Minggu, 25 November 2012

Komunikasi Yang Efektif dalam Administrasi Perkantoran


Komunikasi Yang Efektif:
Bentuk Dasar Komunikasi:
Bentuk paling dasar dari komunikasi adalah komunikasi nonverbal:
1.       Yang  merupakan proses komunikasi tanpa kata, berupa semua isyarat, gerak tubuh, ekspresi wajah, hubungan yang renggang, dan sikap terhadap waktu yang tersedia ketika berkomunikasi tanpa kata;
2.       Dengan kata lain, aksi lebih berarti dibandingkan kata-kata;
3.       Hambatan biasanya ada pada culture / budaya, dialek, kebiasaan;
4.       Sifatnya spontan dan tanpa ungkapan, tidak terstruktur, sehingga sulit untuk mempelajarinya;
5.       Contoh ekspresi marah, mata membelalak, alis ditarik keatas, mulut tidak terkendali;
6.       Penempatan intonansi menentukan arti.

Bentuk kedua adalah komunikasi verbal:
1.       Berupa kata-kata yang disusun agar memiliki arti, seperti dengan surat;
2.       Dibutuhkan waktu, menulis atau mengetik, dalam menyusun kalimat dan surat, menggandakan dan mengirimnya;
3.       Dalam berbicara juga membutuhkan aturan, Grammar dalam bahasa Inggris, Tatabahasa Indonesia),  Etika dan Filsafat (Administrator Publik), dst, baru kita kirim atau ekspresikan;
4.       Yang jadi masalah adalah berbicara itu sulit karena lepas control sehingga sulit untuk merevisi apa yang telah diungkapkan; 

Contoh:
Intonasi dan Arti pada Komunikasi Verbal:
Penempatan Intonasi dan Arti:
1.       Mengapa aku tidak mengundang kamu makan malam ini ?
Arti: Aku telah mengundang orang lain.
2.       Mengapa aku tidak mengundang kamu makan malam ini ?
Arti: Selain laki-laki lain yang biasanya kamu pergi dengannya.
3.       Mengapa aku tidak mengundang kamu makan malam ini ?
Arti: Aku sedang mencari alasan  untuk tidak mengundangmu.
4.       Mengapa aku tidak mengundang kamu makan malam ini ?
Arti: Kamu punya masalah denganku ?
5.       Mengapa aku tidak mengundang kamu makan malam ini ?
Arti: Selain kamu pergi sendiri.
6.       Mengapa aku tidak mengundang kamu makan malam ini ?
Arti: Selain makan siang besok.
7.       Mengapa aku tidak mengundang kamu makan malam ini ?
Arti: Bukan besuk malam

Sumber:
Badri Munir Sukoco, Manajemen Administrasi Perkantoran Modern, Penerbit Erlangga, 2006.

0 komentar:

Posting Komentar