Rabu, 05 Oktober 2011

Kuliah 3 Etika dan Filsafat Administrasi

Kuliah 3
Etika dan Filsafat Adm. Negara
Sugeng rusmiwari
081 334 995 112
Pokok Bahasan
ILMU ADMINISTRASI
1.     Pengertian Administrasi
Asal kata dari kata latin:
Ad. = intensif
Ministrare = melayani, membantu, memenuhi
Administrasi berarti melayani dengan intensif.
Dalam bahasa Indonesia, sehari-hari:
a.    Sempit
Tata usaha kantor, tulis menulis, clerical work dari bahasa Belanda.
b.    Luas
Segala kegiatan kelompok orang dalam organisasi yang bekerja sama secara efektif, efisien dan rasional untuk mencapai tujuan bersama. Dalam bahasa Inggris dari kata “administration”.
Dengan demikian dalam arti luas administrasi dapat dilihat dari:
a.    Proses,
b.    Fungsi,
c.    Kepranataan (institution).
2.    Definisi Ilmu Administrasi;
Ilmu Administrasi adalah cabang atau kesatuan atau disiplin ilmu social yang secara khas mempelajari “administrasi” sebagai salah satu fenomenon masyarakat modern.
Admistrasi adalah sesuatu yang terdapat di dalam organisasi modern dan memberikan sesuatu kepada oraganisasi tersebut, sehingga organisasi dapat tumbuh dan berkembang sesuai yang diharapkan yang dipimpin oleh administrator, yang dipimpin secara kooperatif, dengan  prosedur dan metode kerja yang konkrit.
Administrator dalam menjalankan organisasi dengan cara:
a.    Mengembangkan organisasi.
b.    Mengembangkan system informasi
c.    Mengembangkan gaya dan teknik kepemimpinan
Sehingga hakekat administrasi adalah:
a.    mengarahkan kegiatan anggota organisasi agar dapat bekerjasama
b.    dilakukan secara terus menerus menuju tercapainya tujuan yang telah ditetapkan
c.    mengendalikan sumber daya yang dimiliki
d.    dilakukan secara efektif, efisien dan rasional.
3.    Unsur Adminsitrasi menurut The Liang Gie, dalam Sofwan Badri, 1982, memerinci Ilmu Administrasi menjadi 8 unsur yaitu:
a.    Ilmu Organisasi
b.    Ilmu Managemen
c.    Ilmu Komunikasi
d.    Ilmu Administrasi Kepegawaian
e.    Ilmu Administrasi Keuangan
f.     Ilmu Perbekalan
g.    Ilmu Administrasi Perkantoran
h.    Ilmu Hubungan Masyarakat.
4.    Menurut L. Urwick dan L. Gulik, 1937, fungsi executive dalam administrasi ada 7, disingkat (POSDCORB):
a.    Planning
b.    Organizing
c.    Staffing
d.    Directing
e.    Coordinating
f.     Reporting
g.    Budgeting
5.    Administrasi sebagai Ilmu Pengetahuan (Science), baru berkembang akhir abad (XIX) dan sebagi seni (art) berkembang semenjak timbulnya peradaban manusia.
Sebagai Ilmu, karena fungsinya sebagai sutau studi yang sistematis, dan sebagai seni karena fungsinya yang praktis. Karena manfaatnya itulah administrasi berarti disebut juga sebagai applied science (Ilmu Terapan), manusia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta beragama.

6.    Penggolongan Ilmu Administrasi:
a.    Administrasi Negara
b.    Administrasi Niaga
c.    Administrasi Internasional.
7.    Perbedaan antara Administrasi Negara dengan Administrasi Niaga
a.    Administrasi Negara
1.    Public service
2.    Legitimate approach
3.    Bureaucracy
4.    Kurang Efisien
5.    No Competition
6.    Social welfare
b.    Administrasi Niaga
1.    Profite motive
2.    Tidak terikat dengan perundang-undangan yang ada
3.    Tidak terikat dengan prosedur
4.    Efisien
5.    Free competition
6.    Kesejahteraan individu
8.    Leadership / Management Resources
a.    Man (orang)
b.    Money (uang)
c.    Material (material)
d.    Machine (peralatan / mesin)
e.    Method (motode)
f.     Time (waktu)
g.    Prasarana lain, tanah, gedung, listrik, dll.
9.    Dalam organisasi dikenal:
a.    Top Leader / manager
b.    Midle Leader / manager
c.    Lower Leader / manager
d.    Leader / Manager Administratif
e.    Leader / manager operatif
10. Prinsip Leadership / Management George R. Terrry, POAC:
a.    Planning
b.    Organizing
c.    Actuating
d.    Controlling
11.   Menurut Siagian
a.    Planning
b.    Organizing
c.    Motivating
d.    Controlling
e.    Evaluating
The right man in the right place
Tugas:
Susun konsep sebagiamana hasil kuliah.

0 komentar:

Posting Komentar