Rabu, 15 Oktober 2014

Pentingnya Penyempurnaan Administrasi

AN-NASR

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.
1.       Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan;
2.       Dan engkau melihat manusia berbondong-bondong masuk agama Allah;
3.       Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampunan kepada-Nya. Sungguh, Dia Maha Penerima tobat.

AL-HADIS

Diriwayatkan dari Abdullah bin Amru r.a., bahwa ada seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah Saw.,” “Bagaimana menjadi muslim yang baik ?” Rasulullah Saw., menjawab: “Berikan makanan pada orang lain, ucapkan salam (berikan kedamaian) kepada orang yang kau kenal dan yang tidak kau kenal.” (Hadis ini diriwayatkan oleh Al-Bukhari, nomor hadis 12).


PENTINGNYA PENYEMPURNAAN ADMINISTRASI

Penyempurnaan administrasi ini penting sekali dewasa ini baik bagi negara maju maupun bagi negara berkembang.

Bagi negara maju:

Penyempurnaan administrasi diperlukan, memang ada orang berpendapat bahwa administrasi negara di negara maju telah efisien sehingga penyempurnaan administrasi tidak diperlukan tetapi pada abad teknologi canggih yang melanda negara-2 di dunia, akan terjadi perubahan selera masyarakat yang cepat, perubahan selera ini akan lebih besar melanda negara maju yang kaya dari pada negara berkembang yang miskin, dengan demikian negara maju harus pula menemukan selera.

Selera baru dan mampu memenuhi permintaan-2, untuk itu diperlukan administrasi yang dapat bergerak cepat.

Keharusan gerak cepat ini akan terasa dalam organisasi atau unit-2 organisasi yaitu apabila setiap orang telah merasa kekurangan dan ketidak efisienan organisasi setia saat.

Oleh sebab itu penyempurnaan administrasi di negara maju dewasa ini juga diperlukan guna menunjang kearah penemuan-2 dan permintaan baru.

Bagi negara berkembang yang sedang berusaha mengejar ketinggalannya dari negara maju terutama dalam menghapuskan kemiskinan, maka dilancarkan pembngunan nasionalnya.

Pembangunan berarti perubahan dalam masyarakat, sedangkan administrasi negaranya tidak mampu beradaptasi dan menghadapi perubahan cepat, karena adanya sifat-2 tumpang tindih, heterogin formalistic dan pelayanan yang tidak standar.

Sifat-2 administrasi negara yang demikian jelas tidak efisien dan tidak dapat menunjang pembangunan nasionalnya.

Oleh sebab itu penyempurnaan administrasi negara di negara berkembang diperlukan untuk dapat menunjang kelancaran pembangunan nasionalnya.

Sumber:
Bintoro Tjokrohamidjojo, Tahun 1987, Administrasi Pembangunan, Penerbit Karunia, Jakarta





I

0 komentar:

Posting Komentar