Proses
Komunikasi:
Komunikasi biasanya terjadi secara terencana dan
berkesinambungan.
Komunikasi merupakan proses yang dinamis dan timbal balik
yang dapat digambarkan:
1. Tahap 1
Pengirim mempunyai ide
2.
Tahap 2
Pengirim mempunyai ide
3.
Tahap 3
Pengirim mempunyai pesan
4.
Tahap 4
Penerima menerima pesan
5.
Tahap 5
Penerima menguraikan pesan
6.
Tahap 6
Penerima mengirim balasan
Keterangan:
1.
Pengirim mempunyai ide dan berkeinginan untuk
membaginya;
2.
Pengirim menjadikan ide dengan memutuskan bentuk
pesan (tulisan, ekspresi wajah, isyarat gerak), panjang, organisasi, nada, dan
tipe – yang semuanya tergantung pad aide, audiens, pembawaan diri maupun mood
pengirim;
3.
Pengirim mengirimkan pesan dengan memilih jalur
komunikasi (verbal atau non verbal, berbicara atau tulisan) dan media (telepon,
surat, memo, e-mail, laporan, atau face to face) yang tergantung pada pesan,
lokasi audiens, kebutuhan akan kecepatan diterima, dan formalitas yang
dibutuhkan;
4.
Jika kita mengirimkan surat, penerima harus
menerima suratnya terlebih dahulu dan lain sebagainya;
5.
Penerima menguraikan pesan, dengan memahami
pesan yang disampaikan dan menyimpannya di pikirannya. Jika mereka telah memahami dengan benar pesan
yang disampaikan, dengan arti yang sama sesuai dengan yang dimaksud pengirim;
6.
Penerima memberikan feedback yang memungkinkan
pengirim mengevaluasi efektivitas dari pesan (komunikasi yang telah dilakukan.
Jika mereka belum mengerti, kita harus menjelaskan hingga mengerti);
Sumber Bacaan:
Badri Munir Sukoco, Manajemen Administrasi Perkantoran
Modern, Penerbit Erlangga, 2006.
0 komentar:
Posting Komentar