Rabu, 10 April 2013

Affirmative Action



Affirmative Action

Affirmative, berarti pengakuan positif, berupa program-program dan prosedur-prosedur yang secara nyata harus dibuat yang selanjutnya akan diidentifikasikan dan memperbaiki semua praktek pekerjaan yang cenderung terus mempertahankan pola-pola diskriminasi dalam pekerjaan.

Action, berarti tindakan, yaitu tindakan yang harus diambil guna memungkinkan mereka yang telah disingkirkan dan / atau sengaja tidak digubris untuk persaingan atau memperoleh akses terhadap pekerjaan-pekerjaan berdasarkan basis yang sama.

Affirmative action merupakan salah satu cara untuk memerangi diskriminasi-diskriminasi dalam lapangan pekerjaan.

Sumber:
Faustino Cardoso Gomes, Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit Andi Offset, 2003, hal. 69.


Affirmative Sumber:
Faustino Cardoso Gomes, Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit Andi Offset, 2003, hal. 62-62.
Action dapat didefinisikan sebagai:
(1)    Rencana yang berorientasikan hasil (results-oriented plan) dan program yang dimaksudkan untuk menanggulangi ketidak adilan dalam lapangan pekerjaan, termasuk tindakan positif berupa target-target khusus dalam hal mempekerjakan pekerja dan dalam hal promosi;
(2)    Suatu konsep abstrak mengenai keadilan organisasi yang menunjukkan bagaimana reward, insentif, sanksi, dan juga pekerjaan, dialokasikan dalam suatu lembaga (organisasi);
Sumber:
Ann-Marie Rizzo, “Special Subgroups of Public Employees: Females, Minorities, The Handicapped, and Older Workers”, dalam Currsent Issues in Public Administration, karangan Frederick S. Lane, St. Martin’s Press, Inc., New York, 1986, hal. 390-391.

0 komentar:

Posting Komentar