Minggu, 23 Oktober 2011

Bahan Kuliah Adm. Perkantoran


KOMUNIKASI
MENGAPLIKASIKAN KETRAMPILAN DASAR KOMUNIKASI
1.       KOMUNIKASI
A.      PENGERTIAN KOMUNIKASI
B.      KOMPONEN KOMUNIKASI
C.      FAKTOR-2 PENYEBAB KEBERHASILAN KOMUNIKASI
D.      FAKTOR-2 PENGHAMBAT KOMUNIKASI

2.       MENGIDENTIFIKASI PROSES KOMUNIKASI
A.      TEKNIK BERKOMUNIKASI
B.      TEKNIK MEMBACA EFEKTIF
C.      TEKNIK MENDENGARKAN SECARA EFEKTIF

3.       MENERIMA DAN MENYAMPAIKAN INFORMASI

4.       MENGIDENTIFIKASI PEKERJAAN KANTOR
A.      PENGERTIAN MEDIA KOMUNIKASI
B.      FUNGSI MEDIA KOMUNIKASI
C.      JENIS-2 MEDIA KOMUNIKASI
D.      CARA MENGGUNAKAN SARANA KOMUNIKASI

5.       MELAKUKAN KOMUNIKASI MELALUI TELEPON
A.      PENGERTIAN DAN KEGUANAAN TELEKOMUNIKASI
B.      PENGERTIAN PESAWAT TELEPON DAN BAGIANNYA
C.      SENTRAL TELEPON
D.      MACAM-2 PELANGGAN TELEPON
E.       MACM-2 SAMBUNGAN TELEPON DAN TEMPAT PENJUALAN JASA TELEKOMUNIKASI
F.       ETIKA BERTELEPON

KOMUNIKASI
A.      PENGERTIAN KOMUNIKASI
Suatu proses pengoperan lambing-lambang atau berita antar manusia, atau antara seorang dengan orang lain atau organisasi / masyarakat  yang menimbulkan pengertian tukar-menukar keterangan atau penjelasan melalui saluran mekanisme untuk mencapai suatu tujuan

B.      KOMPONEN (UNSUR) KOMUNIKASI
Komponen adalah bagian atau unsure-2 yang berperan dalam komunikasi:
1.       Komunikator, sumber pengirim berita.
2.       Encode, proses pengantar pesan.
3.       Message (pesan atau berita) atau ide yang diampaikan.
4.       Decode ialah proses penerimaan pesan.
5.       Komunikan (Communicatte), orang yang menerima berita, melalui pendengaran atau pengelihatan.
6.       Tanggapan atau respon (feed back)

C.      FAKTOR-2 PENYEBAB KEBERHASILAN KOMUNIKASI
1.       Dari Komunikator (pemberi data)
a.       Kepandaian pengiriman berita
Mengusahi tenik bicara , memilih simbul atau lambing yang tepat, cakap membangkitkan minat pendengar / pembaca, dapat memberikan keterangan secara sistematis serta mudh ditangkap.
b.      Sikap komunikator
Ingat partnership kita adalah manusia, berarti dibutuhkan hubungan kemanusiaan (human relation), semakin baik hubungan kemanusiaan semakin lancar komuikasi. Jangan congkak, sombong.Bersikaplah tegas tetapi rendah hati.
c.       Pengetahuan kominikator
Komunikasi yang berhasil satu diantaranya ditentukan oleh kekayaan pengetahuan tentang………
d.      Sistem social (kedudukan sebagai apa)
1.       Formal dan
2.       Non Formal
e.      Keadaan lahiriah komunikator
Komunikasi lesan, suara mantap, ucapan yang jelas, intonasi yang baik, gerak-gerik tangan dan tubuh yang sesuai kebutuhan.

2.       Dari Receptor (penerima berita)
a.       Kecakapan berkomunikasi Receptor
Kecakapan mendengar dan membaca
b.      Sikap Receptor
Jangan curiga atau apriori terhadap pembicara (prejudice), karena menyebabkan hasilnya kurang murni.
c.       Pengetahuan Receptor
Pengetahuan yang luas akan mempercepat  penafsiran pembicaraan yang didengarkan
d.      System social
Harus memperhatikan apa dan siapa komunikator itu, sehingga cepat menyesuaikan diri. 
e.      Keadaan lahiriah Receptor
Indera yang sempurna, dilatih.

D.      FAKTOR-2 PENGHAMBAT KOMUNIKASI
1.       Kecakapan yang kurang baik
Perlu belajar dan berlatih.
2.       Sikap yang kurang baik
Perlu memperdalam hubungan kemanusiaan dan mempelajari etika, dengan bersikap manis, simpatik tidak sombong, rendah hati, cukup tegas.
3.       Pengetahuan yang kurang
Sesuaikan dengan konteks pembiacaraan, berikan conoth-2 yang konkrit.
4.       Kurang memahami system social
Belajar mengamati lingkungan apa, siapa dan dimana ?
5.       Prasangka (Prejudice) yang tidak mendasar
Umumnya  ada pada msyarakat dengan pendidikan rendah, karena kurang pengetahuan, ilmu.
6.       Kesalahan bahasa
Umumnya kesalahan Sematik yaitu disebabkan perbedaan arti  dari suatu istilah.
7.       Jarak komunikator dan penerima
Usahakan sedekat mungkin / wajar.
8.       Indera yang rusak
Ujian dari tuhan.
9.       Komunikasi yang berlebihan
Terlalu banyak penjelasan sehingga menjadi kabur.
10.   Komunikasi satu arah
Beri kesempatan dialogis yang baik, jadilah pendengar dengan baik dan bicaralah yang baik.
LAMBANG
A.      PENGERTIAN
Simbul yang digunakan pada suatu proses pengoperan komunikasi, baik secara lesan maupun tertulis, baik yang perlu ditafsirkan (non verbal)  maupun tidak perlu ditafsirkan (verbal).
B.      KEGUNAAN
Alat komunikasi agar benar-baner menjadi sepaham dengan komunikator.
C.      KEBERHASILAN
Pesan harus dirancang dengan baik, disampaikan dengan baik, menggunakan lambing, menimbulkan kebutuhan pribadi dan organisasi / masyarakat.
D.      JENIS LAMBANG
1.       Gerak
2.       Suara (Audio)
3.       Warna
4.       Bahasa
5.       Gambar

PESAN
A.      Pesan melalui suara (sound message)
1.       Pesan verbal (telepon, rekaman)
2.       Pesan Non Verbal (Sirine, klakson, bel, dll).
B.      Pesan visual  (Yang dapat dilihat)
1.       Pesan verbar, semua yang tertulis.
2.       Pesan nion verbal , gambar, peta, dsb.
C.      Pesan melalui suara dan visual (audio visual), pesan yang dapat diterima dengan mata dan telinga.
D.      Pesan melalui rabaan (touch message), pesan yang diterima dengan perasaan kulit (Jabat tangan, mencium tanda kasih sayang, dll)
E.       Pesan melalui bau / penciuman (smell message)
1.       Minyak wangi
2.       Sate.

MENGIDENTIFIKASI PROSES KOMUNIKASI
A.      TEKNIK BER KOMUNIKASI
1.       Trampil berbicara
2.       Trampil membaca
3.       Trampil mendengar
4.       Trampil menulis

B.      TEKNIK BERBICARA DAN BERTANYA EFEKTIF
1.       Memilih pokok persolan yang dibicarakan
2.       Berbicara diiringi dengan bantuan gerak-gerik
3.       Menyesuaikan situasi dengan lawan bicara
4.       Menghargai dan menghormati lawan bicara dengan baik
5.       Menanggapi setiap reaksi, saran dan usulan dari lawan bicara.
6.       Kendalikan emosi
7.       Bersikap sopan

C.      PRINSIP-PRINSIP BERBICARA EFEKTIF DAN EFISIEN
1.       Prinsip berbicara efektif
2.       Prinsip motivasi
3.       Prinsip perhatian
4.       Prinsip keindraan

Efektif, menghandung arti terjadinya suatu efek atau akibat yang dikehendaki, lebih menitik beratkan pada suatu hasil, bukan proses ?, lebih banyak dipengaruhi oleh kemampuan komunikatornya.
Efisien, hasil yang dicapai dengan usaha yang minimal.

1.       Utarakan dorongan kebutuhan
2.       Menghargai pendengar
3.       Memanfaatkan dorongan rasa ingin tahu

D.      PRINSIP MOTIVASI
Motivasi adalah dorongan atau rangsangan seseorang berbuat sesuatu, yang memberikan arah atau tujuan tingkah laku kita.

0 komentar:

Posting Komentar