MANFAAT ANALISIS PEKERJAAN
1.
Analisis pekerjaan membantu dalam
mengkomunikasikan harapan sebuah pekerjaan terhadap pemegang jabatan,
pengawasannya, dan teman sejawatnya;
2.
Dengan meninjau deskripsi pekerjaan, spesifikasi
pekerjaan, dan standar kinerja pekerjaan yang ada, karyawan bias lebih cepat
mempelajari ruang lingkup dan batasan tanggung jawab mereka;
3.
Dapat memfokuskan peramalan dan perencanaan
kepegawaian;
4.
Spesialis SDM dan manajer setelh itu dapat
meramal dan membandingkan suplai dan permintaan pekerjaan beserta persediaan
keahlian pekerjaan, dan kemudian membandingkannya dengan persyaratan pekerjaan;
5.
Analisis pekerjaan yang disusun, dirancang, dan
diimplementasikan dengan baik berpotensi menyediakan basis informasi yang
berfungsi tidak hanya satu tujuan, tetapi beberapa tujuan;
Sumber, diadopsi dan diadaptasi, dari:
Simamora, Henry, 1999, Manajemen Sumber Daya Manusia,
Penerbit STIE YKPN, Yogyakarta, hlm. 111.
0 komentar:
Posting Komentar