- OFFICE SUPPORT FUNCTIONS
(FUNGSI PENDUKUNG PERKANTORAN)
1. Fungsi
Rutin, yaitu fungsi administrasi perkantoran yang embutuhkan pikiran minimal
mencakup pengarsipan, penggandaan, dan lain-lain. Biasanya fungsi ini
dilaksanakan oleh staf administrasi yang bertanggung jawab atas kegiatan
administrasi sehari-hari.
2. Fungsi
Teknis, yaitu fungsi yang membutuhkan pendapat, keputusan dan ketrampilan
perkantoran yang memadai, seperti familiaritas dengan beberapa software. Fungsi
ini biasanya dilakukan oleh staf administrasi yang tergabung dalam departemen
TI suatu organisasi.
3. Fungsi
Analsis, yaitu fungsi yang membutuhkan pemikiran yang kritis dan kreatif
disertai kemampuan untuk mengambil keputusan, seperti membuat dan menganalisis
laporan maupun membuat keputusan. Fungsi ini biuasanya dilakukan oleh seorang
asisten pemimpin / manajer yang bertanggung jawab men-support keputusan yang akan
dibuat oleh atasannya;
4. Fungsi
Interpersonal, yaitu fungsi yang membutuhkan penilaian dan analisis sebagai
dasar pengambilan keputusan serta ketrampilan berhubungan dengan orang lain,
seperti mengkoordinasikan kegiatan. Fungsi ini biasanya dilakukan oleh staf
administrasi sebagai jenjang karier sebelum naik menjadi pemimpin-manajer suatu
organisasi.
5. Fungsi
Leader-Manajerial, yaitu fungsi yang membutuhkan perencanaan, pengorganisasian,
pengukuran, dan pemotivasian, seperti pembuatan anggaran, staffing, dan
mengevaluasi kinerja pegawai – karyawan. Biasanya fungsi ini dilakukan oleh
staf setingkat pemimpin-manajer yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan
sistem dan prosedur administrasi suatu organisasi.
Sumber
Bacaan : Badri Munir Sukoco, 2002, Manajemen Administrasi Perkantoran Modern,
Penerbit Erlangga, h. 4.
0 komentar:
Posting Komentar