Senin, 24 Oktober 2011

Bahan Kuliah Adm. Perkantoran Komunikator


Bahan Kuliah Administrasi Perkantoran

Sugeng Rusmiwari
081 334 995 112

Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah Saw, bersabda “Barangsiapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu maka Allah akan memudahkannya jalan ke surga” (HR. Al-Tirmidzi, 2570).

Pembicara sebagai KOMUNIKATOR

Saat ini anda sebagai Komunikator, yaitu orang yang berbicara:
Proses pembicaraan dibagi menjadi 3 (tiga) yaitu:

1.    Pendahuluan
Bagian yang penting dalam pembicaraan atau bicara adalah pada permulaan pembicaraan, atau pendahuluan,  usahakan semenarik mungkin untuk pendengar / lawan bicara.

Karena disadari atau tidak pikiran dan perasaan pendengar ada pada permulaan pembicaraan, gunakan kata-kata yang enak didengar sehingga apa yang saudara bicarakan dapat diserap oleh lawan bicara anda secara maksimal, gunakan kata-kata pendek, singkat namun berisi dan mengikat pendengarnya.

Sekali lagi dalam awal pembicaraan perlu diperhatikan:
a.    Kata-kata pendahuluan harus dapat memikat pendengar.
b.    Sebaiknya menggunakan kata-kata yang memotivasi.
c.    Kata-kata pembukaan menyajikan topic yang di bahas.
d.    Penekanan pembicaraan terhadap hal-hal yang penting, actual dan umum.

2.    Isi
Usahakan pembicaraan berlangsung secara efektif, dan perlu diperhatikan prinsip-prinsipnya, antara lain:
a.    Kejelasan berbicara.
b.    Konsistensi dalam penyajian isi, yaitu  isi pembicaraan sesuai dengan topik pembicaraan.
c.    Kecukupan isi pembicaraan baik kualitas maupun kuantitas.
d.    Penggunaan waktu dengan sebaik-baiknya.
e.     Topik yang dibicarakan aktual
f.     Penyebaran pembicaraan dapat diterima oleh seluruh lapisan.

3.    Penutup
Yang tidak kalah pentingnya pada bagian penutup pembicaraan, gunakan kata-kata yang simpatik, yang mencerminkan kualitas dan kuantitas anda.


0 komentar:

Posting Komentar