TEORI FUNGSIONALISME
Teori Fungsionalisme
mencurahkan perhatian pada pendayagunaan sumber daya manusia intelektual secara
efektif sehingga akan memberikan dampak
yang sangat besar terhadap kekuatan suatu negara;
Dengan demikian, upaya pemeliharaan dan pendayagunaan sumber
daya manusia (preservation of human resources atau PHR) secara efisien telah
menjadi sasaran pembangunan hamper semua negara di dunia;
Perhatian terhadap PHR merupakan salah satu karakteristik
menonjol dari teori fungsionalisme yang digunakan secara popular dalam
penelitian pendidikan pada tahun 1950-an;
Salah seorang perintis pertama teori fungsionalisme yang
cukup terkenal di Amerika Serikat ialah Burton Clark (1962) menulis buku yang
berjudul Educating the Expert Society;
Dalam buku tersebut Clark menekankan teori sosiologi
pendidikan yang dikenal dengan Technological Functional;
Teori ini merupakan landasan yang paling penting bagi
pengembangan dan pemeliharaan sumber daya manusia intelektual’
Dalam mengungkapkan teori tersebut Clark menekankan cepatnya
perubahan teknologi telah mengakibatkan kebutuhan akan pengembangan system
pendidikan;
Dalam kenyataannya, konstantanya perubahan teknologi mengajibatkan
terjadinya perluasan dan perkembangan berbagai bentuk dan jenis pendidikan yang
sekaligus akan memberikan pengaruh terhadap perubahan dalam struktur
ketenagakerjaan dalam suatu pasar kerja;
Sumber:
Ace Suryadi, H.A.R. Tilaar, 1993, Analisis Kebijakan
Pendidikan, Suatu Pengantar, Penerbit PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
0 komentar:
Posting Komentar