Standar
Kompetensi 3: Pancasila sebagai Ideologi Negara
Indikator:
a.
Mampu melakukan kajian dalam kegiatan
pembelajaran yang dikaji melalui suatu proses pembelajaran yang membentuk
dan membangun pengertian bahwa Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara.
b. Dengan metode kajian literatur dan diskusi mahasiswa dapat mengkaji
pemahaman mengenai ideologi dan pembuktian Pancasila sebagai
ideologi.
c. Menunjukkan hasil pembelajaran dengan cara membandingkan, mempersamakan dan membedakan Pancasila dengan ideologi-ideologi besar lainnya di dunia.
d.
Dalam kondisi pemahaman mengenai
persamaan dan perbedaan, mahasiswa memiliki pemahaman yang holistik
tentang Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara yang ideal bagi Indonesia.
e. Menguasai pengetahuan tentang perbandingan antara Pancasila dan
liberalisme, Pancasila dan komunisme serta pemahaman hubungan Pancasila dan
agama.
f.
Untuk dapat menguji pemahaman yang
holistik mengenai Pancasila sebagai ideologi, maka mahasiswa
harus menyelesaikan tugas individu dan kelompok melalui pengkajian dan diskusi kelompok.
g.
Mampu mengelola perbedaan pandangan
dari hasil kajian literatur dan hasil kerja kelompok
sebagai khasanah kekayaan pemikiran dalam membentuk dan membangun pemahaman yang kuat tentang Ideologi Pancasila.
h.
Memiliki sikap tanggung jawab pada
pekerjaan secara mandiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil
kerja kelompok. Komunikatif, estetis, etis, apresiatif dan partisipatif.
|
Metode Pembelajaran
|
|
Penilaian
|
1.
|
Experimental learning
|
1.
|
UTS
|
2.
|
Collaborative learning
|
2.
|
UAS
|
3.
|
Problem based learning
|
3.
|
Lembar tugas mahasiswa
|
4.
|
Presentasi
|
4.
|
Penilaian presentasi
|
5.
|
Penyusunan makalah
|
5.
|
Penilaian makalah
|
6.
|
Project based learning
|
6.
|
Penilaian diskusi kelompok
|
Sumber: Materi Ajar Mata Kuliah Pendidikan Pancasila,
Direktorat Pemebalajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan
Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
Republik Indonesia, 2013.
0 komentar:
Posting Komentar