sepenuh hati dan Tentunya dengan usaha,pantang menyerah dan komitmen yang kuat didalam mencapai tujuan. Saya ingin masa depan sektor peranian di Indonesia kedepannya mampu bersaing bagi daya saing sektor produksi di bidang Agroteknologi, keberlanjutan dan pemanfaatan sumber daya manusia, penyiapan generasi Indonesia menyongsong kehidupan global yang maju dan modern, dan ketersediaan faktor-faktor yang diperlukan, seperti SDM, sarana prasarana, kelembagaan iptek, jaringan, dan pembiayaan.

    Lebih lanjut persediaan kompetensi di bidang pangan dan pertanian, energi baru dan terbarukan, kesehatan dan obat, transportasi, telekomunikasi, informasi dan komunikasi, teknologi pertahanan dan keamanan, dan material maju.

    BalasHapus
  8. NAMA : FILIBERTUS NUSRI ALTINUS JATA
    NIM : 2014330027
    PRODI : AGROTEKNOLOGI
    KELAS : F




    3. berhubungan dengan pendidikan pancasila
    Dalam pendidikan pancasila kita dapat mengetahui bahwa hubungan pendidikan pancasila dengan SDM, SDA, Capital, dan IT, sangat penting karena dengan adanya sumber daya alam kita dapa bertahan hidup di dunia ini. dan sebagai mahasiswa agrotek kita dituntut untuk bertanggungjawab sesuai dengan perkembangan zaman. Era globalisasi, perdagangan bebas pelestarian lingkungan hidup, perubahan gaya hiudup positif (Produksi, Dinamis, Efesien) peningkatan persyaratan kebutuhan hidup bukan hanya sekedar mendapatkan produk untuk ketersediaan pangan (food availability), tetapi harus memperhitungkan kelayakan (consummer acceptability), yang berwawasan ilmiah yang merupakan faktor utama memicu kemajuan Negara yang telah menggantikan modal, lahan dan energi untuk peningkatan daya saing dengan berlandaskan pancasila karena pancasila adalah jiwa rakyat Indonesia, kepribadian bangsa, pandangan hidup bangsa, dan dasar negara kita.


    BalasHapus
  9. 3. Keputusan yang bijak dalam mendalami Ilmu Agrtoteknologi adalah Sebagai generasi pemuda penerus perjuangan dan pengisi kemerdekaan bangsa, maka kita sebagai mahasiswa yang salah satu bagian dari civitas akademika yang memiliki intelektualitas, diharapkan mampu melayani masyarakat dan mampu menjadi mahasiswa yang ikut serta dalam menjalankan atau mensukseskan program pendidikan di Indonnesia terutama program studi Agroteknologi. Pada dasarnya , di Agroteknologi kita lebih mendalami mengenai bagaimana cara mengelola suatu komoditas dari berbagai macam bibit sampai berbentuk hasil dan selanjutnya diproduksi. Pada dasarnya pertanian adalah salah satu bentuk kelansungan hidup bagi masyarakat Bangsa dan Negara. Dalam suatu masyarakat dan pemerintah suatu Negara untuk menjamin kelangsungan hidup ,maka generasi penerus bagi pertanian harus lebih bisa mendalami arti pentingnya pertanian dibidang agroteknologi.

    BalasHapus
  10. 3. Pada dasarnya, di Agroteknologi kita akan mempelajari mengenai bagaimana cara mengelola suatu komoditas dari berbentuk bibit sampai berbentuk hasil dan selanjutnya produk. Kita akan mempelajari tentang tanaman dan tumbuhan, pangan ataupun hortikultura, serta bagimana cara proses menanam yang baik, proses panen, proses pengolahan, hingga proses produksi. Di Agroteknologi kita akan lebih fokus ke hal-hal yang berkaitan dengan ‘tanaman’-nya itu sendiri dan juga mengenai hal-hal yang menyangkut dengan proses penanamannya. Kita dapat memilih fokus ke membudidayakan tanaman, memuliakan tanaman, fokus terhadap tanaman perkebunan, atau fokus ke bagaimana cara membuat dan menghasilkan serta menggunakan pupuk dan pestisida dengan baik, atau dapat meneliti tentang baik tidaknya suatu tanah di suatu wilayah untuk ditanami oleh suatu komoditas. Intinya ya di Agroteknologi kita akan mempelajari mengenai hal-hal yang berbau bahan pangan secara mentah , yang masih dalam bentuk produksi serta hal-hal yang berkaitan dengannya: tanah sebagai media tanam, pupuk sebagai pemberi nutrisi dan sebagainya.
    Dan hubungannya dengan pancasila adalah sebagai mahasiswa kami inggin meujudkan mimpi untuk membuat Indonesia ini menjadi Negara yang kaya akan sumber daya pangan dan juga berbagai tumbuhan. karena Indonesia ini terkenal dengan daya pangan yang berlimpah dan kami sebagai anak Agroteknologi ingin membuat Negara kita ini menjadi lebih dari pada itu dan mengembangkannya, supaya Negara kita tidak lagi di pandang sebagai Negara miskin karena Negara kita ini kaya akan sumber daya nya. Dan pendidikan pancasila adalah jembatan bagi kami untuk mengetahui bagaimana perkembangan bangsa kita ini dan apa yang di butuhkan Negara kita ini.

    BalasHapus
  11. NAMA : MARIANUS LALU ROJA
    NIM : 2014330055
    PRODI : AGROTEKNOLOGI
    KELAS : F


    3. berhubungan dengan pendidikan pancasila
    Dalam pendidikan pancasila kita dapat mengetahui bahwa hubungan pendidikan pancasila dengan SDM, SDA, Capital, dan IT, sangat penting karena dengan adanya sumber daya alam kita dapa bertahan hidup di dunia ini. dan sebagai mahasiswa agrotek kita dituntut untuk bertanggungjawab sesuai dengan perkembangan zaman. Era globalisasi, perdagangan bebas pelestarian lingkungan hidup, perubahan gaya hiudup positif (Produksi, Dinamis, Efesien) peningkatan persyaratan kebutuhan hidup bukan hanya sekedar mendapatkan produk untuk ketersediaan pangan (food availability), tetapi harus memperhitungkan kelayakan (consummer acceptability), yang berwawasan ilmiah yang merupakan faktor utama memicu kemajuan Negara yang telah menggantikan modal, lahan dan energi untuk peningkatan daya saing dengan berlandaskan pancasila karena pancasila adalah jiwa rakyat Indonesia, kepribadian bangsa, pandangan hidup bangsa, dan dasar negara kita.

    BalasHapus
  12. Nama : primus adrianus leda
    Nim :2014330075
    Prodi : Agroteknologi

    Pendidikan Nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia Indonesia dalam rangka upaya mewujudkan kecerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhjadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rokhani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Sesuai dengan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa sebagai mahasiswa agrotek harus mampu untuk mengembangkan potensi-potensi yang dimilikinya secara optimal dan seimbang sehingga potensi-potensi tersebut dapat diakutualisasikan dalam kehidupan berupa tingkah laku dan perbuatan tingkah laku dan perbuatan yang merupakan aktualisasi dari potensi-potensi tersebut perlu didasari dengan atau berorientsi pada nilai-nilai dalam kehidupan yang memberikan arah dan pertimbangan dalam bertingkah laku.

    BalasHapus
  13. Nama : andreas deba
    Nim : 2014330006
    Prodi : agroteknologi
    Kelas :g
    Keputusan yang bijak untuk mendalami Ilmu Agroteknologi merupakan tantangan yang harus diwujudkan dalam Kompetensi dimulai dari sekarang untuk menyongsong masa depan lebih baik;

    Jelaskan singkat pernyataan tersebut di atas berhubunga dengan Pendidikan Pancasila !

    Untuk mewujudkan cita-cita saya sebagai calon sarjana agroteknologi yang kedepannya untuk menyongsong masa depan yang lebih baik,khususnya masa depan pertanian di Indonesia. Bagi saya bukanlah hal yang sulit untuk mewujudkan masa depan lebih baik. Jika dijalani dengan sepenuh hati dan Tentunya dengan usaha,pantang menyerah dan komitmen yang kuat didalam mencapai tujuan. Saya ingin masa depan sektor peranian di Indonesia kedepannya mampu bersaing bagi daya saing sektor produksi di bidang Agroteknologi, keberlanjutan dan pemanfaatan sumber daya manusia, penyiapan generasi Indonesia menyongsong kehidupan global yang maju dan modern, dan ketersediaan faktor-faktor yang diperlukan, seperti SDM, sarana prasarana, kelembagaan iptek, jaringan, dan pembiayaan.dapat disimpulkan bahwa sebagai mahasiswa agrotek harus mampu untuk mengembangkan potensi-potensi yang dimilikinya secara optimal dan seimbang sehingga potensi-potensi tersebut dapat diakutualisasikan dalam kehidupan berupa tingkah laku dan perbuatan tingkah laku dan perbuatan yang merupakan aktualisasi dari potensi-potensi tersebut perlu didasari dengan atau berorientsi pada nilai-nilai dalam kehidupan yang memberikan arah dan pertimbangan dalam bertingkah laku.

    BalasHapus
  14. NAMA : Ahmad Faizin
    NIM : 2014330002
    PRODI : Aroteknologi

    Tugas III
    Mata kuliah Pancasila
    Dosen : Drs.Sugeng Rusmiwari


    3. Hubungan Ilmu Agroteknologi dengan Pancasila guna menyongsong masa depan
    Ilmu Agroteknologi merupakan ilmu yang mempelajari budidaya pertanian. Ilmu ini menjadi tantangan tersendiri bagi kita. Hal ini karena pertanian merupakan penghasil utama pangan. Apalagi Indonesia adalah Negara Agraris atau Negara yang sebagian besar penduduknya sebagai petani. Keasaan pertanian Indonesia yang masih tertinggal jauh dengan Negara – Negara lain. Dengan mempelajari pancasila, maka ilmu budidaya pertanian akan digunakan dengan bijaksana. Kedisiplinan juga diperlukan guna terwujudnya calon pembudi daya pertanian yang bijaksana serta arf dalam mengelolanya. Hal Itu mungkian bias dilakukan dengan mempelajari hal – hal yang terkandung dalam makna – makna pancasila.

    BalasHapus

  15. 3. ABSTRAK
    ABSTRAK
    NAMA : ANTONIUS TANDU
    NIM : 2014330008
    PRODI : AGROTEKNOLOGI
    MK : PENDIDIKAN PANCASILA (F)


    Langkah pertama adalah perluas wawasan. Anda harus memandang kehidupan ini dengan mata iman, pandanglah dirimu sedang melesat ke level yang lebih tinggi. Anda harus memiliki gambaran mental yang jelas tentang apa yang akan Anda raih.Gambaran ini harus menjadi bagian dari dirimu, didalam benakmu, dalam percakapanmu, meresap ke pikiran alam bawah sadarmu, dalam perbuatanmu dan dalam setiap aspek kehidupanmu.
    Langkah ke dua adalah mengembangkan gambar diri yang sehat. Itu artinya Anda harus melandasi gambar dirimu diatas apa yang Tuhan katakan tentang Anda. Keberhasilanmu meraih tujuan sangat tergantung pada bagaimana Anda memandang dirimu sendiri dan apa yang Anda rasakan tentang dirimu. Sebab hal itu akan menentukantingkat kepercayaan diri Anda dalam bertindak. Fakta menyatakan bahwa Anda tidak akan pernah melesat lebih tinggi dari apa yang Anda bayangkan mengenai dirimu sendiri.
    Langkah ke tiga adalah temukan kekuatan dibalik pikiran dan perkataanmu. Target utama serangan musuh adalah pikiranmu. Ia tahu sekiranya ia berhasil mengendalikan dan memanipulasi apa yang Anda pikirkan, maka iaakan berhasil mengendalikan dan memanipulasi seluruh kehidupanmu.Pikiran menentukan prilaku, sikap dan gambar diri. Pikiran menentukan tujuan.
    Langkah ke empat adalah lepaskan masa lalu, biarkanlah ia pergi...Anda mungkin saja telah kehilangan segala yang tidak seorangpun patut mengalaminya dalam hidup ini. Jika Anda ingin hidup berkemenangan , Anda tidak boleh memakai trauma masa lalu sebagai dalih untuk membuat pilihan-pilihan yang buruk saat ini. Anda harus berani tidak menjadikan masa lalu sebagai alasan atas sikap burukmu selama ini,atau membenarkan tindakanmu untuk tidak mengampuni seseorang.
    Langkah ke lima adalah temukan kekuatan di dalam keadaan yang paling buruk sekalipun
    Kita harus bersikap :" Saya boleh saja terjatuh beberapa kali dalam hidup ini, tetapi tetapi saya tidak akan terus tinggal dibawah sana." Kita semua menghadapi tantangan dalam hidup ini . KIta semua pasti mengalami hal-hal yang datang menyerang kita. Kita boleh saja dijatuhkan dari luar, tetapi kunci untuk hidup berkemenangan adalah belajar bagaimana untuk bangkit lagi dari dalam.
    Langkah ke enam adalah memberi dengan sukacita. Salah satu tantangan terbesar yang kita hadapi adalah godaan untuk hidup mementingkan diri sendiri. Sebab kita tahu bahwa Tuhan memang menginginkan yang terbaik buat kita, Ia ingin kita makmur, menikmati kemurahanNya dan banyak lagi yang Ia sediakan buat kita, namun kadang kita lupa dan terjebak dalam prilaku mementingkan diri sendiri. Sesungguhnya kita akan mengalami lebih banyak sukacita dari yang pernah dibayangkan apabila kita mau berbagi hidup dengan orang lain.

    BalasHapus
  16. NAMA : NURUL SHOLEHUDDIN
    PRODI : AGROTEKNOLOGI
    NIM : 2014330069
    KELAS : B (JAM 06:00 PAGI)
    Pancasila sebagai dasar negara dapat dijadikan sebagai dasar kehidupan bangsa Indonesia. Salah satu aspek aplikasi pancasila dapat diterapkan pada industri pertanian. Industri pertanian merupakan kegiatan untuk lebih memaksimalkan hasil pertanian dengan menggunakan berbagai alat dan kegiatan industri. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui bidang pertanian. Pemerataan teknologi pertanian haruslah dilakukan ke berbagai wilayah di Indonesia agar tidak terjadi kesenjangan sosial dan ekonomi antara wilayah yang satu dengabn yang lainnya. Melalui pemerataan teknologi pertanian, masyarakat dapat memahami bahwa pemerintah tidak berpihak pada satu wilayah semata dan akan terwujud perasaan senasib antar wilayah. Hal in secara tidak langsung akan memperkuat persatuan dan kesatuan antar wilayah di Indonesia. Keadilan yang merata akan terwujud melalui pemerataan teknologi dikarenakan tidak adanya keberpihakan kepada wilayah tertentu. Tetapi arti adil tidaklah harus sama antara satu dengan yang lain, pemerataan teknologi dalam bidang pertanian sebaiknya dilakukan dengan bermusyawarah antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. Hal ini diperlukan karena potensi yang dimiliki setiap daerah di Indonesia tidaklah sama. Saat potensi suatu daerah di-ekplorasi secara maksimal dan melibatkan masyarakat dalam terapannya, tingkat kesejahteraan masyarakat dapat meningkat. Tidak lupa, seluruh pemikiran dan tindakan tersebut tetap berlandaskan pada pancasila agar benar-benar demi kesejahteraan bangsa Indonesia.
    Sebagai mahasiswa Agroteknologi Pertanian sudah sepantasnya mampu mengaplikasikan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan nyata, sehingga dapat menciptakan suatu persatuan dan kesatuan, keadilan , serta memiliki etika dalam menjalankan aktivitas kehidupan sehari-hari. Sehingga Negara ini mampu menjadi adi daya makmur sentosa,dengan demikian semua masa depan akan maju dan lebih baik.
    Sebagai mahasiswa Agroteknologi Pertanian sudah sepantasnya mampu mengaplikasikan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan nyata, sehingga dapat menciptakan suatu persatuan dan kesatuan, keadilan , serta memiliki etika dalam menjalankan aktivitas kehidupan sehari-hari.

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Assalamuallaikuum, sebelumnya saya mohon maaf apabila terlambat mengirimkan tugas, atas kerjasamanya, saya ucapkan terimakasih.
    Nama : Achmad Ridhlo
    NIM : 2014330001
    MK : Pendidikan Pancasila (G)
    Prodi : Agroteknologi

    3. Pancasila sebagai dasar negara dapat dijadikan sebagai dasar kehidupan bangsa Indonesia. Salah satu aspek aplikasi pancasila dapat diterapkan pada industri pertanian. Industri pertanian merupakan kegiatan untuk lebih memaksimalkan hasil pertanian dengan menggunakan berbagai alat dan kegiatan industri. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui bidang pertanian. Pemerataan teknologi pertanian haruslah dilakukan ke berbagai wilayah di Indonesia agar tidak terjadi kesenjangan sosial dan ekonomi antara wilayah yang satu dengabn yang lainnya. Melalui pemerataan teknologi pertanian, masyarakat dapat memahami bahwa pemerintah tidak berpihak pada satu wilayah semata dan akan terwujud perasaan senasib antar wilayah. Hal in secara tidak langsung akan memperkuat persatuan dan kesatuan antar wilayah di Indonesia. Keadilan yang merata akan terwujud melalui pemerataan teknologi dikarenakan tidak adanya keberpihakan kepada wilayah tertentu. Tetapi arti adil tidaklah harus sama antara satu dengan yang lain, pemerataan teknologi dalam bidang pertanian sebaiknya dilakukan dengan bermusyawarah antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. Hal ini diperlukan karena potensi yang dimiliki setiap daerah di Indonesia tidaklah sama. Saat potensi suatu daerah di-ekplorasi secara maksimal dan melibatkan masyarakat dalam terapannya, tingkat kesejahteraan masyarakat dapat meningkat. Tidak lupa, seluruh pemikiran dan tindakan tersebut tetap berlandaskan pada pancasila agar benar-benar demi kesejahteraan bangsa Indonesia.
    Sumber: http://hildhanosaurus.blogspot.com/2012/06/implementasi-sila-sila-pancasila-dalam.html (dengan perubahan)

    BalasHapus
  19. Strange "water hack" burns 2lbs overnight

    At least 160000 women and men are hacking their diet with a simple and SECRET "liquids hack" to lose 1-2lbs each night in their sleep.

    It's proven and it works with everybody.

    This is how to do it yourself:

    1) Go grab a glass and fill it up half the way

    2) And now do this amazing HACK

    so you'll become 1-2lbs lighter the next day!

    BalasHapus