Jumat, 10 Oktober 2014

PANDANGAN ATAU TEORI POLITIK

PANDANGAN ATAU TEORI POLITIK

1.       Plato (427-347 SM) mengatakan bahwa politik merupakan system kekuasaan pemerintahan yang dijalankan dan dipegang oleh kaum Aristokrat (kaum bijak) yang dipilih lewat proses keputusan bersama, dan didalamnya tidak ada kediktatoran.

Jelaslah bahwa karena Plato adalah seorang filsuf, maka ia memandang politik dalam perspektif filosofis, di mana dikatakan bahwa semua pengetahuan merupakan suatu kesatuan utuh yang tidak bisa dipisah-pisahkan.

2.       Aristoteles (384-322 SM)
Seperti dijelaskan Surbakti, mengatakan bahwa politik dalam pandangan klasik adalah sebagai sutau asosiasi warga Negara yang berfungsi membicarakan dan menyelenggarakan hal ihwal yang menyangkut kebaikan bersama seluruh anggota masyarakat.

Menurutnya politik adalah suatu kerangka kelembagaan yang dirancang untuk memecahkan  suatu konflik sosial dan untuk membentuk tujuan kolektif suatu negara.

Satu-satunya cara untuk memaksimalkan kemampuan seorang individu dan untuk mencapai bentuk kehidupan sosial tertinggi adalah melalui interaksi politik dengan orang lain dalam suatu kerangka kelembagaan.

3.       Ibnu Khaldum
Mengatakan bahwa politik adalah kekhasan manusia sebagai makhluk tertinggi dan termulia.
Karena itu kehidupan politik harus dihadapi dengan segi-segi terbaik yang dimiliki manusia, yaitu segi moralitas dan agama.

4.       Samuel H. Boer
Mengatakan bahwa ilmu politik adalah ilmu mengenai kelakuan politik, dan kelakuan politik itu sebaiknya dipelajri sebagai suatu system politik, yang memiliki empat variable, yaitu:
a.       Budaya politik;
Yang menyangkut:
1.       Nilai -2 politik;
2.       System kepercayaan, dan;
3.       Sikap emosional;
b.      Kekuasaan;
Sebagai alat untuk mencapai sesuatu;
c.       Kepentingan;
Sebagai tujuan yang hendak dicapai;
d.      Kebijakan;
Yang merupakan konsekuensi dan akaibat proses saling mempengaruhi anatara kekuasaan dan kepentingan;

Sumber:
Imam Hidayat, 2009, Teori-Teori Politik, Setara Press, Malang.



0 komentar:

Posting Komentar