FORMAT RANCANGAN TUGAS
(2)
BAHAN KULIAH PENDIDIKAN
PANCASILA
UNIVERSITAS TRIBHUWANA
TUNGGADEWI
I.
TUJUAN TUGAS
Melalui tugas ini mahasiswa
diharapkan dapat membandingkan perbedaan, kelebihan dan kekurangan ideologi liberalisme, komunisme dan Pancasila.
II.
URAIAN TUGAS
1.
Mahasiswa dibagi tiga kelompok.
Kelompok I membahas kelebihan liberalisme dan kelemahan komunisme dan
Pancasila. Kelompok II membahas kelebihan komunisme dan kelemahan liberalisme dan Pancasila. Kelompok III membahas kelebihan Pancasila dan kelemahan liberalisme dan komunisme
2.
Masing-masing kelompok
memresentasikan tugas masing-masing dan didiskusikan
3.
Menginventarisis kelebihan dan
kekurangan masing-masing ideologi dan menunjukkan bagaimana posisi
Pancasila diantara ideologi-ideologi lain.
III. KRITERIA PEN ILAIAN
Kedalaman bahasan dan kekuatan argumentasi
IV. INDIKATOR KINERJA (RUBBRIC)
GRADE SKOR INDIKATOR KINERJA (RUBBRIC)
Sangat kurang <25 Pemahaman tidak logis, argumentatif, jelas, runtut
Kurang 26-45 Pemahaman logis, argumentatif, tidak lengkap,
jelas, runtut
Cukup 46-65 Pemahaman logis, argumentatif, namun tidak jelas
dan runtut
Baik 66-85 Pemahaman logis, argumentatif, jelas namun tidak
runtut
Sangat Baik >85 Pemahaman logis, argumentatif, jelas, dan runtut
Sumber: Materi Ajar Mata Kuliah Pendidikan Pancasila,
Direktorat Pemebalajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan
Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
Republik Indonesia, 2013.
0 komentar:
Posting Komentar