Standar
Kompetensi 4: Pancasila sebagai Sistem Filsafat
Indikator:
a. Mampu melakukan kajian dengan suatu proses kajian yang dapat memanfaatkan
literatur tentang Pancasila sebagai sistem filsafat.
b. Dengan metode kajian literatur diharapkan dapat mengkaji Pancasila
sebagai filsafat secara utuh dari berbagai perspektif
dan pemahaman sudut pandang.
c. Menunjukkan hasil kemampuan membandingkan, mempersamakan dan membedakan pendapat yang berkembang mengenai filsafat Pancasila.
d.
Dalam kondisi perbedaan sudut
pandang, diharapkan mampu menganalisis dan membuat suatu keputusan berdasarkan
pemahaman setelah mengkaji secara mendalam
tentang filsafat Pancasila.
e. Menguasai pengetahuan tentang pengertian filsafat, filsafat Pancasila dan
hakikat sila-sila dalam Pancasila.
f.
Untuk dapat membuktikan hakikat
sila-sila dalam Pancasila mahasiswa harus melakukan kajian individual dan
diskusi kelompok.
g. Mampu mengelola perbedaan sudut pandang sebagai pembentuk pemahaman yang holistik mengenai Pancasila sebagai filsafat.
h. Memiliki sikap
tanggung jawab pada pekerjaan secara mendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja
kelompok. Dapat berkomunikasi, berlaku secara
estetis, etis, apresiatif dan partisipatif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
|
Metode Pembelajaran
|
|
Penilaian
|
1.
|
Experimental learning
|
1.
|
UTS
|
2.
|
Collaborative learning
|
2.
|
UAS
|
3.
|
Problem based learning
|
3.
|
Lembar tugas mahasiswa
|
4.
|
Presentasi
|
4.
|
Penilaian presentasi
|
5.
|
Penyusunan makalah
|
5.
|
Penilaian makalah
|
6.
|
Project based learning
|
6.
|
Penilaian diskusi kelompok
|
Sumber: Materi Ajar Mata Kuliah Pendidikan Pancasila,
Direktorat Pemebalajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan
Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
Republik Indonesia, 2013.
0 komentar:
Posting Komentar