Minggu, 19 Februari 2012

FUNGSI PENDUKUNG PERKANTORAN


  1. OFFICE SUPPORT FUNCTIONS
(FUNGSI PENDUKUNG PERKANTORAN)

1.    Fungsi Rutin, yaitu fungsi administrasi perkantoran yang embutuhkan pikiran minimal mencakup pengarsipan, penggandaan, dan lain-lain. Biasanya fungsi ini dilaksanakan oleh staf administrasi yang bertanggung jawab atas kegiatan administrasi sehari-hari.
2.    Fungsi Teknis, yaitu fungsi yang membutuhkan pendapat, keputusan dan ketrampilan perkantoran yang memadai, seperti familiaritas dengan beberapa software. Fungsi ini biasanya dilakukan oleh staf administrasi yang tergabung dalam departemen TI suatu organisasi.
3.    Fungsi Analsis, yaitu fungsi yang membutuhkan pemikiran yang kritis dan kreatif disertai kemampuan untuk mengambil keputusan, seperti membuat dan menganalisis laporan maupun membuat keputusan. Fungsi ini biuasanya dilakukan oleh seorang asisten pemimpin / manajer yang bertanggung jawab men-support keputusan yang akan dibuat oleh atasannya;
4.    Fungsi Interpersonal, yaitu fungsi yang membutuhkan penilaian dan analisis sebagai dasar pengambilan keputusan serta ketrampilan berhubungan dengan orang lain, seperti mengkoordinasikan kegiatan. Fungsi ini biasanya dilakukan oleh staf administrasi sebagai jenjang karier sebelum naik menjadi pemimpin-manajer suatu organisasi.
5.    Fungsi Leader-Manajerial, yaitu fungsi yang membutuhkan perencanaan, pengorganisasian, pengukuran, dan pemotivasian, seperti pembuatan anggaran, staffing, dan mengevaluasi kinerja pegawai – karyawan. Biasanya fungsi ini dilakukan oleh staf setingkat pemimpin-manajer yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan sistem dan prosedur administrasi suatu organisasi.

Sumber Bacaan : Badri Munir Sukoco, 2002, Manajemen Administrasi Perkantoran Modern, Penerbit Erlangga, h. 4.

0 komentar:

Posting Komentar