PENDEKATAN SISTEM
Pendekatan system pada manajemen dirancang untuk
memanfaatkan analisis ilmiah pada permasalahan organisasi dengan tujuan untuk
pengembangan dan pengelolaan sistem informasi, dan perancangan sistem informasi untuk pengambilan keputusan;
Prinsip dasar teori sistem bahwa setiap sistem diikat
bersama oleh pertukaran informasi;
Pengertian dasar tentang pendekatan sistem dan rancangan
sistem adalah konsep sistem umpan balik infomrasi;
Pada dasarnya sistem umpan balik ini berkaitan dengan cara
informasi digunakan untuk maksud pengendalian dan dapat digunakan tidak sekedar pada sistem
bisnis tetapi juga pada bidang teknik, biologi, dan banyak sistem lainnya;
Sumber:
Kadarsah Suryadi, Ali Ramadhani, Sistem Pendukung Keputusan,
Suatu Wacana Struktural Idealisasi dan Implementasi Konsep Pengambilan
Keputusan, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 1998.
Nama : Refi Kurnia Hidayat
BalasHapusNIM : 2014330077
Prodi : Agroteknologi
Membuat Mata Kuliah Pendidikan Pancasila menjadi Menarik (Tugas Pak Sugeng)
Cara Membuat Mata Kuliah Pendidikan Pancasila menjadi Menarik dengan tidak meninggalkan Kompetensi Agroteknologi :
1. Dosen memberikan tontonan berupa video/film mengenai Pendidikan Pancasila
2. Dosen memberikan permainan setelah menerangkan materi, contohnya dosen memberikan bola ke mahasiswa setelah itu mehasiswa menyanyikan sebuah lagu jika lagu telah berhenti maka yang terakhir memegang bola diberi sebuah pertanyaan dari materi yang telah dijelaskan
3. Mahasiswa dibagi kedalam beberapa kelompok dan dosen memberikan suatu permasalahan setelah itu antar kelompok memperdebatkan masalah tersebut
4. Mahasiswa diberi tugas untuk menghasilkan sesuatu yang mencerminkan pemahamannya terhadap konsep/topik/masalah
5. Mahasiswa melakukan percobaan didalam kelas mengenai Pendidikan Pancasila
6. Mahasiswa dibagi kedalam sebuah kelompok lalu mempersentasikan hasil diskusinya dan setiap kelompok wajib memberikan tanggapannya mengenai hasil diskusi yang telah dipersentasikan
7. Dosen memberikan suatu permasalahan dan jika ada mahasiswa yang memberikan tanggapan akan mendapat sebuag poin
8. Dosen memberikan sebuah tugas dan tugas tersebut dikumpulkan lewat media internet contohnya lewat blog, email dan lain-lain
9. Mahasiswa melakukan percobaan didalam kelas mengenai Pendidikan Pancasila
10. Pada saat dikelas dosen memberikan suatu permasalahan tentang Pendidikan Pncasila yang dijumpai oleh mahasiswa dikampus
11. Sesekali dosen mengajar diruang kelas, contohnya dilapangan kampus
NAMA :BANGUN
BalasHapusNIM :2014330013
PRODI : AGROTEKNOLOGI A
SEMESTER : II
1. Dosen dan mahasiswa harus menjalin komunukasi yang baik agar MK tidak menjadi menoton
2. dosen harus menyampaikan materi secara jelas dan lugas agar mahasiswa dapat memahami MK
3. sebaiknya dosen meluangkan waktu untuk tanya jawab supaya mahasiswa tidak merasa bosan
4. membuat MK menjadi lebih menarik dengan penyampai materi yang bisa membuat mahasiswa tidak mengantuk
5. meteri sebaiknya tidak hanya berupa huruf tapi juga harus berupa gambar dan video
Nama:Andreas Beni Sutanto
BalasHapusNim :2014330005
Prodi:Agroteknologi (A)
Tugas mata kuliah pendidikan pancasila:Bagaimana cara membuat mata kuliah pendidikan pancasila menjadi menarik?
1.Dosen harus menyampaikan materi secara jelas dan tidak terlalu cepat agar mahasiswa dapat memahami dan menggerti apa yang di sampaikan
2.Dosen memberikan meteri sebaiknya tidak hanya berupa huruf tapi juga harus berupa gambar dan video
3.Dosen sebelum menggawali perkuliahan membuat aturan yang dapat di sepakati oleh mahasiswa
4.Dosen memberikan tugas kepada mahasiswa dibagi kedalam beberapa kelompok dan dosen memberikan suatu permasalahan setelah itu antar kelompok memperdebatkan masalah tersebut
5. Sesekali dosen mengajar diruang kelas, contohnya dilapangan kampus
Nama: Krristianus Krosbi
BalasHapusNim : 2014330047
Prodi: Agroteknologi (A)
Tugas ata kuliah pendidikan pancasila. Bagaimana cara membuat pendidikan pancasila menjadi menarik?
1. dosen dan mahasiswa harus tukar informasi supaya sama-sama mendapat pengetahuan
2. dosen harus bisa memberikan materi-materi yang mudah di pahami mahasiswa
3. dosen tidak hanya memaparkan slide yang berupa tulisan melainkan paparan materi yang merupakan gambaran atau video
4. dosen dan mahasiswa menjalin komunikasi yang baik
5. dosen menyampaikan materi tidak terlalu cepat supaya mahasiswa mampu menerima materi yang sampaikan
Nama: Suharnanik
BalasHapusNIM: 2014330087
Prodi: Agroteknologi
Metode membuat mata kuliah pendidikan pancasila lebih menarik.
Setiap orang memiliki metode tersendiri dalam dunia pendidikan
PENDIDIKAN PANCASILA adalah pendidikan yang mempelajari segala ilmu pendidikan, seperti ilmu ketuhanan, ilmu kemanusiaan, dan ilmu cinta tanah air,
Hingga perlu kita ketahui pentingnya dunia pendidikan, yakni dengan adanya pendidikan tersebut kita mampu merasakan hal yang jauh terasa dekat, hal yang sulit terasa gampang dan hal yang menjadi masalah akan terasa seperti sebuah pelajaran yang harus di sikapi dengan sedewasa mungkin.,
Pendidikan adalah batu loncatan yang membantu manusia untuk memecahkan segala persoalan guna mendapatkan sebuah jawaban.
Memberikan pengetahuan, pembelajaran, dan lain sebagainya..
Perlu kita ketahui, negara kita adalah negara Bhineka Tunggal Ika dimana memiliki dasar negara pancasila. Sehinnga sebagai rakyat indonesia terasa perlu mempelajari pendidikan pancasila ini, guna untuk mengetahui hal apa yang menjadi tanggung jawab kita sebagai manusia yang berbangsa dan bernegara.
Dalam beberapa kurun waktu ini, banyak mahasiswa merasa tidak tertarik lagi terhadap pendidikan pancasila, sebab beberapa orang beranggapan bahwa pendidikan pancasila hanya terfokuskan pada hal politik, meski kenyataanya tidak, tugas kita saat ini adalah mengubah anggapan seseorang tentang pendidikan pancasila yang sebatas itu itu saja, hingga menjadi tidak menarik, berubah menjadi menarik,
Nilai kemanusiaan yang beradab adalah perwujudan nilai kemanusiaan sebagai makhluk yang berbudaya, bermoral dan beragama. Dalam kehidupan kenegaraan,. Oleh karena itu kehidupan bersama dalam negara harus dijiwai oleh moral kemanusiaan, meski terdapat perbedaan.
membuat pendidikan pancasila menarik, kita juga harus melihat sistem penyampaian proses belajar mengajar dalam kelas, seorang anak didik juga menyukai suatu mata kuliah bila dia melihat mitra belajarnya mampu membuatnya tertarik.
seorang dosen harus terlebih dahulu menguasai forum dan menguasai kriteria mahasiswanya, setelah dosen menguasai kriteria dan alur pemikiran mahasiswanya dalam proses belajar mengajar, baru disana tugas seorang dosen untuk melanjutkan strategi apa yang akan di berikan kepada mahasiswa, itu demi terwujudnya alur belajar mengajar yang baik sesuai kesepakatan bersama.
Nama : Yulianus Oswin Ngera
BalasHapusNim : 2014330106
Prodi : Agroteknologi
Semester II
1. Dosen tersebut harus menyampaikan materi secara jelas dan lugas agar mahasiswa dapat memahami MK
2. Dosen dan Mahasiswa harus saling komunikasi dengan baik
3. Mahasiswa harus aktif dalam perkuliahan
4. Dosen menjelaskan tidak terlalu cepat agar mudah dipahami
5. Selalu ajukan pertanyaan kepada dosen apabila tidak mengerti tentang sesuatu hal.
1.kita dapat mengaplikan MK dalam kehidupan sehari-hari maka kita akan lebih tertarik pada MK pendidikan pancasila
BalasHapus2.wujud pancasila sangat membantu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara oleh karena itu kita wajib untuk lebih mengenal pendidikan pancasila
3.kita harus mematuhi dan menanamkan filosofis-filosofis pendidikan pancasila agar pancasila bisa terlihat menarik
nama : viktor elvis afeanpah
BalasHapusnim :2014330095
jurusan : agrotek teknologi (b)
semester : 2
1.kita dapat mengaplikan MK dalam kehidupan sehari-hari maka kita akan lebih tertarik pada MK pendidikan pancasila
2.wujud pancasila sangat membantu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara oleh karena itu kita wajib untuk lebih mengenal pendidikan pancasila
3.kita harus mematuhi dan menanamkan filosofis-filosofis pendidikan pancasila agar pancasila bisa terlihat menarik