Rabu, 15 Oktober 2014

Kajian Penyempurnaan Administrasi

AL-FALAQ
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.
1.       Katakanlah “Aku berlindung kepada Tuhan yang mengusai subuh (fajar);
2.       Dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan;
3.       Dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita;
4.       Dan dari kejahatan (perempua-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (tali-nya);
5.       Dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki”

AL-HADIS
Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a., dari Nabi Saw., beliau bersabda: “Iman itu bercabang menjadi enam puluh lebih, dan rasa malu (untuk berbuat maksiat) adalah satu cabang iman.” (Hadis ini diriwayatkan oleh Al-Bukhari, nomor hadis: 9).

KAJIAN PENYEMPURNAAN ADMINISTRASI

Penyempurnaan administrasi baru saja dikembangkan pada tahun tujuh puluhan.

Oleh karena itu belum banyak tulisan-2 dan kajian mengenai penyempurnaan administrasi ini menurut C.K. Show. (Haka Been Lee dan Samonti, 1970), di antara Sembilan belas judul tentang penelitian administrasi pembangunan, hanya 3 judul yang membahas penyempurnaan administrasi pembangunan.

Misalnya di Indonesia kajian penyempurnaan administrasi ini belum banyak.

Kajian yang telah pernah dilakukan antara lain oleh Djunaidi Hadisumarto yang berjudul “The Indonesian Civil Service and Its Reform Movement,” dan oleh Mirrian Sjofjan Arif berjudul “Penyempurnaan Pentadbiran di Indonesia”, Serta Kajian Kes Mengenai Penyusunan Semula Organisasi Direktorat Pembangunan Daerah, Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia.

Selanjutnya diantara tulisan-2 yang mengemukakan penyempurnaan administrasi ini adalah oleh Sondang 
Siagian berjudul Improving Indonesia’s Administration Infra structure: A Case Study, dan oleh Bintoro Tjokroamidjoyo dalam bukunya Pengantar Administrasi Pembangunan.

Walaupun kajian-2 tersebut telah dapat memberikan sedikit keterangan mengenai penyempurnaan administrasi, namun belum cukup memadai, dibandingkan luasnya jangkauan ilmu ini.

Oleh sebab itu diperlukan lebih banyak lagi penelitian oleh para ahli khususnya di Indonesia:  mengingat ilmu penyempurnaan administrasi ini berfungsi menunjang pembangunan.

Sumber:
Bintoro Tjokrohamidjojo, 1987, Administrasi Pembangunan, Penerbit Karunia, Jakarta



0 komentar:

Posting Komentar