Senin, 10 Oktober 2011

Materi Kuliah 8 Metode Penelitian

Materi Kuliah 8

Sugeng Rusmiwari
081 334 995 112

SKALA UKURAN

  1. 4 Macam Skala Pengukuran;
    • Skala Nominal;
    • Skala Ordinal;
    • Skala Interval;
    • Skala Rasio;

  1. Skala Nominal;
    • Ukuran yang tak sebenarnya;
    • Ukuran hannyalah merupakan simbul atau tanda yg menunjukan klp mana individu termasuk;
    • Misal var jenis kelamin, dll;

  1. Skala Ordinal;
    • Menunjukkan urutan atau tingkatan atau rangking disamping pengelompokan (skala nominal);
    • Misal SD 1, SLTP 2, SLTA 3 dst;
    • Dan variabel persetujuan dengan kategori Sangat Setuju hingga Sangat Tidak Setuju, berdasarkan LIKERT;

  1. Skala Interval;
    • Termasuk ukuran yang bersifat numerik;
    • Dimana interval dua ukuran yang berbeda mempunyai pengertian;
    • Sedangkan untuk skala ordinal,selisih antara dua ukuran tidak mempunyai pengertian;
    • Misalkan temperatur Celsius;
    • Interva; dari 0 sampai 20 derajat besarnya sama dengan interval 10 sampai 30 derajat;
    • Tetapi 30 derajat C panasnya tidak sama dengan tiga kali lipat 10 derajat C;
    • Karena ) derajat, tdk sama dengan tdk ada panas sama sekali;
    • Spt es mempunyai suhu o derajat C;
    • Dlm hal ini berarti bhw ttk nol tdk mrpk ttk absolut;
    • Contoh lain Amat mendapat nilai 3;
    • Badu mendapat nilai 1;
    • Maka tdk dpt dikatakan bhw pengetahuan Ahmat 3 kali lipat pengetahuan Badu;

  1. Skala Rasio;
    • Pada skala ini titik 0 merupakan nilai absolut atau ttk nol yg sebenarnya;
    • Sebagai contoh :
    • Var Umur dlm bulan / tahun,
    • tinggi badan dalam meter, luas wilayah dlm km persegi;
    • jumlah kelahiran hidup;
    • penghasilan dalam rupiah;
    • misal Amat mempunyai uang 300 Rp;
    • Badu  mempunyai uang 100 Rp,
    • Uang Amat sama dg 3 kali uang Badu;

  1. MASALAH PENGUKURAN DI BIDANG ILMU SOSIAL;
    • Tdak semua konsep atau variabel dpt diukur dg mudah;
    • Alat ukurnya perlu atau harus diciptakan atau dikembangkan;
    • Bagaimana caranya;
    • Para ilmuan di bidang sosiologi, fisiologi, dan pedagogi, AN dll;
    • Mengembangkan test atau alat ukur (Kerlinger, 1986), untuk melakukan pengukuran berbagai konsep atau Variabel  dg pengukuran ganda;


0 komentar:

Posting Komentar