Selasa, 23 April 2013

Teori Sifat



Teori Sifat

Para peneliti terdahulu memformulasikan teori kepemimpinan yang disebut sebagai teori orang besar (the great person theory) yang memandang bahwa para pemimpin besar memang telah  memiliki beberapa trait tertentu yang membedakan mereka dengan kebanyakan orang.
Teori ini termasuk dalam Teori Sifat (trait).
Trait yang dimaksud merupakan trait yang dimiliki oleh seluruh pemimpin besar, tak peduli kapan dan dimana mereka hidup yang keberadaannya ada dalam derajad yang lebih tinggi dari orang kebanyakan.
Teori tersebut adalah dorongan (drive) untuk mencapai sesuatu dibarengi dengan energy yang besar dan resolusi; kepercayaan diri; kreatibitas; dan motivasi kepemimpinan, yakni hasrat untuk memegang kendali dan memiliki otoritas terhadap yang lainnya.
Zaccaro, Fotti dan Kenny (dalam Baron dan Byrne, 2005, h. 253) menambahkan satu karakteristik lagi yaitu tingginya tingkat fleksibilitas, yakni kemampuan untuk mengenali tindakan atau pendekatan seperti apa yang dibutuhkan dalam situasi tertentu dan kemudia berbuat sesuai dengan kebutuhan tersebut.
Studi tentang kepemimpinanyang lain menghasilkan temuan Big Five Dimensions of Personality (lima Besar Dimensi Kepribadian) yang berhubungan dengan permasalahan menjadi seorang pemimpin yang efektif.
1.       Ekstraversi, berupa kecenderungan pada sifat-sifat ramah, asertif dan aktif;
2.       Agreeableness, kecenderungan pada sifat-sifat baik hati, lembut, mempercaya dan dapat dipercaya;
3.       Conscientiousness (ketekunan), teratur, dapat diandalkan dan berorientasi pada kesuksessan;
4.       Keterbukaan pada pengalaman baru, kecenderungan pada sifat kreatif, imajinatif, perseptif dan memikirkan orang lain;
5.       Penyesuaian dan stabilitas emosi, kecenderungan pada sifat tenang, tidak tertekan dan tidak moody;

Sumber :
Achmad M. Masykur, 2009, Kepemimpinan Transformasional, Belajar dari Kepemimpinan Khalifah Umar ibn Al Khattab, Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Semarang.


0 komentar:

Posting Komentar