Minggu, 25 November 2012

Proses Komunikasi dalam Administrasi Perkantoran



Proses Komunikasi:
Komunikasi biasanya terjadi secara terencana dan berkesinambungan.
Komunikasi merupakan proses yang dinamis dan timbal balik yang dapat digambarkan:
1.       Tahap 1
Pengirim mempunyai ide                                            
2.       Tahap 2                                                 
Pengirim mempunyai ide                                            
3.       Tahap 3                                               
Pengirim mempunyai pesan                                       
4.       Tahap 4                                                                  
Penerima menerima pesan                                        
5.       Tahap 5
Penerima menguraikan pesan
6.       Tahap 6
Penerima mengirim balasan
                                                                                                 
Keterangan:
1.       Pengirim mempunyai ide dan berkeinginan untuk membaginya;
2.       Pengirim menjadikan ide dengan memutuskan bentuk pesan (tulisan, ekspresi wajah, isyarat gerak), panjang, organisasi, nada, dan tipe – yang semuanya tergantung pad aide, audiens, pembawaan diri maupun mood pengirim;
3.       Pengirim mengirimkan pesan dengan memilih jalur komunikasi (verbal atau non verbal, berbicara atau tulisan) dan media (telepon, surat, memo, e-mail, laporan, atau face to face) yang tergantung pada pesan, lokasi audiens, kebutuhan akan kecepatan diterima, dan formalitas yang dibutuhkan;
4.       Jika kita mengirimkan surat, penerima harus menerima suratnya terlebih dahulu dan lain sebagainya;
5.       Penerima menguraikan pesan, dengan memahami pesan yang disampaikan dan menyimpannya di pikirannya.  Jika mereka telah memahami dengan benar pesan yang disampaikan, dengan arti yang sama sesuai dengan yang dimaksud pengirim;
6.       Penerima memberikan feedback yang memungkinkan pengirim mengevaluasi efektivitas dari pesan (komunikasi yang telah dilakukan. Jika mereka belum mengerti, kita harus menjelaskan hingga mengerti);

Sumber Bacaan:
Badri Munir Sukoco, Manajemen Administrasi Perkantoran Modern, Penerbit Erlangga, 2006.

0 komentar:

Posting Komentar